silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi strategi seorang guru Taman kanak-kanak yang mengalami masalah pada anak didiknya. Masalah tersebut adalah anak kesulitan dalam mengemukakan pendapatnya. Cara yang dilakukan guru tersebut diantaranya adalah dengan melatih anak secara terus menerus dan perlahan untuk mengemukakan pendapatnya. Misalnya dengan melontarkan beberapa pertanyaan tentang hal-hal yang disukai anak, memperlihatkan gambar kepada anak dan meminta anak menyampaikan pendapatnya tentang gambar tersebut. Cara lainnya adalah dengan meminta anak menggambar bebas, kemudian meminta anak untuk menceritakan gambar hasil karyanya di depan kelas. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan meminta anak membawa mainan atau buku kesayangannya dari rumah dan memintanya menceritakan tentang mainan dan buku kesayangannya itu di depan teman-temannya, tentu saja tahap awal guru memancing dengan pertanyaan seputar mainan atau buku tersebut.

Ir. Melly Latifah , M.Si

Pada tayangan video tersebut, untuk pembukaan dan isi sudah sesuai dengan ilustrasi namun untuk penutup belum terlihat. Penggunaan strategi, pendekatan, metode dan media sudah ada dalam tayangan tersebut, namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak sudah sesuai dengan materi pembelajarannya, demikian juga dengan kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku (anak memahami bahasa ekpresif).

Tri Ekawati

Similar Posts

1,208 Comments

  1. Nama : Dewi Lestariningsih
    Nim : 837305754
    Video yang berjudul ” Anak Sulit Mengemukakan Pendapat ” Di dalam video tersebut ada guru yang memberikan pertanyaan kepada anak dan anak tidak bisa menjawab.

    Menurut saya anak sulit
    mengungkapkan pendapatnya karena kurangnya stimulasi yang diberikan kepada anak. Guru seharusnya memberikan stimulasi anak dengan cara-cara yang menarik yang disukai anak dan pada waktu yang tepat. Di dalam vidio dijelaskan bagaimana cara mengatasi anak yang sulit mengemukakan pendapat.

    Cara mengatasi anak yang susah mengeluarkan pendapatnya yaitu
    1. Mengajak diskusi anak tersebut
    2. Membantu siswa menemukan pendapatnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami.
    3. Libatkan siswa tersebut dengan kegiatan apapun.
    4.Memberi reward untuk anak yang sudah berani mengeluarkan pendapatnya.

  2. Nama : Ni wayan Sariasih
    NIM : 859031785
    Matkul : Pemantapan Kemampuan Profesional

    Dalam vidio tersebut guru mengalami masalah Masalah terhadap anak kesulitan dalam mengemukakan pendapatnya. Cara yang dilakukan guru tersebut diantaranya adalah dengan melatih anak secara terus menerus dan perlahan untuk mengemukakan pendapatnya. Misalnya dengan melontarkan beberapa pertanyaan tentang hal-hal yang disukai anak, memperlihatkan gambar kepada anak dan meminta anak menyampaikan pendapatnya tentang gambar tersebut. Cara lainnya adalah dengan meminta anak menggambar bebas, kemudian meminta anak untuk menceritakan gambar hasil karyanya di depan kelas.
    Adapun beberapa kelemahan dan kelebihan dalam vidio tersebut, diantaranya :
    -Kekurangan dalam vidio :
    – Guru kurang kreatif dalam menstimulasi kegiatan
    – Kelas terlalu padat dan hanya aada 1 orang guru
    – Tidak ada guru pendamping
    – Guru hanya bertanya dan tidak memberikan arahan ketika siswa menjawab tidak tahu
    -Kelebihan dalam vidio
    – Guru memberikan berbagai macam kegiatan kepada anak
    – Guru berperan aktif membantu anak yang mengalami kesulitan
    – Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menjawab pertanyaan
    – Guru memberikan penghargaan bagi anak yang bisa menjawab

  3. Nama : Nur Hasanah
    NIM 858744114
    setelah menyaksikan video tersebut, masalah utama dalam video tersebut adalah seorang anak tidak percaya pada diri,
    . saya pernah mengalami hal seperti itu di lembaga tempat saya mengajar,
    . solusi yang pernah saya coba adalah menanyakan pada anak tersebut tentang hal-hal yang disukai dan tidak disukai oleh anak tersebut dengan memberikan sedikit belaian pada anak tersebut, kemudian
    . dengan menanyakan hal-hal apa saja yang disukai oleh anak, biasanya anak-anak akan semangat untuk bercerita, selain itu sentuhan lembut kepada anak tersebut akan merasa anak dekat dengan kita.

  4. Nama : NUR HASANAH
    NIM : 858744114
    masalah utama dalam video tersebut adalah seorang anak yang tidak percaya pada diri
    . saya pernah mengalami hal seperti itu
    . solusi yang pernah saya coba adalah menanyakan pada anak tersebut tentanghal hal yang disukai dan tidak disukai oleh anak tersebut dengan memberikan sedikit belaian pada anak tersebut
    . dengan menanyakan hal hal apa saja yang disukai oleh anak, biasanya anak anak akan semangat untuk bercerita, selain itu sentuhan lembut kepada anak tersebut juga akan merasa anak lebih dekat dengan kita

  5. Video tersebut sangat membantu saya dalam memberikan pemahaman terkait anak mengungkapkan pendapatnya. Supaya anak tidak kesulitan dalam mengungkapkan pendapatnya, kita perlu menstimulasi anak tersebut seperti memberikan pertanyaan tentang hal-hal yang disukai anak. Hal ini dapat melatih anak untuk berani dalam berpendapat.
    saya setuju sama yang dilakukan guru tersebut, anak sulit mengungkapkan pendapatnya terjadi dikarenakan anak tersebut takut atau tidak percaya diri. Bagi seorang guru, sangat penting untuk dapat berdiskusi dengan anak dimulai dengan menanyakan hal-hal sederhana yang ia lakukan sehari-hari. Ajak anak untuk berbicara. Hal ini dapat menjadikan dorongan anak dalam mengemukakan pendapat.

  6. pada tanyangan tersebut sudah terlihat pembukaan dan isi sudah sesuai dengan ilustrasi namun untuk penutup belum terlihat.
    a. Kelemahan
    • Guru kurang kreatif dalam menstimulasi kegiatan
    • Kelas terlalu padat dan hanya aada 1 orang guru
    • Tidak ada guru pendamping
    • Guru hanya bertanya dan tidak memberikan arahan ketika siswa menjawab tidak tahu
    b. Kelebihan
    – Guru memberikan berbagai macam kegiatan kepada anak
    – Guru berperan aktif membantu anak yang mengalami kesulitan
    – Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menjawab pertanyaan
    – Guru memberikan penghargaan bagi anak yang bisa menjawab

  7. Nama : Binti Fatikhatus Saadah
    NIM : 858869809
    Masalah yang dihadapi guru dalam video tersebut yaitu anak kesulitan dalam mengungkapkan pendapatnya. menurut saya anak sulit mengungkapkan pendapat karena kurangnya stimulasi yang diberikan kepada anak sehingga anak merasa bingung saat mengungkapkan pendapatnya.
    dari video diatas saya setuju dengan yang dilakukan guru yaitu memberikan atau mengajak anak untuk berkomunikasi dan berdiskusi apa yang sedang dilakukan, sehingga dari stimulasi yang diberikan guru anak akan dapat mengungkapkan pendapatnya meskipun sedikit demi sedikit pendapat yang disampaikan oleh anak.

  8. Nama : Diyan Wahyuni
    NIM : 877317346
    Dari video diatas penyebab anak sulit untuk mengungkapkan pendapatnya adalah karena kurangnya stimulasi bicara aktif. Salah satu tips yang diberikan adalag dengan cara melemparkan pertanyaan tentang hal-hal yang disukai anak. Menurut saya dengan cara melemparkan pertanyaan tentang hal-hal yang disukai anak tersebut dapat menjadikan hubungan guru dengan anak akan lebih dekat. Saat anak bisa menjadi dekat dengan guru maka dia akan sering untuk berkomunikasi dengan guru sehingga lama lama dia akan senang untuk menceritakan hal apapun kepada gurunya.

  9. Nama: Amelia Kesogihin
    NIM: 855892588
    UPBJJ: Banda Aceh
    Saya melihat bahwa dalam video tersebut anak kurang berani dan percaya diri untuk mengemukakan pendapatnya
    Tentunya sebagai guru kita harus mengetahui penyebabnya sehingga kita bisa memberikan cara yang tepat untuk mengatasinya. Contohnya biasakanlah anak untuk mengungkapkan apa yang ada difikirannya, kita puji sambil meluruskan bila yang diungkapkannya salah. Kita puji si anak kita motivasi agar dia berani berbicara.Kadang anak tidak berani berbicara karena takut salah atau memang si anak pemalu.

  10. Nama : Nova Afrianika
    NIM : 858191325
    Menurut Pendapat saya video tersebut sangat baik dan sangat membantu guru dalam mengatasi masalah anak yang kesulitan dalam mengemukakan pendapatnya. Cara yang dilakukan guru tersebut yaitu dengan melatih anak secara terus menerus dan perlahan untuk mengemukakan pendapatnya. Misalnya dengan melontarkan beberapa pertanyaan tentang hal-hal yang disukai anak, memperlihatkan gambar kepada anak dan meminta anak menyampaikan pendapatnya tentang gambar tersebut. Cara lainnya adalah dengan meminta anak menggambar bebas, kemudian meminta anak untuk menceritakan gambar hasil karyanya di depan kelas. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan meminta anak membawa mainan atau buku kesayangannya dari rumah kemudian memintanya menceritakan tentang mainan dan buku kesayangannya itu di depan teman-temannya sehingga anak dapat mengemukakan pendapatnya.

Leave a Reply