silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakuka metode field trip adalah:

  1. menentukan tempat yang akan digunakan sebagai sumber,
  2. mengamati kesesuaian sumber belajar dengan tujuan dan program sekolah,
  3. menganalisis sumber belajar berdasarkan nilai-nilai pedagogis,
  4. menghubungkan sumber belajar dengan kurikulum,
  5. melaksanakan karya wisata sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, dan
  6. menganalisis apakah tujuan karya wisata telah tercapai atau tidak.

Toto Fathoni

Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas pemberian motivasi terhadap siswa untuk mencari tahu apa itu fotosintesis , pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan apa itu fotosintesis belum terstruktur, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah.

Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi masih belum memadai sebaiknya siswa diberikan worksheet tugas observasi / kunjungan lapangan saat berada di kebun sekolah maupun di luar sekolah.

Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi sehingga dapat dijadikan patokan / tolak ukur bagi pendidik dalam memberikan pengajaran di kelas atau bila perlu dibuatkan teacher guide book nya.

Herwati, M.Pd

Similar Posts

369 Comments

  1. BismiLLah. Nama : Ummu Salamah(859764853), UPBJJ Kendari, Pokjar Tonggoni Pomalaa.

    Disini saya akan memberikan tanggapan saya mengenai video diatas. saya sangat suka dengan proses belajar mengajar diatas. sebagaimana yg telah kita lihat bahwa di awal pembelajaran guru telah menjelaskan mengenai materi yg berlangsung, namun gur tersebut melihat siswa terlihat kesulitan memahami pelajaran krn tdk objek yang telah mrk bahas sehingga siswa bermodalkan hayalan saja. dari sinilah guru memikirkan cara yang efektif agar siswa memahami pelajaran yaitu dengan cara menggunakan metode field dan karya wisata agar dapat melihat langsung contoh dari materi yang dibahas.

  2. Nama : Doni Pratama
    Nim : 857136247
    UPBJJ : Jakarta

    – Video ini menayangkan situasi pembelajaran dikelas dimana seorang Guru sedang menjelaskan materi pada mata pelajaran IPA mengenai fotosintesis pada tumbuhan namun apa yang disampaikan Guru tersebut kurang mendapat respon dari para siswanya sehingga Guru menggunaan metode field atau karya wisata dalam menumbuhkan pemahaman siswa pada tumbuhan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar.
    – Kelemahan Pembelajaran dalam Video
    Berdasarkan video yang saya amati bahwa diawal proses pembelajaran guru tidak melakukan kegitan awal pembelajaran yaitu berdoa sebelum belajar, mengabsen dan menanya kabar anak, dan tidak memberikan motivasi agar anak semangat untuk belajar. Guru tidak menjelaskan apa saja tujuan pembelajaran yang dicapai serta Guru tidak mengulang materi pembelajaran sebelumnya yang berkaitan dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Terlihat jelas bahwa siswa belum mengerti apa itu fotosintesis. Seharusnya guru menjelaskan materi fotosintesis terlebih dahulu sehingga siswa memiliki bekal atau gambaran sebelum terjun langsung ke lapangan. Guru juga menggunakan metode ceramah selama proses pembelajaran yang berlangsung sehingga siswa kurang merespon apa yang guru sampaikan dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas/PR guna mengulas pembelajaran di rumah.

    – Kelebihan Pembelajaran dalam Video
    Keunggulannya yaitu metode pembelajaran sudah baik. Dengan adanya metode ini dapat meningkatkan kreatifitas siswa dalam berpikir tentang materi yang berkaitan dengan lingkungan sekitar serta dapat menambah pengalaman siswa dan guru dalam pembelajaran tersebut sehingga siswa menjadi semangat dalam belajar dan mencari tahu hal hal yang belum dipahami.

    – Hal unik yang terdapat dalam Video Pembelajaran
    Penggunaan metode field trip atau karya wisata sangat tepat pada topik materi yang sedang diajarkan. Kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Peserta didik menjadi lebih aktif dan dapat mengamati tumbuhan-tumbuhan secara langsung.

    – Rencana pembelajaran yang dilakukan
    Menurut saya setelah mengamati video pembelajaran ini, upaya yang harus dilakukan untuk rencana pembelajaran selanjutnya yaitu:
    – Melakukan kegitan awal pembelajaran yaitu berdoa sebelum belajar, absensi murid, menanyakan kabar murid, dan memberikan motivasi agar anak semangat untuk belajar.
    – Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
    – Menyampaikan materi pembelajaran terlebih dahulu secara jelas, aktif dan penyampaian materi terstruktur atau dengan metode tanya jawab sehingga mendapatkan respon aktif dari siswa. Jangan menggunakan metode teacher center atau ceramah yang membuat siswa lebih banyak diam dan hanya memperhatikan penjelasan dari guru.
    – Melakukan metode fied trip sehingga siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran dan mejelaskan tugas pengamatan apa saja yang harus dilakukan
    – Memberikan tugas laporan dari hasil pengamatan yang telah dilakukan.

  3. Nama : Annisah Mariato
    Nim : 859763679
    Judul vidio : Penggunaan metode field trip atau karya wisata dalam menumbuhkan pemahaman siswa pada tumbuhan dengan memanfaatkan alam sekitar sebagai sumber belajar
    Dari vidio tersebut dapat kita lihat adanya kekurangan dan kelebihan seorang guru.
    1. Kekurangannya dapat kita lihat di awal vidio tidak adanya pendahuluan yang guru lakukan baik mengucapkan salam pembuka ataupun sekedar menyapa para siswa.
    2. Kelebihannya yaitu guru mampu menjelaskan materi pembelajaran serta memberikan contoh. Guru juga mengajak siswa untuk mengeksplorasi lingkungan sekitar untuk memperlihatkan secara langsung tumbuhan apakah yang menyimpan cadangan makanan pada batang, akar, dan buah agar lebih mudah dipahami oleh siswa.

  4. Nama: Siti Aisah
    Nim. : 859764591
    Porjak: Kendari

    Metode karya wisata untuk pembelajaran ipa dalam mempelajari tumbuhan sangat menarik, karena siswa akan melihat obbjek pembelajaran secara langsung sehingga siswa akan lebih mudah memahami materi yang diajarkan.metode ini membuat siswa menjadi aktif untuk mengisi kuesioner yang di berikan guru.

  5. Nama : puji Astutik
    Nim: 858831138

    Izin menanggapi, dalam video ini masalahnya yaitu siswa kurang aktif pada saat pembelajaran dan kurang semangat dalam mengikuti pelajaran. Guru hanya menggunakan metode ceramah, tidak menggunakan alat peraga dan guru tidak memberikan contoh nyata dari tumbuhan tersebut. Sehingga yang dibahas oleh oleh guru tidak masuk dalam tangkapan anak-anak. Berburu tidak memberi motivasi agar anak semangat untuk belajar tapi tidak menjelaskan apa saja tujuan pembelajari yang dicapai serta guru tidak mengulang materi pembelajaran sebelumnya berkaitan dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Komunikasi tersebut hanya satu arah saja karena semua perhatian terbesar pada guru ada lagi jika diterapkan di kelas bawah yang harus sering dikaitkan dengan benda konkret tentu saja tidak sesuai dengan usia perkembangan anak

  6. Nama :SUDARNO
    NIM : 822281321
    UPBJJ : UT Palu/Pokjar Kotaraya

    Terkait video Pembelajaran diatas saya menanggapi bahwa ada kekurangan dan kelebihan yang dilakukan oleh guru tersebut. Dimana pada awal/pendahuluan pembelajaran guru tidak melakukan kegiatan kegiatan yang semestinya berdasarkan rencana pelaksanaan pembelajaran yaitu Guru Sebaiknya memberikan salam dan menanyakan kabar, Guru mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing. (Religius), Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. (Kedisiplinan), Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan. (Communication), Guru melakukan apersepsi dengan melakukan tanya jawab terkait materi sebelumnya yang telah di pelajari. selanjutnya saat guru melakukan pembelajaran belum terlihat jelas pemberian motivasi terhadap siswa untuk mencari tahu apa itu fotosintesis , pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan apa itu fotosintesis belum terstruktur, kemudian terlihat siswa dan siswi kurang aktif pada saat pembelajaran dan kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran, kurangan dari guru tersebut terlihat guru hanya menggunakan metode ceramah, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya di berikan evaluasi seperti pemberian tugas atau pekerjaan rumah. selanjutnya dari akhir video pembelajaran tersebut terlihat mempunyai kelebihan dmn pada saat guru memberikan tugas berupa LKS untuk dibagi beberapa kelompok untuk mengamati jenis tanaman yang menyimpan cadangan makanan pada akar dan batang di luar kelas siswa terlihat aktif dan senang terhadap pembelaran atau melakukan tugas tersebut. sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang hanya berfokus pada guru/monoton itu akan membuat siswa jenuh dan kurang aktif dalam kelas.

    Sekian Pendapat dari saya.

  7. Nama : Diah Arum Fitriani
    Nim : 857001289
    Kelas : 6 A PGSD
    UPBJJ-UT: Salut Way tuba , Bandar Lampung
    – Reaksi anak terhadap video yang saya amati dari awal pembelajaran siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Guru hanya menggunakan metode ceramah tidak ada media atau alat peraga untuk memberikan contoh nyata dari tumbuhan tersebut.
    – kelebihan pembelajaran video yang saya amati metode pembelajaran sudah baik sehingga menambah wawasan siswa terhadap materi yang berkaitan dengan lingkungan sekitar serta guru mampu menjelaskan materi pembelajaran serta memberikan contoh.
    – kekurangan pembelajaran video yang saya amati saat pembukaan pelajaran guru tidak mengucapkan salam dan guru tidak mengabsen siswa serta saat penutupan pembelajaran guru tidak memberi tugas atau PR guna mengulas pembelajaran di rumah.
    – hal unik ketika guru sedang menjelaskan terdapat siswa yang mengantuk dan tertawa – tawa saat pembelajaran berlangsung.

  8. Assalamualaikum wr.wb
    Nama : Rusmita Dwi Utami
    Judul video: Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam Menumbuhkan Pemahaman Siswa pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar sebagai Sumber Belajar
    1. Dari video tersebut terlihat masalah yang dihadapi adalah kurangnya pemahaman guru dalam menguasai kelas yang mengakibatkan kelas menjadi tidak aktif.
    2. Penyebab guru kurang menguasai kelas terjadi karena pemahaman yang kurang matang tentang materi yang akan diberikan serta pembelajaran yang diberikan guru kurang menarik sehingga suasana pembelajaran kelas menjadi monoton. Siswa juga menjadi gampang bosan.
    3. Solusi yang bisa dilakukan yaitu guru bisa melakukan pembelajaran yang lebih sederhana seperti menunjukkan media pembelajaran yang bisa dilakukan di dalam kelas, pembelajaran juga bisa lebih kondusif dan suasana kelas akan lebih aktif.

  9. Nama: dela santika
    Nim. : 857001257
    Pokjar: salut waytuba

    Metode karya wisata untuk pembelajaran ipa dalam mempelajari tumbuhan sangat menarik, karena siswa akan melihat objek pembelajaran secara langsung sehingga siswa akan lebih mudah memahami materi yang diajarkan.metode ini membuat siswa menjadi aktif untuk mengisi kuesioner yang di berikan guru.Dari video tersebut dapat kita lihat adanya kekurangan dan kelebihan seorang guru.
    1. Kekurangannya dapat kita lihat di awal video tanpa adanya pendahuluan yang guru lakukan dengan baik mengucapkan salam pembuka ataupun sekedar menyapa para siswa.
    2. Kelebihannya yaitu guru mampu menjelaskan materi pembelajaran serta memberikan contoh. Guru juga mengajak siswa untuk mengeksplorasi lingkungan sekitar untuk melihatnya secara langsung tumbuhan apakah yang menyimpan cadangan makanan pada batang, akar, dan buah agar lebih mudah dipahami oleh siswa.

Leave a Reply