silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,934 Comments

  1. NAMA : SRI WAHYUNI
    NIM : 855895236
    Guru harus mampu menggunakan metode strategi, atau pendekatan pembelajaran yang variatif. variasi tersebut menyebabkan anak tidak bosan. sesekali guru perlu menyiliingi dan humor, tantangan atau menunjukkan sesuatu yang menarik. variasi kegiatan individual, kelompok kecil, dan klasikal juga perlu dilakukan agar menarik dan tidak membosankan

  2. Beberapa strategi yang digunakan oleh guru sudah baik dalam menangani masalah anak mogok belajar bersama dengan teman-temannya di kelas. Apabila sebab anak mogok belajar karena bertengkar dengan teman sekelasnya, alangkah baiknya jika guru membantu menyelesaikan permasalahannya dengan cara mempertemukan anak dengan temannya agar bisa saling memaafkan sehingga dapat menciptakan suasana yang nyaman dan aman serta dapat membantu anak untuk menghilangkan mogok belajar terhadap anak tersebut.

  3. Nama: Maria Emilia Indah P
    NIM: 857531533
    Video tersebut menjelaskan Bagaimana cara menangani anak yang mogok tidak mau belajar. Isi video tersebut sangat bermanfaat untuk guru agar lebih bijaksana dalam menangani anak yang mogok tidak mau belajar

  4. Nama : Desi Rasita br Sembiring
    NIM : 856049238
    Judul Video : Anak Mogok Belajar

    Dari video diatas saya dapat belajar bagaimana cara menangani anak yang mogok belajar. Diperlukan kerjasama sesama anak dan juga jika sampai pada tahap mogok sekolah maka dibutuhkan kerjasama dengan orang tua. Pemberian materi dengan cara yang menarik minat anak dan tidak monoton juga mendukung anak untuk tidak mogok belajar. Demikian yang bisa saya pelajari dari video diatas, Terimakasih

  5. Pendekatan yang digunakan oleh guru dalam video tersebut menunjukkan pemahaman yang mendalam terhadap kebutuhan emosional anak-anak di taman kanak-kanak. Saya sangat menghargai cara guru tersebut mengakomodasi emosi anak yang sedang marah atau sedih, dengan mendekatinya secara empatik dan memberikan dukungan fisik melalui pelukan. Guru juga mengambil kesempatan ini untuk mengajarkan anak tentang pentingnya komunikasi verbal dalam mengekspresikan perasaan, daripada menggunakan tindakan fisik. Pendekatan mediasi yang digunakan guru untuk meredakan konflik antara anak-anak juga patut diacungi jempol, karena itu membantu menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung di dalam kelas. Selain itu, dorongan guru agar anak-anak melaporkan masalah kepada guru menunjukkan bahwa dia peduli terhadap kesejahteraan dan keamanan setiap anak. Keseluruhan, tindakan guru tersebut menunjukkan komitmen yang kuat terhadap pengembangan sosial dan emosional anak-anak, serta upaya nyata untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif dan inklusif.

  6. Video tersebut sangat membantu saya untuk mengatasi anak yang mogok tidak mau belajar bersama teman-temannya di kelas,yaitu dengan bertanya kepada anak dengan home visit kenapa anak tidak mau ke sekolah,bila karena anak bosan di kelas buatlah kesepakatan kepada anak untuk memberi waktu bermain sesuai batas waktu yang telah di sepakati anak bersama gurunya.

  7. Nama : Mega yanti
    Nim : 856103221

    Pendekatan yang dilakukan oleh guru sudah benar karena Pendekatan mediasi yang digunakan guru untuk meredakan konflik antara anak-anak juga patut diacungi jempol, karena itu membantu menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung di dalam kelas. Selain itu, dorongan guru agar anak-anak melaporkan masalah kepada guru menunjukkan bahwa dia peduli terhadap kesejahteraan dan keamanan setiap anak

  8. NAMA : Yuniati
    NIM : 859940894

    Video ini sangat membantu saya dalam
    menyelesaikan permasalahan yang serupa.
    Di video ini begitu detail menjelaskan tahapan² dan cara agar anak tidak mogok belajar, tips² yang sangat membantu dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

  9. Assalamualaikum wr.wb
    Nama : Yuniati
    NIM : 859940894

    Setelah saya melihat video ini, sungguh banyak manfaat dan ilmu baru yang saya dapat, di video ini di jelaskan bagaimana cara menangani anak yang memiliki permasalahan dengan tidak ada kemauan untuk belajar, yg disebabkan karna beberapa faktor, salah satunya adanya rasa takut dan malu.

    Semoga akan ada video video berikutnya yang bisa di jadikan sumber informasi bagi setiap permasalah dalam dunia pendidikan khususnya PAUD

  10. Assalammualikum warahmatullahi wabarakatuh…

    Nama : Nia Gustini
    NIM : 859153256

    Pada program video di atas pendekatan yang digunakan oleh guru dalam video tersebut adalah menujukkan pemahaman yang mendalam terhadap kebutuhan emosional anak-anak di taman kanak-kanak. Saya sangat menghargai dan mengapresiasi cara guru tersebut mengakomodasi emosi anak yang sedang sedih, dengan mendekatinya secara empatik dan memberikan dukungan fisik melalui pelukan. Guru juga mengambil kesempatan ini untuk mengajarkan anak tentang pentingnya komunikasi verbal dalam mengekspresikan perasaan, daripada menggunakan tindakan fisik. Pendekatan mediasi yang digunakan guru untuk meredakan konflik antar anak-anak juga patut di acungi jempol, karena itu membantu menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung di dalam kelas. Selain itu, dorongan guru agar anak-anak melaporkan setiap masalahnya kepada guru menujukkan bahwa dia peduli terhadap kesejahtraan dan keamanan setiap anak. Keseluruhan, tindakan guru tersebut menukkan komitmen yang kuat terhagap pengembangan sosial emosional anak-anak, serta upaya nyata untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif dan inklusif.

Leave a Reply