silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
nama: khairunnisa
nim : 855896134
upbjj : banda aceh
menurut saya vidio ini sangat bermanfaat,,
mengajarkan kita bagai mana menghadapi anak mogok tidak mau belajar, sebagai seorang guru kita harus mencari tau penyebab anak tersebut mogok belajar dan mencari solusinya.
Selamat siang.
Setelah menyaksikan video tersebut saya sangat setuju tentang guru harus dapat memberikan motivator kepada anak didik, dan juga guru harus mengetahui alasan kenapa anak tidak mau belajar dengan temannya. Hal yang di lakukan guru adalah melakukan pendekatan dengan anak tersebut dan juga guru harus dapat memberikan pembelajaran yang bervariasi dan dapat menarik minat anak untuk belajar.
Nama : Ica Irama Pramesti
NIM : 858877164
c. Video yang ketiga yaitu Anak Mogok Tidak Mau Belajar. Video pembelajaran dari Portal Guru Pintar yang berjudul “Anak Mogok Tidak Mau Belajar” memberikan wawasan yang sangat bermanfaat bagi guru PAUD/TK. Masukan dan saran untuk meningkatkan efektivitas video ini yaitu dengan memastikan video dimulai dengan pengantar yang jelas mengenai tujuan dan manfaat dari topik yang akan dibahas. Hal ini membantu guru memahami konteks dan relevansi dari informasi yang disampaikan. Video ini menyampaikan solusi dan saran dalam format yang terstruktur, misalnya dengan poin-poin yang jelas dan terurut. Hal ini akan memudahkan guru dalam mengikuti dan menerapkan langkah-langkah yang diberikan. Video ini menyertakan simulasi atau rekaman situasi nyata di mana guru menghadapi anak yang mogok belajar dan bagaimana mereka mengatasinya. Hal ini akan memberikan gambaran yang lebih konkret tentang penerapan strategi yang disarankan Menambahkan pertanyaan reflektif atau kuis singkat di sela-sela video untuk melibatkan penonton secara aktif. Misalnya, tanyakan bagaimana mereka akan menangani situasi tertentu atau apa yang telah mereka coba di kelas mereka sendiri. Memberikan penjelasan yang lebih mendalam tentang berbagai penyebab anak mogok belajar, termasuk faktor emosional, sosial, dan lingkungan dimana hal ini akan membantu guru dalam menganalisis situasi secara lebih komprehensif. Menyediakan strategi yang lebih spesifik berdasarkan penyebab mogok belajar. Misalnya, jika anak merasa bosan, strategi yang digunakan akan berbeda dengan jika anak merasa cemas atau takut. Video “Anak Mogok Tidak Mau Belajar” sudah memberikan solusi konkret yang bermanfaat bagi guru PAUD/TK. Dengan beberapa peningkatan dalam hal struktur penyampaian, penggunaan visual yang menarik, pendekatan yang lebih personal, dan contoh nyata, video ini bisa menjadi alat yang lebih efektif dalam membantu guru menghadapi tantangan di kelas. Dukungan melalui interaksi dan diskusi juga akan meningkatkan pembelajaran dan penerapan strategi yang disarankan. Terima kasih
Nama : Endah Haidar Faridah
NIM : 859655866
Pada video ini dapat menyimak bahwa apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana seorang anak tidak mau belajar dengan temannya, biasanya hal ini dikarenakan naka takut, anak dipaksa mengerjakan tugas yang dia sendiri belum mampu untuk mengerjakannya sementara anak lain sudah bisa, atau mungkin anak bertengkar dengan teman sekelasnya, atau mungkin anak sakit hati pada ucapan atau perbuatan guru terhadapnya.
Jika guru sudah tau apa penyebabnya, maka guru menggali keterangan secara mendalam dari anak dan orangtua secara home visit.
Memberikan kesempatan anak untuk merasa nyaman di kelas, dengan memberi penawaran apakah mau belajar di ruangan lainya.
Namun dalam video tersebut cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapan atau dialognya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat.
Menurut saya apa yang disampaikan sangat bermanfaat, bagaimana cara narasumber menyampaikan materi dari permasalahan anak serta solusi yang dihadirkan memberikan inspirasi kepada saya sebagai pendidik anak usia dini, kadang kita tidak selalu tahu apa yang membuat anak mogok atau mengutarakan ketidak sukaannya terhadap apa yang kita sajikan untuk anak.
Saran untuk video ini lebih dijelaskan lagi secara rinci dan implikatif bagaimana cara kita berkomunikasi dengan anak yang mogok belajar tidak mau belajar apalagi dengan cara tiba-tiba nangis.
Nama : Dinda Bestari
NIM : 859684305
Video berisi mengenai cara anak mogok tidak mau belajar yaitu dengan mencari tahu apa penyebab anak mogok yaitu dapat berupa anak takut, anak dipaksa mengerjakan tugas yang dia belum mampu atau rasa sakit hari terhadap guru. Solusi yang dilakukan adalah dengan menggali lebih lanjut dari orang tua tau anak itu sendiri dan menawarkan untuk belajar ditempat lain. Video diatsa sangat bermanfaat dan dapat diterapkan pleh pendidik dalam menghadapi kasus yang sama.
Nama : Imas Rohimah
NIM: 857484362
Judul : Anak mogok tidak mau belajar
Video ini sangat bermanfaat untuk anak yang mogok tidak mau belajar. Dengan cara : memcari tahu penyebab anak mogok belajar. Apakah anak takut, apakah anak dipaksa mengerjakan tugas yang belum mampu dia kerjakan, apakah bertengkar dengan teman sekelas, apakah anak sakit hati terhadap ucapan maupun perbuatan guru. Solusi menggali keterangan mendalam dengan home visit. Mengapa tidak mau sekolah, ibu guru dan teman teman kangen. Diberikan pilihan mau belajar dikelas atau ruang lainnya. Berikan kesempatan bermain agar tidak bosan. Berikan kegiatan pengaman apabila anak bosan.
Ruwanti
857994812
Dari vidio ini guru dapat mencari solusi terkait masalah apa yang menyebabkan anak mogok belajar,apakah alasannya karena teman,atau guru atau apa,jadi jika guru dapat mengetahui penyebab dari mogok belajarnya anak maka diharapkan guru dapat mengatasi masalah tersebut sehingga anak tetap mengikuti pembelajaran sesuai dengan minat anak
Nama : Dera Cantika
Nim : 856577922
Judul : Anak mogok tidak mau belajar
Menurut saya sebagai pendidik harus memahami karakter setiap anak. Karena tugas seorang pendidik yaitu menghidupkan obor belajar bagi anak didik membentuk motivasi.
Cara yang dilakukan guru video di dalam video tersebut sangat baik dalam melakukan nya, guru sangat memahami sifat dari karakter anak mogok belajar tersebut. Dan cara mengatasinya sangat membantu anak dalam perkembangan belajar.
Nama : Putri Linda Widyastuti
Nim : 857992596
Upjj : Yogyakarta
Dalam video ini dijelaskan cara menghadapi anak yang mogok belajar.Kesalahan Seorang guru anak usia dini hanya berfokus pada kognitifnya saja,padahal tugas guru harus membangkitkan rasa ingin tahu anak dan harus dilakukan menyenangkan.Seorang anak didik ingin bermain berarti ingin mengetahui tentang sesuatu,jika ada anak didik yang tidak mau bermain dengan temanya terdapat beberapa kemungkinan yang terjadi yaitu mugkin anak merasa takut,merasa tugas yang diberikan guru begitu sulit sehingga anak tidak mau belajar,dan anak mungkin bertengkar dengan temanya.Ada beberapa Solusi dengan adanya masalah tersebut diantaranya melaksanakan kunjungan ke rumah dan bertanya kepada orang tua dan anak, dan memberikan pilihan tempat belajar yang diinginkan anak