silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
Nama : SANTI SITI SOLIHAH
Prodi : S1 PGPAUD UT BANDUNG
Sebelumnya izin menanggapi dari video yang saya tonton di atas yaitu tentang cara mengatasi anak yang mogok belajar, saya sangat setuju sekali dengan apa yang dipaparkan di video di atas yaitu yang harus dilakukan oleh seorang guru adalah tidak hanya melakukan pembelajaran secara umum saja kepada setiap anak melainkan kita pun harus bisa mengatasi masalah-masalah yang terjadi dan mungkin setiap individu atau setiap anak akan berbeda dalam mengalaminya. Dan tentu saja Apapun permasalahannya kita harus mencari sumber permasalahan tersebut agar kita dapat mengatasinya dengan tepat misalnya seperti yang dilakukan ibu guru dalam video tersebut yaitu mengadakan home visit untuk mengetahui apa yang menjadi alasan anak mogok untuk melakukan belajar bersama temannya di kelas, mungkin telah dipaparkan beberapa contoh alasan mengapa anak tidak mau atau mogok belajar saya akan memberikan contoh lain misalnya alasan anak mogok adalah takut kepada teman maka kita sebagai guru bertugas untuk menjembatani anak tersebut agar lebih berani bukan untuk membalas melainkan untuk menerima beberapa perlakuan teman yang mungkin tidak akan selalu sesuai dengan keinginannya dan juga bisa mengkomunikasikan kepada anak yang ditakuti anak tersebut agar bisa saling berinteraksi dengan lebih baik. Atau metode-metode lain yang dapat diterapkan sesuai dengan permasalahan yang dialami anak.
Sekian terima kasih
Nama : ASMIAR
Nim :859425095 Ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh guru untuk menghadapi anak yang bernyanyi belajar diantaranya :
1. melakukan pendekatan dengan anak, tanyakan kenapa tidak mau ikut bermain dan belajar bersama temanya
2. tanyakan kepada anak hal apa yang disukai
3. memberikan dukungan, motivasi baik secara verbal maupun non verbal
4. mencoba untuk didampingi dan dibimbing sampai anak merasa naman
5. jika masih belum ada perubahan, lakukan pendekatan dengan orang tua, tanyakan informasi tentang anak ketika bermain di rumah, sebagai bahan untuk mengkaji ulang apa yang sebenarnya terjadi pada diri anak
Assalamu’alaikum Wr Wb.
Izin menanggapi,
Menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar memerlukan pendekatan yang sensitif dan kreatif. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan guru:
1. MengIdentifikasi Penyebab : Mengajak anak berbicara untuk memahami alasan di balik mogok belajarnya. Apakah karena kesulitan materi, masalah emosional, atau faktor eksternal?
2. Menciptakan Lingkungan Belajar yang Menarik. Dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan, seperti permainan, proyek, atau diskusi kelompok untuk menarik minat anak.
3. Memberi Dukungan Emosional. Dengan menunjukkan perhatian dan dukungan. Membantu anak merasa diterima dan dihargai, sehingga mereka lebih terbuka untuk belajar.
4. Menetapkan Tujuan Kecil. Membantu anak menetapkan tujuan belajar yang realistis dan kecil. Pencapaian kecil dapat meningkatkan motivasi.
5. Melibatkan Orang Tua. Mengajak orang tua untuk terlibat dalam proses belajar anak, baik melalui komunikasi atau aktivitas bersama di rumah.
6. Memberi Contoh Positif. Menceritakan kisah sukses atau pengalaman positif dari orang lain yang berhasil mengatasi tantangan dalam belajar.
7. Berkonsultasi dengan Profesional. Jika diperlukan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog atau konselor sekolah untuk mendapatkan pendekatan yang lebih spesifik.
Dengan pendekatan yang tepat, diharapkan anak dapat kembali termotivasi untuk belajar.
Terima kasih.
Assalamu’alaikum Wr Wb.
Nama : Agus Rifal Hendra
NIM. : 857449669
Izin menanggapi,
Menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar memerlukan pendekatan yang sensitif dan kreatif. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan guru:
1. MengIdentifikasi Penyebab :
Mengajak anak berbicara untuk memahami alasan di balik mogok belajarnya. Apakah karena kesulitan materi, masalah emosional, atau faktor eksternal?
2. Menciptakan Lingkungan Belajar yang Menarik.
Dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan, seperti permainan, proyek, atau diskusi kelompok untuk menarik minat anak.
3. Memberi Dukungan Emosional.
Dengan menunjukkan perhatian dan dukungan. Membantu anak merasa diterima dan dihargai, sehingga mereka lebih terbuka untuk belajar.
4. Menetapkan Tujuan Kecil.
Membantu anak menetapkan tujuan belajar yang realistis dan kecil. Pencapaian kecil dapat meningkatkan motivasi.
5. Melibatkan Orang Tua.
Mengajak orang tua untuk terlibat dalam proses belajar anak, baik melalui komunikasi atau aktivitas bersama di rumah.
6. Memberi Contoh Positif.
Menceritakan kisah sukses atau pengalaman positif dari orang lain yang berhasil mengatasi tantangan dalam belajar.
7. Berkonsultasi dengan Profesional.
Jika diperlukan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog atau konselor sekolah untuk mendapatkan pendekatan yang lebih spesifik.
Dengan pendekatan yang tepat, diharapkan anak dapat kembali termotivasi untuk belajar.
Terimakasih.
Imas Nurhasanah
Nim 857466862
Anak yang mogok belajar adalah hal yang cukup umum terjadi, dan biasanya di sebabkan oleh beberapa faktor seperti ketidaknyaman, bosan, atau ada rasa cemas.
mungkin ada beberapa tips untuk membantu masalah tersebut, yaitu
1.cari tahu oenyebabnya
2. buat belajar lebih menyenangkan
3. memberikan dukungan emosional
4. memberikan penghargaan
5. melibatkan anak dalam proses belajar
dan penting untuk bersabar dan tidak memaksa anak dengan keras sehingga menjadi enggan untuk belajar.
terima kasih.
Imas Nurhasanah
Nim 867466862
Anak mogok belajar bisa menjadi tantangan yang umum dihadapi oleh orang tua dan pendidik. Ada berbagai alasan mengapa anak mogok belajar, dan memahami penyebabnya dapat membantu mencari solusi yang tepat. Ada beberapa penyebab anak menjadi mogok belajar, seperti:
1. Kelelahan atau Stres:
Anak yang merasa lelah atau stres akibat terlalu banyak tekanan dari sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, atau masalah pribadi bisa kehilangan motivasi untuk belajar.
2. Kurang Minat terhadap Pelajaran:
Jika anak merasa pelajaran yang diajarkan tidak menarik atau relevan dengan kehidupannya, dia mungkin enggan belajar.
3. Masalah Konsentrasi:
Beberapa anak kesulitan berkonsentrasi karena gangguan perhatian atau lingkungan belajar yang tidak mendukung.
4. Kesulitan Akademis:
Anak yang merasa kesulitan dalam memahami materi pelajaran bisa kehilangan rasa percaya diri dan memutuskan untuk menyerah.
5. Perubahan Emosional atau Sosial:
Perubahan besar dalam hidup, seperti pindah rumah, kehilangan teman, atau konflik keluarga, bisa memengaruhi minat anak dalam belajar.
Solusi untuk Mengatasi Anak Mogok Belajar:
1. Mendengarkan Anak: Cobalah untuk berbicara dan mendengarkan alasan mereka mogok belajar. Terkadang, anak hanya butuh didengar dan dimengerti.
2. Membuat Belajar Menjadi Menyenangkan: Cari cara kreatif untuk membuat proses belajar lebih menarik, misalnya dengan menggunakan permainan edukatif, aplikasi, atau kegiatan luar ruang yang berkaitan dengan pelajaran.
3. Beri Waktu Istirahat: Jangan lupa memberikan waktu istirahat yang cukup agar anak tidak merasa kelelahan dan tetap memiliki waktu untuk bermain.
4. Motivasi Positif: Berikan pujian atau reward kecil saat mereka berhasil menyelesaikan tugas atau mencapai target belajar, sehingga anak merasa dihargai.
5. Kerja Sama dengan Guru: Diskusikan masalah ini dengan guru di sekolah untuk mencari pendekatan yang lebih baik dalam membantu anak.
Terima kasih
IMAS NURHASANAH
857466862
Assalamualaikum, izin menanggapi
permasalahan anak mogok belajar merupakan masalah yang sering di temukan orang tua dan guru, mungkin anak anak merasa bosan, lelah, atau merasa tidak menarik dalam pembelajaran. ini pernah terjadi di lembaga saya.
Dan saya coba menanyakan kepada anak tersebut kenapa tidak mau belajar, ternyata dia jawab bosen.
Beranda
Tentang GPO
Kontak
Profile
Log Out
X
Home / Seri Pembelajaran PAUD / Anak Mogok Tidak Mau Belajar
Seri Pembelajaran PAUD
Anak Mogok Tidak Mau Belajar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Pakar Dosen
Pakar Guru
Post navigation
Previous
Anak Belum Mandiri
Next
Anak tidak percaya Diri
Similar Posts
Nama : Rahmatika Nurhabibah
Nim:856820835
Pokjar : Argamakmur
ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh guru untuk menghadapi anak yang mogok belajar diantaranya :
1. melakukan pendekatan dengan anak, tanyakan kenapa tidak mau ikut bermain dan belajar bersama temanya
2. tanyakan kepada anak hal apa yang disukai
3. memberikan dukungan, motivasi baik secara verbal maupun non verbal
4. mencoba untuk didampingi dan dibimbing sampai anak merasa naman
5. jika masih belum ada perubahan, lakukan pendekatan dengan orang tua, tanyakan informasi tentang anak ketika bermain di rumah, sebagai bahan untuk mengkaji ulang apa yang sebenarnya terjadi pada diri anak.
Semoga bermanfaat
Nama : Dewi Rahayu
NIM : 857520602
MK : Pemantapan Kemampuan Mengajar (PAUD4304.52)
Bismillah .. ijin menanggapi video diatas. Sangat jelas dan mudah dipahami paparan/penjelasan permasalahan yang ada di video tersebut. Tugas guru PAUD bukan hanya menyusun rencana-rencana kegiatan apa saja yang akan diberikan kepada anak dengan merancang kegiatan semenrik mungkin. Tetapi, guru juga harus mempersiapkan segala sesuatu kendala atau kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi ketika kegiatan pembelajaran berlangsung. Salahsatunya kendala anak mogok belajar, cara pelayanan guru pada anak dengan masalah tersebut tentu akan berpengaruh juga pada antusias anak dalam melanjutkan kegiatannya disekolah. Komunikasi orang tua harus terjalin baik, pertumbuhan dan perkembangan anak dapat lebih optimal jika kedua belah pihak mampu bekerjasama dengan baik. Orangtua tidak bisa hanya mengandalkan guru disekolah, karena intensitas waktunyapun terbatas. Begitupun sebaliknya, guru dapat mengkomunikasikan setiap perkembangan ataupun catatan yang perlu ditingkatkan dan diperbaiki bilamana ada sesuatu yang harus dibenahi dari anak dengan pendekatan-pendekatan agar anak merasa lebih nyaman dengan yang sebenarnya dia inginkan.
Dalam vidio tersebut kita sebagai guru harus bisa memahami situasi dan kondisi anak, jika anak tidak mau belajar guru harus melakukan pendekatan kepada anak dengan tepat, menciptakan lingkungan belajar yang aman dan asik, memberikan kebebasan kepada anak untuk memilih pelajaran yang disukai anak dan memberikan motivasi kepada anak dan tetap komunikasikan kepada orang tua anak tentang perihal anak.