silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,934 Comments

  1. Nama:Durotun Naqiyah
    NIM:859525732
    Dari video diatas saya sangat banyak mendapat pengetahuan bahwa sebagai guru harus selalu mengingat bahwa setiap anak adalah individu yang unik dan perlu difahami oleh guru bahwa pendidikan diPAUD adalah belajar sambil bermain.bermain seraya,belajar jadi sebagai seorang guru kita harus menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga anak-anak atusias dan mencintai sekolahnya selalu merindukan untuk datang ke sekolah dan seperti video diatas sangat membantu saya dalam mengatasi apabila ditemukan ada siswa yang mogok tidak ingin belajar terima kasih banyak makin menambah wawasan saya

  2. Nim:858533246
    Nama:kosiatul atik sriwahyuningsih
    Judul:Anak mogok tidak mau belajar
    Sebagai guru menciptakan pembelajaran yang menarik minat anak.Cara mengatasi anak mogok tidak mau belajar banyak komunikasi dengan orang tua.Vidio ini sangat bermanfaat bagi pendidik untuk motivasi dalam menciptakan pembelajaran.

  3. Pada dasarnya semua anak memiliki rasa ingin tahu yang banyak, hanya saja ada beberapa anak yang memang belum bisa mengungkapkan perasaannya dengan benar. Hal itu mungkin karena karakter anak yang memang pendiam, atau mungkin juga bisa karena takut (takut salah atau takut terhadap guru). Hal itu yang bbisa menyebabkan anak jadi tidak mau belajar. Kita sebagai guru diharuskan untuk bisa memahami karakter dan perkembangan setiap anak itu berbeda-beda, dan juga kita harus bisa memahami minat dan keinginan anak. Terlebih lagi kita juga harus menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi setiap anak agar anak merasa senang dan tidak bosan dalam belajar apalagi sampai mogok tidak mau belajar.

  4. bismillahirrahmanirrahim.. assalamu’alaikum, mohon maaf izin menanggapi video diatas,
    nama : Masri’ah
    nim : 8858532244
    video yang berjudul “anak mogok tidak mau belajar” video diatas menjelaskan tentang pembahasan metode, cara yang dilakukan oleh seorang guru tentang cara menangani anak yang mogok tidak mau belajar, masalah ini sering kita jumpai pada pendidikan anak usia dini, seorang guru perlu mendalami dan mencari penyebab kenapa anak mogik tidak mau belajar, kemudian barulah guru melakukan pendekatan kepada anak, dan mencarikan solusi untuk anak, dan perlu disesuaikan dengan kebutuhan anak, yang mana anak merasa nyaman dan senang saat belajar, metode yang dijelaskan oleh narasumber diatas merupakan solusi yang tepat dan sesuai dengan pendidikan anak usia dini, serta menginspirari kami bagi para guru. akan tetapi benar apa yang disampaikan oleh pakar dosen bahwa akan lebih menarik apabila video diatas ditampailkan secara detil tentang dialog antara anak dan guru, serta dialog orang tua dan guru.
    baik hanya itu yang dapat saya sampaikan, mohon maaf dan mohon bimbingannya selalu untuk bapak tutor..
    terimakasih, wassalamu’alaikum…

  5. Nama : Saur Pita Uli
    NIM : 857366541
    Judul Video : Anak Mogok Tidak Mau Belajar

    Ijin memberikan tanggapan
    Pada dasarnya semua anak memiliki rasa ingin tahu yang banyak, hanya saja ada beberapa anak yang memang belum bisa mengungkapkan perasaannya dengan benar. Hal itu mungkin karena karakter anak yang memang pendiam, atau mungkin juga bisa karena takut (takut salah atau takut terhadap guru). Hal itu yang bbisa menyebabkan anak jadi tidak mau belajar. Kita sebagai guru diharuskan untuk bisa memahami karakter dan perkembangan setiap anak itu berbeda-beda, dan juga kita harus bisa memahami minat dan keinginan anak. Terlebih lagi kita juga harus menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi setiap anak agar anak merasa senang dan tidak bosan dalam belajar apalagi sampai mogok tidak mau belajar.

  6. Menurut saya setelah melihat video tersebut saya menjadi tahu bagaimana cara untuk menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar, kita sebagai guru harus mencari tahu pokok permasalahannya kemudian kita mencari solusinya agar anak mau belajar lagi. Kita sebagai guru juga harus menjadi tempat yang nyaman agar anak -anak mau bercerita tentang perasaan dan masalah yang dihadapinya.

  7. Nama : Sumarti
    Nim : 857627206
    Upbjj. : Purwokerto
    Menurut saya sikap guru untuk mengatasi anak mogok sudah cukup bagus dan bisa menjadi acuan kami sbg guru bila mendapati masalah yg seperti itu,hanya sedikit saran ,kadang anak tetep mogok TDK mau bljar maka perlu adanya pelibatan orang tua agar anak mau belajar lg

  8. Anak Mogok Tidak Mau Belajar memang hal yang sering di jumpai oleh seorang guru TK. terimakasih ilmunya dalam video tersebut Peran guru sebagai motivator terhadap anak memang sangat di perlukan. Komunikasi guru dan orang tua juga harus di lakukan untuk mencapai perkembangan anak dengan maksimal.

  9. Nama : Erna Oktavianita
    NIM : 857234407
    UPBJJ : Serang

    Anak Mogok Tidak Mau Belajar memang hal yang sering di jumpai oleh seorang guru TK. terimakasih ilmunya dalam video tersebut Peran guru sebagai motivator terhadap anak memang sangat di perlukan. Komunikasi guru dan orang tua juga harus di lakukan untuk mencapai perkembangan anak dengan maksimal.

  10. terimakasih untuk penjelasannya Bu, akan saya coba untuk menghadapi anak didalam kelas yang tidak mau ikut bermain bersama. Ijin memberikan saran untuk pembawaan nya saya sangat menyukai hanya saja untuk lagu pengiringnya terdengar sedikit tidak sesuai, mungkin dapat menggunakan musik yang lebih ceria. terimakasih banyak.

Leave a Reply