silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,934 Comments

  1. Video tersebut memberikan pengetahuan baru bahwa tugas utama pendidik adalah menghidupkan obor belajar bagi anak-anak. Kekurangan dari beberapa pendidik anak usia dini yaitu lebih memfokuskan pada aspek kecerdasan dan melupakan prinsip belajar anak usai dini itu melalui bermain.
    Beberapa hal yang perlu dilakukan seorang pendidik dalam kasus ini yaitu :
    – Pendidik harus mampu menumbuhkan motivasi belajar anak
    – Harus ingat bahwa prinsip belajar anak usia dini dengan cara bermain
    – Pendidik mencari tahu permasalahan anak tersebut dengan cara home visit
    – Berilah anak pilihan untuk belajar di kelas atau di kantor atau di ruang perpustakaan, terkadang ada anak yang bosan dengan suasana kelas.
    – Pendidik juga perlu membuat kesepakatan dengan anak, sehingga hal tersebut dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan tanggung jawab anak.

  2. setelah melihat video diatas saya mengetahui sebab mengapa anak mogok belajar dan solusinya

  3. Assalamu’alaikum saya Larasati Nugroho dengan NIM 857246085 PRODI S1 PG PAUD, Izin menanggapi diskusi.

    • Anak Mogok Tidak Mau Belajar
    Setiap guru perlu memahami bahwa tugas utama mereka adalah menghidupkan obor belajar bagi anak-anak dan tidak hanya menekankan pada kecerdasan anak saja.
    1. Setiap guru berperan untuk membentuk motivasi anak dan membangkitkan rasa ingin tahu pada anak
    2. Dunia anak usia dini adalah bermain sehingga jika AUD ingin bermain berarti mereka ingin belajar mengetahui sesuatu dan memuaskan rasa ingin tahunya.

    Jika anak mogok dalam belajar bisa terjadi karena hal berikut :
    1. Anak takut
    2. Anak dipaksa untuk mengerjakan tugas yang dia belum mampu mengerjakan.
    3. Anak bertengkar dengan teman sekelasnya
    4. Anak merasa tersinggung terhadap ucapan atau sikap guru terhadap dirinya.

    Disini saya menyimpulkan bahwa pendidikan level usia dini memang harus di lakukan dengan cara yang menyenangkan. Jadi guru perlu memberi ruang bagi anak untuk memenuhi fitrahnya yaitu bermain sambil belajar.
    Sebagi guru kita perlu mengetahui penyebab anak tidak mau sekolah. Kita bisa membujuk dan melakukan evaluasi bersama orang tua. juga tak lupa memberi ruang bagi anak untuk mengutarakan keinginannya.

  4. Assalamu’alaikum saya Larasati Nugroho dengan NIM 857246085 dari PRODI PGPAUDS1

    • Anak Mogok Tidak Mau Belajar
    Setiap guru perlu memahami bahwa tugas utama mereka adalah menghidupkan obor belajar bagi anak-anak dan tidak hanya menekankan pada kecerdasan anak saja.
    1. Setiap guru berperan untuk membentuk motivasi anak dan membangkitkan rasa ingin tahu pada anak
    2. Dunia anak usia dini adalah bermain sehingga jika AUD ingin bermain berarti mereka ingin belajar mengetahui sesuatu dan memuaskan rasa ingin tahunya.

    Jika anak mogok dalam belajar bisa terjadi karena hal berikut :
    1. Anak takut
    2. Anak dipaksa untuk mengerjakan tugas yang dia belum mampu mengerjakan.
    3. Anak bertengkar dengan teman sekelasnya
    4. Anak merasa tersinggung terhadap ucapan atau sikap guru terhadap dirinya.

    Disini saya menyimpulkan bahwa pendidikan level usia dini memang harus di lakukan dengan cara yang menyenangkan. Jadi guru perlu memberi ruang bagi anak untuk memenuhi fitrahnya yaitu bermain sambil belajar.
    Sebagi guru kita perlu mengetahui penyebab anak tidak mau sekolah. Kita bisa membujuk dan melakukan evaluasi bersama orang tua. juga tak lupa memberi ruang bagi anak untuk mengutarakan keinginannya.

  5. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu..
    Anak mogok tidak mau belajar kebanyakan kita jumpai di setiap satuan pendidikan, mulai dari rasa takut anak, ataukah dia memang tidak mampu mengerjakan pekerjaan yang di berikan, bertengkar dengan temannya, sehingga anak diberikan waktu untuk istrahat bermain dengan waktu yg ditentukan bersama, setelah bermain anak diberi kebebasan melakukan pelajaran apa yg dia inginkan.

  6. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu..
    Anak mogok tidak mau belajar kebanyakan kita jumpai di setiap satuan pendidikan, sehingga anak diberikan waktu untuk istrahat bermain dengan waktu yg ditentukan bersama, setelah bermain anak diberi kebebasan melakukan pelajaran apa yg dia inginkan.

  7. Assalamu’alaikum, Wr. Wb.
    Nama : Susanti
    NIM : 857396616

    Mohon izin memberikan komentar pada video tersebut diatas, menurut saya tampilan video sudah sangat baik, terlihat gerak dan usaha seorang guru untuk membujuk anak yang mengalami mogok belajar. Terdapat narasi yang jelas tentang video dari narator, tentang penjelasan langkah-langkah yang memungkinkan untuk di ambil sebagai solusi. Anak diberikan kebebasan dengan cara/gaya belajar yang nyaman bagi si anak dan tidak mogok sekolah lagi, yang nantinya akan diarahkan oleh guru dalam pembelajarannya yang tepat.
    Namun dalam video, sangat disayangkan sekali, karena masih kurangnya dialog antar guru dan siswa, karena bagi saya, dialog pada video dapat digunakan sebagai contoh bagi kami sesame pengajar.

    Demikian pendapat saya, terimakasih

    Wassalamu’alaikum, Wr. Wb.
    Susanti

  8. Nama Sandriani
    NIM 858406852
    Pembelajaran yang dilakukan untuk level anak usia dini harus dengan menyenangkan jadi tugas Guru untuk membangkitkan motivasi anak. Dunia anak usia dini adalah bermain. Jadi penting adanya kolaborasi antar Guru,murid dan orang tua murid.

  9. NAMA : HENSI IBRAHIM
    NIM: 858590239

    guru yang ada di dalam video tersebut sangat baik dan memperlihatkan pemahaman yang dalam tentang bagaimana mengelola konflik di antara anak-anak. guru itu sangat sabar Melalui pendekatan yang lembut dan penuh empati, guru mengajarkan anak untu mengungkapkan perasaannya dengan kata-kata daripada Selain itu, guru juga mengajarkan pentingnya berkomunikasi dengan teman-teman dan meminta bantuan dari orang dewasa ketika menghadapi masalah. Ini adalah cara yang sangat baik untuk mengembangkan keterampilan .

  10. Nama : Nugraheni Nur Latifah, NIM : 857569104 Judul Video : Anak mogok tidak mau belajar

    Di dalam video tersebut dapat kita amati jika dunia anak usia dini adalah dunia bermain. maka ketika anak bermain sebenarnya dia ingin belajar mengenal sesuatu dan memuaskan rasa ingin tau nya. namun terkadang ada anak di kelas yang tidak mau bermain bersama dengan teman dan menolak saat diajak guru, hal ini disebabkan karena mungkin anak merasa takut, anak dipaksa untuk mengerjakan tugas yang dia sendiri belum mampu, dan anak bertengkar dengan temannya, jika guru sudah tau alasannya perlu melaukan guru pendekatan yang mendalam dari anak atau orangtua seperti dengan home visit mengapa anak mogok belajar, lalu mengajukan beberapa pertanyaan, memberi pilihan pada anak mau belajar dengan teman di kelas atau diruang lain bersama guru, jika anak merasa bosan di kelas, guru dapat memberi kesempatan bagi anak untuk bermain diluar kelas namun dengan waktu yang ditentukan atau dengan kesepakatan bersama antara guru dan anak.

Leave a Reply