silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,934 Comments

  1. Nama : Renata Natalia D W
    NIM : 858659878
    Prodi : S1 PAUD (AKPMM)
    UNIVERSITAS TERBUKA SURABAYA

    Menurut saya tentang video diatas tentang Pengembangan Sosial Emosional dengan judul Anak Mogok Tidak Mau Belajar sudah baik, ketika Guru berusaha mengajak anak yang belum mau ikut bergabung dalam kegiatan bersama teman – temannya untuk mendengarkan cerita dari guru. Guru juga dapat menghubungi orang tua anak tersebut tentang apa yang terjadi dirumah agar dapat saling berkomunikasi / berkesinambungan dalam pembelajaran sehingga pembelajaran disekolah dan rumah (sebaliknya) dapat menghasilkan sebuah target untuk anak.
    Guru tersebut juga memiliki talenta, ide yang cemerlang ketika anak belum mau bergabung dengan temannya / mencari waktu dan mencari cara pembelajaran yang tepat untuk anak tersebut. Sebagai Guru juga harus dapat memiliki inisiatif yang tinggi untuk mengubah anak ke arah yang lebih baik. Ketika dikelaspun bisa jadi anak juga memerlukan waktu untuk tenang ketika masuk kedalam kelas (butuh proses). Kita sebagai Guru harus tetap mempunyai kesempatan untuk dapat saling berkomunikasi dengan anak -anak sehingga anak -anak dapat senyaman mungkin dengan Guru ketika berada di dalam kelas.
    terima kasih untuk video sehingga menjadikan kami para Guru untuk lebih terbuka dengan semua problem anak ketika berada di dalam kelas.

  2. Nama : Dewi Masita
    NIM : 856797079
    PRODI : PGPAUD

    Judul video : Anak mogok tidak mau belajar dengan teman

    Presenter : Irsanti Widuri Asih,S.Sos
    Oleh
    Dra.Siti Aisyah,M.Pd

    Di video tersebut sangat bermanfaat untuk menghadapi anak yang tidak mau belajar
    Menurut saya apa yang dilakukan ibu guru tersebut sangat benar sekali

  3. Nama : wiwid kurniawati
    NIM : 858724248
    Prodi : PG PAUD AKPMM
    UPJJ : surabaya

    Assalamaualaikum wr wb
    Bismillahirrohmanirrohim
    mohon ijin menganalisis video GPO dengan judul Anak mogok tidak mau belajar dengan temannya
    setelah saya mengamati video GPO anak mogok tidak mau belajar di sebabkan beberapa hal yakni
    a. anak merasa Takut
    b. anak dipaksa mengerjakan tugas yang ia tidak mampu mengerjakan di bandingkan dengan temannya
    c. anak bertengkar dengan temannya
    d. anak sakit hati terhadap ucapan guru atau temannya
    e. anak merasa bosan

    tugas guru yakni memotivasi belajar anak, menciptakan rasa ingin tahu anak, menciptakan pembelajaran melalui bermain

    adapun upaya yang bisa kita lakukan sebagai guru dalam menghadapi anak mogok tidak mau belajar yakni dengan
    a. menggali keterangan lebih mendalam kepada orang tua
    b. anak diberi pilihan mau belajar bersama teman atau belajar sendiri di ruang lain
    c. bila anak bosan, kita bisa memberikan waktu anak bermain bebas
    d. dalam ragam main hendaknya memberikan pengamanan dengan memberikan mainan

    kelebihan video
    tutor pada video memberikan banyak penjelasan mengenai apa yang memicu menyebabkan anak mogok belajar dan bagaimana cara mengatasinya

    kelemahan video
    dalam video tidak menampakkan secara langsung percakapan guru dan anak ketika guru berupaya untuk mengatasi anak yang mogok

    dari menganalisis video GPO anak mogok tidak mau belajar, saya memperoleh manfaat tahu bagaimana trik dalam menghadapi anak yang mogok dan saya mengetahui beberapa kemungkinan penyebab anak mogok belajar.

    demikian analisis saya, kurang lebihnya saya mohon maaf
    alhamdhulillah
    terima kasih
    wassalamualaikum wr wb

  4. Nama Avista Defilia Anggreani
    Nim 858705595
    Dari Vidio diatas tentang anak mogok belajar
    Menurut pendapat saya, yang di lakukan ibu guru di atas sudahh benar ibu guruu… mencari permasalahan kenapa anak tidak mau belajar, dan Ada masalah apa anak ituu sampai gak mau belajar, dan dari Vidio diatas terlihat ibu guru sangat sabar dalam mengajar menghadapi anak..

  5. NAMA : PIPIN AGUSNI
    NIM : 866831315
    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas tayangan video tersebut tentang pengembangan sosial emosional anak usia dini – Anak Mogok Tidak Mau Belajar. Video tersebut sangat bermanfaat bagi para pendidik anak usia dini, berikut hal-hal yang saya dapat dari video tersebut

    Pokok permasalahan :
    – Seorang guru lebih menekankan kepada aspek kecerdasan anak dan melupakan sesungguhnya pembelajaran pada anak usia dini harus dilakukan dengan menyenangkan. Tugas guru adalah memberikan motivasi dan membangkitkan rasa ingin tahu anak, maka ketika anak bermain sesungguhnya anak sedang belajar . Selain itu Guru harus mengingat bahwa dunia anak usia dini adalah dunia bermain.

    Kemungkinan yang terjadi ketika anak mogok tidak mau belajar :
    – Anak takut
    – Anak dipaksa untuk mengerjakan tugas yang belum mampu ia lakukan sementara anak yang lainnya sudah mampu melakukan.
    – Anak bertengkar dengan teman sekelasnya
    – Mungkin bisa saja anak sakit hati terhadap perbuatan atau ucapan guru terhadap dirinya
    – Kadang kala anak merasa bosan belajar didalam kelas

    Solusi ketika anak mogok tidak mau belajar :
    – Guru menggali keterangan mendalam dari anak atau orang tua dengan home visit atau kunjungan rumah dengan mengajukan beberapa pertanyaan.
    – Jika anak masih tidak mau belajar, maka anak diberi pilihan apakah mau belajar dengan teman dikelas atau diruang lainnya.
    – Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bermain diluar kelas dengan waktu yang telah disepakati bersama antara guru dan anak. Kesepakatan perlu dilakukan karena bagi anak kesepakatan merupakan proses belajar.

  6. Nama : Sri Nur Hikmah Syam
    Nim : 859408264

    Seri pengembangan social emosional PAUD
    → Video 2 : Anak Mogok Tidak Mau Belajar
    Setelah melihat video diatas, dimana Anak mogok belajar sangat sering kali saya jumpai saat di kelas. kita sebagai guru PAUD harus mengerti Anak, biasanya saya melakukan pendekatan dengan menghampirinya ke tempat duduknya menanyainya apa keinganan anak tersebut, sehingga mogok tidak mau belajar. setelah saya melakukan pendekatan dengannya ternyata dari faktor temannya yang kemarin bermain bersamanya ketika pulang sekolah ia di dorong, sehingga ia mogok tidak mau belajar karena tidak mau duduk bersama teman tersebut. Kita sebagai guru selalu memberikan arahan kepada anak bahwasanya ketika kita melakukan sesuatu yang tidak disengaja maupun disengaja kita harus saling berminta maaf satu sama lainnya. Setelah, saya melakukan pendekatan tersebut anak tidak mogok lagi dalam belajar.
    Agar anak tetap merasa dikasihi disayangi dan membuat anak didik merasa Aman, nyaman sehigga memulai pembelajaran terasa lebih menyenangkan, bangun bina hubungan saling percaya kepadanya.

  7. Nama : Margaretha Nifanngelyau
    Nim : 823031834

    Setelah melihat vidio di atas dapat memberikan pemahan kepada guru,, karena anak yang mogok belajar, bisa jadi anak tersebut takut akan sebagian teman atau takut karena membuat keselahan, malu untuk tampil di depan jadi guru harus pahami setiap karakter dari masing- masing anak tersebut.

  8. Nama Ina romansyah
    Nim 837732871

    Menanggapi video mengenai anak mogok tidak mau mengikuti pembelajaran maupun kegiatan bermain.
    Dalam video terdapat seorang anak yg tidak mau mengikuti kegiatan ketika guru dan teman lain nya sudah siap untuk melakukan kegiatan .
    Dari pengalaman saya di kelas pernah menjumpai hal seperti ini.Anak mogok tidak mau belajar dikarenakan anak kesulitan meniru atau menyelesaikan kegiatan yg dipelajari.hal yg saya lakukan yakni mengajak anak untuk memahami pelajaran yg sekiranya sulit difahami dengan memberikan contoh serta mengulangi pembelajaran tersebut dan memberikan media yg sesuai dan menarik dengan keadaan atau minat anak tersebut.selain itu terdapat juga anak yg mogok mengikuti kegiatan bermain bersama dengan teman dikarenakan dia tidak percaya diri.anak tersebut selalu dikalahkan oleh anak-anak lain nya.hal yg saya lakukan yakni memberikan pengertian mengenai penting nya bermain bersama dan bahaya nya melakukan pembulian terhadap teman.saya juga menyediakan jenis alat permainan yg berbeda dan dalam jumlah yg lebih supaya anak yg mogok tersebut dapat terbiasa bermain dengan teman-temannya.saya juga melakukan pengamatan dengan memahami setiap karakter anak-anak,karena dengan itu kita dapat mengetahui hal apa saja yg perlu dilakukan dalam pembelajaran maupun penangan masalah.

  9. Nama :Jumiati
    Nim :858421443

    menurut saya pada video GPO pengembangan sosial emosional berjudul “anak mogok tidak mau belajar bersama dengan teman”.penyebab dan mengatasi permasalahan pada anak yang mogok belajar,memberikan motivasi,membangkitkan semangat anak dan rasa ingi tahu anak sudah guru lakukan dengan baik. Guru mencari keterangan penyebab anak mogok belajar dengan melakukan pendekatan pada anak dan orang tua.Setelah guru mengetahui masalah pada anak tersebut guru mengatasinya dengan memberikan kesempatan pada anak untuk melakukan pembelajaran sesuai dengan minat anak.

  10. Nama : Ainun Rahima
    Nim : 859410221
    Prodi : PGPAUD

    Bismillah
    seri pembelajaran sosial emosional anak “Anak mogok tidak mau belajar”
    Vidio tersebut sangat baik dalam mengatasi anak yang mogok tidak mau belajar. Dengan memberikan stimulasi menggali penyebabnya anak tidak mau belajar dan memberikan kesempatan dan kebebasan pada anak memilih tempat belajar yang diinginkannnya.
    Kita sebagai guru harus memahami pembelajaran anak usia dini yaitu bermain sambi belajar, belajar sambir bermain yang menyenangkan bagi anak, memahami karakter anak usia dini agar guru dapat memberikan stimulasi sesuai dengan kebutuhannya.
    Terima kasih.

Leave a Reply