silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan upaya guru untuk memberikan toleransi kepada orangtua untuk berada di kelas selama masa orientasi. Guru bekerjasama dengan orangtua untuk memotivasi anak dari agar mandiri dan tidak menangis saat ditinggalkan orangtuanya. Guru mempersilahkan orangtua untuk melepas anak secara bertahap. Kemudian guru mendekati anak dengan penuh kelembutan lalu memberikan sentuhan, belaian dan pelukan sehingga anak merasa nyaman berada dekat dengan guru. Selain itu guru juga dapat mengalihkan perhatian anak dengan berbagai kegiatan. Guru dapat juga mengenalkan anak dengan teman-temannya yang pandai bersosialisasi. Sebaiknya guru tetap berada dalam jangkauan anak sehingga manakala dibutuhkan guru siap memberikan pelayanan/perhatian kepada anak, guru memberikan ”reward” kepada anak yang sudah bisa belajar mandiri di kelas agar memotivasi anak lain untuk mendapatkan reward sehingga berusaha untuk tidak menangis lagi.
Dwi Astuti
–
–
Secara keseluruhan tayangan dalam video tersebut lebih banyak peragaan/ilustrasi yang dilakukan guru dan anak didik saja. Untuk dialog hanya sedikit yang dapat didengar selebihnya hanya peragaan/ilustrasi. Kegiatan yang diberikan guru dapat memperkenalkan anak didik baru kepada semua teman-temanya dengan cara kegiatan yang bisa dilakukan bersama-sama ketika didalam kelas seperti bermain bersama, membuat roti dan menutup dengan membuat kereta panjang. Semua itu dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak dan disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.
–
Nama : khoirotunnisa
NIM : 858546195
Dalam video yang sudah saya tonton diatas bahwa pada umumnya anak yang baru masuk sekolah belum berani karena ada beberapa faktor belum mengenal lingkungan disekitarnya, bertemu banyak orang yang baru dilihatnya. Dalam video diatas sudah tepat pendekatannya, mulai pendekatan kolaboratif antara guru dan orang tua sehingga anak merasa nyaman saat ditinggal orangtuanya pulang…ada pendekatan secara emosional dengan memberikan pengertian, penjelasan bahwa sekolah itu menyenangkan.. pendekatan secara pengalihan dengan mengajak bermain supaya anak merasa senang,berani,dan bertemu banyak teman itu akan menimbulkan rasa percaya diri.
Nama : khoirotunnisa
NIM : 858546195
Dalam video yang sudah saya tonton diatas bahwa pada umumnya anak yang baru masuk sekolah belum berani karena ada beberapa faktor belum mengenal lingkungan disekitarnya, bertemu banyak orang yang baru dilihatnya. Dalam video diatas sudah tepat pendekatannya, mulai pendekatan kolaboratif antara guru dan orang tua sehingga anak merasa nyaman saat ditinggal orangtuanya pulang,ada pendekatan secara emosional dengan memberikan pengertian, penjelasan bahwa sekolah itu menyenangkan, pendekatan secara pengalihan dengan mengajak bermain supaya anak merasa senang,berani,dan bertemu banyak teman itu akan menimbulkan rasa percaya diri.
NAMA : ETA
NIM : 858188176
Dari video yang berjudul Anak Belum Mandiri menginspirasi bagi pendidik bagai mana memahami awal anak masuk sekolah anak masih takut dan malu cenderung tidak mau berpisah dengan orang tua atau pengasuhnya,karena anak memiliki latar brelakang dan kepribadian yang berbeda – beda maka kemampuan anak dalam beradaptasi dan kemandirian akan berbeda pola maka kesiapan seorang pendidik dan pendampingan orang tua dalam masa penting anak. Pendidik dapat melakukan beberapa tehnik pendekatan yaitu:
1.Memperkenalkan diri kepada anak dan juga memperkenalkan anak dengan teman- temannya.
2.Memberi rasa aman dan nyaman pada anak saat mereka masuk sekolah agar terbentuk kedekatan emosi dengan gurunya.
3 Memberi tolerasi kepada orang tua selama masa oreantasi dan melepas anak secara bertahab.
4.Guru tetap dalam jangkauan anak dan memberi apresiasi kepada anak yang sudah mandiri.
Nama : Retno Larasati
NIM : 857520136
Dalam video yang sudah saya tonton diatas bahwa sebaiknya pada awal penerimaan anak didik baru guru sudah mempunyai perencanaan dalam mengatasi anak yang belum mandiri, dikarenakan latar belakang dan karakteristik setiap anak berbeda, ada yang cepat mandiri adapula yang membutuhkan waktu lebih lama dalam menyesuaikan diri di lingkungan baru.
Nama : Ayupi lutfitasari
NIM. : 858982842
UT jember
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
Berikut pendapat saya tentang vidio diatas adalahsebagai berikut:
Setiap awal tahun ajaran baru kebanyakan anak memang belum mandiri karena anak-anak masih belum mengenal guru dan lingkungan sekolah maka dari itu saya sebagai guru harus mampu memberikan rasa aman dan nyaman bagi anak didik baru
Disekolah saya sebagai pengganti sosok ibu yang siap pada situasi apapun ketika anak membutuhkan,adanya pelukan yang tulus dari guru dapat memberikan rasa aman pada anak.
Menciptakan lingkungan kelas yang menyenangkan dan ramah bisa membantu anak pelan-pelan mandiri dan mulai lepas dari orang tua nya ketika disekolah.
Meyakinkan anak bahwa saya guru yang ada disampingnya dan siap menenangkan mereka.
Memberikan pujian pada anak maupun acungan jempol dan tepuk tangan dapat meningkatkan rasa percaya diri pada anak sehingga anak merasa dihargai dan diperhatikan.
video ini memperlihatkan upaya seorang guru untuk memberikan toleransi kepada orangtua untuk berada di dalam kelas selama masa orientasi karena masa awal masuk sekolah anak-anak masih belum terbiasa berpisah dengan orang tua atau pengasuh nya. Guru mempersilahkan orangtua untuk melepas anak secara bertahap. Kemudian guru mendekati anak dengan penuh kelembutan lalu memberikan sentuhan, belaian dan pelukan sehingga anak merasa nyaman berada dekat dengan guru. Kegiatan yang diberikan guru dapat memperkenalkan anak didik baru kepada semua teman-temanya dengan cara kegiatan yang bisa dilakukan bersama-sama ketika didalam kelas seperti bermain bersama, membuat roti dan menutup dengan membuat kereta panjang.
Didalam video diberikan beberapa cara dalam mengatasi anak yang baru masuk sekolah secara bertahap sehingga kecerdasan sosial emosional anak dapat berkembang dengan baik:
1. Pada awal masa perkenalan sekolah anak kesulitan dalam melakukan interaksi dengan guru dan teman hal ini disebabkan kelekatan dengan Ibu masih cukup kuat
2. Perkenalan dengan guru sangat diperlukan agar tercipta kelekatan emosi dengan cara gueu memberikan rasa aman dan nyaman pada anak
3. Proses ini merupakan proses panjang yang membutuhkan kesabaran dan ketenangan dari guru
4. Kerja sama dengan orang tua juga diperlukan agar dapat melepas anak secara bertahap, orang tua dapat mengikuti kegiatan di kelas dengan masa orientasi 3 sd 5 hari, sehingga diharapkan anak dapat bersekolah dan belajar dikejals dengan mandiri
5. Anak diperkenalkan dengan teman lain yang pandai bersosialisasi agar dapat bermain bersama
6. Anak juga diberikan reward ketika pulang sekolah karena telah belajar dan bersekolah secara mandiri
video tersebut menggambarkan suasana pada saat penerimaan peserta didik baru, atau awal masuk tahun ajaran baru. anak masih belum mandiri karena anak dalam tahap awal masuk sekolah dimana masa anak pertama kali didunia luar terutama didalam lingkungan sekolah. maka langkah yang dilakukan oleh guru adalah guru harus dapat memposisikan diri sebagai orang tua saat anak berada disekolah, berikan sentuhan lembut dan kasih sayang kepada anak.
guru dapat menjadi teman untuk anak agar anak dapat nyaman didalam sekolah, guru juga harus bisa memberikan pengertian positif kepada anak dan orang tua.
ajaklah anak untuk bersosialisasi dan bergabung dengan teman lainnya terutama mengajak dan memperkenalkan kepada anak yang aktif bersosialisasi agar terjalin komunikasi dan rasa percaya diri serta tumbuh kemandirian bersama temannya. maka dengan langkah tersebut anak akan merasa senang dan aman didalam lingkungan sekolah sehingga terjalinlah komunikasi.
Nama : Rukma Anggi Wahyu
Nim : 855882928
Menurut saya dalam video tersebut menggambarkan suasana pada saat penerimaan peserta didik baru, atau awal masuk tahun ajaran baru. anak masih belum mandiri karena anak dalam tahap awal masuk sekolah dimana masa anak pertama kali didunia luar terutama di dalam lingkungan sekolah. maka langkah yang dilakukan oleh guru adalah guru harus dapat memposisikan diri sebagai orang tua saat anak berada disekolah, berikan sentuhan lembut dan kasih sayang kepada anak.
Nama : Novarisca
NIM : 859941603
Dalam video ini dibahas mengenai anak yang kurang mandiri pada hari pertama ia masuk sekolah. Yang harus dilakukan guru adalah membangun rasa percaya, aman dan nyaman melalui perkenalan, saat berkenalan guru harus tersenyum tulus dan lembutkan intonasi suara, sebutkan nama dan minta anak juga menyebutkan namanya. Ajak anak bernyanyi bersama , tanyakan lagu kesukaan anak. Guru dapat memberikan pujian , pada setiap anak selesai melakukan kegiatan. Bekerjasama dengan orangtua untuk mengetahui apa saja yang anak sukai, makanan , mainan, tokoh kartun atau film yang mereka sukai. Hal ini bisa menjadi referensi guru ketika mengajak anak berbincang – bincang. Jangan lupa berikan reward di akhir kelas sebelum pulang.