silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,934 Comments

  1. Nama : Firda Nuzula Ramadhani
    Nim : 858756316
    Dalam video tersebut sangat bermanfaat bagi saya dalam mengatasi masalah anak mogok tidak mau belajar. Dimulai dari menciptakan suasana kelas dan membangun memotivasi anak. Serta mencari tau masalah yang dihadapi oleh anak.

  2. Nama : Ika Diah Ayuningsih
    NIM : 857704773

    Tindakan guru Taman Kanak-kanak tersebut sangatlah bijaksana dan peduli terhadap keadaan emosional anak-anak. Pertama-tama, guru memastikan untuk meredakan situasi dengan meminta anak yang memukul atau menangis untuk tenang. Hal ini penting untuk menghindari eskalasi konflik dan memberikan kesempatan kepada anak untuk menenangkan diri.

    Selanjutnya, dengan mendekati anak dengan kelembutan dan kehangatan, guru menunjukkan empati dan kepedulian terhadap perasaan anak. Dengan bertanya mengapa anak melakukan tindakan tersebut, guru membuka pintu untuk anak untuk mengungkapkan perasaannya dan merasa didengar. Ini penting karena anak-anak seringkali belum mampu mengungkapkan perasaan mereka secara verbal dengan baik.

  3. Nama: MAULIDAH
    NIM: 858305482

    Judul topik video GPO: Anak Tidak Percaya Diri

    Anak usia dini adalah usia emas atau golden age, karena pada usia/periode ini sangatlah penting.
    Pada video jni sudah bagus, guru terlihat memotivasi anak yang belum percaya diri terhadap hasik karya nya.
    Kita sebagai pendidik sudah semestinya memotivasi anak didik kita, walaupun dalam hasil gambaran anak tersebut masih berupa coretan, kita apresiasi hasil gambarnya, agar anak akan lebih mengeksplorasi gambar mereka.

    Demikian tanggapan saya mengenai video, sekian dan Terima kasih

  4. Video ini sangat bermanfaat untuk saya karena saya jadi tahu solusi untuk menangani anak yang tidak mau belajar yaitu guru mencari tahu mengapa anak mogok belakjar dengan bertanya kepada orang tua anak,memberi pilihan belajjar kepada anak misalnya ingin belajar dengan teman atau belajar di ruangan lain, jika anak mogok karena bosan guru boleh memberi anak waktu bermain namun dengan catatan di beri waktu lalu setelah itu belajar kembali atau guru dapat membentuk motivasi dalam diri anak seperti boleh bermain yang lama setelah selesai belajar.

  5. Video ini sangat bermanfaat bagi saya karena terdapat solusi untuk menangani anak yang tidak mau belajar yaitu guru mencari tahu mengapa anak mogok belakjar dengan bertanya kepada orang tua anak,memberi pilihan belajjar kepada anak misalnya ingin belajar dengan teman atau belajar di ruangan lain, jika anak mogok karena bosan guru boleh memberi anak waktu bermain namun dengan catatan di beri waktu lalu setelah itu belajar kembali atau guru dapat membentuk motivasi dalam diri anak seperti boleh bermain yang lama setelah selesai belajar.

  6. NAMA : RIZKA ANGGREANI PUTRY
    NIM : 858879713

    Video diatas sangat bermanfaat karena membantu guru untuk mengatasi anak yang mogok tidak mau belajar. Hal yang pertama disiapkan yaitu guru harus bisa memahami karakteristik anak. Guru harus membuat anak merasa tenang. Guru menunjukkan kasih sayang agar anak mampu mengungkapkan hatinya. Selanjutkan guru bisa memintanya bercerita tentang apa yang membuatnya tidak mau belajar, serta yang terakhir guru bisa memberinya pengarahan yang positif yang bisa di pahami oleh anak.

  7. Novianti 85699722
    Judul topik anak tidak percaya diri
    Dari video di tersebut, bahwa guru sudah bersikap baik, melakukan pendekatan pada murid yang tidak mau belajar dengan teman nya.
    Guru harus mengetahui penyebab apa murid tidak mau mengikut kegiatan.

    Demikianlah tanggapan saya atas video tersebut.

  8. Novianti 85699722
    Judul topik anak tidak percaya diri
    Dari video di tersebut, bahwa guru sudah bersikap baik, melakukan pendekatan pada murid yang tidak mau belajar dengan teman nya.
    Sebagai guru juga harus mengetahui penyebab apa murid tidak mau mengikut kegiatan.Menjadi guru harus banyak belajar supaya murid tertarik apa yang guru ajarkan. Dan memberikan rasa gembira di kelas

    Demikianlah tanggapan saya atas video tersebut.

  9. Novianti 856999722
    Judul topik anak tidak percaya diri
    Dari video di tersebut, bahwa guru sudah bersikap baik, melakukan pendekatan pada murid yang tidak mau belajar dengan teman nya.
    Sebagai guru juga harus mengetahui penyebab apa murid tidak mau mengikut kegiatan.Menjadi guru harus banyak belajar supaya murid tertarik apa yang guru ajarkan. Dan memberikan rasa gembira di kelas

    Demikianlah tanggapan saya atas video tersebut.

  10. Nama : Sri Lestari
    NIM : 857748323

    Pembelajaran pada anak usia dini harus dengan menyenangkan, sama seperti video diatas oembelajaran yang menyenangkan adalah pembelajaran dengan bermain. Tetapi ada juga anak yang tidak mau bermain atau berkegiatan dengan temannya. Kita sebagai guru harus mencari tau apa penyebabnya sehingga anak tersebut tidak mau untuk mengerjakan tugas. Sebagai guru kita harus mencari solusi agar anak tersebut mau untuk berkegiatan atau bermain dengan temannya .

Leave a Reply