silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi strategi seorang guru Taman kanak-kanak yang mengalami masalah pada anak didiknya. Masalah tersebut adalah anak kesulitan dalam mengemukakan pendapatnya. Cara yang dilakukan guru tersebut diantaranya adalah dengan melatih anak secara terus menerus dan perlahan untuk mengemukakan pendapatnya. Misalnya dengan melontarkan beberapa pertanyaan tentang hal-hal yang disukai anak, memperlihatkan gambar kepada anak dan meminta anak menyampaikan pendapatnya tentang gambar tersebut. Cara lainnya adalah dengan meminta anak menggambar bebas, kemudian meminta anak untuk menceritakan gambar hasil karyanya di depan kelas. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan meminta anak membawa mainan atau buku kesayangannya dari rumah dan memintanya menceritakan tentang mainan dan buku kesayangannya itu di depan teman-temannya, tentu saja tahap awal guru memancing dengan pertanyaan seputar mainan atau buku tersebut.

Ir. Melly Latifah , M.Si

Pada tayangan video tersebut, untuk pembukaan dan isi sudah sesuai dengan ilustrasi namun untuk penutup belum terlihat. Penggunaan strategi, pendekatan, metode dan media sudah ada dalam tayangan tersebut, namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak sudah sesuai dengan materi pembelajarannya, demikian juga dengan kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku (anak memahami bahasa ekpresif).

Tri Ekawati

Similar Posts

1,172 Comments

  1. Bismillah, ijin menanggapi video di atas
    Dari video diatas telah saya amati bahwa pada awal mula tahun ajaran baru adalah masa2 adaptasi bagi seorang guru dengan anak didiknya. Tidak semua anak usia dini bisa dengan mudah nya beradaptasi dengan guru, maka dari itu kita sebagai guru harus memiliki rasa kesabaran yang tinggi, mampu menciptakan kedekatan emosional, memberikan rasa aman kepada anak agar anak dapat sedikit-sedikit bisa menerima dan beradaptasi dengan orang dan lingkungan yang baru. Selain kita sebagai guru yang harus berusaha agar anak yang belum bisa mandiri tersebut bisa beradaptasi kita juga bisa meminta anak didik/temannya yang pandai bersosial untuk mengajaknya berkenalan, bercakap-cakap serta menciptakan rasa aman sehingga membuat anak merasa aman dan dapat menerima orang dan lingkungan yang baru.

  2. video diatas menjelaskan tentang anak yg sulit mengemukakan pendapat hal itu dikarenakan anak blm memahami maksud dari pertanyaan guru krn mungkin blm memahami penjelasan dari guru sblmnya sehingga snakesulitan mengemukakan pendapat selain itu stimulasi anak kurang dan pertanyaan terkadang bisa membingungkan anak
    Untuk pembelajaran dikelas dan tips tips untuk mengembangkan kemampuan anakyang sulit dalammengungkapkanpendapat dan kegiatan yang bervariatif dapat meningkatkan antusias anak dlm belajar. Dan ekspresi guru hrs ceria dan banyak senyum saat melontarkan pertanyaan kpd anak2, guru jg lbh banyak menstimulasi anak untuk lbh sering mengemukakan pendapat

Leave a Reply