silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,934 Comments

  1. Nama : ZAHROTUL ULA
    Nim : 858530684

    “Anak mogok tidak mau belajar” video ini sangat bermanfaat, untuk menambah pengetahuan dan kemampuan guru dalam menghadapi anak didiknya. Saya sependapat dengan video tersebut,
    Hakikat belajar anak anak adalah belajar sambil bermain yang menyenangkan. Jika anak mengalami mogok tidak mau belajar carilah penyebabnya dan lakukan pendekatan kepada anak serta konsultasikan dengan orang tua agar tau penyebabnya dan tau cari yang tepat untuk mengatasinya

  2. dalam video ini terdapat masalah dan solusi mengenai anak mogok belajar
    intinya kita sebagai Guru harus menciptakan suasana belajar yang menyenangkan,
    memotivasi dan membangkitkan rasa ingin tahu anak
    menggali alasan kenapa anak tidak ingin belajar/ tidak ingin sekolah. tentunya kita harus mencari tahu kenapa anak tidak ingin sekolah dengan cara berkonsutasi dengan orang tua dan bertanya secara langsung kepada anak. kita sebagai guru harus mengenali setiap anak dan lebih memperhatikan karakteristik setiap siswa.

  3. Setelah melihat video kita sebagai pendidik PAUD dapat lebih mengerti mengapa anak mogok belajar dan bagaimana solusi cara untuk mengatasinya,terimakakasih

  4. Nama:Rolis yulianti
    Nim:858755647
    Kejadian yang terjadi pada video di atas merupakan kejadian yang juga sering terjadi di dalam kelas yaitu tentang anak yang mogok tidak mau saya setuju dengan cara yang dilakukan oleh guru di video tersebut,yang dilakukan guru dalam video di atas saya pun juga menerapkan itu di kelas saya,anak mogok tidak mau belajar pastinya memiliki alasan tersendiri,Mengapa Ia melakukan hal itu, begitu juga dengan anak yang menangis dan marah-marah terhadap temannya pasti ada hal yang telah dilakukan oleh temannya kepadanya sehingga ia merasa tersakiti. Sebagai seorang guru kita harus bisa menenangkan anak-anak yang sedang marah atau sedang bertengkar dengan temannya kita, harus bisa mendamaikan mereka, agar mereka sama-sama merasa aman serta nyaman berada di sekolah,sehingga proses belajar mengajar tidak akan terganggu.

  5. Menurut saya vidio tersebut sangat bermanfaat bagi saya sebagai guru paud dalam menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar . trimkasih guru pintar online

  6. Nama : Pitdrayani
    Nim : 877596407

    Video yang berjudul “Anak mogok tidak mau belajar” video ini menceritakan tentang cara menangani anak yang emosional tidak mau belajar dan cara penanganannya sangatlah baik. Ketika anak mengalami emosional kita harus mencari apa penyebabnya dan bagaimana cara untuk mengatasinya. Video ini sangat bermanfaat bagi saya, semoga saya bisa menerapkannya di tempat saya mengajar.

  7. Nama : Dwi Linda Restiana
    NIM : 858949146

    Video tersebut menjelaskan tentang anak yang mogok tidak mau belajar. Sebagai guru, kita perlu memahami karakter siswa kita. Identifikasi penyebab anak tidak mau belajar, apakah karena kesalahan guru atau hal lainnya. Jika Anda sudah mengetahui alasannya, kita bisa mencari solusinya. Video ini menjelaskan beberapa solusi untuk anak yang mogok tidak mau belajar.Guru menanyakan informasi lebih lanjut kepada anak atau orang tua. Dan juga dapat membiarkan anak memilih apakah ingin belajar bersama anak lain atau tinggal di ruangan terpisah, misalnya perpustakaan atau ruang kepala sekolah. Bisa juga anak merasa bosan berada di dalam kelas, maka berikan mereka waktu bermain di luar kelas.

  8. Nama: Salsa Nur Kholisyah
    NIM:857860247
    Masyaallah tabarakallah walhamdulillah dari vidio pembelajaran diatas sangat bermanfaat bagi saya karena dengan melihat video tersebut saya bisa memilih strategi pembelajaran yang tepat bagi anak didik.

  9. Nama : Henny Surya
    NIM : 859527206

    Problem tsb sering guru PAUD alami terlebih pada awal masuk tahun ajaran. Guru diharapkan dapat menyikapinya dengan bijak dan tenang, mencari solusi yang tepat sesuai karakter anak sehingga anak dapat dibujuk dan mau mengikuti kegiatan kelas lagi.

  10. video yang ditayangkan sangat bermanfaat bagi kami sebagai pendidik, saya setuju dengan apa yang dilakukan guru didalam video tersebut, kejadian seperti itu hampir setiap hari ada didalam kelas, sebisa mungkin kita mendekati anak itu, dan kita harus bisa menenangkan anak tersebut agar anak tersebut bisa senang didalam kelas

Leave a Reply