silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
Nama : Zuhda Rauhati
NIM : 857631743
Setelah saya menyaksikan vidio tersebut, Vidio ini sangat bagus untuk saya sebagai seorang pendidik sebagai bahan pembelajaran bila saya menghadapi hal yang seperti pada vidio tersebut. tugas guru adalah mengembangkan rasa ingin tahu anak, kecerdasan intelektual, kemampuan sosial dan etika. seringkali terjadi kesalahan, guru hanya menekankan pada aspek kecerdasan dan melupakan pembelajaran anak usia dini seharusnya dengan cara yang menyenangkan. Dunia anak adalah dunia bermain, ketika seorang anak ingin bermain maka sebenarnya ia sedang belajar mengetahui semua hal. solusi anak ketika mogok ialah menggali keterangan tentang anak kepada orang tua melalui home visit,diberikan pilihan apakah ingin belajar dengan teman dikelas yang sama atau diruangan lain. dan ketika ia bosan dikelas sebaiknya guru memberikan kesempatan bermain dengan waktu yang ditentukan.
nama maimuna
izin menanggapi vidio,
menurut saya apa yang sudah di lakukan oleh guru itu sudah sangat baik, saat anak mogok bicara yang dilakukan oleh guru adalah mendekatkannya, dan juga bertanya kepada orang tuannya, nah saat inilah guru harus memahami tingkah laku dari anak muridnya, guru harus membuat suasana mengobrol yang santai dan menyenangkan bagi anak, anak yang mogok bicara bisa jadi merupakan salah satu sebab jarang di ajak untuk berkomunikasi dengan baik oleh orang tuannya, disini jug guru harus memilikiketerampilan mengajar dan bertanya agar anak mengemukakan pendapatnya dalam belajar.
Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Assalamualaikum wr wb
Nama : Agustiyani
NIM : 857991208
UPBJJ : Yogyakarta
Pokjar. : Payaman
Judul. : Anak Mogok Tidak Mau Belajar
Pada kasus ini umum terjadi di dalam kelas dengan karakteristik anak yang berbeda-beda dan juga unik. Tentunya hal ini terjadi karena anak merasa takut dengan teman, anak tidak dapat menyelesaikan tugas yang di berikan ataupun anak masih asik ingin bermain , disini peran guru sangat penting untuk mendidik anak supaya mau ikut serta dalam kegiatan seperti guru melakukan pendekatan kepada anak, guru mengajak anak untuk bercerita mengenai apa yang di rasakan oleh anak, guru memberi semangat dan juga motivasi kepada anak dan guru juga dapat memberikan reward kepada anak tersebut jika berhasil menyelesaikan suatu kegiatan.
Sekian terimakasih.
Wassalamu’alaikum wr wb
Assalamu’alaikum wr wb
Nama : Zulaini
NIM : 859938572
UPBJJ : Jakarta
Pokjar : Makassar
Judul : Anak Mogok Tidak Mau Belajar
Hal yang terjadi pada anak yang tidak mau belajar, dan memukul disini guru harus lebih perhatiannya, dengan melihat vidio ini, saya sangat setuju dengan guru yang cepat tanggap dengan kondisi anak tersebut, dan mengkoordinasikan kepada orang tua anak, jadi langkah yang sudah dilakukan oleh seorang guru sudah benar supaya cepat terselesaikan masalah pada anak didik.
Sekian dan terima kasih
nama : ridha rahmatul jannah
NIM : 858315326
Kasus yang dibahas dalam video yang berjudul anak mogok tidak mau belajar, sering terjadi di kelas anak usia dini. Beberapa kemungkinan penyebab anak tidak mau belajar bisa anak merasa bosan dengan penyajian pembelajaran dari guru yang terus berulang, atau karena anak dalam kondisi perasaan yang buruk dari rumah sehingga terbawa sampai ke sekolah. Sebisa mungkin sebagai guru memberikan pembelajaran yang tidak monoton dan memperbaiki perasaan anak agar ceria kembali.
Menurut saya apa yang sudah di lakukan oleh guru itu sudah sangat baik, saat anak mogok bicara yang dilakukan oleh guru adalah mendekatinya,ajak berbicara,rangkul anak tersebut dan juga konsultasi kepada orang tuannya, nah saat itulah guru harus memahami tingkah laku dari anak didiknya, guru harus membuat suasana mengobrol yang santai dan menyenangkan bagi anak, anak yang mogok bicara bisa jadi merupakan salah satu sebab jarang di ajak untuk berkomunikasi dengan baik oleh orang tuannya, disini jug guru harus memiliki keterampilan mengajar dan bertanya agar anak mengemukakan pendapatnya dalam Sering-seringlah kita sebagai guru melakukan interaksi yang menyenangkan kepada anak agar anak juga merasa di perhatikan dan merasa ayaman jika berada disekolah, agar anak dapat percaya diri dengan apa yang mereka lakukan dan katakan.
Nama : Lailatur Rizqi
NIM : 858184043
Menemui anak yang mogok tidak mau belajar bukanlah hal asing bagi guru PAUD, menurut saya, apalagi dengan kondisi anak yang moodyan, kadang kala hal kecil bisa. menjadi penyebab anak marah dan tidak mau belajar secara tiba-tiba, sebagai guru PAUD, kesabaran dan ketelatenan memang sangat di perlukan, dengan tidak memaksa kehendak anak dan terus memberikan kasih sayang hingga anak bisa tenang adalah hal yang memang harus dilakukan, saya setuju jika seorang guru harus terlebih dahulu tahu pokok masalah yang sedang dihadapi anak dengan memberikan anak ruang untuk bercerita.. Video ini cukup bagus dan sangat bermanfaat, terimakasih
Guru mempersilahkan orangtua untuk melepas anak secara bertahap. Kemudian guru mendekati anak dengan penuh kelembutan lalu memberikan sentuhan, belaian dan pelukan sehingga anak merasa nyaman berada dekat dengan guru. Selain itu guru juga dapat mengalihkan perhatian anak dengan berbagai kegiatan. Guru dapat juga mengenalkan anak dengan teman-temannya yang pandai bersosialisasi.
Dalam vidio tersebut sangat membantu saya dalam menangani anak anak seperti yang sudah dicontohkan dalam viidio tersebut. Dalam vidio tersebut terlihat bagaimana seharusnya seorang guru menangani siswanya dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan mendekati anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan ramah mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Karena sebagai seorang guru harus membuat anak mempunyai karakter yang baik serta membantu anak merasa nyaman dan percaya terhadap kita disekolah.
Vidio tersebut sangat jelas dan mudah dimengerti sehingga menambah pengetahuan saya.