silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,934 Comments

  1. Assalamualaikum
    Nama: Afnan
    Nim: 858969345
    Tutor: Riana Diah Sitharesmi

    Video tersebut membahas tentang alasan anak mogok sekolah dan solusi untuk mengatasinya. Beberapa alasan anak mogok sekolah antara lain:

    – Masalah kesehatan yang membuat anak tidak ingin pergi ke sekolah
    – Perasaan takut akibat bullying atau perlakuan tidak menyenangkan

  2. Nama: Anah
    Nim. :857275925
    Upbjj:serang
    video ini sangat membantu memperlihatkan cara guru menangani anak yang menunjukkan perilaku mogok belajar dengan pendekatan yang lembut dan empatik. Guru tidak memarahi anak, tapi memberikan pelukan, mengajak bicara, dan mengajarkan anak menyampaikan emosi lewat kata-kata, bukan tindakan fisik. Ini adalah contoh baik dari pengembangan kemampuan bahasa ekspresif dan sosial emosional anak usia dini.

  3. Assalamualaikum…
    Mencoba menanggapi vidio diatas.
    Mogok belajar berarti penolakan atau ketidakmauan untuk mengikuti atau terlibat dalam kegiatan lingkungan belajar.
    Beberapa kemungkinan penyebabnya adalah :
    1. Anak tertekan
    2. Kurang minat atau motivasi
    3. Masalah pembelajaran
    4. Masalah sosial emosional
    5. Ketidaknyamanan di lingkungan sekolah
    6. Kebutuhan yang tidak terpenuhi

    Kemungkinan solusi :

    1. Mengidentifikasi masalah
    2. Komunikasi yang efektif
    3. Menciptakan lingkungan belajar yang positif
    4. Dukungan emosional

    Kesimpulan :
    Dengan melihat vidio tersebut yang berjudul ” Anak Mogok Tidak Mau Belajar ” Mengangkat hal yang penti g dalam dunia pendidikan AUD dan perkembangan psikologis mereka.
    Vidio dengan judul ini kemungkinan akan berusaha untuk mengupas tuntas penyebab masalah ini dan menawarkan solusi yang konstruktif bagi guru, orang tua dan anak itu sendiri.

    Terima kasih.

  4. Assalamu’alaikum
    Nama : Baidar
    Nim. : 877797273
    Dalam vidio pembelajaran diatas dijelaskan tentang masalah anak mogok dalam belajar.
    Ada anak yang menyendiri tidak mau untuk belajar dan tidak mau bergabung dengan teman-temannya, semua itu ada penyebabnya misal anak bosan, mungkin pembelajaran sulit atau susah bagi anak, atau ada yang isengin. Jika guru sudah tahu penyebabnya guru bisa mencari solusi bagaimana caranya agar anak mau belajar lagi. Disinilah peran guru sebagai pembimbing anak didik.
    Terima kasih 🙏🙏
    Waalaikumussalam.

  5. Izin menanggapi vidio diatas.
    Setelah melihat vidio secara menyeluruh dengan judul ” Anak Mogok Tidak Mau Belajar ” Judul ini mengangkat masalah yang begitu penting dalam dunia pendidikan anak dan perkembangan psikologis mereka.
    Vidio dengan judul ini, kemungkinan akan berusaha untuk mengulas tuntas tentang pengembangan masalah ini dan menawarkan solusi yang konstruktif bagi guru, orang tua dan anak itu sendiri.

    Terima kasih

  6. NAMA : Diana Rosidah
    NIM : 878201406

    Setelah menonton video “Anak Mogok Tidak Mau Belajar” memberikan pemahaman baru bagi saya dalam menghadapi situasi serupa di lingkungan sekolah. Pendekatan guru yang ditampilkan dalam video, yaitu dengan menggali penyebab, membangun komunikasi yang baik dengan anak dan orang tua, serta memberikan pilihan yang sesuai dengan kenyamanan anak, saya sangat setuju.

    Strategi tersebut bukan hanya menunjukkan kepedulian terhadap kondisi emosional anak, tetapi juga menjadi langkah yang baik dalam menciptakan pembelajaran yang berpusat pada anak. Video ini membuka wawasan saya bahwa tidak semua masalah belajar harus diselesaikan dengan pendekatan instruksional yang kaku, namun bisa dihadapi dengan empati dan fleksibilitas.

    Hal ini tentu menjadi bekal penting bagi saya sebagai pendidik PAUD untuk lebih peka dan bijak dalam menghadapi anak-anak yang mengalami hambatan dalam proses belajar.

  7. Frastica Naura Rachma
    NIM: 859664722

    Alhamdulillah dengan melihat video diatas kita bisa lebih mengerti apa maksud anak-anak saat mogok belajar dalam ruang kelas, Karena biasanya ada anak yang kalau ditanya itu hanya diam saja….
    Pada video di atas terdapat sebuah solusi bagaimana cara anak agar tidak mogok belajar dan semoga kita semua bisa juga menerapkan cara tersebut di sekolah masing-masing ☺️

  8. Haiyana
    856834643

    Video ini menampilkan situasi nyata dalam proses pembelajaran di tingkat PAUD, di mana seorang anak tampak enggan untuk mengikuti kegiatan belajar. Reaksi anak yang menolak untuk belajar merupakan hal yang wajar terjadi di usia dini, dan video ini menjadi gambaran penting tentang bagaimana guru merespons tantangan tersebut. Dalam rekaman ini, terlihat bahwa guru mencoba mendekati anak dengan pendekatan yang sabar dan penuh pengertian. Meski anak menunjukkan penolakan secara emosional, guru tetap menjaga suasana yang hangat dan tidak memaksa secara berlebihan. Ini mencerminkan prinsip dasar pembelajaran anak usia dini yang menekankan pada pendekatan humanis, pemahaman terhadap emosi anak, serta upaya menciptakan kenyamanan psikologis. Refleksi penting yang bisa diambil dari video ini adalah pentingnya kesiapan emosional anak dalam proses belajar, serta peran guru dalam membangun kedekatan dan rasa aman. Guru dituntut untuk peka terhadap kondisi setiap anak, menggunakan berbagai strategi pendekatan yang fleksibel—baik secara verbal maupun non-verbal. Kesabaran, empati, dan kreativitas dalam menghadapi dinamika kelas menjadi kunci utama keberhasilan pembelajaran di jenjang PAUD. Situasi dalam video ini juga membuka ruang untuk diskusi lebih lanjut mengenai strategi yang dapat diterapkan ketika anak menunjukkan resistensi, termasuk melibatkan permainan, memberikan pilihan kegiatan, atau menciptakan aktivitas yang lebih sesuai dengan minat anak.

  9. dari video tersebut kita dapat mengetahui beberapa penyebab anaka mogok belajar dan cara mengatasi nya.karena adakala nya anak tidak mau bercerita secara langsung.video ini mengajarkan kita sebagai seorang guru pentingny pendekatan pada siswa.

  10. Ade tafri ulfah
    859939851
    Setelah menonton video “Anak Mogok Tidak Mau Belajar” pada Guru Pintar Online Universitas Terbuka, tanggapan yang dapat diambil adalah pentingnya memahami penyebab anak mogok belajar secara mendalam sebelum mengambil tindakan. Anak yang mogok belajar biasanya memiliki alasan yang beragam, seperti masalah kesehatan, tekanan sosial (misalnya bullying), kesulitan akademik, atau masalah emosional.

    Pendekatan yang disarankan adalah:

    Mencari tahu penyebab secara spesifik dengan cara berbicara dari hati ke hati dan menunjukkan empati agar anak merasa didengar dan didukung tanpa tekanan.

    Memberikan dukungan emosional dan menciptakan suasana belajar yang nyaman, baik di rumah maupun di sekolah, agar anak merasa aman dan termotivasi kembali.

    Melibatkan guru, orang tua, dan bila perlu ahli seperti psikolog untuk membantu mengatasi masalah yang dialami anak.

    Menggunakan metode pembelajaran yang variatif dan menyenangkan agar anak tidak merasa bosan atau tertekan.

    Secara keseluruhan, video tersebut mengingatkan bahwa mengatasi anak mogok belajar memerlukan kesabaran, komunikasi yang baik, dan kolaborasi antara guru dan orang tua agar anak dapat kembali semangat belajar dan berkembang secara optimal. Pendekatan yang humanis dan penuh pengertian lebih efektif dibandingkan memaksa atau memberikan tekanan

Leave a Reply