silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan upaya guru untuk memberikan toleransi kepada orangtua untuk berada di kelas selama masa orientasi. Guru bekerjasama dengan orangtua untuk memotivasi anak dari agar mandiri dan tidak menangis saat ditinggalkan orangtuanya. Guru mempersilahkan orangtua untuk melepas anak secara bertahap. Kemudian guru mendekati anak dengan penuh kelembutan lalu memberikan sentuhan, belaian dan pelukan sehingga anak merasa nyaman berada dekat dengan guru. Selain itu guru juga dapat mengalihkan perhatian anak dengan berbagai kegiatan. Guru dapat juga mengenalkan anak dengan teman-temannya yang pandai bersosialisasi. Sebaiknya guru tetap berada dalam jangkauan anak sehingga manakala dibutuhkan guru siap memberikan pelayanan/perhatian kepada anak, guru memberikan ”reward” kepada anak yang sudah bisa belajar mandiri di kelas agar memotivasi anak lain untuk mendapatkan reward sehingga berusaha untuk tidak menangis lagi.
Dwi Astuti
–
–
Secara keseluruhan tayangan dalam video tersebut lebih banyak peragaan/ilustrasi yang dilakukan guru dan anak didik saja. Untuk dialog hanya sedikit yang dapat didengar selebihnya hanya peragaan/ilustrasi. Kegiatan yang diberikan guru dapat memperkenalkan anak didik baru kepada semua teman-temanya dengan cara kegiatan yang bisa dilakukan bersama-sama ketika didalam kelas seperti bermain bersama, membuat roti dan menutup dengan membuat kereta panjang. Semua itu dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak dan disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.
–
Izin menanggapi video GPO yang telah saya tonton dengan judul anak belum mandiri.
Dalam video tersebut guru melatih kemandirian anak dengan cara bekerja sama dengan wali murid yang terlaksanan kondusif. Video tersebut sangat memotivasi guru lainnya agar lebih semangat dalam melatih kemandirian anak di tahun ajaran baru.
Dengan cara melakukan pendekatan dengan murid, guru juga bekerja sama dengan wali murid yang perlahan melatih kemandirian anak sampai mampu belajar tanpa d tunggu dan bisa melakukan nya sendiri tanpa bantuan orang lain.
nama: siti arismawati
nim: 8587575
Video tersebut sangat bagus dan membantu menambah wawasan tebntang menyambut murid-murid di awal tahun karena masalah tersebut selalu terjadi setiap awal tahun pelajaran. Dengan menerapkan beberapa strategi tersebut akan membantu guru untuk mengatasi masalah terebut selain itu dukungan dan kerjasama dengan orang tua juga akan mempermudah mengatasi permasalah tersebut.
video yang saya lihat ini sangat memabntu menambah wawasan guru, tentang bagaimana mengatasi masalah anak yang masih belom bisa mandiri waktu pertama masuk sekolah.
guru harus ekstra sabar untuk menghadapi nya ,Dalam hal ini, orang tua dan pengasuh berperan besar dalam memberikan bimbingan tanpa terlalu mengontrol, agar anak merasa percaya diri untuk belajar dan mengambil inisiatif.
Nama: Dhiemas Ari Herawati
Nim: 857703685
Judul : Anak Belum Mandiri
lyah Kebayakan pada saat memasuki dunia baru atau pembelajaran baru banyak sekali yang belum mandin & menangis saat ditinggal oleh orang tunya. Jangankan anak TK anak sudah masuk SD saja terkadang masih ada beberapa yg takut untuk bersosialisali dengan teman sebayannya.
Arnak usia dini yang belum bisa mandiri bise disebabkan oleh beberape faktor, seperti
1 Pola asuh yang terlalu protektif, sehingga anak terbiasa dilayani dan kurang latihan mandin
2. Anak terbiasa mendapatkan bantuan dengan cepat saal mengalami kesulitan
3. Anak kurang mendapat penghargaan saat berhasil melakukan sesuatu
4. Anak cenderung memandang segala sesuatu dari sudut pandang dan kepentingannya sendiri Beberapa faktor lain yang mempengaruhi kemandirian anak adalah: Gen atau keturunan orang tua, Sistem pendidikan di sekolah, Sistem pendidikan di masyarakat.
Anak yang mandiri akan tumbuh menjadi anak yang ceria dan merasa mampu berbuat sesuatu tanpa takut, dimarahi, atau dilarang oleh orang luanya
Bagaimana cara mengajar anak agar bise mandiri? Yaitu dengan Belajar mengikuti rutinitas adalah salah satu cara agar anak kecil menjadi lebih mandiri. Seperti pulang sekolah: lepas jaket, lalu pakai sepatu, gantung tas, cuci tangan, Biarkan anak muloi melakukan beberapa bagian rutinitas sendiri, seperti membuka ritsleting mantel Pada akhimya, mereka akan mampu melakukan seluruh rutinitas sendiri
Nama: lailatul badriyah
Nim: 858976301
Judul : Anak Belum Mandiri
lyah Kebayakan pada saat memasuki dunia baru atau pembelajaran baru banyak sekali yang belum mandin & menangis saat ditinggal oleh orang tunya. Jangankan anak TK anak sudah masuk SD saja terkadang masih ada beberapa yg takut untuk bersosialisali dengan teman sebayannya.
Arnak usia dini yang belum bisa mandiri bise disebabkan oleh beberape faktor, seperti
1 Pola asuh yang terlalu protektif, sehingga anak terbiasa dilayani dan kurang latihan mandin
2. Anak terbiasa mendapatkan bantuan dengan cepat saal mengalami kesulitan
3. Anak kurang mendapat penghargaan saat berhasil melakukan sesuatu
4. Anak cenderung memandang segala sesuatu dari sudut pandang dan kepentingannya sendiri Beberapa faktor lain yang mempengaruhi kemandirian anak adalah: Gen atau keturunan orang tua, Sistem pendidikan di sekolah, Sistem pendidikan di masyarakat.
Anak yang mandiri akan tumbuh menjadi anak yang ceria dan merasa mampu berbuat sesuatu tanpa takut, dimarahi, atau dilarang oleh orang luanya
Bagaimana cara mengajar anak agar bise mandiri? Yaitu dengan Belajar mengikuti rutinitas adalah salah satu cara agar anak kecil menjadi lebih mandiri. Seperti pulang sekolah: lepas jaket, lalu pakai sepatu, gantung tas, cuci tangan, Biarkan anak muloi melakukan beberapa bagian rutinitas sendiri, seperti membuka ritsleting mantel Pada akhimya, mereka akan mampu melakukan seluruh rutinitas sendiri
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Menurut saya dalam video yang berjudul anak belum mandiri yang terdapat dalam portal GPO ini sangatlah bermanfaat bagi para guru maupun orang tua, karena dalam video tersebut menceritakan dan menayangkan tentang bagaimana kesiapan seorang guru dan juga bagaimana seharusnya tanggapan orang tua pada saat tahun ajaran baru di mana seperti yang kita ketahui bahwa pada tahun ajaran baru ini kita akan kedatangan murid yang baru dimana guru haruslah mempersiapkan mental dan juga rancangan kelas yang siap untuk menerima murid yang sulit beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan juga teman-teman barunya sehingga guru haruslah memahami bahwa setiap anak memiliki kebutuhan dan juga kepribadian yang berbeda satu dengan yang lainnya.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : ROIYAN FADILLA
NIM : 855894012
Menurut saya dalam video yang berjudul anak belum mandiri yang terdapat dalam portal GPO ini sangatlah bermanfaat bagi para guru maupun orang tua, karena dalam video tersebut menceritakan dan menayangkan tentang bagaimana kesiapan seorang guru dan juga bagaimana seharusnya tanggapan orang tua pada saat tahun ajaran baru di mana seperti yang kita ketahui bahwa pada tahun ajaran baru ini kita akan kedatangan murid yang baru dimana guru haruslah mempersiapkan mental dan juga rancangan kelas yang siap untuk menerima murid yang sulit beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan juga teman-teman barunya sehingga guru haruslah memahami bahwa setiap anak memiliki kebutuhan dan juga kepribadian yang berbeda satu dengan yang lainnya.
Nama : Yohana Riuliati
Nim : 858412286
Judul : anak yang belum mandiri
terdapat dalam portal GPO ini sangatlah bermanfaat bagi para guru maupun orang tua, karna memang ada beberapa anak yang belum biasa melakukan kegiatan sendri harus masih dibimbing oleh guru atau orang tua tidak terkecuali banyak anak yang menangis bila diajak belajar sesuatu yg baru dimana mental seorang guru sangat diuji menghadapi anak seperti ini suatu kesabaran menjadi kunci yang sangat penting untuk anak murid untuk berintaksi dengan teman,lingkungan dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan disekolah untuk menyiapkan mereka dimasa yang akan datang.
Nama : Annisa
Nim : 858949906
Menurut saya dalam dalam video yang berjudul Anak Belum Mandiri yang terdapat dalam portal GPO ini sangatlah membantu bagi para guru pemula maupun guru senior, dan para orangtua tentunya. Karena dalam video tersebut menceritakan tentang bagaimana kesiapan seorang guru dan juga bagaimana seharusnya tanggapan orang tua pada saat tahun ajaran baru, seperti yang kita ketahui bahwa pada tahun ajaran baru kita akan kedatangan murid batu dimana guru harus mempersiapkan mental dan juga rancangan kelas yang siap untuk menerima peserta didik baru untuk anak yang sulit untuk beradaptasi dengan teman maupun lingkungannya. Sehingga guru harus memahami bahwa setiap anak memiliki karakter, kebutuhan dan kepribadian tang berbeda. Maka dari itu giri harus menyiapkan ruangan yang nyaman.
Nama : Annisa
Nim : 858949906
Menurut saya dalam video yang berjudul Anak Belum Mandiri yang terdapat di dalam portal GPO ini sangatlah membantu bagi para guru pemula maupun guru senior dan para orang tua tentunya. Karena dalam video tersebut menceritakan tentang bagaimana kesiapan seorang guru dan juga bagaimana seharusnya tanggapan orang tua pada saat tahun ajaran baru, seperti yang kita ketahui bersama bahwa pada saat tahun ajaran baru kita akan kedatangan murid baru dimana guru harus mempersiapkan mental dan juga rancangan kelas yang bisa membuat anak nyaman tentunya. Dan setiap anak memiliki karakter dan kepribadian yang berbeda. Maka dari itu kita harus mempersiapkan tempat yang nyaman bagi anak yang susah beradaptasi dengan lingkungannya maupun dengan temannya