silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,934 Comments

  1. Saat anak mogok tidak mau sekolah, tentu akan membuat orangtua bingung. Pasalnya, pendidikan formal di sekolah akan membantu memperluas wawasan dan pengetahuan anak. Yang harus kita lakukan :

     Ketahui alasan anak tidak mau sekolah atau mogok belajar
    Dengan menganalisa penyebab anak mogok sekolah. Usahakan untuk menghindari sikap menjustifikasi atau mencap bahwa si anak pemalas gara-gara mogok sekolah. Boleh jadi, ada beberapa penyebab anak mogok sekolah, yang asalnya bukan dari anak. Di sekolah, anak tentu bergaul dengan teman-teman sekelasnya, teman-teman sekolah, para guru dan orang tua murid lainnya. Nah, siapa tahu ada di antara unsur lingkungan anak di sekolah tersebut yang membuat anak mungkin merasa takut, jengkel atau perasaan lain yang kurang menyenangkan sehingga kita perlu mengetahui caranya agar dapat mengatasi anak mogok sekolah. Karena itu, kita tidak bisa menyelesaikan persoalan ini sendirian. Setidaknya, ada tiga pihak yang perlu diajak diskusi dalam mencari akar masalah, yaitu anak, orangtua murid dan pihak sekolah (guru).

  2. Nama : Yunia Lisman
    Nim :: 856260162
    judul : Anak mogok tidak mau belajar

    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    setelah saya menonton video GPO diatas, menurut pendapat saya video tersebut dapat menginspirasi para guru pendidik anak usia dini dalam menghadapi anak mogok tidak mau belajar. Dalam video guru sudah memotivasi anak agar menguikuti kegiatan-kegiatan yang disampaikan oleh guru. Ada beberapa faktor kenapa anak tidak mau mengikuti kegiatan tersebut yaitu:
    1. Mungkin anak tidak paham dengan apa yang disampaikan oleh guru
    2. Anak terlalu bosan dengan kegiatan tersebut
    3. bisa jadi kegiatan tersebut kurang menarik minat anak untuk belajar
    4. Anak juga merasa takut atau bertengkar dengan temannya

    oleh, karena itu, sebagai seorang guru kita harus benar-benar dapat memahami karakter dari anak didik kita dan memberikan yang menarik sehingga anak-anak merasa nyaman dan tenang dalm mengikuti setiap kegiatan. dalam penyampaian materi bisa menggunakan media yang mudah dipahami oleh anak, sehingga anak tidak merasa tertekan dalam mengikuti kegiatan atau pembelajaran.

  3. Nama : Aisyah Mardhatillah
    NIM : 859165308
    UPBJJ : UT Mataram

    Menangani anak yang tidak percaya diri atas kreativitasnya sendiri adalah dengan cara berikut.
    – Guru bisa menanyakan anak tentang keraguan anak atas tugas yang diberikan kepada mereka.
    – Guru memberikan saran untuk menggambar sesuai dengan keinginan mereka walaupun itu di luar tema pembelajarsn.
    – Guru mengapresiasi anak atas kreativitasnya/hasil karya yang telah mereka buat.
    – Guru mengeksplorasi potensi anak agar dapat memunculkan rasa percaya diri terhadap diri mereka sendiri.

    Biasanya pada awal pembelajaran atau awal masuk sekolah, anak masih belum mampu menggambar dengan baik dan hanya dapat membuat coretan-coretan yang sesuai dengan imajinasi mereka sendiri, maka sebagai guru seharusnya terlebih dahulu memberikan judul terhadap hasil coretan yang telah mereka buat, lalu setelah itu guru dapat mengajak anak-anak menggambar secara bebas baik di dalam kelas maupun di luar kelas, kemudian guru memberikan reward / apresiasi hasil karya anak yang mampu menggambar dengan baik sesuai dengan tema yang mereka ciptakan sendiri, dan guru memberikan motivasi pada anak yang belum baik dalam menggambar, agar rasa percaya terhadap diri mereka tumbuh dengan sendirinya.

    Terima Kasih…

  4. Nama : Siti Rohmah
    NIM : 857856018

    Assalamu’alaikum wr wb
    Vidio diatas menjelaskan tentang Anak Mogok Tidak Mau Belajar dengan Teman. Tugas pendidik adalah menyalakan obor supaya anak didik tergugah hatinya untuk belajar, membentuk motifasi dalam diri anak dan membangkitkan rasa ingin tahu anak, guru memahami pada dasarnya belajar anak adalah bermain, jadi belajar sambil bermain. Bila anak tidak mau belajar kemungkinan : anak takut , anak dipaksa mengerjakan tugas yang belum mampu ia kerjakan,anak bertengkar , anak sakit hati kepada gurunya akan ucapanguru terhadap dirinya. Solusinya : melakukan home fisit, guru boleh memberikan pilihan pada anak untuk belajarnya (bisa di kelas, ruang kepsek, memberikan kesempatan antara guru dengan murid.
    Wassalamu’alaikum wrwb

  5. Nama : Evi Lintari
    Nim : 858100135
    Dari pembelajaran tadi ada beberapa hal bisa pelajari yaitu apa penyebab anak mogok tidak mau belajar dan bagaimana cara seorang guru mengatasi permasalahan anak mogok tidak mau belajar, dan didalam pembelajaran tersebut disertai contoh sehingga mudah di pahami

  6. Nama : Eko Susilowati Agustina
    NIM : 857571157

    Dari video di atas, ada beberapa kemungkinan dari anak tidak mau belajar/ bermain di dalam kelas, antara lain:
    – Anak takut
    – Anak dipaksa mengerjakan tugas yang anak belum mampu
    – Anak bertengkar dengan temannya
    – Anak sakit hati terhadap ucapan atau perbuatan guru.
    Disini guru harus memperhatikan kemungkinan penyebab masalah tersebut muncul apakah dari temannya atau dari guru.
    Beberapa solusi yang dapat dilakukan:
    – Guru menggali keterangan dari anak dan orang tua.
    – Anak diberi pilihan tempat belajar.
    – Jika anak merasa bosan belajar di kelas, maka guru dapat mengajak anak bermain di luar dengan waktu yang disepakati.

    Disini juga saya menambahkan, jika kemungkinan penyebab masalah tersebut dari guru, maka hal tersebut dapat menjadi bahan refleksi bagi guru,
    – Apakah tugas yang diberikan tidak sesuai dengan kemampuan anak?
    – Apakah ada ucapan atau perilaku yang membuat anak sakit hati?
    Bahan refleksi tersebut bisa dijadikan untuk alternatif belajar selanjutnya dan guru juga dapat memperbaiki sikap dan perilakunya terhadap anak.

    Secara keseluruhan video tersebut sangat membantu mengatasi masalah untuk anak yang sedang mogok tidak mau belajar.

  7. Assalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh
    Nama:Yuinza Adira Chania
    Nim :856273681

    Sebagai Pendidik Anak Usia Dini,menurut saya apa yang disampaikan di video tersebut sangatlah bermanfaat dan dapat menambah wawasan guru PAUD, terutama permasalahan anak dan cara mengatasinya yang hadir memberikan inspirasi2 menarik dan bermakna. Penting bagi kita untuk mengetahui mengapa anak tidak mau belajar. Menurut saya anak tidak mau belajar bisa jadi karena kurang minat terhadap pembelajaran,sulit memahami materi yang diajarkan, atau kegiatan pembelajaran yang kurang menyenangkan(monoton).Selain itu bisa jadi karena anak punya masalah dirumah atau masalah mental anak. Mungkin sebagai guru perlu kita melakukan pendekatan kepada anak dan memahami apa yang menjadi kebutuhan anak,buatlah anak senyaman mungkin dan mau bercerita, guru juga harus menerapkan pembelajaran yang efektif dapat membantu masalah itu, guru juga hendaknya membuat materi pembelajaran yang menarik bagi anak dan mengajak anak untuk belajar hal-hal yang disukainya.
    Sekian dari saya, terimakasih….
    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  8. Nama : Eka Risdianti
    Nim : 858613408
    Dalam video tersebut memberikan saya pelajaran cara mengatasi anak yang tidak mau bermain dengan temannya dan bagaimana mengatasi anak tersebut. Sebagai guru dalam video tersebut sangatlah baik mengatasi ana dan merayu anak dengan lembut Agar anak mau menjelaskan kenapa memukul dan menangis. Penanganan terhadap anak seperti contoh dalam video ini dapat saya ambil untuk saya kembangkan jika terjadi dikelas saya.

  9. Nama : Anissa Salsabila
    NIM : 859525259
    UPBJJ : JAKARTA
    Video yang berjudul ” Anak Mogok Tidak mau belajar”

    Berfokus pada kelebihan anak adalah bentuk penguatan positif lain yang akan memotivasi mereka untuk terus belajar. Sebaliknya, jika fokus pada kelemahan anak, ia akan patah semangat, tertekan, dan kecil keinginannya untuk belajar.

  10. nama : Nuraeni
    NIM : 858969915

    dalam yang berjudul ” Anak Mogok Tidak mau belajar”

    video ini sangat bermanfaat untuk guru dalam mengetahui mengapa anak tidak mau belajar. Menurut saya anak tidak mau belajar bisa jadi karena kurang minat terhadap pembelajaran,sulit memahami materi yang diajarkan, atau kegiatan pembelajaran yang kurang menyenangkan(monoton).Selain itu bisa jadi karena anak punya masalah dirumah atau masalah mental anak.

Leave a Reply