Similar Posts
Kesulitan Menulis Karangan Cerita/Narasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pembelajaran Menggunakan Flow Chart
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan guru dengan menggunakan metode ceramah menjelaskan pemerintahan desa/kelulrahan kepada siswa kelas III SD, sementara itu siswa tampak tidak memahami mengenai apa itu aparatur/perangkat desa/ kelurahan dan fungsi dari setiap aparatur tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran…
Memainkan Alat Musik Ritmis Maupun Melodi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi pemecahan masalah bagaimana guru mengajarkan siswa/i berlatih musik ensambel secara klasikal tanpa melatih satu persatu kelompok alat-alat musik terlebih dahulu. Pada awal pertemuan guru membagikan partitur lagu Burung Tantina dari daerah Maluku dan mempersiapkan alat peraga berupa partitur lagu serta penulisan pola…
Belajar Matematika dengan Lingkungan Sebagai Media
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini berisi gambaran tentang suasana kelas saat belajar matematika dimana guru menggunakan papan tulis untuk mengajarkan bilangan pecahan. Banyak siswa yang tidak mengerti bahkan tidak memperhatikan. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah menggunakan benda-benda konkret seperti buah-buahan untuk pembelajaran matematika khususnya bilangan pecahan…
Mencari Akar Pangkat 3 Lebih dari 1000
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Akar pangkat tiga merupakan salah satu materi yang sulit bagi siswa. Terlebih lagi bilangan yang digunakan lebih dari seribu. Video ini berisi trik cara mencari akar dari suatu bilangan yang lebih dari seribu. Penggunaan trik ini cukup mudah bagi siswa dengan syarat siswa telah memahami…
Pembelajaran IPAS dalam Kurikulum MBKM di Sekolah Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
NAMA : NOVA FEBRIANTI
NIM : 856814713
POKJAR : BENGKULU TENGAH
ANALISA VIDEO
Menurut analisa saya guru mendorong murid untuk mempersiapkan alat tulisnya dan menekankan pentingnya keseriusan dalam belajar. video ini berfokus pada membantu murid mengatasi kesulitan menulis, terutama ketika diberi tugas menulis. secara keseluruhan, guru memberikan saran dan dorongan bagi anak-anak yang kesulitan menulis, membagi prosesnya menjadi langkah-langkah yang dapat dikelola, menekankan pentingnya inspirasi dan motivasi.
Kelemahan dalam video tersebut menurut saya, guru tidak mengucapkan salam, guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran, serta guru tidak mengabsen siswa. Sedangkan kelebihan dalam video adalah guru mengapresiasi siswa ketika maju kedepan, guru selalu memantau anak ketika anak ribut dan guru aktif dalam pembelajaran.
NAMA : RIKA RAHAYU
NIM : 859502742
UPBJJ/POKJAR : UT MAJENE / MAMUJU
Assalamualaikum. Wr.Wb
Tanggapan saya setelah melihat video pembelajaran tentang “Yuk kita membaca Lagi” yaitu :
Membaca merupakan sebuah keterampilan dasar yang sangat penting untuk peserta didik terlebih lagi bagi siswa sekolah dasar (SD). Dalam video pembelajaran tersebut terlihat seorang guru yang sedang mengajak siswa nya untuk membaca sebuah buku bacaan. sebagai seorang guru sudah seharusnya sebelum kita mengajarkan suatu konsep kepada siswa tentunya kita akan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran terlebih dahulu yang mana itulah yang akan menjadi pedoman kita saat mengajar. Dalam video pembelajaran diatas, ibu guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan dimana tidak melakukan apersepsi atau memberikan pertanyaan pemantik untuk siswa, dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran serta tidak melakukan absensi kelas. yang mana kegiatan tersebut umumnya terdapat pada kegiatan pendahuluan.
Sebenarnya Pembelajaran yang dilakukan oleh ibu guru tersebut sudah cukup baik, dimana ibu guru tersebut memberikan buku bacaan yang menarik untuk dibaca, kenapa saya katakan menarik karena buku yang digunakan adalah buku bergambar, dimana untuk anak SD buku bergambar seperti itu lebih menarik perhatian mereka. serta ibu guru juga melakukan pendisiplinan kelas dengan cukup baik terlihat anak-anak cukup fokus untuk membaca walaupun ada beberapa anak yang ribut namun ibu guru tersebut dapat mengatasinya dengan memberikan bacaan tambahan agar anak tersebut tidak bosan. namun sebaiknya dalam mengajarkan membaca kepada siswa alangkah lebih baiknya jika ibu guru menggunakan media pembelajaran yang lebih bervariasi agar suasana kelas tidak membosankan dan pembelajaran tidak monoton , yang mengakibatkan proses pembelajaran kurang aktif dikarenakan ibu gurunya juga kurang aktif.
Mohon maaf jika ada salah kata.
NAMA : Rizma Ayustina
NIM : 858878062
POKJAR : SALUT KOTA KEDIRI
Assalamualaikum wr.wm
Menurut tanggapan saya setelah melihat video yang berjudul “Yuk, kita baca lagi” kegiatan membaca merupakan kegiatan literasi yang baik dilakukan sebelum siswa mengikuti kegiatan pembelajaran dikelas, dengan membaca sebelum memulai pelajaran maka konsentrasi siswa akan terbentuk dengan baik. Dalam video tersebut terlihat seorang guru mengajak siswa untuk membaca buku bacaan bergambar yang bertujuan untuk melatih minat dan konsentrasi siswa akan buku bacaan yang dibaca. Namun sebagai seorang guru alangkah sebaiknya sebelum memulai pembelajaran harus dimulai dengan kegiatan pembukaan seperti mengucap salam, mengajak berdoa sebelum memulai pelajaran, mengecek kehadiran siswa hal ini bertujuan untuk mengetahui semangat, fokus siswa dalam mengawali pembelajaran.
Kelebihannya adalah dalam pembelajaran ibu guru tersebut sudah cukup baik dimana bu guru memberikan buku bacaan bergambar yang dapat menarik siswa untuk suka membaca, karena anak kelas rendah menyukai buku bacaan yang bergambar, selain itu ibu guru juga sudah memberikan semangat dan memantau perkembangan siswa di dalam kelas.
Kelemahan dalam video tersebut adalah ibu guru tidak melakukan kegiatan pembukaan dan apersepsi, ibu guru langsung melakukan kegiatan inti yaitu sesuai materi pelajarannya yaitu mengajak siswa membaca dan menyampaikan kembali isi bacaan di depan kelas.
NAMA : Rizma Ayustina
NIM : 858878062
POKJAR : SALUT KOTA KEDIRI
Assalamualaikum wr.wm
Menurut pendapat saya setelah mengamati dan melihat video yang berjudul “Yuk, kita baca lagi” kegiatan membaca merupakan kegiatan literasi yang baik dilakukan sebelum siswa mengikuti kegiatan pembelajaran dikelas, dengan membaca sebelum memulai pelajaran maka konsentrasi siswa akan terbentuk dengan baik. Dalam video tersebut terlihat seorang guru mengajak siswa untuk membaca buku bacaan bergambar yang bertujuan untuk melatih minat dan konsentrasi siswa akan buku bacaan yang dibaca. Namun sebagai seorang guru alangkah sebaiknya sebelum memulai pembelajaran harus dimulai dengan kegiatan pembukaan seperti mengucap salam, mengajak berdoa sebelum memulai pelajaran, mengecek kehadiran siswa hal ini bertujuan untuk mengetahui semangat, fokus siswa dalam mengawali pembelajaran.
Kelebihannya adalah dalam pembelajaran ibu guru tersebut sudah cukup baik dimana bu guru memberikan buku bacaan bergambar yang dapat menarik siswa untuk suka membaca, karena anak kelas rendah menyukai buku bacaan yang bergambar, selain itu ibu guru juga sudah memberikan semangat dan memantau perkembangan siswa di dalam kelas.
Kelemahan dalam video tersebut adalah ibu guru tidak melakukan kegiatan pembukaan dan apersepsi, ibu guru langsung melakukan kegiatan inti yaitu sesuai materi pelajarannya yaitu mengajak siswa membaca dan menyampaikan kembali isi bacaan di depan kelas.
NAMA : Rizma Ayustina
NIM : 858878062
POKJAR : SALUT KOTA KEDIRI
Assalamualaikum wr.wm
Menurut pendapat saya setelah mengamati dan melihat video yang berjudul “Yuk, kita baca lagi” kegiatan membaca merupakan kegiatan literasi yang baik dilakukan sebelum siswa mengikuti kegiatan pembelajaran dikelas, dengan membaca sebelum memulai pelajaran maka konsentrasi siswa akan terbentuk dengan baik. Dalam video tersebut terlihat seorang guru mengajak siswa untuk membaca buku bacaan bergambar yang bertujuan untuk melatih minat dan konsentrasi siswa akan buku bacaan yang dibaca. Namun sebagai seorang guru alangkah sebaiknya sebelum memulai pembelajaran harus dimulai dengan kegiatan pembukaan seperti mengucap salam, mengajak berdoa sebelum memulai pelajaran, mengecek kehadiran siswa hal ini bertujuan untuk mengetahui semangat, fokus siswa dalam mengawali pembelajaran.
Kelebihannya adalah dalam pembelajaran ibu guru tersebut sudah cukup baik dimana bu guru memberikan buku bacaan bergambar yang dapat menarik siswa untuk suka membaca, karena anak kelas rendah menyukai buku bacaan yang bergambar, selain itu ibu guru juga sudah memberikan semangat dan memantau perkembangan siswa di dalam kelas.
Kelemahan dalam video tersebut adalah ibu guru tidak melakukan kegiatan pembukaan dan apersepsi, ibu guru langsung melakukan kegiatan inti yaitu sesuai materi pelajarannya yaitu mengajak siswa membaca dan menyampaikan kembali isi bacaan di depan kelas.
Nama : Vivi Ayu Daryanti
NIM : 855857931
UPBJJ : UT-Medan
Semester : 6
Membaca memang mengasikkan untuk sebagian anak, akan tetapi untuk beberapa anak yang memiliki minat baca rendah tentu hal itu sangat membosankan. Dari pengamatan saya perihal video di atas terlihat bahwa sebagian siswa masih kurang bisa terkondisikan ketika pembelajaran sedang berlangsung hal ini dapat membuat kegaduhan di dalam kelas saat berlangsungnya pembelajaran di kelas.
Dalam video pembelajaran tersebut terlihat seorang guru langsung memerintahkan siswa untuk membaca buku tanpa memberikan pertanyaan pemantik agar siswa bersemangat untuk memulai pembelajaran di kelas. Selain itu juga, terlihat guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti mengabsensi siswa, tidak memberikan tujuan pembelajaran yang sedang mereka lakukan di kelas. Seharusnya guru lebih mengawasi siswa dengan cara berjalan sambil mengamati bacaan siswa namun, dalam video tersebut terlihat guru lebih banyak duduk dan melakukan kesibukan tersendiri, hal itu dapat memicu kelas tidak kondusif.
Di dalam video tersebut terlihat guru dapat mengatasi keadaan siswa yang ribut dengan memberikannya bacaan tambahan agar siswa tersebut tidak menggangu temannya yang lain. Namun, hal ini juga akan menimbulkan kebosanan pada diri siswa tersebut dikarenakan pembelajaran yang monoton. Alangkah baiknya jikalau guru tersebut dapat memberikan variasi dalam metode penerapan membaca di dalam kelas agar lebih menarik dan siswa akan antusias saat pembelajaran berlangsung. Tetapi ada kelebihan yang diberikan guru tersebut yaitu memotivasi dan mengapresiasi siswa ketika mereka berhasil menyampaikan isi bacaan secara mandiri di depan teman-temannya.
Nama : Vivi Ayu Daryanti
NIM : 855857931
UT- Daerah : UT-Medan
Semester: 6
Assalamualaikum wr.wb
Tanggapan saya setelah melihat video pembelajaran tentang “Yuk, Kita Membaca Lagi” yaitu:
Membaca memang mengasyikkan untuk sebagian anak, akan tetapi juga ada beberapa anak yang tidak menyukai membaca atau lebih sering kita sebut anak yang memiliki minat baca yang cukup rendah atau sangat rendah sehingga mereka kesulitan atau bahkan mereka bosan ketika sudah memasuki pembelajaran membaca di kelas. Maka disinilah guru harus mampu memodifikasi metode pembelajaran agar terlihat menarik dan mampu membuat siswa antusias saat mengikuti pembelajaran di kelas.
Dalam video pembelajaran tersebut terlihat seorang guru yang langsung memerintahkan siswa untuk membaca tanpa memberi tahu terlebih dahulu tujuan pembelajaran yang akan dilakukan. Dan disana juga terlihat bahwa guru tersebut tidak memberikan pertanyaan memantik kepada siswa, karena hal ini juga dibutuhkan saat akan melakukan pembelajaran agar siswa terpancing untuk antusias mengikuti pembelajaran di kelas.
Dalam video tersebut juga terlihat siswa yang ribut karena ia sudah selesai membaca namun malah mengganggu teman disampingnya yang masih membaca, karena hal ini hal ini guru langsung sigap menanganinya dengan memberikan tambahan bacaan. Akan tetapi alangkah baiknya jikalau guru memberikan metode pembelajaran yang lebih menarik lagi dan tidak monoton agar siswa tidak bosan saat membaca berulang-ulang.
Walupun demikian guru tersebut sudah cukup baik dalam melakukan pembelajaran di kelas dengan memberikan sebuah buku bacaan yang menarik karena terdapat gambar-gambar yang terselip di beberapa halaman buku sehingga buku bacaan tersebut setidaknya dapat membuat siswa terlihat senang saat membaca. Serta guru tersebut melakukan pendisiplinan kelas yang baik di dalam kelasnya.
Hal yang unik di dalam video tersebut yaitu ketika guru memberikan motivasi siswa untuk membacakan kembali cerita yang telah dibacanya di depan kelas serta mengapresiasi atas keberhasilan siswa tersebut dengan memberikan tepukan tangan ketika siswa selesai menceritakan bacaannya di depan teman-temannya. Hal ini tentu akan memberikan motivasi kepada siswa lainnya untuk bersemangat mengikuti pembelajaran di dalam kelas.
Nama : Syuwaybatul Aslamiyah
NIM : 857111737
UPBJJ Jakarta
Assalamualaikum, izinkan saya memberikan komentar dari video di atas.
pada video ini menunjukkan bagaimana guru menerapkan literasi pada siswa terutama pada kegiatan membaca. Kesulitan yang dihadapi pada video tersebut memang sangat sering diterima oleh guru lainnya banyak siswa yang terganggu focusnya karena teman lainnya yang sudah selesai membaca atau bahkan siswa sudah muali bosan dengan bacaannya.
cara yang dilakukan di video dengan meminta anak kedepan dan menceritakan kembali juga salah satu cara yang baik untuk memberikan pengalaman tambahan bagi siswa yang lain. Kebiasaan membaca memang harus dibiasakan karena dengan membaca siswa akan dapat memperluas pengetahuan dan memperbanyak kosakata.
Cara lain yang bisa dilakukan guru agar siswa lebih senang membaca bisa dengan menayangkan video tentang cerita dan memberikan media berupa cerita bergambar dan dengan judul yang lebih beragam, dikarenakan siswa yang kita hadapi adalah siswa SD yang masih membutuhkan hiburan.
Sekian komentar yang saya berikan, semoga saran yang saya berikan bisa membantu para guru untuk menumbuhkan minat baca pada anak.
Nama : EKA DHINDA RANDISCA
NIM. 856026398
POKJAR SEI BALAI
Menurut tanggapan saya tentang video Yuk, kita baca lagi membuat kita semua mengetahui bahwa pentingnya belajar membaca sejak sekolah dasar. Dan pentingnya mengikuti pembelajaran disekolah dengan tertib. Dilihat dari video tersebut ada seorang siswa yang selalu mengganggu temannya. Tetapi sang guru kurang tegas dalam menegurnya. Mungkin kita sebagai calon guru kedepannya bisa mendidik siswa dengan baik. Dan dapat mampu menumbuhkan serta meningkatkan konsentrasi anak dalam belajar.
Nama : TRISMA YUNITA
Nim : 855865462
Pokjar: labuhanbatu Selatan
Menurut pendapat saya setelah melihat video pembelajaran tentang “yuk membaca lagi” yaitu :
Apa yang dilakukan ibu guru tersebut sudah bagus dimana kita tau dengan membaca kita dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, apalagi buku yang diberikan sangat cocok untuk anak SD dimana buku tersebut sangat menarik karena didalam buku tersebut terdapat gambar yang bisa menarik perhatian siswa karena kita tau kalau diberikan buku bacaan tanpa gambar maka anak anak akan lebih merasa cepat bosan.
Ibu guru tersebut juga sudah bisa mengatasi anak anak yang ribut di ruangan sehingga keadaan ruangan menjadi kondusif kembali.
Ibu guru juga sudah memberikan motivasi dan semangat kepada siswa dengan cara memberikan kesempatan kepada siswa untuk menceritakan kembali apa yang di bacanya dan memberikan apresiasi. Terimakasih