silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,934 Comments

  1. Nama : Hikma Laila Hasanah
    NIM : 877664438

    dalam vidio dapat dilihat bagaimana cara guru menghadapi anak anak yang tidak mau belajar dengan secara perlahan tetap mengajak mereka dengan lembut dengan penuh kesabaran. dan bisa dilihat juga anak yg tdk mau belajar dipisahkan dulu dari teman temannnya di tanyakan penyebabnya sampai anak tersebut merasa aman kembali dan mau untuk belajar bersama temannya kembali

  2. Nama : Yeni Wahyu Prasasti
    NIM : 857876224

    Dari video tersebut sangat membantu bagi saya yang mempunyai anak didik sering tidak mau belajar dengan temannya.
    Dari video tersebut mulai dari bahasa penjelasannya sudah dapat dimengerti.

  3. Nama : Rantinem
    NIM : 860060639

    Dari video di atas kita melihat bagaimana seorang guru mengatasi anak yang mogok belajar. Dalam video ini menjelaskan teknik mengatasi anak yang mogok belajar. Ada beberapa teknik yang bisa dilakukan oleh guru adalah guru harus mengetahui penyebab mengapa anak mogok belajar, setelah mengetahui penyebabnya, guru melakukan kunjungan ke rumah anak dan mencari tahu penyebabnya melalui orang tua dan anak dengan pertanyaan, jika anak masih mogok belajar, ajak anak untuk belajar di ruang kepala sekolah atau perpustakaan, atau ajak anak untuk membuat kesepakatan untuk belajar bermain di luar ruangan.
    Melalui video ini saya dapat belajar teknik menghadapi dan mengatasi anak yang mogok belajar, video ini sangat bermanfaat bagi saya karena memberikan inspirasi, pengetahuan, wawasan dan pemahaman tentang cara menghadapi dan mengatasi anak yang mogok belajar.
    Terima kasih.

  4. dari vidio tersebut dapat di ambil hikmahnya bahwa solusi untuk anak yg mogok belajar yaitu memberikan motifasi pada anak, melakukan pendekatan pada orang tua dengan cara home fisit , guru melakukan pengamanan atau pengayaan terhadap anak. terima kasih ats ilmunya dan ilmu ini akan saya terapkan pada sekolah saya

  5. Nama : Nila Sahura
    NIM : 877803979
    Video ini memberikan contoh yang sangat baik tentang bagaimana seorang guru taman kanak-kanak menangani situasi konflik antar anak dengan pendekatan yang penuh empati dan efektif yaitu, guru memberikan pendekatan tenang dan tegas dengan segera menghampiri anak yang memukul dan menangis, serta meminta anak untuk berhenti dengan cara yang tegas namun tetap lembut. Ini penting untuk mengendalikan situasi agar tidak semakin memburuk, memberikan dukungan emosional disaat anak belum tenang guru memeluk anak dan berbicara dengan suara lembut dan bersahabat. Pendekatan ini membantu anak merasa aman dan didengar, sehingga emosinya mulai mereda, Guru mengajarkan anak agar menyampaikan perasaan dan ketidaksetujuannya dengan kata-kata, bukan dengan tindakan fisik atau menangis. Ini merupakan pembelajaran penting dalam pengembangan kemampuan komunikasi dan pengendalian emosi anak, guru berusaha mendamaikan anak dengan temannya dan mengajarkan cara menyelesaikan masalah secara damai, Ini membantu anak belajar empati, pengertian, dan keterampilan sosial yang sangat penting untuk perkembangan mereka, Guru mengajarkan anak agar melapor jika merasa terganggu atau kesal, sehingga masalah dapat segera ditangani dan anak merasa didukung.

    Tindakan guru dalam video ini sangat sesuai dengan prinsip pembelajaran anak usia dini yang menekankan pendekatan positif, pengelolaan emosi, dan pengembangan keterampilan sosial. Guru tidak hanya mengatasi masalah perilaku, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai penting yang akan membantu anak tumbuh menjadi individu yang mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan baik.

  6. Nama: Fitnati Intan Wardani
    Mahasiswa UT Palembang
    Menurut saya, mogok belajar bisa juga disebabkan oleh emosi anak yang belum stabil akibat konflik sosial, seperti perasaan tidak nyaman dengan teman, atau tidak mampu mengungkapkan perasaannya. Dalam hal ini, pendekatan guru dalam video tetap relevan dan sangat bermanfaat, terutama dalam membangun hubungan emosional yang aman antara anak dan guru.

  7. Video ini sangat membantu pendidik yang setiap waktu menghadapi anak-anak yang terkadang juga enggan belajar bersama temannya. Pendekatan yang diberikan dalam video ini seperti homevisit, memberikan pilihan belajar yang fleksible dalam mengidentifikasi penyebab seperti rasa takut atau bosan sangat menunjukan rasa empatik seorang pendidik dan menghargai ritme belajar setiap anak.
    Terutama poin bahwa kegiatan pengayaan bisa disesuaikan dengan minat anak, ini sangat mencerminkan prinsip pembelajaran yang berpusat pada anak (child-centered learning).

    Secara keseluruhan video ini bisa menjadi bahan refleksi yang sangat baik bagi pendidik AUD untuk lebih peka terhadap kondisi emosional anak dan tidak memaksakan standar yang sama untuk semua. Terimakasih

  8. ASSALAMU’ALAIKUM WAROHMATULLAHI WABAROKATU
    IZIN MENJAWAB DISKUSI 2
    NAMA: RIZKI AGUSTIYA
    NIM: 877683603

    Vidio ini membantu pendidik untuk menghadapi anak yang mogok dalam belajar dengan berbegai metode seperti menawarkan untuk belajar bersama teman teman di kelas atau di ruang lainnya, memberikan anak kesempatan untuk bermain dengan kesepakatan waktu, kunjungan kerumah serta kerjasama dengan oraang tua.

  9. Nama : Nur Anisah Arisis Salam
    Menqnggapi tentang vidio ayas.. sangalah beramanfaat sekali bgai kami khususnya para guru yang sering mengalam banyak kejadian yang tak terduga di sekolah.
    Dan dari vidio diayas juga kami akhirnya mendapat banyak wawasan langkah apa saja yang sebaiknya kami lakukan tanpa saling menyakiti pihak mana pun.

Leave a Reply