silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
Assalamu’alaikum…Wr…Wb Saya Titik Yulianingsih dari UPBJJ Banjarmasin. Menurut Pendapat Saya pada Video Yang berjudul “anak mogok tidak mau belajar” bisa menjadi bahan refleksi yang menarik tentang proses belajar anak usia dini.
Perilaku anak: Video tersebut mungkin menunjukkan perilaku anak yang sedang mengalami fase eksplorasi dan penolakan terhadap rutinitas belajar. Ini adalah hal yang wajar pada anak usia dini, karena mereka sedang belajar memahami dunia dan mengembangkan kemandirian.
Konteks video: Penting untuk memahami konteks video tersebut. Apakah anak tersebut benar-benar “mogok” karena tidak suka belajar, atau ada faktor lain yang menyebabkannya? Misalnya, mungkin anak tersebut merasa bosan, lelah, atau tidak memahami materi yang diajarkan.
Tanggapan orang tua/guru: Bagaimana orang tua atau guru merespon perilaku anak tersebut? Apakah mereka bersikap sabar dan memahami, atau malah marah dan memaksa anak untuk belajar?
Saran:
Penting untuk memahami kebutuhan dan minat anak: Anak-anak usia dini memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Penting untuk memahami kebutuhan dan minat mereka, dan menyesuaikan metode pembelajaran agar lebih menarik dan menyenangkan.
Menciptakan lingkungan belajar yang positif: Lingkungan belajar yang positif dan mendukung sangat penting untuk memotivasi anak belajar. Hindari tekanan dan paksaan, dan fokus pada proses belajar yang menyenangkan dan interaktif.
Komunikasi yang terbuka: Komunikasi yang terbuka antara orang tua/guru dan anak sangat penting untuk memahami alasan di balik perilaku anak. Dengarkan anak dengan sabar dan empati, dan bantu mereka mengatasi kesulitan yang mereka hadapi.
Kesimpulan:
Video “anak mogok tidak mau belajar” bisa menjadi bahan refleksi yang bermanfaat untuk memahami proses belajar anak usia dini. Penting untuk memahami kebutuhan dan minat anak, menciptakan lingkungan belajar yang positif, dan berkomunikasi dengan terbuka untuk membantu mereka belajar dengan efektif.
Demikian tanggapan saya mengenai vidio “anak mogok tidak mau belajar” Saya ucapkan terimakasih.. Wassalamualaikim. Wr. Wb
Assalamu’alaikum. Saya Yury, NIM 835149196 dari UT UPBJJ Semarang ingin menanggapi video yang baru saja saya tonton.
Isi materi pada video dengan judul “Anak Mogok Tidak Mau Belajar” sangat relevan dengan kasus-kasus yang terjadi di TK tempat saya mengajar. Kasus yang paling sering terjadi di TK saya ketika seorang anak mogok belajar karena suasana hati yang sudah jelek sejak dari rumah dan juga kondisi kesehatan anak. Beberapa kali kasus anak didik saya mogok belajar karena dijanjikan sesuatu ketika di rumah, namun tidak ditepati oleh orang tua. Saat di TK suasana hati anak menjadi jelek, mereka jadi rewel, marah, nangis, berdiam dipojokan, mengganggu temannya. Setelah ditanya, ternyata mereka teringat janji janji yang tidak ditepati oleh orang tuanya. Jadi mereka mogok belajar sebagai bentuk penyaluran rasa kecewa dari rumah yang mana janji-janji dari orang tua tidak ditepati.
Kasus yang sering terjadi juga, anak mogok belajar karena kondisi kesehatan anak yang tidak baik tetapi orang tua memaksa bahkan memarahi anak agar tetap berangkat. Anak di kelas akhirnya hanya diam saja, menangis, lesu, tidak tertarik untuk bermain atau memperhatikan guru.
Dengan dua kasus yang sering terjadi di TK tempat saya mengajar, sebenarnya yang perlu diberi pemahaman adalah orang tua. Mereka harus paham bahwa apa yang terjadi di rumah bisa berdampak pada suasana hati dan perilaku anak di TK. Pada akhirnya kegiatan kelas orang tua menjadi salah satu jalan untuk memberi pencerahan kepada orang tua tentang kondisi anak-anak di TK.
Terima Kasih.
nama : hutri milnawati
nim : 859514779
mohon izin, saya sebagai pendidik pernah memiliki siswa seperti yang divideo dan saya juga sudah melakukan cara seperti divideo dan anaknya pun mau sekolah sekali dua kali kemudian tidak masuk sekolah terulang kembali hingga berminggu minggu. saya pernah membawakan tema binatang dan belajar dengan hewan konkret anak tersebut sangat antusias dan mau sekolah namun ketika berganti tema anak tersebut tidak mau sekolah lagi. saya sebagai pendidik kewalahan dengan hal ini karena saya harus fokus 1 anak hingga anak yang lainnya kurang diperhatikan. mungkin masalah yang divideo dapat menyelesaikan masalah namun tidak semua anak dapat diselesaikan dengan cara tersebut walaupun masalahnya sama.
Nama : ASWAR YANSYAH
NIM 877600474
Setelah saya mengamati video anak mogok tidak mau belajar, hal ini memang sering terjadi di sekolah-sekolah khususnya di sekolah yang saya. banyak sebab yang dapat memicu anak mogok tidak mau belajar, Tidak hanya karena takut, dipaksa untuk menyelesaikan tugas, bertengkar dengan temannya, sakit hati karena ucapan gurunya, Bosan namun ada hal lain yang perluh diperhatikan oleh guru diantaranya : Keadaan kesehatan anak, karena baru masuk sekolah, bisa juga karena terlambat datang sekolah. dalam hal ini sebagai guru tentu saja kita harus mampu untuk mengatasi permasalahan ini dengan cermat. salah satunya untuk memberikan kesempatan kepada anak untuk memilih ruang belajar, memberikan kesempatan bermain dengan kesepakatan waktu, serta pendampingan terhadapap anak Dan perluh di sadari oleh guru, cara belajar di PUAD/TK memang benar harus mengunakan dengan cara yang menyenangkan tidak memaksa anak untuk belajar namun guru harus bisa menempakan peranya sepagai pendidik yang mampu untuk memotivasi dan membangkitkan rasa ingin tau anak, serta mengali informasi tentang anak agar anak dapat mengikuti kegiatan belajar seperti anak yang lain.
Assalamu’alaikum… Wr… Wb…
Nama: Yulis Tsalatsih Fadilah
Nim : 859690101
Menurut saya dalam video gpo (guru pintar online) yang berjudul anak mogok tidak mau belajar dengan temannya sudah tepat kepada guru yang membujuk ,hanya anak belum bisa melerai pada emosinya. juga guru sudah melakukan home visit memberikan pilihan untuk anak yang mogok belajar agar anak mau masuk ke sekolah kembali dengan nyaman dan senang belajar dan bermain. dalam hal ini tantangan guru agar anak mau belajar bersama teman-temannya bisa dengan pembuatan video bersama teman-temannya kalau teman-teman sekelas rindu bermain dan belajar bersamanya.
sepertinya si kecil sedang mengalami masa sulit ya. Anak-anak di usia TK memang sedang dalam tahap eksplorasi dan belajar, jadi wajar jika mereka kadang-kadang menunjukkan perilaku yang tidak biasa.
Berikut beberapa hal untuk mengatasi situasi ini:
1. Pahami Alasannya:
– Coba ajukan pertanyaan terbuka:
“Kenapa kamu tidak mau belajar hari ini?” atau “Apa yang membuatmu sedih?”
-Perhatikan tanda-tanda:
Apakah ada perubahan di rumah atau di sekolah yang mungkin membuatnya stres? Apakah ada teman yang membuatnya tidak nyaman?
– Berikan waktu dan ruang:
Kadang-kadang anak-anak hanya butuh waktu untuk menenangkan diri. Biarkan dia bermain sebentar, lalu ajak dia bicara lagi.
2. Buat Belajar Lebih Menarik:
– Libatkan permainan:
Belajar tidak harus selalu serius. Gunakan permainan, lagu, atau cerita untuk mengajarkan materi pelajaran.
– Sesuaikan dengan minat:
Apa yang dia sukai? Apakah dia suka menggambar, menyanyi, atau bermain peran? Gunakan minatnya untuk membuat belajar lebih menyenangkan.
– Berikan pujian dan penghargaan: Berikan pujian atas usaha dan kemajuannya, meskipun kecil. Ini akan memotivasinya untuk terus belajar.
3. Libatkan Teman:
-Buat kegiatan bersama:
Ajak teman-temannya bermain bersama, seperti bermain peran, membangun menara, atau melukis.
– Dorong interaksi positif:
Ajak dia untuk berbagi mainan atau membantu temannya.
– Perhatikan interaksi:
Apakah ada teman yang membuatnya tidak nyaman? Jika ya, bicarakan dengan guru atau orang tua teman tersebut.
4. Bicaralah dengan Guru:
– Berikan informasi:
Beri tahu guru tentang perilaku anak dan apa yang sudah kamu coba lakukan.
– Cari solusi bersama:
Guru mungkin memiliki ide atau strategi lain untuk membantu anak.
5. Bersabar dan Konsisten:
– Jangan menyerah:
Teruslah mendorong dan mendukung anak.
– Tetap tenang:
Jangan marah atau frustasi.
– Berikan contoh:
Tunjukkan padanya bahwa kamu juga suka belajar dan bermain.
Ingat, setiap anak berbeda. Yang penting adalah kamu memahami kebutuhan anak dan memberikan dukungan yang tepat. Jika kamu merasa kesulitan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan profesional seperti psikolog anak.
Nama: Ni’matul Arsyidah
NIM: 858532008
Assalamu’alaikum wr wb.
Manfaat dari video yang saya amati adalah kita dapat mengetahui bagaimana cara mengatasi anak yang mogok tidak mau belajar yaitu dengan memotivasi anak, memahami bahwa dunia anak adalah dunia bermain, dan bagi anak, bermain adalah belajar. Sebelum itu, kita harus mengetahui terlebih dahulu alasan mengapa anak mogok tidak mau belajar. Ada beberapa alasan yaitu anak takut, anak dipaksa mengerjakan tugas, anak bertengkar, anak sakit hati dengan ucapan atau perbuatan guru. Solusinya yaitu dengan menggali informasi tentang anak melalui home visit. Selain itu, guru juga dapat bertanya kepada anak apakah anak ingin belajar di kelas dengan temannya atau ingin belajar di tempat lain. Kemudian memberikan batasan waktu untuk bermain. Dan jika anak bosan, guru dapat melakukan pengayaan walaupun cara anak berbeda.
Sekian dan terima kasih.
Wassalamu’alaikum wr wb.
Nama: Windari Gilang Hanggarini
NIM : 859679367
Video ini sangat bermanfaat karena anak mogok tidak mau belajar pasti pernah dialami oleh setiap guru.
Dari video, dapat disimpulkan guru perlu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dengan tidak mengutamakan aspek kecerdasan agar anak tidak cepat merasa bosan dan tidak merasa takut ketika sekolah.
Video ini juga menekankan pentingnya kolaborasi dengan orang tua dalam mendidik anak. Apabila ada permasalahan dengan anak, guru bisa melakukan home visit untuk berdiskusi dengan orang tua.
Pentingnya menawarkan solusi kepada anak, bukan guru yang memberikan solusi. Memastikan anak memilih solusi sendiri merupakan pendekatan paling efektif agar anak mau Kembali belajar karena merasa aman, nyaman dan dihargai.
Kekurangan video tersebut adalah tidak adanya pemberian apresiasi kepada anak yang mau Kembali belajar. Pemberian apresiasi ini sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan diri anak serta agar anak merasa dihargai dan disayangi.
Hal paling penting adalah guru perlu melakukan evaluasi diri dan evaluasi proses pembelajaran sehingga kedepannya tidak terjadi lagi anak yang mogok belajar.
Nama : Diyah Prahmana Heryani, SH.
NIM : 859811225
Assalammualaikum,wr.wb.
Video tersebut Membahas tentang “Anak Mogok tidak mau Belajar”
dalam video tersebut meneranggak tentang beberapa hal cara mengetahui penyebab Anak Mogok tidak mau Belajar dan juga kita rekan guru bisa mendapatkan beberapa solusi tentang penanganan anak mogok tidak mau belajar.
di Usia anak Paud selalu mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi sehingga terkadang banyak pertanyaan-pertanyaan yang sering mereka sampaikan kepada kita rekan guru di dalam kelas. dalam video tersebut menjelaskan ada beberapa faktor penyebab anak mogok belajar, antara lain sebagai berikut :
1. anak merasa takut
2. anak dipaksa mengerjakan tugas yang belum mampu ia kerjakan seperti teman-teman sebayanya yang sudah bisa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.
3. anak bertengkar dengan teman sekelasnya.
4. anak sakit hati terhadap ucapan dan perbuatan gurunya.
sebagai seorang guru kita harus mampu mengatasi permasalahan yang timbul pada anak yang mogok belajar. ada beberapa solusi yang di jelaskan dalam video tersebut untuk mengatasi penyebab anak mogok tidak mau belajar :
1. guru harus menggali keterangan mendalam dari anak ataupun orang tua dengan melakukan home visit, agar mengetahui penyebab anak mogok sekolah.
2. memberikan pilihan untuk anak memilih tempat belajar, seperti ruang kantor atau perpustakaan. mungkin dalam hal ini anak merasa jenuh atau bosan di dalam kelas.
3. membuat suasana kelas lebih menarik dengan memberikan pelajaran-pelajaran yang membangkitkan semangat anak-anak agar anak tidak merasa bosan.
demikianlah opini saya tentang video tersebut.
terima kasih.
Video ini memberi saya ilmu baru untuk mengatasi anak tang mogok tidak mau ikut kegiatan di kelas. Di kelas saya ada anak yang masih sulit untuk mengikuti kegiatan yang disediakan oleh guru. Anak tersebut hanya ingin bermain lari-larian, jadi saya memberi pengertian kepada anak tersebut boleh lari-larian tetapi setelah itu anak mengikuti kegiatan.
Nama : Hamriani
UPBJJ : Makassar
Video diatas menggambarkan permasalahan yang sering terjadi di TK, seringkali ada anak yang tidak mau ikut kegiatan belajar karena tidak berminat dengan kegiatan yang sedang berlangsung, perselisihan antar teman, atau anak yang belum mandiri sehingga selalu mencari ibunya. Terlihat guru membujuk dan berusaha menenangkan anak tersebut tapi anak itu masih belum mau ikut akhirnya guru memberikan ruang untuk anak, tidak memaksakan kehendak adalah cara yang baik agar anak tidak menjadi ketakutan.
Seorang guru pun akhirnya melakukan kunjungan ke rumah orangtua anak tersebut untuk mencari tahu apa yang terjadi pada anak itu. Guru menggali informasi seputar anak dan mengetahui penyebab terjadinya mogok belajar pada anak tersebut.