silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda” menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.Video ini berisi tentang bagaimana cara mengajar IPA dengan tema: “Mengukur Berat Badan” sesuai dengan karakteristik siswa kelas 1 SD dengan pendekatan tematik melalui “Keterampilan Bertanya Yang Baik”, sehingga siswa termotivasi untuk mengikuti pelajaran sampai selesai dengan senang, dan jika ditanya guru siswa dapat menjawab sendiri (tidak menjawab secara serentak).

Dra, Siti Rohmi Yuiati M.Pd dan Dra. Andayani M.Pd

Sudah cukup baik, Metode yang digunakan bisa ditambah dengan games atau bernyanyi.

Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik.

Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Mohammad Zulkarnain Jamil, S.Pd.

Similar Posts

163 Comments

  1. Nama : umidayani
    Nim. : 855865369
    Pokjar: Labura
    Upbj. : Medan

    Saya dapat melihat bahwa pembelajaran yang diberikan guru sangat menarik dan mudah dipahami siswa.
    Keberanian anak dalam menyampaikan pendapat dan bertanya
    1. Bagaimana cara reaksi anak atau siswa melihat siswa mampu beradaptasi kedepan dan membandingkan antara benda berat dan benda ringan
    2. Secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran sangat lah efektif

    3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran pada video tersebut.
    Menurut saya guru sangat berperan mengajak peserta didik aktif dalam berdiskusi dikelas
    4.hal hal yang dikemukakan dalam video peserta didik dari guru saat ini
    Guru juga mencontohkan benda benda yang sering dijumpai siswa dalam kehidupan sehari-hari dan membedakan mana benda mati dan benda hidup dan Mana benda berat dan benda ringan

  2. Nama : Putri siringo-ringo D
    NIM : 855861917
    Pokjar : Dairi

    saya suka cara guru yang ada divideo tersebut menjelaskan tentang berat benda kepada anak anak kelas rendah. guru tersebut memiliki persiapan yang baik,dengan adanya banyak media pembelajaran anak anak menjadi suka mendengar dan melihat sehingga menimbulkan banyak anak-anak yang aktif untuk bertanya dan menjawab.

  3. Nama : OBRIN SITORUS
    NIM : 855859365
    “Penerapan keterampilan Bertanya di Kelas”

    Video ini sangat membantu untuk memperlihatkan betapa pentingnya keterampilan bertanya di kelas. Saya menyukai bagaimana guru memperlihatkan beragam teknik bertanya untuk merangsang pemikiran siswa. Saya menyukai cara penjelasan dalam video ini, sangat jelas dan mudah dipahami.
    Penerapan keterampilan bertanya yang ditunjukkan dalam video memberikan contoh konkret tentang bagaimana guru dapat mengelola diskusi kelas dengan efektif. Terima kasih banyak atas video ini. saya menemukan banyak ide baru tentang bagaimana saya dapat meningkatkan keterampilan bertanya siswa saya.

Leave a Reply