silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,934 Comments

  1. Nama: Aurora Z F Novandra
    Dalam video Anak Mogok / Tidak Mau Belajar, saya belajar bahwa anak perlu dipahami dulu emosinya, bukan langsung dipaksa. Guru perlu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan tidak menekan.

  2. Nama : Nila Rahmawati M. Saleh
    Nim : 856106692
    Seorang guru memiliki tugas untuk mengembangkan rasa untuk kecerdasan intelektual, kemampuan mengelola emosi serta kemampuan hubungan sosial dan etika.
    Perlu di pahami oleh para pendidik anak usai dini, bahwa tugas utama mereka adalah menghidupakn obor belajar anak-anak. Kesalah nyang banyak di lakukan oleh pendidik anak usia dini adalah dengan lebih menekankan pada aslek kecerdasan dan melupakan bahwa sesungguhnya pemebelajaran pada level anak usia dini harus di lakukan dengan cara menyenangkan hal ini sesuai dengan asal sekolah kata homescooling yang adalah menyenangkan.
    Salah satu tugas guru adalah membentuk anak dan membangkitkan rasa ingin tauh anak.

  3. Nama : Aulia Agistianik Dianika
    Nim : 877703848

    Para guru memiliki tugas untuk mengembangkan kecerdasan intelektual dan jiwa kreativitas anak. Kemampuan dasar ini bisa didapatkan dari kebiasaan belajar dengan mengeksplorasi berbagai macam hal yang menarik di matanya. Ketika berhadapan dengan anak yang menolak untuk diajak belajar, anak pasti memiliki rasa takut atau keterpaksaan dalam belajar. Tanya secara halus apa penyebab anak tidak mau ikut belajar dan bergabung dengan temannya. Kemudian ajak anak untuk kembali belajar bersama. Jika anak tetap tidak mau, beri kesempatan pada anak untuk bermain sesuai keinginannya dengan syarat ada batasan waktu. Setelah anak puas bermain sendiri ajak anak untuk kembali belajar dan bergabung dengan temannya.

  4. Nama: Luminta Intan
    NIM :859940167
    Pada video tersebut dapat dilihat bagaimana peranan guru sangatlah penting pada tumbuh kembang anak saat di sekolah。Guru diharapkan mampu untuk melihat perubahan yang terjadi pada anak didiknya。Selain itu peran orangtua juga sangatlah penting untuk mendukung tumbuh kembang anak,kerjasama yang baik antar orangtua dan guru dapat menciptakan siswa lebih baik。Sehingga,penting bagi seorang guru untuk memiliki kedekatan kepada peserta didik,agar peserta didik merasa aman dan nyaman saat berada di sekolah。

  5. Nama: Apriyati sari
    UPBJJ-UT Yogyakarta

    Video ini sangat bermanfaat. Guru menunjukkan pendekatan yang sabar dan empatik dalam menangani anak yang sedang marah dan tidak mau belajar. Saya belajar pentingnya mendengarkan perasaan anak dan membantu mereka mengekspresikan emosi dengan kata-kata, bukan tindakan.

  6. Nama:Siti Rahmayati
    Nim:877792281
    UPBJJ UT Bandar Lampung
    Video ini sangat menginspirasi

  7. nama : ASPAIRA
    UPBJJ : UT MAJENE
    dari video ini saya mengerti bahwa peran guru dalam membangun dan mengenali karakter anak didik sangat penting karena dari mengenali guru akan lebih mudah mengambil langkah yang tepat dalam penanganan kasus ini, videonya sangat membantu untuk saya sebagai guru muda yang baru terjun di dunia pendidikan sekaligus sebagai mahasiswa, terima kasih.

  8. Nama : Desty Sagitarani
    NIM : 877682181

    Menurut saya, Jika anak mogok belajar atau tidak mau mengikuti kegiatan. kita sebagai pendidik / calon pendidik bisa menanyakan langsung kepada anak alasan ia tidak mau belajar atau mengikuti kegiatan. Dengan cara yang lembut dan pertanyaan yang sederhana agar emosi anak tidak makin meningkat. Dengan begitu anak akan memberikan jawaban yang ia rasakan.

  9. NAMA : Fitri Nurkhaeni
    NIM :857643382

    terima kasih untuk guru pintar,masyaa Allah video ini sangat bermanfaat sekali karena sring kita jumpai anak-anak yang seperti itu.dan dari video ini kita jadi tahu bagaimana cara penanganannya sesuai dengan kondisi yang ada.

  10. nama : lailatul nikmah
    upbjj-ut surabaya
    vidio ini sangat bermanfaat, karena kita bisa tahu bagaimana caranya menghadapi anak-anak ketika sedang mogok atau tidak mau belajar dengan sabar, tulen atau telaten, dan tanpa marah-marah atau mengekspresikan raut wajah marah kepada anak. selain itu, peran orang tua juga penting dalam setiap proses pembelajaran anak.

Leave a Reply