silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,934 Comments

  1. Nama: Tri Wahyuli
    NIM. : 857619699
    Video tersebut sangat membantu dalam pemahaman cara mengatasi anak yang mogok belajar.yang pernah saya hadapi adalah
    Anak bisa di tanya kenapa tidak mau sekolah.kadang ada ana yang mengatakan alasan kenapa mogok sekolah.karena merasa bosan.guru bisa melakukan pengaman atau guru bisa menanyakan langsung ke anak apa yg di inginkan untuk lebih bersemangat bersekolah.sehingga guru akan lngsung mencari solusi pembelajaran yang lebih menyenangkan untuk anak.

  2. Nama: Ervina Safira Putri
    NIM: 857504235

    Di dalam video ini menjelaskan bahwa guru bisa mengetahui alasan kenapa anak mogok tidak mau belajar dan ada cara agar guru bisa membentuk motivasi anak dan membangkitkan rasa ingin tahu anak tentang belajar melalui bermain. Alasan kenapa ada anak yang mogok belajar diantaranya anak takut, anak dipaksa mengerjakan tugas yang tidak dimengerti, atau anak bertengkar dengan teman sekelasnya. Jika sudah mengetahui alasannya, guru bisa melakukan home visit untuk mengetahui alasan mengapa anak menjadi mogok belajar secara lebih detail.

  3. Nama : Nurul Arifin
    NIM : 857996056

    Terimakasih telah membuat video yang sangan bermanfaat bagi kami para pendidik PAUD… Kami sebagai pendidik Anak Usia Dini tentunya seringkaali mengalami kendala-kendala seperti hal tersebut, kami bisa menjadikan video ini sebagai sumber wawasan, trik dan tips untuk mengatasi permasalahan tersebut. terimakasih banyak semoga selalu memberikan barokah dan manfaat ilmunya bagi kami….

  4. Video ini sangat bagus untuk saya sebagai seorang pendidik sebagai bahan pembelajaran bila saya menghadapi hal yang seperti pada video tersebut karena setiap sekolah pasti mengalami hal seperti yang terdapat pada video tersebut.

  5. Nama : Siti Sofiatin
    NIM : 858963559
    Assalamu’alaikum wr.wb

    Sering kali terjadi di setiap sekolah anak tidak mau belajar disebabkan karena anak merasa bosan dengan teknik pembelajaran yang setiap hari guru gunakan. Sebagai seorang guru perlu dilakukan cara atau strategi pembelajaran yang sesuai dengan minat anak dan hanya terfokus pada anak.
    Cara diatas bisa digunakan di lembaga-lembaga yang memiliki permasalahan seperti yang telah kita lihat di atas. Saya sangat berterimakasih dengan adanya video diatas saya dapat mengetahui bagaimana seharusnya seorang pendidik bersikap dan bagaimana seorang pendidik menangani permasalahan tersebut, karena di tempat saya mengajar hampir setiap hari terjadi hal seperti itu. Saya pribadi akan belajar lebih banyak lagi, melatih diri saya sendiri agar bisa menjadi pendidik yang profesional dan berkualitas.
    Terimakasih. Wassalamu’alaikum wr.wb

  6. Nama : Amanda Dwi SETIAWATI
    Nim : 857758514

    Setelah saya melihat vidio ini, sangat bermanfaat bagi guru untuk menambah wawasan atau pengalaman, dan ada cara agar guru bisa untuk memotivasi anak dan membangkitkan rasa ingin tau anak, tentang belajar melalui bermain.

  7. Nama: Vianney Dita M. P
    NIM: 857867787
    UPBJJ: Surakarta

    Anak Mogok Tidak Mau Belajar

    Pada video tersebut, memberikan gambaran bahwa sekolah adalah tempat yang menyenangkan untuk belajar. Terutama untuk anak usia dini, dimana konsep belajar yang ditanamkan adalah bermain sambil belajar. Sehingga memberikan gambaran bahwa ketika terdapat anak yang mogok tidak mau diajak belajar, ada beberapa saran dari video yang dapat diterapkan.
    Terima kasih untuk video yang sangat menarik dan memberikan jawaban dari kebimbangan pendidik anak usia dini menghadapi anak yang mogok belajar.
    Terima kasih.

  8. Nama: Amalia Erin Triana
    NIM: 858102827

    Setelah saya menyaksikan video ini, saya dapat mengetahui bagaimana langkah langkah yang dapat dilakukan oleh seorang guru untuk membujuk jika terdapat salah satu murid nya ketika mogok tidak mau belajar bersama. Dan dapat memotivasi saya sebagai guru muda dalam melakukan kegiatan pembelajaran secara kreatif, aktif dan menyenangkan

  9. Nama : Siti Farida
    NIM : 858530921
    Dalam video diatas sangat bermanfaat, bisa menjadi referensi saya ketika mengalami hal yang sama seperti pada video tersebut, yakni ketika ada anak yang mogok belajar kita sebagai guru harus melakukan pendekatan seperti yang disebutkan diatas.

  10. Nama : Nur Tahlia Mokodenseho
    Nim : 859952939
    UPBJJ : UT Manado

    Pada Video pembelajaran dengan seri Pengembangan Sosial Emosional Paud yang berjudul “Anak Mogok Tidak Mau Belajar” tampaknya memberikan wawasan yang berharga bagi saya tentang pendekatan pendidikan anak usia dini. Pada video tersebut menekankan pentingnya mengembangkan rasa ingin tahu, kecerdasan intelektual, dan kemampuan emosional serta sosial anak-anak. Ini adalah aspek penting yang sering terlupakan ketika fokus hanya pada kecerdasan akademis.
    Menurut saya Video tersebut mengingatkan saya bahwa belajar pada usia dini harus menyenangkan dan menarik, sesuai dengan asal kata “skole” yang berarti menyenangkan. Pendekatan ini membantu anak-anak untuk lebih terlibat dan termotivasi dalam proses belajar. Mengenali dan mengatasi alasan mengapa seorang anak mungkin tidak ingin belajar atau bermain adalah kunci untuk membantu mereka kembali ke jalur pembelajaran.
    Masukan dan saran :
    Perlunya Pendekatan Individualisasi Setiap anak unik dan mungkin memerlukan pendekatan yang berbeda. Penting bagi pendidik untuk mengenali dan menyesuaikan metode pengajaran untuk memenuhi kebutuhan individual setiap anak.
    Kemudian Home visit yang disebutkan dalam video adalah cara yang baik untuk melibatkan orang tua dalam proses pendidikan dan memahami latar belakang anak. Komunikasi yang efektif antara guru dan orang tua dapat membantu mengidentifikasi dan mengatasi masalah yang mungkin menghambat pembelajaran anak.
    Perlunya Ruang Belajar yang Fleksibilitas juga Memberikan anak pilihan untuk belajar di ruangan yang berbeda adalah ide yang bagus untuk memberikan variasi dan menghindari kebosanan. Ini juga membantu anak merasa bahwa mereka memiliki kontrol atas pembelajaran mereka.
    Kegiatan pengayaan harus dirancang untuk menarik dan menantang, memungkinkan anak untuk menjelajahi minat mereka dan belajar dengan cara yang tidak konvensional.
    Dan yang terakhir membuat Kesepakatan waktu bermain antara Guru dengan anak harus jelas dan konsisten, dengan batasan yang disepakati bersama. Ini mengajarkan anak tentang struktur dan disiplin sambil tetap memberikan kebebasan untuk bermain dan menjelajah.
    Secara keseluruhan, pendekatan yang dijelaskan dalam video tampaknya sangat mendukung dan menghargai proses belajar anak. Ini adalah langkah yang baik menuju pendidikan yang lebih holistik dan inklusif yang tidak hanya fokus pada hasil akademis tetapi juga pada perkembangan sosial dan emosional anak.

Leave a Reply