silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
Nama:Nur Laila Fitriani
Nim:858316231
Menurut saya,video ini sangat bagus sebagai guru,ketika ada anak yang tidak ingin belajar hendaknya kita mendekati siswa dengan sabar dan empati, sambil mencari tahu penyebabnya. Langkah-langkah yang bisa dilakukan meliputi: mendengarkan keluhan siswa, memberikan dukungan emosional, membantu siswa merasa nyaman di sekolah, dan bekerja sama dengan orang tua untuk menemukan solusi yang tepat.
Dengan pendekatan yang sabar, empati guru bisa membantu siswa yang mogok belajar untuk kembali bersemangat dan meraih potensi mereka.
Terimakasih
Nama: Siti Nurmala
NIM:860034619
ProdiI:PGPAUD
anak yang mogok tidak mau belajar memberikan gambaran yang cukup jelas mengenai penyebab dan dampak dari kondisi tersebut. Penjelasan yang disampaikan mudah dipahami dan relevan dengan situasi yang sering dihadapi di lingkungan PAUD.
Solusi yang diberikan juga cukup praktis, seperti memberikan dorongan positif, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, serta membangun komunikasi yang baik antara guru dan anak. Hal ini sangat membantu guru dalam menangani masalah tersebut secara efektif.
Pendapat tentang Manfaat Video bagi Guru PAUD
Sebagai guru PAUD, saya merasa video ini sangat bermanfaat karena:
• Membantu saya memahami alasan anak mogok belajar, sehingga saya dapat lebih empati dan sabar dalam menghadapi anak.
• Memberikan solusi yang bisa langsung saya terapkan di kelas untuk mengatasi mogok belajar dengan cara yang positif.
• Menjadi bahan refleksi bagi saya untuk terus mengembangkan metode pembelajaran yang menyenangkan dan mendukung perkembangan emosional anak.
Nama:Siti Nurmala
NIM:860034619
Prodi:PGPAUD
anak yang mogok tidak mau belajar memberikan gambaran yang cukup jelas mengenai penyebab dan dampak dari kondisi tersebut. Penjelasan yang disampaikan mudah dipahami dan relevan dengan situasi yang sering dihadapi di lingkungan PAUD.
Solusi yang diberikan juga cukup praktis, seperti memberikan dorongan positif, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, serta membangun komunikasi yang baik antara guru dan anak. Hal ini sangat membantu guru dalam menangani masalah tersebut secara efektif.
Pendapat tentang Manfaat Video bagi Guru PAUD
Sebagai guru PAUD, saya merasa video ini sangat bermanfaat karena:
• Membantu saya memahami alasan anak mogok belajar, sehingga saya dapat lebih empati dan sabar dalam menghadapi anak.
• Memberikan solusi yang bisa langsung saya terapkan di kelas untuk mengatasi mogok belajar dengan cara yang positif.
• Menjadi bahan refleksi bagi saya untuk terus mengembangkan metode pembelajaran yang menyenangkan dan mendukung perkembangan emosional anak.
Nama:Siti Nurmala
NIM:860034619
anak yang mogok tidak mau belajar memberikan gambaran yang cukup jelas mengenai penyebab dan dampak dari kondisi tersebut. Penjelasan yang disampaikan mudah dipahami dan relevan dengan situasi yang sering dihadapi di lingkungan PAUD.
Solusi yang diberikan juga cukup praktis, seperti memberikan dorongan positif, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, serta membangun komunikasi yang baik antara guru dan anak. Hal ini sangat membantu guru dalam menangani masalah tersebut secara efektif.
Pendapat tentang Manfaat Video bagi Guru PAUD
Sebagai guru PAUD, saya merasa video ini sangat bermanfaat karena:
• Membantu saya memahami alasan anak mogok belajar, sehingga saya dapat lebih empati dan sabar dalam menghadapi anak.
• Memberikan solusi yang bisa langsung saya terapkan di kelas untuk mengatasi mogok belajar dengan cara yang positif.
• Menjadi bahan refleksi bagi saya untuk terus mengembangkan metode pembelajaran yang menyenangkan dan mendukung perkembangan emosional anak.
Nama:Siti Nurmala
NIM:860034619
Prodi:PGPAUD
Penyebab Anak Mogok Belajar
Kejenuhan: Materi yang monoton atau cara belajar yang kurang variatif bisa membuat anak cepat bosan.
Tekanan: Tuntutan yang terlalu tinggi dari orang tua atau guru bisa membuat anak merasa tertekan.
Kurangnya Motivasi: Anak mungkin belum menemukan alasan atau tujuan mengapa mereka harus belajar.
Faktor Emosional: Bisa jadi anak sedang mengalami masalah pribadi, seperti kelelahan, stres, atau konflik dengan teman.
Dampak Mogok Belajar
Prestasi akademik anak bisa menurun.
Anak bisa kehilangan kepercayaan diri.
Hubungan antara anak dengan orang tua atau guru bisa menjadi renggang.
Menurut pendapat saya video anak yang mogok tidak mau belajar memberikan gambaran yang cukup jelas mengenai penyebab dan dampak dari kondisi tersebut. Penjelasan yang disampaikan mudah dipahami dan relevan dengan situasi yang sering dihadapi di lingkungan PAUD.
Solusi yang diberikan juga cukup praktis, seperti memberikan dorongan positif, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, serta membangun komunikasi yang baik antara guru dan anak. Hal ini sangat membantu guru dalam menangani masalah tersebut secara efektif.
Pendapat tentang Manfaat Video bagi Guru PAUD
Sebagai guru PAUD, saya merasa video ini sangat bermanfaat karena:
• Membantu saya memahami penyebab anak mogok belajar, sehingga saya dapat lebih empati dan sabar dalam menghadapi anak.
• Memberikan solusi yang bisa langsung saya terapkan di kelas untuk mengatasi mogok belajar dengan cara yang positif.
• Menjadi bahan refleksi bagi saya untuk terus mengembangkan metode pembelajaran yang menyenangkan dan mendukung perkembangan emosional anak.
Secara keseluruhan, video ini menjadi sumber inspirasi dan referensi yang baik untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pembinaan anak di PAUD.
LASMINA
NIM ;858970142
menurut saya video tentang edukasi mengenai anak yang mogok tidak mau belajar karna perlakuan temannya yang memukul sehingga anak tersebut mengangis dengan cara memeluk dan menenangkan anak tersebut dengan suara lembut gurunya bertanya mengapa anak tersebut bisa memukul temannya sendiri ,prilaku guru tersebut sudah sepantasnya untuk mendidik dengan pelukan kepada anak usia dini dengan cara tersebut mereka akan merasa tenang.sehingga anak-anak yang bertengkar bisa berdamai kembali dan yang bersalah akan merasa didengarkan dengan sejumlah pertanyaan dari guru tersebut
nama : lasmina
nim : 858970142
mengenai Video tersebut adalah edukasi tentang cara menangani anak mogok tidak mau belajar dengan contoh video anak yang menangis karena dipukul oleh temannya dengan perlakuan guru tersebut yang memeluk anak tersebut mungkin akan membuat anak tersebut akan merasa tenang perilaku tersebut sudah sepantasnya dilakukan oleh seorang guru saat ada anak didik yang sedang bertengkar karena sikap tersebut akan membuat anak akan menjawab sejumlah pertanyaan dari guru sehingga mereka bisa damai kembali dan melaksanakan kegiatan pembelajaran secara kondusif
NAMA : Titik Kusyanti
NIM : 860158487
Judul : Anak Mogok Tidak Mau Belajar
Dari Video Pintar Online tersebut dapat kita simpulkan bahwa anak yang mogok tidak mau belajar pasti ada alasannya.
Dan sebagai Guru PAUD kita harus melakukan upaya-upaya agar anak tidak mogok lagi dalam belajar.
Karena salah satu tugas guru adalah membentuk motivasi dalam diri anak dan membangkitkan rasa ingin tahu anak. Dengan melakukan pembelajaran yang munurut pada minat anak.
Terdapat banyak manfaat dari video Guru Pintar online karena bisa menambah wawasan bagaimana menghadapi anak yang Mogok tidak mau belajar serta upaya-upaya yang dapat di lakukan ketika menghadapi anak tersebut.
Nama : Nur hamidah
NIM : 860011421
Menurut saya video guru pintar yang berjudul Anak belum mandiri sangat bermanfaat dan dapat Kita jadikan sebagai motivasi agar kita lebih bijak dalam menghadapi suatu tantangan dan persoalan-persoalan yang ada Karena boleh jadi persoalan-persoalan dan tantangan tersebut merupakan suatu ujian yang harus kita hadapi dan kita bisa belajar lebih sabar dalam menghadapi salah satu tantangan tersebut sehingga kita bisa mencari solusi terbaik dalam menghadapi suatu persoalan-persoalan.Salah satu contohnya yaitu saat anak tidak mau ditinggal dan menangis pada awal masuk sekolah sehingga guru berupaya mendekati anak dengan penuh kelembutan lalu memberikan sentuhan, belaian dan pelukan sehingga anak merasa nyaman berada dekat dengan guru, itu merupakan solusi yang dapat dijadikan sebagai contoh bagi semua guru TK. Karena pada hakikatnya setiap anak mempunyai keunikan tersendiri. Teruslah mencatat dan mendengarkan keluhannya, belajarlah memahami persoalan-persoalan hidup anak dan keluarga mereka. Semuanya itu adalah informasi yang sangat penting untuk menambah bekal Kita agar menjadi profesional dalam menghadapi persoalan anak.
Saran
Saran saya untuk semua guru PAUD, pembelajaran dari video guru pintar tersebut dapat kita jadikan sebagai contoh dalam memberikan solusi saat nanti kita menghadapi anak yang belum mandiri kunci yang penting adalah semangat untuk terus menambah ilmu dan keterampilan menghadapi anak-anak. Teruslah berlatih, pantang menyerah, tekun dan sabar.
Nama : Nur hamidah
NIM : 860011421
Menurut saya pada video pembelajaran guru pintar tersebut sangat bermanfaat dan dapat Kita jadikan sebagai motivasi agar kita lebih bijak dalam menghadapi suatu tantangan dan persoalan-persoalan yang ada Karena boleh jadi persoalan-persoalan dan tantangan tersebut merupakan suatu ujian yang harus kita hadapi dan kita bisa belajar lebih sabar dalam menghadapi salah satu tantangan tersebut sehingga kita bisa mencari solusi terbaik dalam menghadapi suatu persoalan-persoalan.Salah satu contohnya yaitu saat anak tidak mau ditinggal dan menangis pada awal masuk sekolah sehingga guru berupaya mendekati anak dengan penuh kelembutan lalu memberikan sentuhan, belaian dan pelukan sehingga anak merasa nyaman berada dekat dengan guru, itu merupakan solusi yang dapat dijadikan sebagai contoh bagi semua guru TK. Karena pada hakikatnya setiap anak mempunyai keunikan tersendiri. Teruslah mencatat dan mendengarkan keluhannya, belajarlah memahami persoalan-persoalan hidup anak dan keluarga mereka. Semuanya itu adalah informasi yang sangat penting untuk menambah bekal Kita agar menjadi profesional dalam menghadapi persoalan anak.
Saran
Saran saya untuk semua guru PAUD, pembelajaran dari video guru pintar tersebut dapat kita jadikan sebagai contoh dalam memberikan solusi saat nanti kita menghadapi anak yang belum mandiri kunci yang penting adalah semangat untuk terus menambah ilmu dan keterampilan menghadapi anak-anak. Teruslah berlatih, pantang menyerah, tekun dan sabar.