silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
Nama:Nina Riana
NIM:858156005
Judul: Anak Mogok tidak mau belajar
Dari video diatas kita dapat menambah wawasan kita sebagai guru PAUD untuk terus memperhatikan apa yang menjadi permasalahan yang di hadapi anak terutama pada anak mogok tidak mau belajar, seperti yang dilakukan guru diatas dengan cara melakukan pendekatan dengan anak, mengajak anak ketempat lain, supaya anak tidak merasa bosan dan anak merasa diperhatikan. Tugas guru adalah membentuk motivasi dalam diri anak dan membangkitkan rasa ingin tahu anak. Guru juga harus selalu ingat bahwa dunia anak adalah dunia bermain sambil belajar.
Nama: MAULIDAH
NIM: 858305482
Judul video GPO yang saya tanggapi “Anak Mogok Tidak mau belajar”
Setiap guru seharusnya mampu membangun rasa pembelajaran disekolah menjadi hal yang menyenangkan.
Karena dunia anak itu adalah bermain. Dengan rasa ingin tahu yang tinggi juga menstimulasi rasa eksplorasi anak-anak.
Pada video ini terdapat anak yang mogok belajar.
Dan pada video tersebut guru sudah melakukan penggalian informasi baik dari anak maupun orang tua murid. Dengan menanyakan perihal anaknya yang mogok belajar, guru juga harus mengetahui seluk-beluk sumbernya berdasarkan fakta yang ada..
Demikian tanggapan saya mengenai video, sekian dan Terima kasih.
nama: rafikatun jariah
nim: 859172604
videonya sangat bermanfaat,saya sering mengalami hal tersebut dan pernah mencoba beberapa cara seperti divideo,dan itu efektif sekali untuk mengatasi anak yang mogok tidak mau belajar. Terimakasih untuk metode yang di jelaskan
ada beberapa faktor yang dapat menimbulkan anak menjadi mogok belajar
1. dia merasa kurang mampu mengerjakan kegiatan yang dihadapinya sehingga menimbulkan rasa malas dan akhirnya mogok ridak mau mengerjakan
2. ada teman yang usil yang mengganggu aktivitasnya sehingga dia merasa kesal pada temannya dan akhirnya dia mogok tidak mau melanjutkan kegiatan belajar
sama halnya pada penampilan di video ini. seorang anak merasa kesal sampai mennagis karena merasa terganggu oleh salah satu temanya,namun divideo ini guru sudah melakukan hal yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. dan video ini sangat bermanfaat bagi saya khususnya karena saya rasa sebagain besar masalh ini pasti ada di lingkungan tempat kita mengajar.terima kasih
Nama: Aqsa Faradia Basri
NIM: 859525868
Dalam video ini saya mengambil kesimpulan bahwa guru harus memberikan semangat kepada anak untuk memulai pembelajaran di kelas namun perlu guru ketahui bahwa jika anak terus ingin bermain itu sebenarnya anak sedang ingin belajar dan mengeksplor dirinya karena sejatinya dunia anak itu bermain. Dalam video ini dijelaskan bahwa jika anak tidak mau belajar karena bosan guru boleh memberikan kegiatan pengaman agar anak tertarik kembali untuk belajar di sekolah. Selain itu dalam video ini juga memberikan saran kepada guru untuk memberi ruangan sendiri kepada anak yang sedang mogok belajar belajar agar mau memulai kembali kegiatan belajar. Namun, guru juga harus memberitahu kesepakatan bahwa ruangan yang diberikan ada batas waktu tertentu untuk digunakan agar anak paham bahwa semua hal harus sesuai dengan aturan.
Nama : Nurul Hajjah Nim. 855889099
UPBJJ UT Banda Aceh.
Video Anak Mogok Tidak Mau Belajar.
Vidio ini sangat bermanfaat untuk guru implementasikan di tempat guru mengajar apabila mengalami kejadian seperti dalam vidio ini yang memperlihatkan cara yang baik dalam mengatasi anak yang mogok tidak mau belajar. Terimakasih 🙏
Nama : Dewi Lestari
NIM : 857748853
Dalam video anak mogok belajar tersebut memberikan saya pencerahan tentang bagaimana cara mengatasi anak yang terkadang mogok dalam belajar yaitu dengan membangun motivasi anak, serta menumbuhkan rasa ingin tahu pada anak. Karena perlu diingat bahwa anak usia dini adalah pada masa bermain jika anak mau bermain maka berarti anak tersebut mau belajar tentang sesuatu hal. Maka dari itu dalam pendidikan anak usia dini dianjurkan bermain sambil belajar atau belajar melalui bermain.
terima kasih
Nama:Maya Badriyah
NIM:857509574
Judul video: anak mogok tidak mau belajar.
➡️ Di dalam video tersebut menunjukkan anak yang tidak mau belajar, penyebab anak tidak mau belajar bisa berbagai alasan di antaranya adalah;
-anak merasa takut
-anak tidak bisa melakukan tugas
-anak bertengkar dengan temannya
-anak sakit hati pada ucapan gurunya.
– anak merasa kurang sehat badannya.
➡️ Langkah-langkah yang dilakukan oleh guru jika ada anak yang mogok untuk belajar adalah sebagai berikut:
-guru menggali keterangan kepada orang tuanya melalui home visit dan mewawancarainya mengenai alasan mogok belajar, biasanya orang tua akan lebih paham mengenai anaknya.
-anak diberikan pilihan, bisa jadi anak mogok belajar karena dia merasa bosan belajar di kelas, guru memberikan pilihan kepada anak apakah dia mau belajar bersama teman-temannya atau dia mau belajar di ruangan lain seperti di kantor atau perpustakaan dan ruangan lainnya.
Saya sering menjumpai anak yang mogok belajar, dan saat ditanya anak tersebut menjawabnya karena dia merasa bosan dan ingin bermain di rumah saja, ada pula anak yang tidak mau belajar dikarenakan dia di jahili oleh temannya
Dan saya sebagai guru mencari solusi diantaranya adalah dengan membuat aneka ragam main supaya anak tidak bosan, memahamkan anak mengenai hubungan pertemanan yang harus terjalin erat satu sama lain, sehingga anak akan merasa aman dan nyaman belajar bersama.
Nama : Wiwit Janarti
NIM : 858613787
UPBJJ : Tarakan
menggambarkan bagaimana seorang guru Taman Kanak-kanak menghadapi situasi di mana seorang anak memukul atau menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Guru tersebut menghampiri anak yang memukul atau menangis, memintanya untuk tenang, dan mencoba memahami alasan di balik tindakannya. Guru tersebut juga berusaha mendamaikan anak tersebut dengan temannya dan mengajarkan anak tersebut untuk menyatakan perasaannya dengan kata-kata, bukan dengan cara memukul atau menangis. Guru tersebut juga mengajarkan anak tersebut untuk melaporkan jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Assalamualaikum wr.wb….
Nama: Lilis Hildayati
Nim : 859670346
UPBJJ : UT Surabaya
Pokja : AL-Kodijah Mojokerto
Kls : B / Semester 2
Tahun: 2024
*vidio anak mogok tidak mau belajar.
Dikarenakan pada saat awal pembelajaran guru kurang memotivasi siswa,sehingga siswa kurang tertarik dalam pembelajaran. Padahal guru harus kreatif dan menyenangkan dalam pembelajaran. Dalam video ini juga ada seorang anak yang tidak mau bermain dengan temannya dikarenakan ada kemungkinan siswa itu takut dengan temannya dan mungkin saja anak sakit hati terhadap ucapan dan perbuatan guru terhadap dirinya.
Saran saya adalah dalam kegiatan pembelajaran guru memberikan motivasi belajar bagi siswa belajar dengan bermain dan bernyanyi dan guru juga melakukan pendekatan bagi siswa yang kurang tertarik dalam pembelajaran.