silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
Dari video tersebut saya bisa belajar cara menangani anak yang mogok belajar. kerjasama antar anak sangat diperlukan dan jika sudah sampai pada tahap mogok belajar maka diperlukan kerjasama dengan orang tua. pemberian materi yang menarik bagi anak dan tidak monoton juga mendukung anak agar tidak putus asa dalam belajar.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..
Dari Vidio tersebut banyak hal yang saya dapatkan dari masalah anak yang mogok dan tidak mau belajar. Serta solusi dari vidio dalam mengatasi masalah tersebut. Dalam hal ini guru sangat berperan penting dalam membangkitkan semangat belajar anak yang mana untuk meningkatkan rasa ingin tahunya dan membentuk motivasi nya untuk tetap terus belajar dan bermain. Agar dapat menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan. Jika guru melihat anak yang terjadi masalah , guru dapat secara langsung menanyakan apa yang menyebabkan masalah itu terjadi kemudian mencari solusi yang tepat untuk mengatasinya. Seperti anak yang mogok dan tidak mau belajar itu. Agar guru dapat mengetahui sebab dan akibatnya supaya dapat mengenbalikan minat anak untuk bersekolah kembali. Dengan begitu anak dapat menjadikan guru sebagai contoh guru yang baik dan menyenangkan kemudian tidak meninggalkan anak sendirian.
Sekian dari saya terima kasih
wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Ovi Ristiyanti
NIM : 857702067
Video tersebut membahas terkait permasalahana sosial-emosional anak yakni anak mogok tidak mau belajar. Dalam video menerangkan berbagai kemungkinan mengapa seorang anak mogok belajar yaitu antara lain; anak takut, anak dipaksa mengerjakan tugas yang anak belum mampu untuk mengerjakannya, anak berkonflik dengan teman sekelasnya, atau mungkin karena anak tersinggung dan sakit hati terhadap ucapan atau Tindakan guru. Pembahasan ini disertai pula dengan teknik dan tips yang dilakukan pendidik PAUD saat menindak anak yang tidak mau belajar, seperti :
• Menggali keterangan dari anak ataupun orang tua,
• Memberi anak pilihan apakah ingin belajar bersama temannya di kelas atau di ruangan lain,
• Memberi kesempatan anak untuk bermain dengan waktu yang disepakati bersama.
Menurut saya, pembahasan pada video ini sangat relevan karena pada dasarnya ini merupakan masalah yang sering muncul di PAUD. Serta tentunya sangat bermanfaat bagi saya sebagai guru PAUD terutama mengenai referensi teknik dan tipsnya.
Sekian dari saya, terimakasih.
Assalamualaikum..
Nama:Suwarni Gaa
Nim:837883834
Terima kasih untuk video ini..
Sangat menarik yaah sangat relevan.dari video ini saya mendapatkan banyak informasi untuk diterapkan 🙏
Nama: Jasmine Kinanti Putri
Nim : 858288512
Video tersebut membahas terkait permasalahan sosial-emosional anak yakni anak mogok tidak mau belajar.Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah,berupa kemungkinan mengapa anak mogok dan bagaimana cara menindaklanjuti permasalahn tersebut.
Adapun berbagai kemungkinan mengapa seorang anak mogok belajar yang diterangkan dalam video tersebut yaitu antara lain; anak takut, anak dipaksa mengerjakan tugas yang anak belum mampu untuk mengerjakannya, anak berkonflik dengan teman sekelasnya, atau mungkin karena anak tersinggung dan sakit hati terhadap ucapan atau tindakan guru.
Sedangkan teknik dan tips yang dapat dilakukan pendidik PAUD saat menindak anak yang tidak mau belajar, yaitu :
• Menggali keterangan dari anak ataupun orang tua,
• Memberi anak pilihan apakah ingin belajar bersama temannya di kelas atau di ruangan lain,
• Memberi kesempatan anak untuk bermain dengan waktu yang disepakati bersama.
Dalam hal ini guru sangat berperan penting dalam membangkitkan semangat belajar anak yang mana untuk meningkatkan rasa ingin tahunya dan membentuk motivasi nya untuk tetap terus belajar dan bermain. Agar dapat menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan. Jika guru melihat anak yang terjadi masalah , guru dapat secara langsung menanyakan apa yang menyebabkan masalah itu terjadi kemudian mencari solusi yang tepat untuk mengatasinya. Seperti anak yang mogok dan tidak mau belajar itu.
Sehingga menurut saya, pembahasan pada video ini sangat relevan karena pada dasarnya ini merupakan masalah yang sering muncul di PAUD. Serta tentunya sangat bermanfaat bagi saya sebagai guru PAUD terutama mengenai referensi teknik dan tipsnya.
Sekian dari saya, terimakasih.
video tersebut menjelaskan tentang sosial emoasional anak yang dimana anak tidak mau belajar bersama teman, kerja sama anak memang perlu tetapi saat anak anak mempunyai masalah mereka akan mogok belajar, kita sebagai guru memang harus bisa mendekatkan diri kepada anak tersebut agar anak mau belajar bersama teman. dan memecahkan masalah anak tersebut dengan sabar guru mendengarkan curhatan anak. dengan demikian kita bisa memahami anak tersebut. dan mendapatkan solusi yang tepat.
Nama : Reni Ernawati
Nim : 857474157
Allhamdulillah setelah saya menyaksikan video di atas saya jadi tau bagaimana menghadapi anak yang tidak mau mengikuti pembelajaran dan tidak mau sekolah. Di sini dijelaskan bahwa anak tidak harus dipaksa agar anak mau belajar, seorang guru PAUD diwajibkan untuk mengidentifikasi terlebih dahulu hal apakah yang mnyebabkan anak tidak mau sekolah. Dengan begitu guru PAUD dapat mengetahui bahwa tugasnya tidak hanya soal mengembangkan aspek kecerdasan namun yang tak kalah penting adalah sosial emosional anak.
Nama : Aisyani Adin Batni
NIM : 857858842
Berdasarkan vidio dengan judul anak mogok tidak mau belajar ada beberapa kemungkinan alasan antara lain:
1. anak takut akan sesuatu hal
2. anak merasa tidak mampu melakukan kegiatan seperti teman yang lain
3. anak bertengkar dengan temannya
4. anak sakit hati atas ucapan guru/ orang dilingkungan sekolah
langkah yang harus dilakukan guru adalah dengan melakukan home visit ke rumah mencari tahu alasan anak mogok ke sekolah, apabila anak sudah mau masuk sekolah anak – anak diberi kelonggaran untuk melakukan kegiatan sendiri di ruangan tertentu. Dan jika anak merasa bosan melakukan kegiatan di kelas. Guru memberikan kesempatan anak bermain sesuai kesepakatan guru dengan anak. Terima kasih.
Nama : Mery yanti
Nim : 858297504
Upbjj : Banjarmasin
Prodi : S1 PG PAUD
Pada vidio di atas dengan judul Anak Mogok Tidak Mau Belajar
Salah satu tugas guru adalah membentuk motivasi dalam diri anak dan membangkitkan rasa ingin tau anak, sisi lain guru juga harus ingat bahwa dunia anak adalah dunia bermain sehingga jika seorang anak didik ingin bermain,maka sebenarnya anak ingin belajar mengenal sesuatu dan ingin memuaskan rasa ingin tahunya akan sesuatu hal, namun ada kalanya terdapat seorang anak dikelas tidak mau ikut bermain dengan temannya bahkan ketika diajak gurunya,jika anak mogok tidak mau ikut bermain kemungkinan ada beberapa hal penyebabnya yaitu anak takut, anak di paksa mengerjakan tugas yang belum bisa dilakukannya,anak sakit hati dengan ucapan guru dan anak bertengkar dengan teman sekelasnya. solusi yang dapat diberikan adalah dengan home visit, anak diberikan pilhan, memberikan kesempatan bermain dengan kesepakatan, jika anak bosan dapat dilakukan dengan pengayaan agar menarik
Nama : DINIADI NAZARA
Nim : 856021786
Judul : Anak Mogok Tidak Mau Belajar
Dalam situasi seperti ini, penting bagi orang tua dan guru untuk mencari tahu akar penyebabnya. Guru harus menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan sesuai minat anak. Memberi motivasi, dukungan, dan pujian atas usahanya. Jika masalahnya kompleks, kita harus mencari bantuan profesional seperti psikolog anak. Yang terpenting adalah tetap sabar dan terus membimbing anak agar kembali tertarik belajar.