silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Perlu dipahami oleh para guru bahwa penanaman disiplin tidak dapat dicapai oleh anak secara cepat. Penanaman disiplin membutuhkan kesabaran, keteladanan dan konsistensi serta mekanisme “reward”. Dengan cara pengulangan, disiplin yang hendak diterapkan guru diantara para siswa TK perlu dilakukan. Dengan teladan dan cara pengulangan, siswa TK dapat mengingat aturan-aturan yang harus diikuti.

Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih siswa TK agar mereka secara perlahan memahami dan dapat mentaati aturan melalui cara pengulangan di kelas. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa. 

Sri Tatminingsih

Dari tayangan vidio yang berjudul Menanamkan disiplin pada anak usia dini melalui teknik pengulangan (repetition) menurut pendapat saya sudah dapat dipahami oleh anak, dari tayangan vidio saya sampaikan kekuatannya:

1. Guru telah dapat menarik perhatian anak untuk mendengarkan informasi dengan jelas;

2. Guru terlihat sudah menyiapkan contoh-contoh tentang disiplin anak dengan melalui

Cerita, permainan dan demontrasi;

3. Anak dengan antusias telah melakukan dengan seksama;

4. Dari kegiatan pengulangan anak tetap semangat melakukannya;

Adapun kelemahannya:

1. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru belum memberikan apersepsi sebelum pembelajaran dimulai,

2. Siswa langsung diajak oleh guru untuk mendemonstrasikan kegiatan sesuai tema yang harus diajarkan pada anak;

3. Perhatian guru belum terlihat merata untuk anak

4. Belum memberikan kesempatan anak untuk berani bertanya sebagai umpan balik.

Ada beberapa hal penting yang mesti diperhatikan jika hendak mengembangkan keterlibatan anak didik dalam kebersamaan. Piaget mengingatkan dalam proses melibatkan anak didik, orang dewasa harus menghormati anak-anak.Perlu memperhatikan dan mengedepankan, agar keterlibatan berjalan dengan baik dibutuhkan kemampuan sebagai pendengar yang baik bagi guru dan orang dewasa. Berikan kebebasan anak untuk melakukan pembelajaran disiplin diri dan anak dengan kesadaran diri bisa mengekpresikan tindakan yang diajarkan oleh guru, dan orang tua menindak lanjuti bila siswa sampai dirumah masing-masing.

Dra. Eem Kurniasi, M.Pd.

a. Cara guru membuka kegiatan agar anak antri tidak memberikan
pemahaman/konsep pada anak untuk antri, aturan-aturan yang akan anak dan
guru sepakati, mengisi pembelajaran, bahasa tubuh guru, bahasa guru
kurang mencerminkan sikap dan bahasa guru yang baik, sehingga anak-anak
kurang tenang dan relaks,

b. Strategi penanaman aturan dengan praktek langsung, bermain drama,
atau dengan memberikan symbol gambar yang bisa di pasang dan terlihat
oleh anak.

c. Pembelajaran ini sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini
usia 3-6 tahun dengan tingkat pencapaian perkembangan anak yang
berbeda-beda

d. Ada dalam K13 lingkup Sosial emosional, rasa tanggung jawab untuk
diri sendiri dan orang lain : mentaati aturan kelas ( kegiatan) ,
mengatur diri sendiri, bertanggung jawab atas prilakunya untuk kebaikan
diri sendiri 

Evanigustiningtyas

Similar Posts

83 Comments

  1. Nama : Risky Nur Lely
    Nim :857629073
    dalam tayangan tersebut ” berulang (repetition) ” hal dalam mentaati aturan guru sudah melakukan beberapa teknik kegiatan untuk menanamkan sikap disiplin dan dari tayangan tersebut saya sebagai berusaha guru menerapkan setiap harinya seperti antri dalam barisan, mendekati anak yang tidak mau mengikuti aturan, serta memberikan kebiasaan yang mampu meningkatkan sikap kedisplinan anak. akan tetapi terkadang kebiasaan yang membawa anak dipengaruhi oleh lingkungan keluaga. Namun dengan memberikan prngulangan – ungkapan pada anak itu dapat menjadikan suatu kebiasaan sehingga terbentuklah sikap disiplin pada diri anak didik

  2. Nama : Dewi Novitasari
    Nim : 857743435

    Perilaku disiplin merupakan salah satu nilai karakter yang sangat penting untuk ditanamkan kepada anak. Didalam tayangan terlihat pengulangan-pengulangan kegiatan yang dilakukan oleh guru. Yang dilakukan oleh guru saya setuju karena perilaku disiplin pada anak usia dini tidak muncul secara tiba-tiba, tetapi dimulai melalui kegitan/rutinitas yang dilakukan secara konsisten setiap hari. Pentingnya mengajarkan perilaku disiplin pada anak usia dini ini dapat membentuk pribadi yang baik bagi anak. Pembiasaan yang baik yang dilakukan setiap hari dan terus menerus inilah yang menjadi karakteryang baik bagi anak.

  3. Nama : Lembang Kristina
    NIM : 875342234

    Melalui tayangan vidio di atas kita dapat melihat betapa sulitnya menerapkan dan menanamkan prilaku disiplin terhadap anak. Melalui tayangan di atas kita dapat melihat bagaiman guru menanamkan prilaku disiplin sejak dini. Pada anak usia dini disiplin perlu ditanamkan secara perlahan dan sesuai dengan umurnya. Saya setuju dengan apa yang dilakukan oleh guru dalam vidio di atas. Untuk menanamkan perilaku disiplin guru perlu melakukan pengulangan atau repitition setiap hari dan dengan cara yang kreatif agar anak tidak merasa bosan.

Leave a Reply