Similar Posts
Mengajar Berat Benda
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru…
Membaca Cerita Secara Bergilir
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 1 Sekolah Dasar. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah Bahasa Indonesia, dengan materi “Membaca Cerita Secara Bergilir” dengan judul cerita “Timun Mas”. Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut. Setelah itu guru menjelaskan materi…
Penerapan keterampilan Bertanya di Kelas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru…
Teknik Bernyanyi dengan Mudah Melalui Media Audio Tape Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ilustrasi dalam Video ini berisi tentang pemecahan masalah yang dilakukan guru ketika mengajar bernyanyi kepada siswa dengan menggunakan tape recorder karena guru kurang menguasai teknik bernyanyi dengan baik dan benar. Pada kegiatan awal guru menjelaskan lagu yang akan dipelajari kemudian secara bersama-sama mempelajari dengan memutar…
Pembelajaran Seni Secara Terpadu
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Bagaimana Menulis Cerita?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Nama : Paiqoh
NIM : 857104992
POKJAR: Tarumajaya
UPBJJ : UT JAKARTA
Dari video yang sudah saya amati yang berjudul “yuk, kita baca lagi” menjelaskan bahwa membaca merupakan sebuah kegiatan yang mampu meningkatkan kosakata siswa. Dari video tersebut menggambarkan seorang guru yang menyuruh anak-anak untuk membaca buku tanpa memberi aturan, arahan ataupun cara baca yang baik dan benar, supaya dapat menciptakan kelas yang baik. Karena hal tersebut sehingga ada seorang murid yang mengganggu teman sebelahnya, adapun cara untuk menegur murid yang mengganggu temannya itu yaitu dengan cara mendatangi murid tersebut dan bertanya apakah sudah selesai membaca dan apa penyebab murid tersebut mengganggu temannya, ketika murid tersebut sudah selesai membaca maka guru akan menggantikan buku itu dengan buku bacaan baru, setelah masalah teratasi, dan murid murid lain pun sudah selesai dalam bacaannya, maka seorang guru itu menyuruh muridnya untuk menjelaskan apa dari hasil yang sudah mereka baca, dengan maju kedepan dan menceritakan kepada teman teman di depan kelas, sehingga dari kegiatan membaca tersebut anak anak sudah bisa mencerna dan memahami apa yang sudah di baca dan berani untuk maju kedepan kelas
Nama : Paiqoh
NIM : 857104992
POKJAR: Tarumajaya
UPBJJ : UT JAKARTA
Dari video yang sudah saya amati yang berjudul “yuk, kita baca lagi” menjelaskan bahwa membaca merupakan sebuah kegiatan yang mampu meningkatkan kosakata siswa. Dari video tersebut menggambarkan seorang guru yang menyuruh anak-anak untuk membaca buku tanpa memberi aturan, arahan ataupun cara baca yang baik dan benar, supaya dapat menciptakan kelas yang baik. Karena hal tersebut sehingga ada seorang murid yang mengganggu teman sebelahnya, adapun cara untuk menegur murid yang mengganggu temannya itu yaitu dengan cara mendatangi murid tersebut dan bertanya apakah sudah selesai membaca dan apa penyebab murid tersebut mengganggu temannya, ketika murid tersebut sudah selesai membaca maka guru akan menggantikan buku itu dengan buku bacaan baru, setelah masalah teratasi, dan murid murid lain pun sudah selesai dalam bacaannya, maka seorang guru itu menyuruh muridnya untuk menjelaskan apa dari hasil yang sudah mereka baca, dengan maju kedepan dan menceritakan kepada teman teman di depan kelas, sehingga dari kegiatan membaca tersebut anak anak sudah bisa mencerna dan memahami apa yang sudah di baca dan berani untuk maju kedepan kelas
Nama : Indriani
Nim: 859763962
Upbjj : Kedari.
Setelah menyimak vidio di atas Ayo Membaca, menyimpulkan bahwa membaca itu sangat penti apalangi diterapka kepada siswa ddengan membaca siswa dapaat memperluas ilmu pengetahuan menambah kosakat dalam berbicara atau menulis dengn membaca, seperti pada jaman sekarang di setiap sekolah pasti sudah adanya di terapkan pembiasaan literasi seperti di sekolah tempat saya mengajar, di jadikan pembiasaan 15 menit sebelum dimulainyai pembelajaran dengan seperti itu akan menambahkan minat siswa tertarik ntuk membaca, di bebaskan untuk membaca buku enata itu buku pelajaran, buku cerita bergambar, buku novel, cerpen dan sebagainya yang bisa menambah wawasan siswa dengan membaca.
Nama: ANDI PUTRI MAHARANI
Nim: 859764506
Pokjar: Kendari
Setelah menonton video yang berjudul “yuk, kita baca lagi” dapat saya menyimpulkan bahwa seorang guru hendaknya, dapat memberikan perhatian lebih kepada siswa dalam memantau siswa membaca, supaya tau mana siswa yang benar-benar fokus membaca dan mana siswa yang tidak fokus dan hanya bermain, seharusnya seorang guru memberikan contoh terlebih dahulu kepada siswa, agar siswa tau di mana letak tanda baca saat berhenti yang benar. Adapun kelebihan dari video tersebut adalah, saya setuju pada guru yang langsung mendatangi siswa dengan cara yang baik pada siswa yang fokus membaca.
Nama : Indri Yulandari
NIM : 857002083
POKJAR: Salut Waytuba
UPBJJ : Bandar Lampung
Terkait video yang sudah saya amati yang berjudul “yuk, kita baca lagi” menjelaskan bahwa membaca merupakan sebuah kegiatan yang mampu meningkatkan pengetahuan dan daya ingat siswa. Dari video tersebut menggambarkan seorang guru yang menyuruh semua siswa untuk membaca buku tanpa memberi aturan, arah ataupun cara membaca yang baik dan benar, agar dapat menciptakan suasana kelas yang baik dan tenang. hal tersebut membuat seorang siswa yang mengganggu teman satu bangkunya, divideo ini nampak guru segera mendatangi siswa tersebut lalu menegurnya agar tidak menggangu teman satu bangkunya, setelah itu guru bertanya apakah siswa tersebut telah selesai membaca? Lalu siswa pun menjawab bahwa ia telah selesai membaca. Guru memberikan buku baru agar siswa tersebut mempunyai kesibukan sendiri dan tidak menggangu teman satu bangkunya lagi. murid murid lain pun sudah selesai dalam bacaannya, maka seorang guru itu menyuruh siswa untuk menjelaskan hasil dari bacaan yang telah mereka baca, guru menyuruh satu persatu siswa untuk maju kedepan dan menceritakan kepada teman teman di depan kelas, kegiatan ini dapat menilai semua siswa dikelas apakah mereka mampu memahami isi dari bacaan yang telah mereka baca serta melatih keberanian siswa untuk tampil percaya diri didepan kelas tanpa rasa takut.
Nama : NUGROHO TRI PRAKOSO
NIM : 858919372
POKJAR : WULUHAN
UPBJJ : JEMBER
SEMESTER : 6 B
Setelah menyimak video pembeljaran di atas, menurut saya pembeljaran yang dilakukan oleh guru tersebut masuk kategori bagus, dan setelah saya analisa di dalam video pembelajaran tersebut ternyata ada kelebihan dan kekurangan yang akan saya jelaskan berikut ini.
Kelebihan:
a.) siswa diajak menyanyikan lagu bersama-sama agar pembelajaran semakin menyenangkan.
b.) guru menggunakan media gambar dengan baik agar siswa mudah memahami apa yang dipelajari,
c) guru juga memberikan media huruf satu persatu agar siswa dapat lebih memahami dan mengerti tentang
huruf abjad dan membaca, yang dimana hal ini sangat berguna untuk siswa kelas rendah.
Kekurangan:
a.) dalam video pembelajaran tersebut tidak ada kegiatan awal dalam proses pembelajaran seperti: Salam pembuka.
– Berdo’a sebelum memulai pembelajaran.
– menyapa murid dan menanyakan kabar.
melakukan pengecekan daftar hadir murid.
– memberikan games agar anak-anak lebih semangat sebelum memulai pembelajaran.
– memberikan motivasi kepada siswa.
b. Peserta didik kurang fokus dalam memperhatikan guru, sehingga konsentrasi dalam menangkap pembelajaran rendah.
c. Metode yang digunakan guru kurang menarik dalam proses pembelajaran, sehingga membuat murid mudah basan.
NAMA : Hayat Gusto Tambunan
NIM : 857102641
UPBJJ : JAKARTA
Menanggapi video berjudul “yuk, kita baca lagi” menjelaskan bahwa membaca merupakan sebuah kegiatan yang mampu meningkatkan pengetahuan dan daya ingat siswa. Dari video tersebut menggambarkan seorang guru yang menyuruh semua siswa untuk membaca buku tanpa memberi aturan, arah ataupun cara membaca yang baik dan benar, agar dapat menciptakan suasana kelas yang baik dan tenang. hal tersebut membuat seorang siswa yang mengganggu teman satu bangkunya, divideo ini nampak guru segera mendatangi siswa tersebut lalu menegurnya agar tidak menggangu teman satu bangkunya, setelah itu guru bertanya apakah siswa tersebut telah selesai membaca? Lalu siswa pun menjawab bahwa ia telah selesai membaca. Guru memberikan buku baru agar siswa tersebut mempunyai kesibukan sendiri dan tidak menggangu teman satu bangkunya lagi. murid murid lain pun sudah selesai dalam bacaannya, maka seorang guru itu menyuruh siswa untuk menjelaskan hasil dari bacaan yang telah mereka baca, guru menyuruh satu persatu siswa untuk maju kedepan dan menceritakan kepada teman teman di depan kelas, kegiatan ini dapat menilai semua siswa dikelas apakah mereka mampu memahami isi dari bacaan yang telah mereka baca serta melatih keberanian siswa untuk tampil percaya diri didepan kelas tanpa rasa takut.
Nama : Esti
NIM : 856081742
UPBJJ : Batam
Setelah saya melihat video tersebut
Membaca merupakan sebuah kegiatan yang mampu meningkatkan kemampuan kosakata siswa yang sangat berguna saat melakukan komunikasi dengan orang lain baik dengan teman sebaya maupun orang yang lebih tua darinya. Untuk mengatasi anak yang tidak fokus pada saat membaca bahan bacaan di kelas salah satu cara untuk mengatasi hal seperti ini adalah memberikan teguran apakah dia telah selesai membaca tanyakan juga penyebabnya. Siswa dengan kecepatan membaca yang lebih tinggi dari teman teman yang lain dapat di atasi dengan memberikan bahan bacaan tambahan lain. Hasil bacaan harus diapresiasi oleh guru salah satunya dengan cara mendorong dan menyemangati siswa tersebut untuk maju ke depan kelas dan menceritakan apa yang baru saja dibaca hal ini dapat memberikan motivasi pada teman teman yang lain juga untuk mendapatkan pengalaman tambahan berdasarkan apa yang dibaca oleh siswa tersebut dari bahan bacaan tersebut
kelemahan dan kelebihannya,
a. Guru kurang menerapkan komponen keterampilan membuka pembelajaran. Di awal pembelajaran guru tidak mengucapkan salam, tidak melakukan ice breaking, dan menyampaikan tujuan pembelajaran
b. Guru tersebut juga langsung masuk ke pembelajaran inti tanpa adanya materi terlebih dahulu
c. Guru tidak memberikan gambaran tentang manfaat dan tujuan mempelajari pelajaran yang akan di pelajari .
d. Tidak semua siswa dapat menceritakan kembali
e. Siswa yang tidak bisa membaca tidak dapat mengambil kesempatan dalam menceritakan Kembali
kelebihannya :
a. Guru tersebut berpakaian sopan dan rapi
b. Guru tutup memperhatikan siswa saat siswa sedang membaca/membuat kegaduhan
c. Guru mengapresiasi siswa tersebut dengan cara mendorong dan menyemangati siswa tersebut untuk maju kedepan kelas dan menceritakan apa yang baru saja mereka baca
d. Guru menegur siswa dengan cara yang baik
e. Guru selalu memantau siswa ketika membuat kegaduhan
Nama : Agnes Tasia Simangunsong
NIM : 855845407
Pokjar : Toba
UPBJJ :UT-Medan
Setelah saya menganalisis video di atas yang berjudul “yuk, kita Baca lagi” membaca pada kelas rendah sangat di perlu di asah karena mengingat pentingnya membaca itu adalah kegiatan yang mampu meningkatkan pengetahuan dan membentuk proses penalaran siswa dan penambahan perbendaharaan kosa kata siswa dalam hal membaca. kemudian dari kegiatan tersebut dapat memberikan pengetahuan kepada mereka sehingga siswa dapat menceritakan kembali isi dari buku yang mereka baca dengan menggunakan kata kata sendiri. dari video tersebut sudah cukup bagus, akan tetapi akan lebih baiknya jika video tersebut dibuat dengan alur pembelajaran dari mulai pendahuluan, inti pembelajaran sampai penutup sehingga dapat tercapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. pada video tersebut juga sudah menjelaskan bagaimana sikap guru dalam hal menegur dan menghadapi siswa yang telah lebih dulu siap membaca buku ceritanya agar tidak mengganggu teman sebelah nya yang belum siap membaca. pembelajaran yang dilakukan dikelas oleh guru pada saat menyuruh siswa menceritakan ulang cerita yang telah di baca oleh siswa juga sangat bagus karena dengan cara tersebut siswa/ siswi tersebut sudah dapat menyerap inti atau alur cerita yang telah dibacakannya dengan kata katanya sendiri. selain itu dengan menceritakan kembali isi cerita yang telah dibaca, secara tidak langsung guru sudah menanamkan dalam diri siswa untuk percaya diri berani tampil di depan banyak orang.
Nama : Ely Nurmahani
NIM : 858835135
Setelah menyimak vidio di atas Yuk, Kita Baca Lagi, saya dapat menyimpulkan bahwa membaca itu sangat penting terlebihnya jika diimplementasikan kepada siswa. Membaca merupakan kegiatan yang mampu meningkatkan kosakata siswa. Dari video yang saya Simak memberikan Gambaran seorang guru yang mengarahkan anak-anak untuk membaca buku tanpa memberi aturan, arahan ataupun cara baca yang baik dan benar, supaya dapat menciptakan kelas yang kondusif.