silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini menggambarkan upaya seorang guru anak usia dini yang mencoba menerapkan permainan pesan berbisik guna mengembangkan keterampilan motorik anak. Dalam permainan pesan berbisik ini, anak-anak selalin dikembangkan kemampuan motoriknya melalui kegiatan berlari zig zag, juga melompat dan menirukan berbagai gerakan sesuai gambar pada kartu yang digunakan guru. Permainan ini merupakan salah satu alternatif bagi guru anak usia dini dalam mengembangkan motorik anak agar kegiatan pengembangan lebih bervariasi dan lebih menarik.

Sri Tatminingsih

a. Pada tayangan video ini bu guru tidak terlihat menampilkan
tayangan pembuka dan menutup pembelajaran dalam permainan berbisik.

b. Dalam strategi, pendekatan, serta metode sudah sesuai dengan
pembelajaran di TK, namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Kesesuaian pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, anak usia dini.

d. Kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku, yaitu anak dapat melakukan beberapa perintah sederhana.

Rahmawati

Similar Posts

233 Comments

  1. Assalamualaikum..Wr.Wb
    Nama : Winda Teni Puspa Rani
    NIm : 859800222
    Dari Vidio di atas di jelaskan bahwa usia dini merupakan masa yang paling efektif untuk mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak salah satu perkembangan yang penting yaitu perkembangan motorik kasar dan perkembangan bahasa.Temuan yang disajikan sangat menarik dan menunjukkan korelasi yang baik antara kedua aspek tersebut. Anak-anak tampak sangat antusias, menikmati setiap permainan, dan tampak sangat asyik belajar.Permainan bisikan merupakan permainan kelompok yang sangat fleksibel, praktis dan ekonomis karena dapat dimainkan kapanpun dan dimanapun tanpa memerlukan peralatan apapun. Permainan ini menguji imajinasi, kosa kata, dan konsentrasi anak, serta bersifat kompetitif sehingga kelompok pemenang dapat berbangga. Alat pemandu juga biasanya mudah dibuat dari bahan yang tersedia dan murah.Di sini guru bisa berkreasi sekreatif mungkin dan membuat kartu bergambar dan kartu surat yang menarik.

    Demikian Dari Saya
    Terima Kasih

  2. Nama ; Salshabila Oktiantika Ramadani
    NIM : 857627965

    Dalam video seri pengembangan motorik yang berjudul ” Permainan Pesan Berbisik” memberikan gambaran yang jelas dan menarik tentang pentingnya pengembangan motorik kasar dan bahasa pada anak usia dini. Penggunaan ilustrasi dan contoh kegiatan yang konkret membantu para guru untuk memahami bagaimana mereka dapat menstimulasi perkembangan anak melalui permainan yang menyenangkan dan edukatif.
    Berikut beberapa poin penting yang dapat saya tanggapi dari video “ Permainan Pesan Berbisik”:
    – Mengembangkan kemampuan bahasa anak : melatih indra pendengaran ketika anak mendengar suara yang sangat pelan (bisikan) dan berusaha memahami pesan yang harus disampaikan dan pengamatan visual.
    – Mengembangkan kemampuan fisik dan motorik anak : video ini memberikan contoh konkret bagaimana guru dapat menstimulasi motorik kasar dan bahasa anak melalui permainan pesan berbisik. Permainan ini melibatkan berbagai gerakan fisik, seperti berlari, melompat, dan berputar, yang membantu meningkatkan kekuatan, koordinasi, dan keseimbangan anak.
    – Mengembangkan kemampuan sosial anak : melatih kebersamaan, kekompakan, dan kerja sama anak sehingga anak merasakan dirinya menjadi bagian serta mempunyai peran dalam kelompok dan berusaha untuk melakukan tugasnya dengan sebaik – baiknya demi kepentingan kelompoknya.
    – Mengembangkan kemampuan emosional anak : melatih anak mengungkapkan perasaan dan meluapkan kegembiraannya dan tidak sombong jika menang, serta menahan diri untuk tidak membisiki pesan dengan keras.

  3. Nama : nofi atur rofiah
    NIM : 857757766
    Ijin menanggapi video,
    Video tersebut menggambarkan guru yang mengajak anak belajar sambil bermain yang dapat meningkatkan perkembangan fisik motorik, bahasa, kognitif dan social emosional anak. Guru juga menyiapkan dengan baik bahan-bahan yang akan digunakan ketika pembelajaran. Dalam permainan pesan berbisik ini, perkembangan motorik kasar anak distimulasi melalui berbagai kegiatan yaitu ketika melompat berbalik seperti katak, ketika pemain terahir harus berlari sampai depan dengan cara zig zag dan ketika anak menyampaikan pesan yang diterima sesuai imajinasinya. Perkembangan bahasa anak di stimulasi melalui beberapa kegiatan yaitu anak mendengarkan dan menyampaikan pesan yang telah diterimanya, pengenalan kosa kata secara lisan ketika anak menyampaikann pesan yang diterimanya, pengenalan kosa kata melalui tulisan ketika anak mencari kartu kata atau kartu bergambar dan menyebutkan pesan yang diterima scara keras. Perkembangan social emosional didapatkan anak ketika anak harus sportif menerima kekalahan dan kemenangan, serta perkembangan kognitif anak yang distimulasi melalui berimajinasi sesuai pesan yang diterima.

Leave a Reply