Similar Posts
Kesulitan Menulis Karangan Cerita/Narasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Bagaimana Menulis Cerita?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pembelajaran Menggunakan Flow Chart
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan guru dengan menggunakan metode ceramah menjelaskan pemerintahan desa/kelulrahan kepada siswa kelas III SD, sementara itu siswa tampak tidak memahami mengenai apa itu aparatur/perangkat desa/ kelurahan dan fungsi dari setiap aparatur tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran…
Mengerjakan Soal Cerita, Belajar Memahami Cara Menyelesaikan Soal Cerita
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita masih terkendala. Guru sering mengalami kesulitan bagaimana membelajarkan pada siswa cara menyelesaikan soal cerita. Pada video ini menggambarkan bagaimana strategi seorang guru dalam membantu siswa untuk memahami dan menyelesaikan soal cerita. Alternatif pembelajaran dalam tayangan video ini memperlihatkan bagaimana…
Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah: Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam, Meminta siswa…
Menarik Perhatian Siswa
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara : Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan….
Nama : NUR INTAN FITRI ANI
NIM : 856991394
Program Studi : PGSD S-1
UPBJJ Bandar Lampung Pokjar Sidomulyo
Menurut Hasil Refleksi Saya
Berdasarkan apa yang saya amati, isi dari video tersebut membahas tentang bagaimana cara seorang guru dalam membimbing siswanya untuk belajar dengan materi tentang membaca sebuah teks. Menurut saya, kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut sudah baik, seperti misalnya guru menggunakan media seperti buku teks cerita yang sesuai dan dibutuhkan untuk pembelajaran kali ini, lalu juga terlihat guru mampu mengendalikan kondisi kelas agar tetap kondusif dan tenang, dan kemudian adanya apresiasi bagi siswa yang sudah maju ke depan kelas sehingga siswa tersebut merasa senang dan bersemangat untuk belajar
Identifikasi masalah
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Siswa terlihat aktif dan antusias walaupun ada beberapa siswa yang tidak fokus tetapi semua bisa terkondisikan dengan baik.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelemahan guru dalam pembelajaran yakni guru kurang menerapkan komponen keterampilan membuka pembelajaran. Di awal pembelajaran guru tidak mengucapkan salam, tidak melakukan ice breaking, dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelebihan dalam pembelajaran yang dilakukan guru yakni guru memahami pentingnya literasi dan media serta metode pembelajaran apa saja yang digunakan saat pembelajaran.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Hal-hal unik yang saya temukan dalam video tersebut adalah guru sangat memperhatikan siswa satu per satu sehingga tahu siswa yang mempunyai kecepatan membaca cepat dan lambat.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran selanjutnya adalah menyediakan berbagai barang yang membantu kemampuan membaca anak, menjadikan suatu permainan, menyediakan tempat khusus untuk membaca, membiarkan siswa untuk menulis dari hasil bacaannya, mengajak siswa untuk membaca bersama.
Nama : NIA EMILIA
NIM : 856995771
Prodi: 118/S1 PGSD
UPBJJ: 20/BANDAR LAMPUNG
Tugas Mata Kuliah : Pdgk4209/ pemantapan Kemampuan Mengajar
Semester: 6
Setelah melihat vidio tersebut , menurut saya penerapan pembelajaran yang ada didalam video sebenarnya sudah cukup baik dimana kita ketahui memberi waktu untuk siswa membaca untuk memahahi apa yang akan kita tanyakan kepada siswa nantinya.
Kelemahan:
a. Guru tidak mengucapkan salam
b. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
c. Guru tidak mengabsen Kehadiran murid
Kelebihan:
a. Guru mengapresiasi murid ketika maju kedepan
b. Guru selalu memantau anak ketika muridnya gaduh
c. Guru Aktif dalam memberikan pembelajaran
Nama : NIA EMILIA
NIM : 856995771
Prodi: 118/S1 PGSD
UPBJJ: 20/BANDAR LAMPUNG
Tugas Mata Kuliah : Pdgk4209/ pemantapan Kemampuan Mengajar
Semester: 6
Setelah melihat vidio tersebut , menurut saya penerapan pembelajaran yang ada didalam video sebenarnya sudah cukup baik dimana kita ketahui memberi waktu untuk siswa membaca untuk memahahi apa yang akan kita tanyakan kepada siswa nantinya.
Kelemahan:
a. Guru tidak mengucapkan salam
b. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
c. Guru tidak mengabsen Kehadiran murid
Kelebihan:
a. Guru mengapresiasi murid ketika maju kedepan
b. Guru selalu memantau anak ketika muridnya gaduh
c. Guru Aktif dalam memberikan pembelajaran
Nama : Fitri Ramayani siregar
NIM : 856020713
Prodi : PGSD S1
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Siswa terlihat aktif dan antusias walaupun ada beberapa siswa yang tidak fokus tetapi semua bisa terkondisikan dengan baik.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelemahan guru dalam pembelajaran yakni guru kurang menerapkan komponen keterampilan membuka pembelajaran. Di awal pembelajaran guru tidak mengucapkan salam, tidak mengecek kehadiran, dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelebihan dalam pembelajaran yang dilakukan guru yakni guru memahami pentingnya literasi dan media serta metode pembelajaran apa saja yang digunakan saat pembelajaran.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Hal-hal unik yang saya temukan dalam video tersebut adalah guru sangat memperhatikan siswa satu per satu sehingga tahu siswa yang mempunyai kecepatan membaca cepat dan lambat.
5.upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran selanjutnya adalah menyediakan berbagai barang yang membantu kemampuan membaca anak, menjadikan suatu permainan, menyediakan tempat khusus untuk membaca, membiarkan siswa untuk menulis dari hasil bacaannya, mengajak siswa untuk membaca bersama.
NAMA : Moh. Zaifuddin Marzuki
NIM : 858693301
Prodi : PGSD
Assalamualaikum izin menanggapi
a) ketika siswa diberikan tugas membaca mandiri sebagian siswa fokus dengan buku bacaan yang diberi guru adapun siswa yang tidak fokus (bermain) sehingga menggangu teman yang lain saat membaca.
b) Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Tanggapan : menurut saya setelah mengamati video berikut guru tidak melakukan kegiatan awal dalam pembelajaran yaitu tidak mengucapkan salam, tidak mengabsen kehadiran siswa, dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
c) Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Tanggapan : guru memberikan apresiasi kepada siswa yaitu mendorong dan menyemangati siswa untuk maju kedepan kelas menceritakan kembali apa yang mereka baca sehingga menambah motivasi untuk siswa Kemudian guru juga membawa bahan ajar yaitu buku cerita
d) Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Tanggapan : guru akan memberikan buku cerita yang lain ketika siswa sudah selesai membaca, kegunaanya agar siswa tersebut tidak menggangu temannya yang lain.
e) Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya ?
Tanggapan : – kita sebagai guru bisa menyediakan tempat khusus untuk membaca agar siswa lebih tertarik lagi dengan buku seperti (sudut baca)
– Guru juga menyediakan berbagai buku yang menarik minat
Anak untuk membaca dan menyediakan tempat untuk anak mengapresiakan bacaan yang telah dibacanya. Dan kegiatan dapat menambah wawasan kosa kata pada diri siswa
Nama : Inggit Asanas Titi
NIM. : 856975676
Semester : 6 (enam)
sebagian siswa masih kurang bisa terkondisikan ketika pembelajaran kelas berlangsung. Membaca memang mengasikan untuk sebagian anak, akan tetapi untuk anak yang memiliki minat baca yang rendah ia akan mudah bosan ketika mendapati metode pembelajaran membaca. Reaksi guru tersebut cukup sigap ketika mendapati anak yang mengganggu temannya ketika membaca, guru langsung mendekati siswa dan langsung menegurnya lalu memberi solusi agar tidak mengganggu temannya lagi. Akan tetapi lebih baiknya, guru tetap memantau anak ketika kegiatan membaca, jadi tidak hanya duduk dengan kesibukannya sendiri. Saya setuju bahwa membiasakan anak untuk membaca akan menambah kosa kata siswa, sehingga akan lebih memudahkan ketika berkomunikasi dengan guru, teman, maupun orang di lingkungan sekitar. Selain itu membaca akan menambah wawasan siswa lebih luas. Untuk itu, kegiatan membaca dapat digunakan sebagai literasi sekolah. Hal ini dapat meningkatkan minat membaca siswa.
Hal yang unik dalam kegiatan pembelajaran tersebut yakni guru mengapresiasi peserta didik dengan melatih anak kembali bercerita di depan kelas dan memberikan tepuk tangan, hal tersebut simple namun akan membuat anak merasa termotivasi dan merasa diperhatikan oleh guru.
Kelemahan :
– Guru tidak mengucapkan salam
– Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
– Guru tidak mengabsen siswa
Kelebihan :
– Guru mengapresiasi siswa ketika maju kedepan
– Guru selalu memantau anak ketika anak gaduh
– Guru Aktif dalam pembelajaran
Nama : Inggit Asanas Titi
NIM. : 856975676
Semester : 6 (enam)
sebagian siswa masih kurang bisa terkondisikan ketika pembelajaran kelas berlangsung. Membaca memang mengasikan untuk sebagian anak, akan tetapi untuk anak yang memiliki minat baca yang rendah ia akan mudah bosan ketika mendapati metode pembelajaran membaca. Reaksi guru tersebut cukup sigap ketika mendapati anak yang mengganggu temannya ketika membaca, guru langsung mendekati siswa dan langsung menegurnya lalu memberi solusi agar tidak mengganggu temannya lagi. Akan tetapi lebih baiknya, guru tetap memantau anak ketika kegiatan membaca, jadi tidak hanya duduk dengan kesibukannya sendiri.
Saya setuju bahwa membiasakan anak untuk membaca akan menambah kosa kata siswa, sehingga akan lebih memudahkan ketika berkomunikasi dengan guru, teman, maupun orang di lingkungan sekitar. Selain itu membaca akan menambah wawasan siswa lebih luas. Untuk itu, kegiatan membaca dapat digunakan sebagai literasi sekolah. Hal ini dapat meningkatkan minat membaca siswa.
Hal yang unik dalam kegiatan pembelajaran tersebut yakni guru mengapresiasi peserta didik dengan melatih anak kembali bercerita di depan kelas dan memberikan tepuk tangan, hal tersebut simple namun akan membuat anak merasa termotivasi dan merasa diperhatikan oleh guru.
Kelemahan :
– Guru tidak mengucapkan salam
– Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
– Guru tidak mengabsen siswa
Kelebihan :
– Guru mengapresiasi siswa ketika maju kedepan
– Guru selalu memantau anak ketika anak gaduh
– Guru Aktif dalam pembelajaran
Nama: DAHLIYANA RITONGA
NIM: 856029576
UPBJJ: UT MEDAN
Berikut hasil analisis video yang saya lakukan.
Membaca merupakan sebuah kegiatan yang mampu meningkatkan kemampuan kosa kata siswa. Dengan membaca, siswa di harapkan mampu menambah kosakata mereka yang sangat berguna saat melakukan komunikasi dengan orang lain.
Ketika siswa di berikan sebuah bahan bacaan, ada saja siswa yang tidak fokus terhadap bahan bacaannya sehingga mengganggu teman yang lain dan pada akhirnya kelas menjadi gaduh.
Untuk mengatasi hal tersebut adalah guru harus mendatangi siswa yang bermasalah tersebut dan memberikan teguran apakah dia sudah selesai membaca dan tanyakan penyebabnya.
Siswa dengan kecepatan membaca yang lebih tinggi dari temannya yang lain dapat di atasi dengan memberikan tambahan bacaan yang lain untuk di baca sehingga akan memberikan kesibukan tambahan dan sekaligus menambah pengetahuan siswa tersebut.
Guru harus mengapresiasi siswa dengan cara mendorong dan menyemangati siswa tersebut untuk maju ke depan kelas untuk menceritakan apa yang telah di baca. Hal ini dapat memotivasi teman-temannya yang lain
juga untuk mendapatkan pengalaman tambahan berdasarkan apa yang di baca oleh siswa dari bacaannya.
Kekurangan:
1. Guru tidak mengucapkan salam dan menyapa siswa
2. Guru tidak memulai pembelajaran dengan Do’a
2. Guru tidak mengabsen siswa
3. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
4. Guru tidak menjelaskan pelajaran sebelumnya / Apersepsi
Kelebihan:
1. Guru mengapresiasi siswa ketika maju ke depan
2. Guru selalu memantau siswa ketika anak berbuat gaduh
3. Guru aktif dalam pembelajaran4.
4. Guru memberikan buku bacaan baru kepada siswa
Sekian dari saya, terima kasih.
Nama : SERLI WIDIYA NINGRUM
Nim : 857009093
Prodi : S1 PGSD
Menurut saya setelah mengamati vidio tersebut adalah Guru tersebut tidak mengucapkan salam dan berdoa. Tidak ada melakukan pembukaan dalam proses belajar mengajar. Tidak mengecek kehadiran siswa. Dan yang terakhir guru tersebut melangsungkan siswa untuk membaca buku dan tidak melakukan penjelasan pada pembelajaran tersebut. Kelebihannya Sudah sangat bagus, dan menambah wawasan juga bagi para guru untuk lebih aktif lagi dalam proses mengajar agar siswa lebih kondusif dan bisa menerima pelajaran dengan baik. Membaca memang mengasikan untuk sebagian anak, akan tetapi untuk anak yang memiliki minat baca yang rendah ia akan mudah bosan ketika mendapati metode pembelajaran membaca. Guru mengapresiasi siswa ketika maju kedepan, dan juga guru selalu memantau anak ketika anak gaduh. Hal uniknya yaitu guru memberikan tambahan buku bacaan kepada siswa yang mempunyai tingkat kecepatan membaca. Perbaikannya supaya menambah media pembelajaran.
Nama : Hendri Surya Darma Situmorang
NIM : 856027336
Prodi : PGSD S1
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Siswa terlihat aktif dan antusias walaupun ada beberapa siswa yang tidak fokus tetapi semua bisa terkondisikan dengan baik.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelemahan guru dalam pembelajaran yakni guru kurang menerapkan komponen keterampilan membuka pembelajaran. Di awal pembelajaran guru tidak mengucapkan salam, tidak mengecek kehadiran, dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelebihan dalam pembelajaran yang dilakukan guru yakni guru memahami pentingnya literasi dan media serta metode pembelajaran apa saja yang digunakan saat pembelajaran.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Hal-hal unik yang saya temukan dalam video tersebut adalah guru sangat memperhatikan siswa satu per satu sehingga tahu siswa yang mempunyai kecepatan membaca cepat dan lambat.
5.upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran selanjutnya adalah menyediakan berbagai barang yang membantu kemampuan membaca anak, menjadikan suatu permainan, menyediakan tempat khusus untuk membaca, membiarkan siswa untuk menulis dari hasil bacaannya, mengajak siswa untuk membaca bersama.Nama : Hendri Surya Darma Situmorang
NIM : 856027336
Prodi : PGSD S1
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Siswa terlihat aktif dan antusias walaupun ada beberapa siswa yang tidak fokus tetapi semua bisa terkondisikan dengan baik.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelemahan guru dalam pembelajaran yakni guru kurang menerapkan komponen keterampilan membuka pembelajaran. Di awal pembelajaran guru tidak mengucapkan salam, tidak mengecek kehadiran, dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelebihan dalam pembelajaran yang dilakukan guru yakni guru memahami pentingnya literasi dan media serta metode pembelajaran apa saja yang digunakan saat pembelajaran.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Hal-hal unik yang saya temukan dalam video tersebut adalah guru sangat memperhatikan siswa satu per satu sehingga tahu siswa yang mempunyai kecepatan membaca cepat dan lambat.
5.upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran selanjutnya adalah menyediakan berbagai barang yang membantu kemampuan membaca anak, menjadikan suatu permainan, menyediakan tempat khusus untuk membaca, membiarkan siswa untuk menulis dari hasil bacaannya, mengajak siswa untuk membaca bersama.