silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
LASMINA
NIM ;858970142
menurut saya video tentang edukasi mengenai anak yang mogok tidak mau belajar karna perlakuan temannya yang memukul sehingga anak tersebut mengangis dengan cara memeluk dan menenangkan anak tersebut dengan suara lembut gurunya bertanya mengapa anak tersebut bisa memukul temannya sendiri ,prilaku guru tersebut sudah sepantasnya untuk mendidik dengan pelukan kepada anak usia dini dengan cara tersebut mereka akan merasa tenang.sehingga anak-anak yang bertengkar bisa berdamai kembali dan yang bersalah akan merasa didengarkan dengan sejumlah pertanyaan dari guru tersebut
nama : lasmina
nim : 858970142
mengenai Video tersebut adalah edukasi tentang cara menangani anak mogok tidak mau belajar dengan contoh video anak yang menangis karena dipukul oleh temannya dengan perlakuan guru tersebut yang memeluk anak tersebut mungkin akan membuat anak tersebut akan merasa tenang perilaku tersebut sudah sepantasnya dilakukan oleh seorang guru saat ada anak didik yang sedang bertengkar karena sikap tersebut akan membuat anak akan menjawab sejumlah pertanyaan dari guru sehingga mereka bisa damai kembali dan melaksanakan kegiatan pembelajaran secara kondusif
Nama : Hana Jauza Khalishah
NIM : 877635301
Video ini saat bermanfaat karena kita bisa mengetahui bagaimana cara menangani anak yang mogok belajar. Perlu diingat, tugas utama seorang guru adalah menghidupkan obor belajar anak, pembelajaran pada level anak usia dini harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan hal ini sesuai dengan asal kata sekolah yaitu schooling yang artinya menyenangkan. Guru harus selalu ingat bahwa dunia anak usia dini adalah dunia bermain sehingga jika seorang anak ingin bermain maka sebenarnya ia ingin belajar mengenal semua hal. Mengapa anak mogok belajar? seperti yg sudah dijelaskan dalam video pembelajaran tersebut yang pertama mungkin anak merasa takut, anak dipaksa untuk mengerjakan tugas yang ia sendiri mungkin belum mampu mengerjakannya, mungkin berantem dengan teman sekelasnya, atau mungkin sakit hati terhadap ucapan atau perbuatan guru terhadap dirinya. Jika guru sudah mendapat alasan mengapa ia tidak mau masuk sekolah maka guru dapat menggali keterangan dari orang tua, dengan mengajukan beberapa pertanyaan.
Nama : Sry Asmawati Sitompul
NIM : 856524678
UPBJJ : Pekanbaru
Jurusan : PGPAUD Semester 2
Judul video : Anak mogok tidak mau belajar.
Ada beberapa faktor yang membuat anak menjadi mogok belajar, yaitu :
* Anak merasa takut.
* Anak dipaksa mengerjakan tugas yang belum mampu dilakukan.
* Anak merasa sakit hati terhadap ucapan, dan tindakan yang dilakukan oleh guru.
Adapun solusi untuk menghadapi anak yang mogok belajar yaitu :
* Guru mengunjungi anak kerumahnya jika sudah tidak masuk beberapa hari untuk mengetahui alasan mengapa tidak mau sekolah dan belajar.
* Anak dapat diberi pilihan seperti belajar dikelas atau mau diruangan lainnya.
* Guru mengajak anak bermain agar anak tidak merasa bosan.
Masukan untuk video tersebut adalah setiap guru tidak boleh memaksa anak untuk belajar, akan tetapi guru mengupayakan memberi motivasi kepada anak agar anak merasa senang dan tidak merasa tertekan selama belajar. Pada video tersebut, tampak guru memiliki rasa empati dan sabar yang luar biasa ketika menghadapi anak yang sedang mogok tidak mau belajar.
Saran nya yaitu : Guru perlu memberikan dispensasi jika diperlukan kepada anak saat anak belum selesai melakukan kegiatan belajarnya, agar anak tidak merasa terbeban kan. Akan tetapi, guru perlu mengingatkan kepada anak untuk menyelesaikan tugas nya di keesokan hari atau diwaktu lain sebagai rasa tanggung jawab anak dalam pekerjaan nya dengan cara bicara yang baik, tenang, tidak terlihat memaksa agar suasana hati anak tidak merasa sedih atau terbeban kan kembali.
Terimakasih.
Nama : Hidayah Wijayanti
NIM : 858876076
Video tersebut sangat bermanfaat bagi saya untuk mengatasi anak mogok tidak mau belajar, pembelajaran untuk anak usia dini adalah pembelajaran yang menyenangkan sehingga untuk mengatasi anak yang mogok tidak mau belajar adalah dengan menggunakan kegiatan pembelajaran yang menarik , kreatif dan sesuai dengan usia anak, guru harus menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman untuk anak, kunjungan ke rumah untuk mengetahui lebih dalam apa yang terjadi pada anak tersebut.
Assalamualaikum,Wr.Wb
Nama: Purwani
NIM : 857828026
Judul vidio : Anak Mogok tidak mau belajar
Dari tayangan vidio tersebut ada beberapa penyebap kenapa anak tidak mau belajar dan juga solusi untuk untuk menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar
Karena tugas guru adalah mengembangkan rasa ingin tahu anak,kecerdasan intelektual ,kemampian mengelola emosi dan kemampuan berhubungan sosial serta etika.Salah satu tugas guru adalah membentuk motifasi dari dalam diri anak menbangkitkan rasa ingin tahu anak dan guru juga mengingat bahwa usia dini adalah usia bermain,dimana saat anak inginbermain artinya anak memiliki rasa ingin tau akan sesuatu hal baru. Pada saat ada anak yang mogok tidak mau belajar maka harus mencari penyebapnya ,karena mogok belajar bisa terjadi karena beberapa hal antara lain
1. Anak takut
2. Anak dipaksa untuk mengerjakan tugas
3. Anak bertengkar dengan teman sekelas
4. Anak sakit hati dengan ucapan atau perbuatan guru
Setelah guru mengetahui penyebap anak mogok tidk mau belajar maka ada beberapa solusi diantaranay
1. Guru mengali keterangan dari anak atau orang tua home visit,dan beberapa pertanyaan kenapa anak mogok belajar
2. Anak diberi pilihan tempat belajar
3. Saat anak merasa bosan di dalam kelas maka bisa memberi kesempatan untuk bermain dengan waktu yang ditentukan yang sudah disepakati dengan anak ,dan guru juga bisa memberi pengayan kepada anak tersebut berbeda denganteman yang lain.
Dari vidio tersebut sebagai guru perhatikan adalah tentang pendekatan guru terhadap anak dan komunikasi yang terbuka kepada orang tua bisa mengulik dan mencari solusi untuk memecahkan masalah,Dan dalam pembelajaran guru juga harus menciptakan lingkungan,suasana yang menyenangkan untuk anak sesuai kebutuhan dan perkembangan anak agar anak tidak bosan dan jenuh serta anak bisa mengembangkan kreatifitasnya.
Assalamualaikum wr wb
Nama : Diah Ayu Prihatini
NIM : 857827927
Judul Video : Anak Mogok tidak mau belajar
dari hasil video yang saya amati tadi ada beberapa faktor atau penyebab anak tidak mau belajar
1. anak takut
2. anak dipaksa untuk mengerjakan tugas
3. .anak bertengkar dengan teman sekelas
4.anak sakit hati dengan ucapan atau perbuatan guru
Kita sebagai guru harus mempunyai solusi untuk anak yang mogok sekolah melibatkan komunikasi,pemahaman,dan kerja sama antara guru,orang tua,dan pihak sekolah.jika anak merasa tidak nyaman disekolah,kita penting untuk mendengarkan alasan mereka dan bekerja sama untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih mendukung.
Solusi dari orang tua yaitu ada beberapa :
– Komunikasi yang terbuka, duduk santai dengan anak dan tanya dengan baik nada yang lembut apa alasan mereka tidak mau sekolah,dan bantu anak memahami bahwa sekolah dan rumah memiliki suasaan yang berbeda dan mereka harus bisa menghadapinya.
– Kerja sma dengan guru,untuk mencari solusi dan membuat anak Kembali merasa nyaman di sekolah,menghindari pembandingan anak dengan anak lain dan focus pada potensi yang dimiliki anak.
– Dukungan emosional, memberi dukungan kepada anak dan yakinkan mereka bahwa tidak sendirian di sekolah banyak teman,dirumah juga banyak teman sebayanya, beri apresiasi supaya anak dalam menghadapi masalah
– Penanganan saat dirumah,mengurangi waktu di depan gadget atau medsos dan lebih banyak menghabiskan waktu untuk anaknya teruatam keluarga sendiri,membantu anak dengan tugas sekolah dan memastikan mereka mendapatkan waktu tidur yang cukup
– Konsultasi ,jika masalah berlanjut berkonsultasi dengan psikolog atau konselur untuk mendapatakn motivasi maupun bantuan yang professional. Dengan komunikasi yang baik,pemahaman yang mendalam dan kerja sama yang efektif anak yang mogok sekolah dapat Kembali merasa nyaman dan senang untuk belajar.
Assalamu’alaikum
Nama : Yuni Hartawati
Nim. : 857830348
UPBJJ Surakarta
Izin menanggapi tentang video “Anak Mogok Tidak Mau Belajar”
Dari video diatas anak mogok tidak mau belajar dikarenakan ada beberapa faktor
Yaitu
1. Anak takut
2. Anak dipaksa untuk mengerjakan tugas yang mungkin tidak ia senangi
3. Anak bertengkar dengan temannya.
4. Mungkin anak merasa sakit hati atas ucapan atau perkataan guru.
Dari sini belajar bahwa setiap anak memiliki keinginan pola, arti, dan yang berbeda dengan anak lainnya .
Solusinya adalah
1. Guru mencari keterangan untuk mengetahui kenapa anak tidak mau masuk sekolah.
2. Guru memberikan pilihan mau belajar apa dan dimana.
3. Membuat kesepakatan antara guru dan anak .
Upaya guru yang dilakukan sudah baik, namun disini izin menambah i bahwa sebagai guru mencari tahu tile anak itu seperti apa dahulu tipe pendiem atau tidak, dan sebagai guru aktif terus untuk mencari tau , menggali penyebabnya kemudian berikan ia ruang waktu untuk mengutarakan isi dihatinya dengan bicara dari hati ke hati, kemudian berikan ia dukungan, motivasi dan dorongan supaya anak bisa belajar mencari solusi. Setiap anak memiliki gaya belajar yang berbeda untuk itu sebagai guru hendaknya mengenali dan mencari tahu minat anak, memberikan kegiatan yang menarik.
Jika anak masih mogok maka yang harus dilakukan adalah komunikasi antara guru dan orang tua dengan kata-kata yang baik,dan saling kerjasama untuk melihat perkembangan anak, dan melakukan belajar homeschooling, dan jika itu masih berlanjut dan kwalahan maka solusi selanjutnya berkonsultasi dengan psikolog supaya mendapatkan solusi yang tepat.
Assalamu’alaikum
Nama : Yuni Hartawati
Nim. : 857830348
UPBJJ Surakarta
Izin menanggapi tentang video “Anak Mogok Tidak Mau Belajar”
Dari video diatas anak mogok tidak mau belajar dikarenakan ada beberapa faktor
Yaitu
1. Anak takut
2. Anak dipaksa untuk mengerjakan tugas yang mungkin tidak ia senangi
3. Anak bertengkar dengan temannya.
4. Mungkin anak merasa sakit hati atas ucapan atau perkataan guru.
Dari sini belajar bahwa setiap anak memiliki keinginan pola, arti, dan yang berbeda dengan anak lainnya .
Solusinya adalah
1. Guru mencari keterangan untuk mengetahui kenapa anak tidak mau masuk sekolah.
2. Guru memberikan pilihan mau belajar apa dan dimana.
3. Membuat kesepakatan antara guru dan anak .
Upaya guru yang dilakukan sudah baik, namun disini izin menambah i bahwa sebagai guru mencari tahu tile anak itu seperti apa dahulu tipe pendiem atau tidak, dan sebagai guru aktif terus untuk mencari tau , menggali penyebabnya kemudian berikan ia ruang waktu untuk mengutarakan isi dihatinya dengan bicara dari hati ke hati, kemudian berikan ia dukungan, motivasi dan dorongan supaya anak bisa belajar mencari solusi. Setiap anak memiliki gaya belajar yang berbeda untuk itu sebagai guru hendaknya mengenali dan mencari tahu minat anak, memberikan kegiatan yang menarik.
Jika anak masih mogok maka yang harus dilakukan adalah komunikasi antara guru dan orang tua dengan kata-kata yang baik,dan saling kerjasama untuk melihat perkembangan anak, dan melakukan belajar homeschooling, dan jika itu masih berlanjut maka solusi selanjutnya berkonsultasi dengan psikolog supaya mendapatkan solusi yang tepat.
Nama: Ulfa Yana Musyaroh
Nim :857827364
Judul Video:Anak mogok tidak mau belajar
Setelah melihat video tersebut, kesimpulan dari video tersebut adalah beberapa penyebab anak mogok tidak mau belajar, diantaranya:
1. Anak merasa takut atau tidak nyaman
2. Anak enggan atau kurang suka dengan kegiatan tersebut
3. Anak bertengkar dengan temannya atau bisa jadi bullying
4. Atau bisa jadi karena anak merasa sakit hati atas ucapan atau perkataan guru.Sebagia guru,kita harus tanggap dan mencari tahu apa penyebabnya kemudian guru harus mencari penyelesaian masalah, diantaranya adalah :
1. Guru mencari tahu penyebab masalah tersebut dengan pengamatan perilaku anak, mencari informasi ke orang tua dan melakukan refleksi diri sebagai guru.
2. Guru memberikan waktu kepada anak untuk memilih kegiatan apa yg disukai terlebih dahulu,, setelah suasana hati anak sudah baik, ajak anak berbicara kenapa anak tidak mau ikut kegiatan.
3. Guru menyediakan kegiatan yg menarik dan bervariasi,jika perlu ajak anak berkegiatan di luar kelas.
Apabila permasalahan ini masih berlanjut,,guru harus terus menjalin komunikasi dengan orang tua atau dengan spikolog anak untuk menghindari permasalahan lebih lanjut dan penanganan sedini mungkin