silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,934 Comments

  1. Nama : Anis Anggraini Ningsih
    NIM : 858181159
    Prodi : PGPAUD-BI

    Dari vidio GPO dengan judul Anak Mogok Tidak Mau Belajar dengan temannya mungkin karena disebabkan beberapa hal, diantaranya :
    1. Anak merasa tajut
    2. Anak dipaksakan mengerjakan tugas yang ia tidak mampu untuk mengerjakan
    3. Anak bertengkar dengan temannya
    4. Anak sakit hati terhadap ucapan atau perbuatan guru atau temannya
    5. Anak merasa bosan belajar didalam kelas
    Dari masalah diatas adapun upaya yang bisa dilakukan guru dalam mneghadapi masalah tersebut adalah:
    1. Menggali informasi terhadap orang tua anak
    2. Jika anak tidak mau belajar, maka berbicara kepada anak dan berikan anak pilihan mau belajar dengan teman 1 atau belajar dengan teman lainnya, berikan kesempaatn kepada anak untuk memilih mau belajar dekat dengan teman yang mana.
    3. Jika anak merasa beson jangan paksa anak, berikan kesempatan kepada anak untuk bermain dengan memberikan waktu

    Kelebihan vidio:
    Pada vidio Gpo tutor memberikan banyak penjelasan mengenai penyebab anak mogok belajar dan cara mengatasinya.

    Kekurangan Vidio:
    Dalam vidio tidak dipaparkan secara langsung percakapan guru anak ketika guru mengatasi anak yang mogok belajar.

  2. NAMA : HAEROH
    NIM : 857457111
    PRODI S1PGPAUD

    • Tugas utama pendidiik anak usia dini adalah menghidupkan obor belajar ank usia dini
    • Kesalahan terbesar adalah menkankan pada aspek kecerdasan , dan melupakan aspek sesungguhnya bahwa pembelajaran pada anak usia dini harus dilakukan dengan cara menyenangkan
    • Salasatuntugas guru adalah memuaskan rasa ingin tahu anak dengan memberikan jawaban-jawaban atau memfasilitasi untuk memenuhi keingiintahuannya dengan cara yang menyenangkan
    • Banyak hal yang menjadi penyebab anak mogok belajar.
    • Berikut adalah upaya yang bisa kita lakukan sebagai guru dalam menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar yakni dengan cara :
    a. menggali keterangan lebih mendalam kepada orang tua
    b. anak diberi pilihan mau belajar bersama teman atau belajar sendiri di ruang lain
    c. bila anak bosan, kita bisa memberikan waktu anak bermain bebas
    dalam ragam main hendaknya memberikan pengamanan dengan
    d. memberikan mainan

  3. Siti Jubaedah
    NIM : 857328201
    Video : Anak malas belajar dengan teman-temannya di sekolah

    Tanggapan saya mengenai video di atas :
    1. Saya setuju dengan berbagai penyebab mengapa anak menjadi malas belajar dengan teman-temannya diantaranya karena rasa takut, dipaksa mwngwrjakan tugas yang belum mampu ia lakukan, tidak nyaman dengan temannya (ada teman yang mwngganggu) dan tidak nyaman dengan sikap guru terhadapnya sehingga anak menyimpan rasa kecewa yang dalam
    2. Sebelum guru melakukan komunikasi dengan orangtua, ada baiknya guru mengintrospeksi diri dan evaluasi pembelajaran di kelas serta mengurai kembali kejadian-kejadian yang terjafi di kelas. Karena di khawatirkan justru penyebab anak malas belajar di kelas adalah dari sekolah bukan dari rumah.
    Jika sudah ditemukan bebrapa hal yang dianggap menjafi penyebab anak tsb malas belajar, segera mencatat apa yang harua dioerbaiki. Kemudian guru harus mengajak anak tersebut bicara darihati ke hati tanpa mwnghakimi, usahakan dalam suasana yang santai, mengambil hati anak terlebih dahulu agar anak merasa nyaman berada dan berbicara dengan guru. Jika guru sudah berhasil mengambil hati anak, biasanya anak akan mudah terbuka dengan guru.
    3. Jika penyebab masalah anak malas belajar adalah dalam diri atau sikap guru yang membuat anak tidak berkenan, hendaknya guru introspeksi dan memperbaiki diri
    4. Jika masalahnya adalah dari lembelajaran, hendaknya guru lebih kreatif menyiapkan kegiatan yang menyenangkan serta menggali rasa ingin tahu anak
    5. Jika masalah dengan temannya, guru dapat mengajak diskusi anak tersebut dengan temannya. Mendengarkan dengam seksama apa yang di ungjapkan dari masing-masing anak dan guru diharapkan mengambil keputusan yang bijak serta tidak memihak salah satunya.
    6. Jika masalah itu dari rumah, guru dapat membuka komunikasi dengan orangtua tentang permasalahan anak tersebut tanpa mencampuri terlalu dalam hal yang terllau sensitif dan pribadi dalam kelyarga orangtua si anak.
    7. Apapun yang menjadi kendala anak, jika sudah dicari oenyebabnya dan dianggap perlu dikomunikasikna dengam orangtua, harapannya guru tetap mengkomunikasikannya agar pendidikan di rumah dan di sekolah berjalan selaras

  4. Tri Indriani
    857560691
    Guru harus selalu mendampingi anak, jangan paksakan anak untuk mengerjakan tugas.
    buat mereka merasa nyaman dan menyenangkan , anak senang sekali bermain.
    Anak mogok tidak mau belajar dikarenakan anak kesulitan meniru atau menyelesaikan kegiatan yg dipelajari.hal yg saya lakukan yakni mengajak anak untuk memahami pelajaran yg sekiranya sulit difahami dengan memberikan contoh serta mengulangi pembelajaran tersebut dan memberikan media yg sesuai dan menarik dengan keadaan atau minat anak tersebut.selain itu terdapat juga anak yg mogok mengikuti kegiatan bermain bersama dengan teman dikarenakan dia tidak percaya diri.anak tersebut selalu dikalahkan oleh anak-anak lain nya.

  5. Nama : Peni eldiana
    Nim :857455268
    Menurut saya dengan adanya vidio tersebut guru di tuntut untuk mengajarkan anak usia dini dengan cara yang menyenangkan tanpa adanya paksaan untuk belajar. guru harus tahu bahwa dunia anak usia dini yaitu bermain. namun apabilan ada anak yang mogok tidak mau belajar yaitu karena anak merasa takut, merasa dipaksakan, dan tidak merasa nyaman dengan perkataan gurunya mungkin suara gurunya yang terlalu keras.

  6. Nama ;Nanik Listiyana
    NIM ;857766353
    Prodi ;PGPAUD
    UPJJ ;Semarang
    Setelah menyimak tayangan video GPO berjudul”Anak mogok tidak mau belajar bersama teman”,hasil pengamatan saya bahwa kesalahan yang sering terjadi bahwa tugas guru memang tidak mencerdaskan anak, akan tetapi memotivasi agar anak dalam belajar bisa menyenangkan. Ingat bahwa anak didik dunianya adalah bermain, ingin tahu akan sesuatu hal, jika ada anak yang mogok tidak mau belajar ada kemungkinan penyebab
    – anak merasa takut
    -anak dipaksakan mengerjakan tugas yang ia belum mampu dibanding temannya
    -anak mungkin bertengkar dengan temannya
    -anak mungnkin sakit hati terhadap ucapan guru kepada dirinya
    -anak bosan belajar di dalam kelas
    Dari penyebab tersebut guru mengambil solusi menggali secara dalam penyebabnya atau melakukan home visit kenapa anak tidak mau sekolah atau belajar
    -mungkin bila anak bosan belajar di kelas kita beri pilihan belajar didalam kantor ,perpustakaan atau ruang guru
    -bila anak bosan masuk sekolah beri ragam main diluar dengan memberi kesepakatan anak,guru melakukan pengamanan dan pengayaan anak
    -bila anak belum mampu mengerjakan jangan dipaksa beri kebebasan semampunya
    -bila bertengkar ,maka beri arahan dan ajak anak utk bisa bermain bersama
    Kesimpulan saya bahwa sebagai penddik harus bisa mengambil strategi cara yang tepat dalam mengajar yang aman dan menyenangkan terutama yang mogok tidak mau belajar bersama temannya.

  7. Nama : Nanik Listiyana
    NIM : 857766353
    dalam tayangan video anak yang tidak mau belajar bersama teman saya bisa mengamati dan menganalisa bahwasanya tugas guru sering terjadi kesalahan bukan hanya mencerdaskan saja, akan tetapi bagaimana anak itu bisa belajar dengan senang, ingat bahwa anak didik dunianya adalah dunia bermain, ingin tau akan sesuai hal, andaikan anak mogok tidak mau belajar kemungkinan penyebabnya : 1.) anak takut, 2.) anak dipaksakan mengerjakan tugas ia belum mampu , 3) anak bertengkar dengan teman, 4) anak sakit hati dengan guru pada dirinya, 5) anak bosan belajar didalam kelas
    Dari penyebab tersebut guru memberikan solusi, guru menggali secara mendalam atau melakukan home visit kenapa anak tidak mau sekolah. Dari sini guru harus memberikan solusi apabila tidak mau belajar dikelas , diajak belajar ke kantor atau ke perpus atau diruang kelas senyaman dia. kalau anak tidak mampu mengerjakan guru tidak boleh memaksakan, bila bertengkar dengan teman guru memberikan arahan dan memisahkan dari anak yang nakal , bila anak takut diberi motivasi hadiah/yang lainnya. Apabila belajar diluar guru harus memberikan pengamanan / pengayaan terhadap anak.

  8. NAMA : MITA SUSIYANTI
    NIM : 858681758

    menurut saya dengan adanya vidio tersebut guru di tuntut untuk mengajarkan anak usia dini dengan cara yang menyenangkan tanpa adanya paksaan untuk belajar. guru harus tahu bahwa dunia anak usia dini yaitu bermain. namun apabilan ada anak yang mogok tidak mau belajar yaitu karena anak merasa takut, merasa dipaksakan, dan tidak merasa nyaman dengan perkataan gurunya mungkin suara gurunya yang terlalu keras.
    guru harus memotivasi belajar anak, menciptakan pembelajaran melalui bermain, cara belajar yang menyenangkan.
    Dalam hal ini terdapat upaya yang bisa guru lakukan dalam menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar yaitu:
    *menggali keterangan lebih mendalam kepada orang tua
    *anak diberi pilihan mau belajar bersama teman atau belajar sendiri di ruang lain
    *bila anak bosan, kita bisa memberikan waktu anak bermain bebas
    *dalam ragam main hendaknya memberikan pengamanan dengan memberikan mainan
    Dari video yang saya peroleh manfaatnya, saya tahu strategi dan cara bagaimana menghadapi anak yang mogok dan paham beberapa kemungkinan penyebab anak mogok belajar.

  9. Nama : UMI SYAFA’AH NIM : 857766156 dalam tayangan video anak yang tidak mau belajar bersama teman saya bisa mengamati dan menganalisa bahwasanya tugas guru sering terjadi kesalahan bukan hanya mencerdaskan saja, akan tetapi bagaimana anak itu bisa belajar dengan senang, ingat bahwa anak didik dunianya adalah dunia bermain, ingin tau akan sesuai hal, andaikan anak mogok tidak mau belajar kemungkinan penyebabnya : 1.) anak takut untuk mengerjakan tugas sementara teman yang lainnya bisa, 2.) bertengkar pada temannya , 3) anak sakit hati dengan ucapan temannya, mungkin anak itu belum berani 4) anak sakit hati dengan guru pada dirinya, 5) anak bosan belajar didalam kelas.
    Dari penyebab tersebut guru memberikan solusi, guru menggali secara mendalam atau melakukan home visit kenapa anak tidak mau sekolah. Perlu dipahami para pendidik anak usia dini dengan menekankan guru bertugas rasa ingin tahu paa anak itu. Oleh karena itu guru memberikan usaha sebaik mungkin untuk kenyamann anak dalam belajar sambil bermain. Guru mencoba menarik hati anak itu dan guru berusaha merayu dan membujuk apa penyebab anak itu mogok tidak mau belajar. langkah yang tepat guru mendatangkan orang tua untuk berkomunikasi langsung apa penyebab anak mogok belajar. Kalau kita sudah menangkap omongan dari orang tua kita dapat informasi dari orang tua mengenai anak. Setelah berkomunikasi sama orang tua dan guru sudah diberi keterangan dari orang tua , seorang pendidik berupaya mencoba hal yang berbeda/ baru. Guru meminta anak untuk memilih belajar di kantor atau di kelas atau diruanngan yang lain. dan guru berupaya untuk mengajak anak itu bermain, mungkin anak itu takut atau belum bersahat dengan temannya. Karena kadangkala namanya anak berbeda-beda. Guru mencoba menarik dan mengadakan pengayaan. kalau anak tidak mampu mengerjakan guru tidak boleh memaksakan, bila bertengkar dengan teman guru memberikan arahan dan memisahkan dari anak yang nakal , bila anak takut diberi motivasi hadiah/yang lainnya. Apabila belajar diluar guru harus memberikan pengamanan / pengayaan terhadap anak. Semoga bermanfaat

  10. Nama : mahmudah
    Nim : 857758134
    Prodi : PGPAUD

    video yang sangat bermanfaat,tidak bisa dipungkiri sebagai pendidik paud kita mengalami ada anak didik yang mogok tidak mau belajar dengan temannya.dari video tersebut dapat diketahui bahwa sebagai pendidik jika anak tidak mau belajar jangan serta Merta menghakimi bahwa anak tersebut tidak cerdas.Terlebih dahulu kita analisis apa penyebab anak tersebut mogok belajar, penyebab anak mogok belajar dapat terjadi karena anak takut,anak dipaksa mengerjakan tugas,anak bertengkar dengan teman sekelas dan bisa juga karena anak tersebut sakit hati karena ucapan teman dikelas maupun gurunya.

    Setelah menganalisis alasan anak mogok belajar,guru dapat melakukan beberapa tindakan yang dijelaskan dalam video tersebut yaitu : home visit, memberikan pembelajaran yang menarik, menawarkan kerjasama dengan anak jika memang anak tersebut tidak ingin bermain dikelas.

    Sekian tanggapan dari saya, terimakasih sukses selalu untuk guru pintar online… aamiin

Leave a Reply