Mengonversi Cerpen Menjadi Sebuah Puisi

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana di suatu kelas di sebuah SMA di kota kecil. Suasana kelas  kondusif. Tata letak tempat duduk berkelompok terdiri atas 4 – 5 siswa. Pembelajaran dilakukan pada pagi hari di kelas XI IPS. Pembelajaran yang berlangsung adalah pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi Mengonversi Cerpen Menjadi Sebuah Puisi. Pada kegiatan pembelajaran ini guru berjenis kelamin perempuan dan guru bertindak sebagai fasilitator yang aktif membimbing siswa dalam kegiatan pembelajaran model Project Based Learning (PjBL).

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Apakah sintaks model PjBL dapat terlihat jelas dari tayangan video tersebut?
  2. Apakah sintaks pertama yaitu speculation (memulai dengan sebuah pertanyaan) sudah diaplikasikan dengan tepat pada tayangan video tersebut?
  3. Menurut Anda penggunaan LKS/LKPD apakah cukup membantu dalam mengonstruksikan kegiatan proyek dalam tayangan video tersebut?
  4. Bagaimana evaluasi yang bisa dikonstruksikan siswa atas hasil proyek yang telah dilakukan?
  5. Kesan apa yang Anda peroleh dari kegiatan pembelajaran yang dirancang seperti itu oleh guru dalam tayangan video tersebut?
  1.  

Similar Posts

  • Role Playing

    Sinopsis a. Tujuan tayangan video dalam proses pembelajaran Video ini membahas tentang seorang Guru Ekonomi SMA menggunakan metode bermain peran (role play) untuk materi peran pelaku dalam kegiatan ekonomi, dimana para siswa dirangsang untuk memahami dan mengembangkan peran pelaku dalam kegiatan ekonomi dengan cara yang lebih menarik , yaitu memerankan langsung pelaku kegiatan ekonomi. Video…

  • Writing Application Letter

    Sinopsis Video ini bertujuan untuk menjelaskan cara menulis surat lamaran atau aplication letter dalam Bahasa Inggris. Materi ini diangkat berdasarkan kurikulum pengajaran Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas XII. Kelebihan pembelajaran melalui video ini adalah adanya penjelasan singkat tentang struktur teks aplication letter yang mudah dimengerti oleh siswa. Pada awal video siswa akan diberikan contoh iklan…

  • Modus Data Kelompok

    Sinopsis Menganalisa Rumus Satistika : Mencari Modus dari Data Kelompok a. Tujuan tayangan video sebagai sarana informasi guru untuk menghadirkan proses pembelajaran yang mengedepankan kreatifitas sehingga pembelajaran tidak membosankan. b. Kekuatan dan Kelemahan Dalam Proses Pembelajaran. # Membuka, mengisi, dan menutup pembelajaran 1). Guru membuka dengan salam2). Guru memberikan tujuan serta manfaat mempelajari materi3). Guru…

  • Pertumbuhan dan Perkembangan pada Manusia dan Hewan

    Sinopsis Video ini bertujuan untuk menjelaskan secara singkat bagaimana proses pertumbuhan dan perkembangan pada manusia dan hewan. Materi ini diangkat berdasarkan kurikulum pengajaran Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas XII. Kelebihan pembelajaran melalui video ini adalah adanya gambar visual yang menjelaskan bagaimana proses pertumbuhan dan perkembangan berlangsung. Pada awal video siswa akan diberikan pertanyaan yang berkaitan…

  • Teaching English Communicatively

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Masalah pembelajaran bahasa Inggris di Indonesia, baik pada jenjang pendidikan dasar maupun menengah, lebih menekankan pada aspek pengetahuan bahasa, pemahaman isi wacana, juga lebih banyak hanya berorientasi pada hasil ujian yang ingin dicapai seperti ujian semester, ujian nasional, tetapi justru mengabaikan penguasaan aspek keterampilan komunikasi…

  • Matematika Ekonomi SMA

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Hubungan antara harga dengan jumlah barang yang diminta bisa diketahui melalui fungsi permintaan. Sebenarnya jika Anda melihat kembali hukum permintaan dalam ekonomi, fungsi ini akan menunjukkan bahwa harga barang dengan jumlah barang yang diminta menunjukkan hubungan yang berlawanan atau berbanding terbalik. Lalu bagaimana dengan penawaran?…

One Comment

  1. Nama : Risky Herlian
    NIM : 031351846
    Prodi : Pendidikan Bahasa Indonesia

    1. Dalam pembelajaran mengubah cerpen menjadi puisi di atas sudah terlihat jelas sintaks model PBL.
    2. Dalam Sintaks pertama yaitu mengajukan pertanyaan (mengajukan permasalahan) guru sudah memberikan pertanyaan yang tepat, namun masih terkesan umum belum terlihat secara detail. Misalkan mengajukan pertanyaan, tentang apakah sudah pernah membuat puisi. atau sudahkan pernah membuat cerpen agar siswa tau perbedaan dari dua jenis karya sastra tersebut.
    3. LKPD dalam proyek konversi teks cerpen menjadi puisi dalam pembelajaran tersebut sudah tepat karena menyajikan komponen-komponen yang perlu diperhatikan dalam proyek konversi seperti pemilihan diksi, tema, rima dan lain-lain sehingga siswa mudah untuk mengerjakan.
    4. Evaluasi hasil proyek juga sudah sesuai dengan melibatkan siswa dalam diskusi dan tanggapan tentang presentasi siswa lain.
    5. Kesan saya, karena video tersebut memang tersetting melalui proses editing yang rapi, jadi pembelajaran yang disajikan memang sudah dipersiapkan dengan matang dan sesuai dengan langkah pembelajaran PBL. Video di atas perlu menjadi contoh guru-guru di seluruh Indonesia untuk mengaplikasikannya dalam kelas masing-masing tidak hanya dalam satu materi saja namun bisa diterapkan pada tema yang lain.

    salam.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://central.nasrda.gov.ng/
https://aenfis.com/cloud/bandarqq/https://aenfis.com/cloud/pkvgames/https://aenfis.com/cloud/dominoqq/
https://unm.edu.ni/old/pkvgames/https://unm.edu.ni/old/bandarqq/https://unm.edu.ni/old/dominoqq/
https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://cheersport.at/doc/bandarqq/https://cheersport.at/doc/dominoqq/https://cheersport.at/about-us/
https://sigarmas.com/backup/pkv-games/https://sigarmas.com/backup/bandarqq/https://sigarmas.com/backup/dominoqq/
https://www.spring.edu.sg/sci/pkv-games/https://www.spring.edu.sg/sci/bandarqq/https://www.spring.edu.sg/sci/dominoqq/
https://cecas.clemson.edu/mobile-lab/https://cecas.clemson.edu/ladnergroup/blog/water-jokes/https://cecas.clemson.edu/amic/https://science.clemson.edu/scinet/https://science.clemson.edu/systemsbiology/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/
https://gurupintar.ut.ac.id/
zeus slotmpo slotslot thailandslot gacorslot777