silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.

Mulyadi

Pakar Dosen

Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.

Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.

Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.

Drs. Edi Prayitno, M.Pd.

Pakar Guru

1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.

2. Standar strategi masih ceramah.

3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.

4. Sudah sesuai dengan peserta didik.

Etty Misawati

Similar Posts

842 Comments

  1. Nama : Yusrina Rosa
    Nim : 855856843

    Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari merupakan hal yang sangat wajar terjadi di sekolah, hal ini terjadi karena pada siang hari siswa telah merasakan lelah belajar mulai dari pagi dan harus kembali belajar matematika pada siang hari yang memerlukan konsentrasi tinggi tentu kondisi siswa sudah tidak seaktif pada pelajaran yang dilakukan pagi hari, siswa akan cenderung merasa bosan, lelah, lapar, dan mengantuk. Adapun cara yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi kendala tersebut adalah dengan menghidupkan kembali suasana kelas yang menyenangkan, tidak mau terlalu memberikan tekanan kepada siswa, melakukan ice breaking, memastikan semua siswa melakukan interaksi dengan guru, serta melakukan hal-hal menyenangkan lainnya, tentunya melalui cara ini konsentrasi siswa dapat membaik lagi, pelajaran matematika tidak selalu dilakukan dengan cara perhitungan namun bisa juga dilakukan dengan cara pengaplikasian pada benda-benda yang mudah didapatkan.

  2. Nama : Listiani
    Nim : 859762448

    Tanggapan saya setelah saya menonton video tentang Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari :
    Sebaiknya pembelajaran matematika dilakukan pada pagi hari jika dilakukan di siang hari siswa akan jenuh karena sudah mulai capek dan gelisah sehingga tidak dapat konsentrasi dengan baik. Video diatas juga diperlihatkan siswa yang kurang siap untuk belajar karena alat tulis yang dibawa tidak lengkap. Guru harus mempunyai trik yang menarik untuk membuat siswa semangat lagi seperti pada video diatas dilakukan tanya jawab agar siswa tidak mengantuk disertakan dengan media gambar sehingga menarik perhatian siswa.

Leave a Reply