silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
Video tersebut menjelaskan beberapa alasan mengapa anak mogok dalam belajar,kita sebagai guru harus mempunyai strategi pembelajaran yang menyenangkan untuk anak didik supaya mereka tidak menganggap ada paksaan di dalam pembelajaran.terimakasih
nama:Yuni Indriyastuti
NIM :857859962
Dari vidio diatas ada beberapa kesalahan yang dilakukan guru mengapa anak tidak mau belajar yaitu lebih menekankan aspek kecerdasan padahal belajar anak paud haruslah menyenangkan.Ada beberapa kemungkinan dan solusi bagi anak yang mogok tidak mau belajar dan itu sangat menginspirasi saya sebagai guru
Nama : Misliani
NIM : 858304355
UPBJJ : Banjarmasin
Setelah meliat Vidio tersebut saya mendapatkan ilmu tentang bagaimana cara mengatasi anak yang mogok belajar serta berbagai macam teknik yang dapat dilakukan saat mengatasi anak dengan keluhan yang sama.
Terimakasih atas ilmu yang diberikan
Semoga saya bisa menjadi guru yang lebih baik lagi
NAMA:UMI ULFAIZAH
NIM : 859685163
Terkait video diatas penanganan anak mogok belajar dengan beberapa alternatif solusi sehingga anak termotivasi kembali untuk semangat belajarnya,kami terinspirasi untuk mengaplikasikannya
Nama : Luh Putu Ari Widayani
NIM: 859034078
Judul Video: Anak Mogok Tidak Mau Belajar
Komentar:
Dalam Video ini sangat menginspirasi para Guru PAUD untuk mengatasi anak yang tidak mau bermain sambil belajar di sekolah kemungkinan permasalahan yang dihadapi anak harus ditelusuri satu per satu dan dari informasi permasalahan yang dihadapai sudah dapat, maka perlu kita merencanakan cara untuk mengatasi masalah yang dihadapi anak tersebut. Misalnya saja permasalahan anak tidak mau belajar ke sekolah adalah karena tidak suka dengan temannya atau diganggu oleh temannya. Kemungkinan kedua anak tersebut merasa takut atau tidak suka dengan pembelajaran yang dilakukan oleh guru di sekolah misalnya anak tersebut tidak suka menggambar. Menghadapi anak seperti ini memerlukan perhatian dan bimbingan yang khusus. Sudah Kewajiban seorang guru untuk bersikap sabar dan tenang menghadapi anak seperti ini. Pada intinya buat anak tersebut senang terlebih dahulu. Tanyakan hal-hal yang disukai anak tersebut. Tidak lupa pula menanyakan kepada orang tuanya keseharian anak dirumah hal-hal apa saja yang sering dilakukan anak dan disukai anak dirumahnya. Setelah mendapatkan informasi, Guru merencanakan suatu cara atau kegaiatan yang disukai anak, namun tidal lepas dari tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Agar Anat belajar kesekolah dan secara perlahan pula mau mengikuti pembelajaran yang sebagaimana anak yang lain melakukannya. Misalnya saja dari yang pertama membujuk anak terlebih dahulu untuk bersekolah, kemudian dibimbimbing secara individu di ruangan yang berbeda dari anak lain, sampai perlahan mau ikut belajar bermain bersama dengan temannya.
Nama : Chodidjah
Nim : 859939868
UPBJJ : Jakarta
Setelah menyimak video diatas mengenai “Anak mogok tidak mau belajar ” Tugas utama seorang pendidik adalah menyalakan obor belajar bagi anak-anak namun kesalahan yang sering dilakukan oleh pendidik anak usia dini adalah lebih fokus menekankan aspek kecerdasan dan melupakan bahwa pembelajaran anak usia dini harus menyenangkan. Mengapa pembelajaran anak usia dini harus menyenangkan?karena apabila anak senang anak tidak akan merasa takut, merasa bosan, kemudian bertengkar dengan teman apalagi merasa terpaksa dalam mengerjakan tugas sehingga anak tidak merasa tertekan dan menikmati setiap proses pembelajaran yang diberikan oleh gurunya
Nama: Dina Bahrun Nikmah
Nim: 877322434
Setelah melihat video ini, sebagai guru kita harus bisa memahami apa yang sedang dirasakan anak. Apakah ia bosan, bertengkar dengan temannya, takut atau apakah ada perkataan dan perbuatan guru yang menyakiti hatinya.
Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan homefisit kepada orang tua dan mengajukan beberapa pertanyaan kenapa anak tidak mau sekolah padahal guru dan teman-teman lainnya sudah kangen. Ketika anak bosan dapat kita lakukan kegiatan pengaman seperti bermain selama anak tertarik tetapi dengan ketentuan waktu yang kita buat bersama anak.
Nama : Syifa Mesti Apprikhatin
NIM : 857632293
Pada video “anak mogok tidak mau belajar” ini, dijelaskan alasan mengapa anak mogok belajar dan menjadi pengingat bagi pendidik bahwa alasan anak mogok belajar bukan saja karena anak itu sendiri, bisa saja dari temannya bahkan dari perilaku gurunya yang menyebabkan anak mogok belajar. Selain itu, disebutkan pula solusi yang bisa kita lakukan apabila menangani kasus tersebut salah satunya dengan home visit. Tentu video ini sangat bermanfaat bagi kami
Anak mogok tidak mau belajar adalah situasi yang umum dijumpai dalam proses pendidikan, terutama di awal masa pendidikan formal. Penyebab mogok belajar dapat berasal dari dalam diri anak, seperti rasa malas, suasana hati yang berubah-ubah, pemahaman yang lemah, atau alergi belajar. Penyebab lainnya dapat berasal dari luar diri anak, seperti lingkungan belajar yang tidak nyaman, cara guru atau orang tua mengajari yang tidak menyenangkan, atau penyampaian materi yang tidak sistematis.
Untuk mengatasi anak yang mogok tidak mau belajar, guru dan orang tua harus berkomitmen untuk mengetahui penyebab sebenarnya dan mengarahkan anak dengan tindakan yang tepat. Mereka harus objektif dalam menyikapi keluhan anak dan tidak menuduh tanpa alasan dan dukungan bukti-bukti. Dengan menggali penyebab mogok, dapat dilakukan penanganan yang tepat dan efektif. Guru juga dapat menggunakan strategi seperti bermain untuk membangkitkan rasa ingin tahu anak tentang belajardan mengatasi rasa takut atau bosan yang mungkin menyebabkan anak mogok belajar.
Selain itu, guru dan orang tua juga dapat membantu anak mengatasi rasa malas belajar dengan cara membuat belajar seru dan tidak hanya fokus pada buku pelajaran. Mereka dapat menggunakan variasi belajar seperti membuat mind mapping atau menonton video pembelajaran. Hal ini dapat membuat anak tidak cepat bosan dan lebih antusias dalam belajar
Dalam Video ini sangat menginspirasi para Guru PAUD untuk mengatasi anak yang tidak mau bermain sambil belajar di sekolah kemungkinan permasalahan yang dihadapi anak harus ditelusuri satu per satu dan dari Informasi permasalahan yang dihadapi sudah dapat, maka perlu kita merencanakan cara untuk mengatasi masalah yang menimpa anak tersebut. Misalnya saja permasalahan anak tidak mau belajar ke sekolah adalah karena tidak suka dengan temannya atau diganggu oleh temannya.
Untuk mengatasi anak yang tidak mau belajar, guru dan orang tua harus berkomitmen untuk mengetahui penyebab sebenarnya dan mengarahkan anak dengan tindakan yang tepat. Mereka harus objektif dalam menyikapi keluhan anak dan tidak menuduh tanpa alasan dan dukungan bukti-bukti. Dengan menggali penyebab penandatanganan, dapat dilakukan penanganan yang tepat dan efektif. Guru juga dapat menggunakan strategi seperti bermain untuk membangkitkan rasa ingin tahu anak tentang belajardan mengatasi rasa takut atau bosan yang mungkin menyebabkan anak ketagihan belajar.
Selain itu, guru dan orang tua juga dapat membantu anak mengatasi rasa malas belajar dengan cara membuat belajar seru dan tidak hanya fokus pada buku pelajaran. Mereka dapat menggunakan variasi belajar seperti membuat mind map atau menonton video pembelajaran. Hal ini dapat membuat anak tidak cepat bosan dan lebih antusias dalam belajar