silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
Nama Nurkhayati 858305665
Setelah saya memyaksikan vidio pembelajaran tentang Anak mogok belajar.
Berdasarkan vidio tersebut dapatlah saya tarik kesimpulan bahwa kegiatan pembelajaran sudah baik untuk guru sudah merespon,mendekati,dan memotivasi terhadapt sikap anak yang sedang mogok belajar.guru juga sudah menjalin interaksi terhadap orang tua siswa dengan baik.
Terimakasih
Nama ; Sri Laila isniwati
Nim : 85917125
Prodi : PGPAUD
Dalam Vidio terlihat bahwa ada anak yang tidak mau gabung dengan temannya,ia tidak mau belajar bersama temannya. Melihat hal tersebut langkah yang di lakukan guru tersebut sangat tepat yaitu dengan melakukan pendekatan kepada anak. Guru tersebut menaruh perhatian terhadap lebih. Ia berusaha memangkunya walaupun anak tersebut menolak. Namun guru tetap berusah agar anak tersebut mau. Hingga akhirnya anak tersebut sedikit demi sedikit mau mengikuti kegiatan belajar yaitu dengan menggambar apa yang ia sukai.
Adapun tambahan yang di lakukan guru dalam mengatasi hal tersebut e
1. Melakukan pendekatan kepada anak
2. Membicarakan masalah yang di hadapi anak dengan orang tua maupun pihak sekolah
3. Memberikan aktivitas bermanfaat
Nama : Rafika Rusdiana
NIM : 858733261
Prodi : PG PAUD S1
Dalam video diatas menurut saya sudah cukup benar. Kondisi anak memang berbeda-beda terutama dalam hal motivasi belajar. Beberapa faktor dapat mempengarungi motivasi belajar seperti lingkungan atau metode guru dalam mengajar yang bisa saja membuat anak kurang nyaman dan membuat mereka mogok belajar atau kekurangan motivasi dalam belajar. Sehingga bpendekatan dengan multi metode sangat perlu dikuasai oleh guru untuk menghadapi situasi semacam ini. Guru dapat menggunakan peraga atau media yang dapat menarik perhatian anak sehingga mereka mau belajar. Guru juga secara aktif mengkomunikasikan hal terkait materi pembelajaran kepada anak serta menguatkan konsep tentang materi tersebut. Selain itu guru juga dapat memberikan reward atau sekedar penghargaan kecil kepada anak yang sudah mau belajar.
Nama : Indana Alfiatul Izzah
NIM : 858571697
Pokjar : Kedungkandang, Malang
di lihat dari video tersebut, ada anak yang tidak mau bergabung dengan teman teman nya.
menurut saya, jika ada hal tersebut anak sebelum belajar di tanya terlebih dahulu mengapa tidak mau bergabung ?. kemudian anak juga bisa di ajak pemanasan atau bermain terlebih dahulu dengan guru. agar perlahan anak mau untuk bergabung dengan temanteman yang lain
Nama Mahasiswa : Mutiara febrianty
NIM : 859397383
Judul Video : Anak Mogok Tidak Mau Belajar
Kelemahan Pembelajaran dalam video : Kelemahan pembelajaran dalam video dapat terlihat ada anak yang tidak ingin bergabung duduk bersama temannya pada baiknya sebelum Kegiatan inti anak terlebih ditanya dulu kabarnya atau dengan memuji anak tetap semangat ke sekolah hari ini terlihat satu gurunya hanya memperhatikan anak yang lain tanpa menegurnya Walaupun ada guru yang mendekati anak tersebut baiknya guru tersebut memberikan empati kepada anak
Kelebihan Pembelajaran dalam video :
Kelebihan pembelajaran dalam video tersebut ada anak lain tidak mengejek anak yang tidak ingin belajar atau bergabung bersama
Hal Yang unik yang terdapat dalam video :
Hal unik dalam video saya melihat dua guru dalam satu kelas pada saat anak yang tidak ingin belajar guru tersebut membujuk dan memberikan pengertian kepada anak dan guru yang lainnya fokus dengan anak yang lain agar suasana kelas dapat terarah
Nama : Anastasia Mayla C. Y.
NIM : 857083226
Prodi : S1 – PGPAUD
Dari video “anak mogok tidak mau belajar”, menurut tanggapan saya tindakan yang dilakukan oleh guru ketika anak mulai tidak mau belajar sudah baik, salah satunya dengan menanyakan kepada orang tua penyebab anak menjadi mogok belajar karena lingkungan awal anak belajar adalah lingkungan rumah. Guru juga harus membuat kegiatan yang lebih kreatif lagi dengan menggunakan media atau alat peraga agar anak tidak mudah merasa bosan dalam pembelajaran karena pada dasarnya di usia tersebut anak masih lebih memilih bermain daripada belajar serta mencoba memperkenalkan kepada anak bahwa belajar bersama akan terasa lebih menyenangkan daripada belajar sendiri di ruangan terpisah.
Nama : Lutfi Yoanna Oenu
NIM : 857844203
Prodi : S1 PG PAUD
Video : Anak Mogok tidak Mau Belajar
Dari cerita video di atas, anak yang mogok tidak mau belajar mungkin terjadi hampir di semua sekolah. Bagaimana kemudian guru membantu siswa tersebut untuk kembali mau belajar disekolah?
Guru perlu mengetahui penyebab mogoknya anak tersebut. Ada kemungkinan permasalahan muncul dari lingkungan sekitar anak, bisa dari kondisi di rumah atau di sekolah. Komunikasi perlu dibangun dengan orang tua jika memang penyebabnya dari rumah, misal anak masih kurang tidur sehingga harus dipaksa bangun pagi, segera mandi, dan pergi ke sekolah. Dengan demikian, guru dan orang tua dapat mencari solusi dengan memastikan jam tidur anak tersebut cukup, tidak tidur larut malam.
Kemungkinan lain penyebab mogoknya adalah faktor dari sekolah, misal anak kurang mampu ketika melakukan aktivitas tertentu, atau bisa juga ada perlakuan teman yang tidak berkenan bagi anak tersebut. Komunikasi guru dengan anak tersebut harus dibangun, kepercayaan anak terhadap guru juga harus muncul sehingga anak mampu menyampaikan penyebab dirinya tidak mau sekolah. Perlu kiat khusus untuk membuat anak kembali mau bersekolah. Kepercayaan anak kepada guru perlu dibangun kembali. Jika memang anak minder dengan kemampuannya sehingga dia tidak mau bersekolah. Guru perlu memberikan pendampingan khusus sehingga kepercayaan dirinya bisa muncul.
Pada dasarnya, guru perlu segera menemukan akar permasalahan dan menemukan solusi sehingga kondisi ini tidak berlangsung lama.
Menurut saya Vidio yang saya lihat pada Anak Yang Mogok Tidak Mau Belajar Bersama Teman tersebut,Guru sudah menggambarkan bagaimana cara untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan cara memberi pemahaman terhadap orang tua,dan berusaha mengajak anak untuk mau belajar bersama temannya , namun di Vidio tersebut masih ada kekurangan seperti guru tidak memberikan sapaan ketika masuk kelas atau sebelum kegiatan .
Nama : Nur Nuzulur Rochma
NIM : 858170013
Prodi : S1 PGPAUD BI
Saya akan menanggapi video yang berjudul “anak mogok tidak mau belajar”
Menurut video yang telah saya lihat berjudul “anak mogok tidak mau belajar” , video tersebut berisi pengetahuan yang sangat bagus sekali untuk guru-guru yang baru mengajar dan sudah lama mengajar di sebuah lembaga pendidikan terutama PAUD.
Saran atau solusi agar anak tidak jenuh dan bosan salah satunya adalah sebelum melakukan kegiatan pembelajaran, sebaiknya guru melakukan ice breaking terlebih dahulu seperti bernyanyi, bertepuk tangan, dan menanyakan kabar anak agar dapat memicu semangat belajar anak.
Tidak memaksa anak harus mengerjakan tugas yang belum bisa dikerjakan oleh anak.
memberikan motivasi atau semangat kepada anak supaya mau belajar.
serta melakukan kegiatan belajar yang menyenangkan melalui bermain.
terimakasih
Nama : Nur Sri Rezeki
Nim : 859879906
Prodi : PGPAUD
Video: Anak mogok tidak mau belajar
Alhamdulillah, dari video tersebut bertambah lagi ilmu yg didapat dalam menangani anak-anak yang mogok tidak mau belajar.
solusi agar anak mau belajar, dengan cara mengganti suasa tempat,,, dengan cara metode bermain agar anak tidak mudah bosan, membuat untuk menyenangkan hati, karna klo hatinya senang,anak-anak akan mendengarkan ibu guru.