Similar Posts
Menarik Perhatian Siswa
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara : Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan….
Pembelajaran IPAS dalam Kurikulum MBKM di Sekolah Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip…
Membangun Suasana Aktif, Interaktif dan Menyenangkan
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan upaya seorang guru yang mengajar namun tidak memperhatikan apakah siswa memperhatikan atau tidak. Solusi yang disampaikan dalam tayangan ini adalah upaya guru mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Caranya adalah dengan mengajak siswa mengeksplorasi suatu objek/benda dengan membilangan/operasi berhitung dasar,…
Mengkontruksi Rumah dari Kertas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Metode Pembelajaran Menyimak di Kelas I SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan isi dongeng pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas I SD, beserta alternatif pemecahan masalahnya. Dra. Yetty Morelent, M.Hum. & Dra. Benedicta Esti Pramuki Sri Karyati, Mpd. Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
NAMA : SAID MUHAMMAD LUTFI
NIM : 856073548
Dalam video yang dipaparkan di link diatas menerangkan bagaimana cara seorang guru
menghadapi peserta didik yang sulit dalam mengembangkan sebuah karangan narasi / cerita, dalam
konteksnya karangan disini adalah tentang bertamasya ,berikut beberapa tips nya :
1. Apa yang kamu butuhkan untuk tamasya?
2. Apa yang kamulakukan saat diperjalanan?
3. Apa yang kamu lakukan di tempat tamasya?
4. Apa yang kamu lakukan saat perjalanan pulang?
5. Apa yang kamu rasakan setelah bertamasya?
Dari pemaparan video pembelajaran guru tersebut ada beberapa review yang saya dapati dari cara
pengajaran guru yang menjelaskan tentang penanganan peserta didik yang mengalami kesulitan
mengembangkan karangan cerita/ narasi. berikut beberapa pendapat mengenai hal tersebut :
1. Dalam Proses pembelajaran tentu ada yang namanya pembukaan pelajaran dan ini membutuhkan
beberapa hal seperti salam, sapa, bertanya kabar, serta mengulas sedikit pelajaran yang telah lalu.
dalam video ini hal tersebut tidak dialksanakan dengan baik, hanay memulai pembelajaran langsung
to the point layaknya kehabisan waktu.
2. secara keseluruhan kelemahan guru di video tersebut yang dapat saya katakan adalah pembawaan
pembelajaran yang terlalu kaku, saya tidak tau pasti apakah hal tersebut karna didokumentasikan,
tapi menurut saya pembelajaran dengan anak butuh yang namanya fleksibilitas, suasana yang tidak
kaku serta guru yang dapat sekaligus teman bercanda atau plus lagi guru dapat menjadi teman curhat
anak anak.
3. Guru yang terdapat pada video tersebut, memiliki kelebihan yang dari segi keseganan murd
terhadapnya, saya akui guru yang sering melakukan candaan maka respect murid ke guru tersebut
akan berkurang, sebaliknya jika guru tersebut terlalu kaku makan juga akan sulit anak untuk
memcandai gurunya, hal ini merupakan privilage dari seorang guru yang memiliki wibawa atau
respect dari muridnya, dengan begitu apa yang dia katakan akan mudah untuk diterima si murid, dan
akan lebih mudah dalam menarik perhatian dari peserta didik.
4. ada satu hal unik dalam video pembelajran tersebut, ketika ada salah satu muridnya yang tidak
paham dengan bagaimana dia mengembangkan karangan dia di saat itulah guru langsung
menghampiri anak tersebut, hal ini saya katakan unik dengan alasan si anak akan merasa
mendapatkan kekhususan terutama dengan datangnya guru menghampiri meja anak tersebut ibarat
mendapatkan tanda tangan dari pemain sepak bola terkenal, hal ini yang saya anggap unik.
5. Dalam video ini dapat saya usulkan untuk memperbaiki nada bicara intonasi ketika menyampaikan
materi , agar tidak kaku , sebagai diri pribadi saya, saya lebih suka menonton video review sebuah
barang dibanding video tutorial yang pada umumnya memiliki suara atau intonasi penyampaian yang
datar datar saja dan itu sungguh membosankan. 6. Hal terakhir mungkin ada beberapa instrumen dari
guru di video tersebut yang tidak dilaksanakan, dan saya kira itu dikarenakan tujuan dari video
pembelajran tersebut adalah untuk menyampaikan “Tips”, bagaima menanggapi anak yang kesulitan
dalam mengembangkan karangan tulisnya.