silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan konsep perkalian dengan alat peraga berupa gambar buah-buahan dan bola-bola plastik. Dengan alat peraga bola-bola ini guru memperagakan jual beli yang merupakan kejadian sehari-hari sehingga anak-anak lebih mudah memahami konsep perkalian.

Video ini menayangkan upaya guru untuk mempermudah siswa dikelas untuk menyelesaikan soal cerita dengan alat bantu media alat peraga karton bergambar. Model pembelajaran menggunakan pemecahan masalah  yang berkaitan dengan penerapan konsep perkalian dalam kehidupan nyata sehari-hari. Pendekatan pembelajaran melalui  pembagian kelompok. Persiapan oleh guru terlihat dari penyediaan alat peraga bagi guru dan tiap siswa sehingga dimungkinkan tiap siswa diberikan tanggung jawab yang maksimal dalam membentuk maupun menjalankan proses belajar secara langsung. Ide menggunakan alat peraga untuk menyelesaikan soal cerita disesuaikan dengan perkembangan intelektual anak di SD kelas rendah yang sebagian besar masih memerlukan pendekatan melalui benda konkrit atau semi konkrit untuk dapat memahami cerita yang akan disampaikan oleh guru. Pada pembelajaran ini guru memanfaatkan alat peraga semi konkrit berupa gambar di karton, karena objek yang digunakan adalah binatang ayam dan telur yang langsung dapat dimengerti oleh siswa. Langkah persiapan yang telah dilakukan dengan membagikan alat peraga kesemua siswa dapat lebih dimaksimalkan dengan mengamati secara siswa secara individual dalam menyelesaikan soal cerita dengan berkeliling, sehingga ketika siswa menghadapi kesulitan atau kesalahan dapat segera dibantu secara cepat. Guru dapat menentukan  pula cara siswa mengkomunikasikan atau mengabstraksikan hasil perkalian yang diperoleh baik dalam kelompok maupun di depan kelas disesuaikan dengan capaian pembelajaran Kelas I SD dalam Tema 7  “ Benda, Hewan, dan Tanaman di sekitarku” pada subtema 2 “Hewan di Sekitarku” kurikulum 3013.

Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.

Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, guru terlalu langsung membuka, tanpa ada persepsi yang baik, seperti bercerita atau bertanya berkaitan kehidupan sehari-hari yang sesuai materi. Mengisi pembelajaran cukup baik. Cara menutup kurang maksimal seharusnya siswa diberi penguatan mengapa harus bisa perkalian dan apa manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, Penggunaan strategi, pendekatan, metode, media atau evaluasi pembelajaran cukup baik.

Satrio Setiawan, S.Pd.

Similar Posts

122 Comments

  1. Nama : KETUT ELI YULIANA
    NIM` : 856993151
    .
    Dari pengamatan saya terhadap video yang sudah saya simak dan tonton, ada beberapa faktor yakni :
    Kelebihan Pembelajaran:
    • Menarik dan menyenangkan: Penggunaan alat peraga dan contoh yang konkret membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa.
    • Mempermudah pemahaman: Demonstrasi visual membantu siswa memahami konsep perkalian dengan lebih mudah.
    • Meningkatkan partisipasi: Metode ini mendorong partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran.
    • Membangun pemahaman konseptual: Siswa tidak hanya menghafal rumus, tetapi juga memahami konsep perkalian secara mendalam.
    Kekurangan Pembelajaran:
    • Membutuhkan persiapan yang matang: Guru perlu menyiapkan alat peraga dan contoh yang sesuai dengan materi pembelajaran.
    • Membutuhkan waktu yang lebih lama: Demonstrasi dan diskusi membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan metode ceramah.
    • Sulit untuk diterapkan pada semua materi: Metode ini mungkin tidak cocok untuk semua materi pembelajaran.
    Analisis Masalah:
    1. Identifikasi masalah:
    o Kesulitan siswa dalam memahami konsep perkalian dasar.
    o Hasil belajar siswa dalam materi bangun datar dalam soal cerita masih rendah.
    2. Penyebab:
    o Metode pembelajaran yang kurang menarik dan bervariasi.
    o Kurangnya penggunaan alat peraga dalam pembelajaran.
    o Guru belum terampil dalam menggunakan metode demonstrasi.
    3. Rencana solusi:
    o Melaksanakan pembelajaran menggunakan metode demonstrasi dengan alat peraga yang menarik.
    o Meningkatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran.
    o Memberikan pelatihan kepada guru tentang penggunaan metode demonstrasi.
    Masalah yang Dipilih:
    Masalah yang dipilih dalam teks video adalah kesulitan siswa dalam memahami konsep perkalian dasar.
    Penyebab Masalah yang Dipilih:
    1. Metode pembelajaran yang kurang menarik dan bervariasi.
    o Guru hanya menggunakan metode ceramah dan latihan soal dalam pembelajaran.
    o Siswa merasa bosan dan tidak termotivasi untuk belajar.
    Alasan Memilih Masalah:
    Masalah ini dipilih karena merupakan salah satu faktor utama yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah.
    Rencana Solusi Masalah yang Dipilih:
    • Melaksanakan pembelajaran menggunakan metode demonstrasi dengan alat peraga yang menarik.
    o Guru menggunakan alat peraga seperti gambar, benda nyata, dan video untuk menjelaskan konsep perkalian.
    o Siswa terlibat aktif dalam demonstrasi dan diskusi.
    • Meningkatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran.
    o Guru memberikan pertanyaan dan tugas yang menantang kepada siswa.
    o Siswa encouraged to work in groups and share their ideas.
    • Memberikan pelatihan kepada guru tentang penggunaan metode demonstrasi.
    o Guru mengikuti pelatihan tentang cara menggunakan metode demonstrasi secara efektif.
    o Guru saling bertukar pengalaman dan ide dalam menggunakan metode demonstrasi.
    Rumusan Masalah:
    • Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Sumur tentang bangun datar dalam soal cerita dengan menggunakan metode demonstrasi dan alat peraga?
    Tujuan Perbaikan Pembelajaran:
    1. Meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep perkalian dasar.
    2. Meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi bangun datar dalam soal cerita.
    3. Meningkatkan partisipasi dan motivasi siswa dalam belajar matematika.

    Judul PTK: Penggunaan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Sumur Tentang Bangun Datar dalam Soal Cerita

    Hasil analisis PTK berkaitan dengan video dari ini yang membahas tentang metode demonstrasi menggunakan alat peraga untuk menanamkan konsep perkalian dasar kepada siswa kelas bawah. Hal ini sejalan dengan judul PTK yang berfokus pada penggunaan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami bangun datar dalam soal cerita.

  2. Nama : KETUT ELI YULIANA
    NIM` : 856993151

    Dari pengamatan saya terhadap video yang sudah saya simak dan tonton, ada beberapa faktor yakni :
    Kelebihan Pembelajaran:

    • Menarik dan menyenangkan: Penggunaan alat peraga dan contoh yang konkret membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa.
    • Mempermudah pemahaman: Demonstrasi visual membantu siswa memahami konsep perkalian dengan lebih mudah.
    • Meningkatkan partisipasi: Metode ini mendorong partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran.
    • Membangun pemahaman konseptual: Siswa tidak hanya menghafal rumus, tetapi juga memahami konsep perkalian secara mendalam.

    Kekurangan Pembelajaran:
    • Membutuhkan persiapan yang matang: Guru perlu menyiapkan alat peraga dan contoh yang sesuai dengan materi pembelajaran.
    • Membutuhkan waktu yang lebih lama: Demonstrasi dan diskusi membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan metode ceramah.
    • Sulit untuk diterapkan pada semua materi: Metode ini mungkin tidak cocok untuk semua materi pembelajaran.

    Analisis Masalah:
    1. Identifikasi masalah:
    o Kesulitan siswa dalam memahami konsep perkalian dasar.
    o Hasil belajar siswa dalam materi bangun datar dalam soal cerita masih rendah.

    2. Penyebab:
    o Metode pembelajaran yang kurang menarik dan bervariasi.
    o Kurangnya penggunaan alat peraga dalam pembelajaran.
    o Guru belum terampil dalam menggunakan metode demonstrasi.

    3. Rencana solusi:
    o Melaksanakan pembelajaran menggunakan metode demonstrasi dengan alat peraga yang menarik.
    o Meningkatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran.
    o Memberikan pelatihan kepada guru tentang penggunaan metode demonstrasi.

    Masalah yang Dipilih:
    Masalah yang dipilih dalam teks video adalah kesulitan siswa dalam memahami konsep perkalian dasar.

    Penyebab Masalah yang Dipilih:
    1. Metode pembelajaran yang kurang menarik dan bervariasi.
    o Guru hanya menggunakan metode ceramah dan latihan soal dalam pembelajaran.
    o Siswa merasa bosan dan tidak termotivasi untuk belajar.

    Alasan Memilih Masalah:
    Masalah ini dipilih karena merupakan salah satu faktor utama yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah.

    Rencana Solusi Masalah yang Dipilih:
    • Melaksanakan pembelajaran menggunakan metode demonstrasi dengan alat peraga yang menarik.
    o Guru menggunakan alat peraga seperti gambar, benda nyata, dan video untuk menjelaskan konsep perkalian.
    o Siswa terlibat aktif dalam demonstrasi dan diskusi.
    • Meningkatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran.
    o Guru memberikan pertanyaan dan tugas yang menantang kepada siswa.
    o Siswa encouraged to work in groups and share their ideas.
    • Memberikan pelatihan kepada guru tentang penggunaan metode demonstrasi.
    o Guru mengikuti pelatihan tentang cara menggunakan metode demonstrasi secara efektif.
    o Guru saling bertukar pengalaman dan ide dalam menggunakan metode demonstrasi.

    Rumusan Masalah:
    • Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Sumur tentang bangun datar dalam soal cerita dengan menggunakan metode demonstrasi dan alat peraga?
    Tujuan Perbaikan Pembelajaran:
    1. Meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep perkalian dasar.
    2. Meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi bangun datar dalam soal cerita.
    3. Meningkatkan partisipasi dan motivasi siswa dalam belajar matematika.

    Judul PTK: Penggunaan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Sumur Tentang Bangun Datar dalam Soal Cerita

    Hasil analisis PTK berkaitan dengan video dari ini yang membahas tentang metode demonstrasi menggunakan alat peraga untuk menanamkan konsep perkalian dasar kepada siswa kelas bawah. Hal ini sejalan dengan judul PTK yang berfokus pada penggunaan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami bangun datar dalam soal cerita.

Leave a Reply