silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda” menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.Video ini berisi tentang bagaimana cara mengajar IPA dengan tema: “Mengukur Berat Badan” sesuai dengan karakteristik siswa kelas 1 SD dengan pendekatan tematik melalui “Keterampilan Bertanya Yang Baik”, sehingga siswa termotivasi untuk mengikuti pelajaran sampai selesai dengan senang, dan jika ditanya guru siswa dapat menjawab sendiri (tidak menjawab secara serentak).
Dra, Siti Rohmi Yuiati M.Pd dan Dra. Andayani M.Pd
–
–
Sudah cukup baik, Metode yang digunakan bisa ditambah dengan games atau bernyanyi.
Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik.
Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Mohammad Zulkarnain Jamil, S.Pd.
Nama : Naeli Innayah
NIM : 857584311
Salut : Kedungreja
Dari video tersebut , saya menjadi terinspirasi menjadi guru yang lebih profesional yang dapat membangkitkan semangat anak dalam proses pembelajaran.
Yang saya dapatkan dari video tersebut yaitu :
1. Bertanya dengan kreatif, guru pada video menggunakan kemampuan bertanya yang tepat membuat siswa lebih terlibat, seperti bertanya kepada siswa saat membandingkan berat benda yang mana yang lebih berat atau lebih ringan?
2. Ketika proses bertanya tidak boleh menggunakan pertanyaan yang memicu seluruh siswa serentak memberikan jawaban secara bersamaan.
3. Pilih kalimat pertanyaan yang baik agar respon siswa berbeda (tidak menjawab serentak)
Kelebihan pembelajaran dalam video
– Guru menggunakan alat peraga sehingga siswa lebih tertarik pada pembelajaran.
– Pertanyaan yang diberikan guru pada video dapat memicu rasa ingin tahu siswa.
– Guru tersebut juga memberikan pertanyaan saat memperagakan menimbang penghapus dengan kertas sehingga guru dapat mengetahui sejauh mana siswa memahami materi yang diajarkan mengenai berat benda.
-Pada video juga terciptakan suasana kelas yang interaktif. Pertanyaan guru menciptakan dialog dan interaksi di kelas, membuat suasana belajar menjadi lebih hidup dan menarik.
Kekurangan pembelajaran dalam video
Menurut saya sudah sangat bagus pembelajaran pada video diatas, untuk kekuranganya yaitu
-Belum adanya kegiatan pendahuluan seperti (Mengucapkan salam pembuka,Doa, Memberikan ice breaking seperti tepuk dan bernyanyi,Belum menyampaikan tujuan pembelajaran
-Belum ada kesimpulan akhir pada pembelajaran (Seharusnya guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran yang sudah dibahas)
sekian terimakasih
Nama : Naeli Innayah
NIM : 857584311
Salut : Kedungreja
Dari video tersebut , saya menjadi terinspirasi menjadi guru yang lebih profesional yang dapat membangkitkan semangat anak dalam proses pembelajaran. Yang saya dapatkan dari video tersebut yaitu :
1. Bertanya dengan kreatif, guru pada video menggunakan kemampuan bertanya yang tepat membuat siswa lebih terlibat, seperti bertanya kepada siswa saat membandingkan berat benda yang mana yang lebih berat atau lebih ringan?
2. Ketika proses bertanya tidak boleh menggunakan pertanyaan yang memicu seluruh siswa serentak memberikan jawaban secara bersamaan.
3. Pilih kalimat pertanyaan yang baik agar respon siswa berbeda (tidak menjawab serentak)
Kelebihan pembelajaran dalam video
* Guru menggunakan alat peraga sehingga siswa lebih tertarik pada pembelajaran.
* Pertanyaan yang diberikan guru pada video dapat memicu rasa ingin tahu siswa.
* Guru tersebut juga memberikan pertanyaan saat memperagakan menimbang penghapus dengan kertas sehingga guru dapat mengetahui sejauh mana siswa memahami materi yang diajarkan mengenai berat benda.
*Pada video juga terciptakan suasana kelas yang interaktif. Pertanyaan guru menciptakan dialog dan interaksi di kelas, membuat suasana belajar menjadi lebih hidup dan menarik.
Kekurangan pembelajaran dalam video
Menurut saya sudah sangat bagus pembelajaran pada video diatas, untuk kekuranganya yaitu
*Belum adanya kegiatan pendahuluan seperti (Mengucapkan salam pembuka,Doa, Memberikan ice breaking seperti tepuk dan bernyanyi,Belum menyampaikan tujuan pembelajaran
*Belum ada kesimpulan akhir pada pembelajaran (Seharusnya guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran yang sudah dibahas)
sekian terimakasih
Nama: Hendra sunata
Nim: 856822735
1. Kekurangan
dalam pembelajaran masih ada siswa yang belum memperhatikan gurunya sedang menjelaskan materi tersebut dengan sibuk masing-masing sebagai guru harus bisa memusatkan kondisi saat belajar agar siswanya lebih paham dan mengerti
2. Kelebihan
Dari video pembelajaran di atas menurut analisis saya dari segi penampilan gurunya sangat rapih dan lantang ketika mengeluarkan suara. Anak-anak sangat semangat belajarnya
3. Saran
Kualitas pembelajaran sudah baik, guru harus lebih semangat lagi ketika apa yang menyampaikan materi tersebut, sehingga motivasi belajar peserta didik dapat terus menjaga dan berkembang dengan baik .
Nama : Kristiani daeli
Nim : 859875235
Pokjar : Mandrehe
UPBJ : Medan
Kelemahan- Kelemahan Pembelaran dalam Video
• Guru tidak melakukan doa pembukaan saat memulaikakn pembelajaran
• Tidak mengecek kehadiran
• Guru kurang menjelaskan tujuan pembelajaran dengan benar.
• Guru tidak membimbing siswa untuk menyiapkan alat-alat tulis sebelum belajar.
• Guru tidak memberikan apresiasi dan motivas untuk meningkatkan semangat belajar siswa.
• Guru belum memfokuskan perhatian siswa sebelum memulai pembelajaran, sehingga siswa tidak menyimak berita yang dibacakan dengan seksama. Pada kegiatan pendahuluan, guru tidak mengajak semua siswa untuk berdoa, guru tidak menyapa siswa, mengecek kehadiran, guru tidak memberikan apersepsi dan tidak menyampaikan tuiuan pembelajaran.
• Guru tidak memberikan kesempatan bertanya kepada siswa.
• Guru tidak memberikan kesimpulan setelah proses pembelajaran, dan
• Pada kegiatan penutup guru bersama siswa tidak berdoa.
Kelebihan Pembelajaran dalam Video
Penampilan guru yang rapi dan suara guru yang lantang dan tegas mampu membuat siswa fokus mendengarkan materi pembelajaran.ketika guru menjelaskan materi pembelajaran sangat bersemangat di sertai dengan pertanyaan yang menyenangkan sehingga siswa termotivasi untuk menjawab dan terlibat aktif dalam pembelajaran. Dalam hal ini guru akan menggunakan media pembelajaran secara konkret sehingga siswa mampu bias menjawab dan mengamati.
Nama : Novita Sari
Nim. : 859543533
UPBJJ : bandar Lampung
Saya ingin memberikan pendapat mengenai video pembelajaran diatas ini mengenai kemampuan bertanya terhadap siswa siswi menyampaikan materi agar asik dan mudah dipahami anak
Tugas seorang guru berusaha memberikan ruang nyaman terhadap anak agar anak mudah memahami konsep yang disampaikan
Sebelum memulai berdoa terlebih dahulu sambil memberi ICe breaking
Nama:ANGGI SENTIA
nim:856601873
Izin menanggapi vidio.
REAKSI SISWA: wwaahhhh siswa sangat antusias dan mudah memahami yg di sampai kan gurunya.
HAL UNIK: guru pandai dalam memilih media pembelajaran dan memanfaatkan benda di sekitar.
KELEBIHAN: meski muatan lokal banyak tapi guru tetap fokus dalam mengajar,dan memberi tanggapan yg positif kepada siswa.
KEKURANGAN: siswa terlalu banyak di satj ruangan kelas sehingga ada yg tidak terkontrol dan saya tidak melihat pembukaan dalam pembelajaran.
TINDAK LANJUT: sebaik nya di bagi menjadi 2 lokal sehingga bisa terkontrol dg baik.