silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,934 Comments

  1. NAMA: FIRLY NURBAETI ZEIN
    NIM: 853526223
    Setelah melihat video ini, menurut saya peran guru sangatlah penting dalam menciptakan suasana kelas yang menyenangkan dan efektif sehingga dapat meminimalisir tingkat keributan dan kejenuhan anak. Dalam video tersebut guru sudah sangat baik dalam memperlakukan anak yang mogok belajar dan mencoba menemukan solusi agar anak dapat kembali bersemangat dalam belajar.

  2. Nama : zianatussa’adah
    Nim : 858304538
    Dalam video ini saya belajar bahwa penting untuk guru menciptakan suasana nyaman, dan sebaiknya belajar di lakukan sambil bermain, dan tidak monoton seperti fokus pada buku dan pulpen, karena dapat membuat anak bosan. Dan penting untuk guru agar mengetahui bahwa tiap anak mempunyai karakter yang berbeda-beda dan mempunyai kesukaan yang berbeda-beda..

  3. Nama : Tuti Krisdayanti zega
    Nim : 859875496
    Dalam video ini sangat menarik untuk para guru Karna kita bisa belajar bagaimana cara mengatasi anak yang mongok belajar dengan begitu kita dapat melakukannya ketika kita mengalami hal yang sama di dalam video ini. Di sini kita di ajak untuk membentuk motivasi di dalam diri anak dan juga membangkitkan rasa ingin tau anak serta memberikan suasana yang menyenangkan kepada anak didik agar tidak merasa bosan ketika pembelajaran di mulai.

  4. Nama : Ergi Yunita Meri Iswindarti
    NIM : 857994203
    UPBJJ UT : Yogyakarta
    Setelah melihat video tersebut, kini saya mengetahui sebab-sebab anak mogok tidak mau belajar. Selain itu, saya mengetahui pentingnya melakukan pembelajaran yang menarik dan tidak monoton agar anak selalu bersemangat sekolah dan belajar. Saya juga mengetahui cara-cara mengatasi anak yang sedang mogok belajar.

  5. Nama : SITI NUR SAADAH
    Nim : 855708847
    Seri pengembangan bahasa PAUD
    Vidio yang berjudul ” ANAK MOGOK TIDAK MAU BELAJAR ” tersebut sangat bermanfaat bagi guru maupun calon guru.
    Melalui vidio ini, guru dapat belajar bagaimana cara menghadapi anak yg tidak mau mengikuti kegiatan di sekolah, tidak hanya itu, guru dapat membantu anak mengelola emosi mereka, tetapi juga memberikan pembelajaran tentang cara berkomunikasi yang baik. video ini menekankan pentingnya pengembangan keterampilan sosial dan emosional pada anak usia dini serta peran guru dalam membimbing mereka dalam memecahkan masalah secara konstruktif.

  6. Nama : Sri Irtanti Payuyu
    NIM : 858587929

    Pada video tersebut sesuai sinopsis dibagikan, bahwa dalam proses kegiatan belajar mengajar terkadang beberapa anak akan mengalami keadaan keadaam seperti tidak mau ikut belajar bersama teman/atau mogok belajar. Bisa jadi, hal ini terjadi karena masih kurangnya pengembangan perilaku terhadap anak yang bersangkutan. Sehingga, video ini saya rasa memberikan refleksi tentang bagaimana seharusnya pendidik atau guru mengantisipasi keadaan seperti disebutkan diatas.

  7. Video ini bagus dan sangat bermanfaat bagi kita semua sebagai pendidik anak usia dini,karena ada beragam cara untuk mengatasi anak yang mogok tidak mau belajar hingga enggan turun ke sekolah,gurunya sangat peduli terhadap anak-anak selain membujuk dan membimbing anak-anak di sekolah yang tidak mau belajar,guru pun mencari informasi tentang masalah yang di hadapi anak hingga ke rumah sehingga di dapatkan lah informasi yang lebih detail tentang masalah yang di hadapi anak.

  8. Nama:yerlina lase
    Nim:859891104
    Upjj:MEDAN
    Setelah saya melihat video tersebut kita akan mengetahui penyebab anak mogok tidak mau belajar dan kita juga mendapatkan solusi pada kasus tersebut.

  9. nama: laily listia khasanah
    nim: 859670883

    anak mogok belajar: vidio tersebut sangat bermanfaat untuk guru-guru lainnya begitupun juga saya, semua guru jadi tahu alasan” anak mogok belajar dan guru juga bisa menerapkan solusi yang ada di vidio tersebut supaya anak-anak kembali bersemangat belajar lagi.

  10. dengan anak mogok tidak mau belajar dan dengan melihat video ini kita mengetahui tugas guru untuk mengembangkan rasa ingin tahu anak,kecerdasan intelektual ,kemampuan mengelola emosi serta kemampuan berhubungan sosial dan etika. dan divideo ini dijelaskan bahwa tugas guru adalah sebagai obor belajar sebagai anak-anak. dan kita mengetahui sebagian besar kesalahan yang dilakukan oleh guru adalah mementingkan kecerdasan anak dan meluakan bahwa pembelajaran PAUD harus dilakukan dengan selalu menyenangkan. kita lebih tahu beberapa tugas yang harus dimiliki guru. dan kita juga dapat mengetahui masalah-masalah yang dialami anak kenapa mogok belajar dan cara mengatasinya.

Leave a Reply