Similar Posts
Konsep Fotosintesis
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lokasi sekolah terletak di daerah perkotaan Jakarta dengan lingkungan sekitar dikelilingi gedung tinggi dan lalu lintas yang ramai. Pembelajaran dilakukan pada pagi hari di kelas 7 sekolah menengah pertama dengan jumlah siswa sekitar 30 orang. Pada kegiatan pembelajaran ini guru berjenis kelamin laki-laki aktif membimbing…
Gerak Jatuh Bebas Akibat Gravitasi Bumi
Sinopsis Gerak jatuh bebas merupakan suatu gerak Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) dengan percepatan gravitasi sekitar 9,8 m/s. Kecepatan dalam gerak jatuh bebas hanya ditentukan oleh percepatan gravitasi di wilayah tersebut serta waktu. Rekan Guru di manapun Anda berada, pemahaman terhadap gerak jatuh bebas sangat penting dikuasai oleh anak-anak siswa SMP. Namun, dalam kenyataan sering…
Mengenal Perekonomian Masyarakat Perkotaan dan Dampaknya bagin masyarakat Pedesaan
Sinopsis Salah satu tantangan bagi guru IPS (ekonomi) adalah harus bisa menentukan model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Pada video ini menggambarkan bahwa pada awal pembelajaran metode yang digunakan guru kurang dapat menjelaskan materi, sehingga guru perlu merubah metode yang digunakan dengan tayangan video ini kemudian siswa diminta untuk berdiskusi. Siswa lebih…
Mengaktifkan Siswa dalam Percobaan Fotosintesis pada Tumbuhan Hijau
Sinopsis Didalam ruangan laboratorium IPA suatu SMP tampak beberapa kelompok siswa sedang melakukan percobaan, sebagian kelompok tampak tidak serius dalam melakukan percobaan, mereka saling mengobrol dan tertawa, sebagian siswa hanya menonton temannya yang sedang bekerja melakukan percobaan. Bagaimana Seorang guru dapat mengaktifkan siswanya? Agar selama kegiatan praktikum berjalan dengan baik dan semua aktif, Guru tersebut…
Belajar Memahami Model Pembelajaran IPS Terpadu
Sinopsis Pada video ini memperlihatkan peran guru sebagai fasilitator. Guru berupaya melibatkan siswa pada setiap momen tertentu sehingga disamping merasakan dalam proses pembelajaran sebagai pengalaman langsung siswa, juga pengetahuan yang didapat tidak terpilah-pilah namun merupakan satu kesatuan utuh atau terpadu. Setelah Anda menyimak dengan seksama tayangan video tersebut, tentu Anda akan mencoba dalam pembelajaran IPS…
HOTS Penyajian Data dalam bentuk tabel dan diagram
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Di era perkembangan teknologi saat ini, akan memudahkan seseorang mengakses semua hal. Salah satunya adalah kemudahan membeli makanan secara online. Namun kadang-kadang makanan yang kita beli akan membuat tubuh menjadi kelebihan berat badan/obesitas. Dalam pembelajaran ini, siswa akan menyelidiki apakah orang-orang sekitar mereka telah mengalami…
Nama : Noer Fitri
NIM : 048449461
Prodi : Pendidikan Fisika
Mengajarkan anak-anak tentang materi gelombang transversal memang tidaklah mudah karena materi gelombang ini merupakan materi yang abstrak sehingga umumnya siswa sulit untuk memahaminya.
Salah satu cara yang dapat membantu agar mereka dapat memahaminya adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran yang tepat. Strategi pembelajaran yang digunakan sebaiknya melibatkan siswa berinteraksi langsung, memperoleh informasi dan menyimpulkan informasi menjadi sebuah konsep. Dalam video diatas peran guru sangat penting dalam mengarahkan siswa untuk melakukan sebuah percobaan dengan alat sederhana agar siswa dapat memahami perbedaan arah rambat dan arah getar pada sebuah tali.
Alternatif lain agar siswa dapat memahami materi gelombang ini dengan menampilkan video-video atau animasi 2 dimensi atau 3 dimensi pembelajaran gelombang transversal.
Nama : YUNI NUR LAILI
NIM : 501333198
Program Studi : Magister Pendidikan Dasar
Pada video tersebut dapat dilihat bahwa dengan melakukan percobaan sederhana siswa dapat lebih mudah memahami materi yang sudah disampaikan oleh guru. Dengan adanya percobaan sederhana ini siswa dapat terlibat langsung dalam kegiatan sehingga terkait materi gelombang longitudinal dan tranversal ini dapat dengan mudah dipahami. Sebagai guru kita harus memfasilitasi dan membimbing siswa agar dapat memahami materi yang disampaikan. Karena siswa mempunyai cara belajar yang berbeda-beda sehingga sebagai guru lebih memahami terkait karaktreistik siswa sehingga dapat disesuaikan dengan materi yang disampaikan.