silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Nama : Mardila
nim : 855766326
Dari video yang berjudul “anak ngobrol dikelas saat PBM” sering terjadi saat pembelajaran dikelas dan dapat terjadi karena strategi pembelajaran guru yang kurang tepat. sebelum bercerita guru seharusnya mempersiapkan alat dan bahan yang menarik perhatian anak dan membuat lingkaran sehingga guru bisa mengusai anak-anak, dengan begitu anak menjadi mudah dikontrol.
dari video tersebut juga terlihat ada upaya guru menghentikan pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas,memisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang sedang belajar, memposisikan anak yang mengobrol menjdi duduk didepan menjadi dekat dengan guru, melibatkan anak dalam kegiatan bercerita dan guru juga memberikan rewad saat anak dapat memperbaiki reaksinya. sehingga anak-anak menjadi lebih fokus dalam mengikuti kegiatan bercerita.
Setelah saya melihat video yang berjudul “anak ngobrol di kelas saat pembelajaran” memang sama dengan kenyataan dilapangan. Saya sebagai guru juga sering mendapati anak asyik ngobrol saat guru menjelaskan pembelajaran. saya pun melakukan hal sama dengan tips dlama video tersebut seperti memisahkan anak yang ngobrol dan mendekatkan anak dengan guru.
Nama: Eko Endi Ariyani
NIM : 857866072
Anak mengobrol ketika proses belajar sedang berlangsung adalah hal yang sering terjadi terutama dalam pendidikan anak usia dini, karena pada usia tersebut anak belum mampu konsentrasi dalam waktu yang lama. Oleh karena itu ketika anak mulai kehilangan konsentrasi (mengobrol) guru dapat menghentikan pembelajaran sejenak dan mengembalikan konsentrasi anak melalui tepuk atau nyanyian.
Setelah saya melihat video yang berjudul “Anak ngobrol di kelas saat pembelajaran” hampir sama kenyataan yang saya hadapi di kelas tempat saya mengajar di mana saat saya sedang melakukan proses belajar mengajar masih ada saja anak yang mengobrol dan tidak fokus saat guru menjelaskan pembelajaran, hal ini disebabkan anak usia dini belum mampu untuk berkonsentrasi dalam waktu yang lama. Oleh karena itu ketika anak mulai kehilangan konsentrasi( mengobrol) saya menghentikan pembelajaran sejenak dan mengembalikan konsentrasi anak melalui tepuk atau nyanyian, lalu saya juga memisahkan anak yang ngobrol dari anak yang sedang belajar serta melibatkan anak-anak dalam pembelajaran yang sedang saya ajarkan untuk menarik perhatian dan simpati anak-anak.
Nama : Nora Santika Sembiring
NIM: 859809569
Judul Video : Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM
Setelah menyaksikan video tersebut saya memahami bahwa dalam proses belajar mengajar guru hendaknya menggunakan variasi permainan seperti permainan tepuk , memisahkan anak yang suka mengobrol saat kegiatan belajar dan memberikan reward pada anak di akhir kegiatan . Namun untuk mencapai proses pembelajaran yang lebih kondusif guru juga sebaiknya menggunakan berbagai metode pembelajaran dalam menyampaikan materi pembelajaran . Misalnya dalam metode pembelajaran bercerita , guru dapat menerapkan pembelajaran inovatif dengan menggunakan media infokus , laptop , speaker dan micropon . Melalui pembelajaran yang inovatif tersebut anak -anak akan dibiasakan dengan teknologi, proses pembelajaran lebih efektif dan efisien,akan menarik minat anak untuk mendengarkan cerita dan anak tidak merasa bosan dalam kegatan sehingga ruang untuk mengobrol dengan temannya akan semakin kecil
Terimakasih .
Anak ngobrol dalam kelas adalah perilaku yang umumnya tidak diinginkan dan bisa mengganggu proses belajar mengajar.
Untuk menarik anak agar tidak ngobrol dalam kelas guru dapat menerapkan pembelajaran inovatif dengan menggunakan media infokus , laptop , speaker dan micropon..
Neni Rahmaningsih 858190728
Video ini bermanfaat bagi saya dalam menghadapi anak yang mengobrol ketika kegiatan belajar mengajar, ini dapat saya realisasikan ketika saya mengajar di kelas untuk menggunakan strategi-strategi yang telah diberitahukan di video.
mohon ijin menanggapi video atas
nama : ade Tia
NIM : 877671963
video ini sangat bermanfaat untuk guru paud untuk diterapkan di lembaga, video ini menjelaskan kejadian yang sering dialami di paud ketika anak sering mengobrol didalam kelas saat pembelajaran. Vidio di atas juga menjelaskan beberapa cara untuk mengatasi anak tersebut (yang suka mengobrol) di antanya:
1. guru menghentikan proses pembelajaran untuk menenangkan susasana kelas
2. guru memisahkan anak yang sedang mengobrol
3. guru memposisikan anak yang sedang mengbrol didekat guru
4. melibatkan anak dalam kegiatan bercerita
5. guru menenkankan kepada anak agar tidak mengulangi kejadian yang sama
6. guru memberikan reward kepada anak yang memperbaiki perilakunya
untuk refleksi kejadian diatas guru mampu meciptakan suasana belajar yang menyenangkan, dimana saat bercerita guru membuat bigbook agar anak lebih menarik untuk melihat cerita yang akan diceritakan, angkat tema cerita yang menyenangkan, membawa aksesoris / atribut dalam bercerita, buatlah anak melingkar dengan posisi guru ditengah agar anak lebih fokus pada cerita yang di ceritakan oleh guru.
hal ini kan lebih efektif untuk menciptakan suasana kelas belajar anak menjadi tenang dan menyenangkan.
Terimakasih
Nama : Isnayni
NIM
Nama : Isnayni
NIM : 858432073
Video ini sangat bermanfaat dan membantu saya sebagai guru paud untuk menerapkan dalam pembelajaran di kelas kami. Video ini menggambarkan situasi yang sering saya hadapi dalam pembelajaran di kelas yaitu ada anak yang mengobrol pada saat pembelajaran sedang berlangsung dan videi ini juga memberikan solusi atau cara mengatasi jika hal tersebut terjadi.
Adapun cara mengatasi hal tersebut yang di jelaskan pada video tersebut, diantaranya:
1. Guru menghentikan proses pembelajaran untuk menenangkan susasana kelas
2. Guru memisahkan anak yang sedang mengobrol
3. Guru memposisikan anak yang sedang mengbrol didekat guru
4. Guru melibatkan anak dalam kegiatan bercerita
5. Guru menenkankan kepada anak agar tidak mengulangi kejadian yang sama
6. Guru memberikan reward kepada anak yang memperbaiki perilakunya
Terima kasih