silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
Nama : Sonia Irma Pahera
Nim : 858014421
UPKBJJ YOGYAKARTA
Izin untuk menanggapi vidio yang berjudul ” Anak Mogok Tidak Mau Belajar”
Menurut pendapat saya guru disini kaya maksudnya guru memiliki empati dan perhatian kepada anak anak dikelas terutama anak yang jadi pelaku dan korban di kelas. Guru berempati kepada anak yang dipukul dan memeluknya, ini termasuk pendekatan yang hangat. Guru tidak marah terhadap anak yang memukul. Tapi divio diatas kurang jelas percakapan antara anak dan orangtua, maksud dari vidio dibagian itu seharusnya suara dari orangtua, anak dan guru diaktifkan sehingga maksud dan tujuannya tersampaikan.
Dari video tersebut kita bisa belajar bagaimana cara mengatasi anak yang mogok belajar, diantaranya dengan mencari alasan atau penyebab anak tersebut tidak mau belajar.
guru bisa menggali keterangan mendalam tentng penyebabnya dengan mengajukan pertanyaan terbuka, jika sudah menemukan penyebabnya, guru bisa mulai mencari solusi yang tepat agar tujuan pembelajaran yang ingin dicapai juga bisa diterapkan pada anak tersebut meskipun menggunakan cra yang berbeda dengan teman lainnya, misalnya jika anak merasa takut atau bosan, guru bisa memberikan pilihan apakah akan belajar dengan teman atau belajar di perpustakaan, guru bisa mencari alternatif model pembelajaran yang membuat anak tersebut tertarik untuk belajar.
Assalamu’alaikum
Nama saya Priska Triana Putri (856306916)
Didalam video di atas terdapat beberapa informasi mengenai cara menghadapi sikap anak saat mogok tidak mau belajar, saya selalu menjumpai anak didik yang mogok tidak mau belajar lalu saya ubah metode belajar dengan belajar sambil bermain atau belajar di luar ruangan. Terimakasih atas informasi mengenai beberapa cara menghadapi anak mogok tidak mau belajar.
Saya sangat setuju bahwa seorang guru harus mampu menciptakan lingkungan yang aman dan menyenangkan bagi anak, karena anak usia dini masih sangat suka bermain. guru harus secara kreatif merancang pembelajaran yang menyenangkan sehingga anak tidak mudah bosan. Apabila guru menemui anak yang enggan untuk belajar, maka guru harus mengidentifikasi penyebab mengapa anak enggan untuk belajar karena berbeda penyebab maka berbeda pula penanganannya. guru harus mampu melakukan pendekatan ke anak untuk mencari tau penyebab anak enggan untuk belajar. Terima kasih atas videonya, sangat bermanfaat dan menambah wawasan saya mengenai penanganan apabila menemui anak yang enggan untuk beljaar/bersekolah.
Menurut saya, video” tsb sangat membantu kami para guru untuk mengembangkan proses pembelajaran kami. Berikut beberapa. Berikut sedikit ulasan yang dapat saya sampaikan.
Disini saya menyimpulkan bahwa pendidikan level usia dini memang harus di lakukan dengan cara yang menyenangkan. Jadi guru perlu memberi ruang bagi anak untuk memenuhi fitrahnya yaitu bermain sambil belajar.
Sebagi guru kita perlu mengetahui penyebab anak tidak mau sekolah. Kita bisa membbujuk dan melakukan evaluasi bersama orang tua.
Assalamu’alaikum saya Larasati Nugroho dengan NIM 857246085, Izin menanggapi diskusi.
Menurut saya, video” tsb sangat membantu kami para guru untuk mengembangkan proses pembelajaran kami. Berikut beberapa. Berikut sedikit ulasan yang dapat saya sampaikan.
Disini saya menyimpulkan bahwa pendidikan level usia dini memang harus di lakukan dengan cara yang menyenangkan. Jadi guru perlu memberi ruang bagi anak untuk memenuhi fitrahnya yaitu bermain sambil belajar.
Sebagi guru kita perlu mengetahui penyebab anak tidak mau sekolah. Kita bisa membbujuk dan melakukan evaluasi bersama orang tua.
NAMA : DIAN SAFITRI
NIM : 859816002
POKJAR :RATE – RATE
Setelah saya melihat video anak yang mogok tidak mau belajar , tanggapan saya adalah video ini sangat membantu kami seorang guru jika ada anak yang mogok tidak mau belajar sebaiknya tidak hanya menanyakan kepada anak yang bersangkutan saja “mengapa ia tidak ingin sekolah”, tetapi kita juga sebagai guru harus melibatkan orang tua anak untuk menanyakan ” mengapa anaknya tidak ingin bersekolah” kemudian baru menanyakan kepada anaknya ia ingin belajar dengan cara seperti apa untuk membuatnya nyaman dan ingin bersekolah lagi .
Nama : AYU RIZKYANA HIDAYANTI
NIM : 860137967
UPBJJ : SURABAYA
Paparan Video (Anak Mogok Tidak Mau Belajar) sangat membantu kami, sebaga pendidik di lembaga PAUD. Agar siap menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar.
Antara lain
– Apa yang harus dilakukan guru jika mengetahui anak didiknya mengalami masalah (dengan temannya ketika di sekolah)
– Menghampiri anak yang sedang bermasalah, misal dengan memberikan perhatian (dengan memeluk), bertanya dengan lembut dan bersahabat. Agar si
anak yang bermasalah menceritakan apa yang sedang dialami, sehingga guru tahu dan dapat membantu mengatasinya, temanya juga tahu, apa yang
terjadi.
– Guru bisa menanamkan pembiasaan pada anak peduli dan kasih sayang pada temannya, sehingga bisa memperkecil masalah-masalah yang terjadi dengan
anak-anak selama di kelas atau di rumah
Nama : Sri Utami
NIM : 878197109
Video 2 : Anak Mogok Tidak Mau Belajar
Kondisi seperti video diatas sering terjadi di lembaga Paud. Sebagai Guru sebelum mengambil tindakan lebih lanjut sebaiknya memang adalah mengetahui akar permasalahannya terlebih dahulu, kenapa anak tidak mau sekolah. Kita bisa melalukan observasi /wawancara ke anak secara langsung atau bisa juga melibatkan orang tua. Di PAUD tentunya kita harus menerapkan prinsip Belajar Seraya Bermain, Bermain seraya belajar, supaya anak senang belajar.
bagus sekali penanggannya ..