silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,934 Comments

  1. Nama : Latifah
    NIM : 858156123

    Vidio yang dipilih adalah Anak Mogok Tidak Mau Belajar
    – Tidak jarang ditemui disekolah anak yang tidak mau belajar bersama teman-temannya saat PBM berlangsung.
    Dari Vidio ini para guru diingatkan kembali apa tugas utama kita sebagai guru, maka dari itu saat kita menemui anak yang mogok tidak mau belajar adalah mencari tau apa alasan anak tersebut dan mencari solusi yang tepat agar anak kembali bersemangat.
    terimakasih vidio ini sangat membatu para guru

  2. Nama : Aini Jahrah
    Nim : 858317122

    Anak Mogok Tidak mau belajar
    Dalam video tersebut menjelaskan bagaimana mengatasi anak yang mogok tidak mau belajar dengan mencari tahu apa masalah pada anak tersebut dengan menanyai orang tua atau memberi pilihan untuk anak.sehinga saya tahu bagai mana mengatasinya jika terjadi pada paud saya.

  3. Nama : Paulina Yunita
    Nim : 858097377

    Anak Mogok Tidak Mau Belajar
    Dari video diatas kita diajarkan cara memahami dan mengatasi anak yang tidak mau belajar

  4. Nama : Pipit Novita
    NIM : 857340398
    Ijin menanggapi video tersebut di atas, pada video tersebut apabila terdapat anak yang mogok disekolah maka ada beberapa sebab dan cara menanganinya.
    karena sesungguhnya pada hakikatnya dunia anak usia dini adalah dunia bermain, untuk mengenal sesuatu dan memuaskan rasa ingin tahunya akan sesuatu hal.
    salah satu sebab anak mogok di kelas adalah sebagai berikut :
    1. anak takut
    2. anak di[aksa mengerjakan tugas yang dia sendiri belum mampu mengerjakannya
    3. anak bertengkar dengan temannya
    4. anak sakit hati dengan ucapan dan perbuatan gurunya
    solusi yang dapat diberikan kepada anak adalah sebagai berikut :
    1. home visit
    2. anak diberi pilihan untuk belajar diruang kelas atau diruang lainnya
    3. guru boleh memberikan kesempatan kepada anak untuk bermain dengan waktu tertentu tentunya kesepakatan dengan anak
    4. kegiatan pengaman atau pengayaan dengan cara yang berbeda
    in syaa Allah video ini sangat bermanfaat untuk guru dan mahasiswa.
    Terimakasih

  5. Nama : Nidia Ayu Lanaya
    NIM : 858948255

    Dalam video anak mogok tidak mau belajar, sebagai seorang guru kita harus mengetahui apa yg membuat anak tidak mau belajar, kita harus mendekati anak dan bertanya apa yang anak inginkan dan apa yang tidak anak sukai, kita harus berusaha memberikan yang terbaik untuk semua anak.

  6. Nama : Catur fitria haryani
    Nim : 858535343
    menurut saya, Langkah pertama yang harus diambil oleh guru yaitu mencari tahu penyebab anak memiliki rasa tidak percaya diri, mungkin dari faktor lingkungan sekolah atau dari teman-temannya atau bisa juga dari rumah. Guru di tuntut untuk bisa memahami karakter anak didik, jika ada anak didik yang merasa kurang percaya diri sebaiknya guru mencari waktu yang tepat untuk mendiskusikan apa keinginan yang ingin di sampaikan anak.terkadang seorang anak memiliki rasa takut jika mengungkapkan pendapatnya di hadapan teman-temannya.anak yang cenderung kurang percayadiri biasanya akan menarik dirinya dari teman-temannya, dia lebih suka menyendiri dan bermain dengan imajinasinyaa. Tugas guru adalah membuat suasana yang nyaman untuk anak supaya anak bisa berbaur dengan temannya tanpa ada rasa kekhawatiran yang berlebih.

  7. menurut saya ketika anak tidak mau belajar maka langkah pertama adalah mencari alasan kenapa anak tidak mau belajar bersama temannya, hal ini bisa dilakukan pada anak tersebut dan dengan di perkuat dengan bertanya pada orang tua, mengapa dengan anak yang bersnagkutan juga, karena dengan begitu guru telah membangun kedekatan dengan anak didik agar anak didik nyaman dengan guru sehingga dapat terbuka. selain itu guru juga harus kreatif sehingga anak lebih antusias untuk belajar. mengajak anak belajar tentang hal yang disukai juga dapat meningkatkan antusiasme anak dalam belajar

  8. NAMA: RIDA PRESTI RAHAYU
    NIM : 877318703

    Menurut saya, anak-anak PAUD yang mogok tidak mau belajar bisa menjadi tanda dari berbagai masalah yang mungkin mereka hadapi. Ini bisa jadi karena kurangnya minat terhadap subjek yang diajarkan, kesulitan dalam memahami materi, masalah di rumah atau lingkungan yang memengaruhi kesejahteraan mereka, atau bahkan masalah kesehatan mental.

    Penting bagi pendidik dan orang tua untuk menggali penyebab dari perilaku mogok belajar tersebut. Mungkin diperlukan pendekatan yang lebih sensitif dan pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan individu anak-anak ini. Membangun hubungan yang baik dengan mereka, mendengarkan kekhawatiran mereka, dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung bisa membantu mengatasi masalah tersebut. Selain itu, pendekatan yang kreatif dan bermain juga dapat membantu meningkatkan minat anak-anak dalam pembelajaran.

  9. Ketika anak tidak mau belajar guru bisa melakukan berapa hal agar anak mau belajar 1.melakukan pendekatan terhadap anak buat anak menjadi nyaman saat di dekat guru agar anak mau bercerita
    2.mencari alasan kenapa anak tidak mau belajar
    3.guru harus lebih kreatif saat mengajar agar anak mau belajar

  10. saya sangat setuju bahwa tugas guru adalah memotivasi dan memfasilitasi anak untuk belajar dalam artian bermain. proses wawancara dibutuhkan untuk mengetahui penyebab anak mogok sekolah agar permasalahan dapat diidentifikasi dan terselesaikan. proses pengayaan dapat dilakukan jika anak merasa bosan belajar dikelas. dengan menonton video diatas saya harap saya dapat menerapkan cara agar menangani anak yang mogok sekolah. terima kasih

Leave a Reply