silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Nama : Rusydah
NIM : 877634618
UPBJJ : Jakarta
Berikut hasil analisis saya setelah menonton video tersebut,
Berdasarkan video tersebut terlihat seorang Guru yang sedang bercerita di depan kelas, namun anak-anak tidak mendengarkan dan sebagian sibuk mengobrol sendiri. Suasana kelas menjadi tidak kondusif. Jika dibiarkan, tujuan pembelajaran tentu tidak akan tercapai. Dan nantinya menghambat perkembangan sosial emosional anak.
Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengubah suasana kelas diantara lain :
1. Menghentikan pembelajaran sejenak agar anak bisa terkondisikan
2. Pisahkan anak yang suka mengobrol dengan anak yang mendengarkan dan mengikuti pelajaran dengan baik
3. kondisikan anak yang mengobrol duduk dekat dengan guru
4. Libatkan anak dalam kegiatan bercerita sehingga anak merasa antusias dalam mengikuti cerita kemudian tekankan kepada anak agar kejadian serupa tidak terjadi lagi
5. Berikan reward jika anak tidak mengulangi hal tersebut.
Terima kasih
Nama : Ria Rukmini
NIM : 857464321
UPBJJ : Bandung
penjelasan yang ada di vidio tersebut guru memberikan arahan kepada anak agar bisa memperhatikan cerita dengan berbagai cara, seperti memisahkan anak yang sedang mengobrol tersebut, memberikan penjelasan kepada anak tentang menghargai orang yang sedang berbicara, Dengan pendekatan yang bijak dan komunikatif, guru bisa mengubah hal tersebut menjadi pelajaran karakter dan keterampilan sosial.
Nama : Mujahidah Salsabila
Nim : 859788472
Setelah melihat vidio berisi gambaran umum, “Anak Ngobrol di kelas saat PBM”. Analisis saya terhadap vidio tersebut adalah sebagai berikut:
•jika waktu pembelajaran dimulai, guru memberikan pembelajaran lalu terdapat beberapa anak yang sedang mengobrol. Hal yang dapat kita lakukan adalah menghentikan proses kegiatan belajar sejenak untuk menenangkan kelas sejenak.
– lalu yang kedua, guru memisahkan anak yang mengobrol dengan temannya.
– posisikan anak dekat guru agar jika anak tersebut mengobrol kembali, guru mudah mengatasi nya.
– setelah posisi anak tersebut dekat dengan guru, libatkan anak dengan kegiatan tersebut.
– hal yang bisa dilakukan juga adalah tekankan anak agar tidak mengulangi Kejadian yang sama.
– setelah anak dapat mengikuti pembelajaran, guru dapat memberikan reward kepada anak yang dapat memperbaiki prilakunya.
Terimakasih 🙏🏻
Berdasarkan video di atas dapat disimpulkan bahwa anak-anak ngobrol saat pembelajaran (PBM) di kelas bisa terjadi karena berbagai alasan, termasuk bosan, kurang perhatian, atau masalah pribadi. Guru perlu mencari tahu penyebabnya dan menggunakan berbagai cara untuk mengatasi situasi ini, seperti membuat pembelajaran lebih interaktif, memberikan peringatan non-verbal, atau berbicara dengan siswa secara pribadi.
Penyebab Siswa Ngobrol di Kelas adalah bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti bosan, kurang perhatian, masalah pribadi, mencari perhatian, belum mengerti arti disiplin.
Ada beberapa cara mengatasi siswa ngobrol di kelas yaitu dengan mencari tahu penyebabnya, menggunakan metode belajar yang bervariasi, memberikan peringatan non-verbal, berbicara dengan siswa secara pribadi, membuat aturan yang Jelas, memberikan apresiasi, sabar dan tidak menggunakan suara keras, menggunakan energizer atau ice breaking, memberikan reward.
Nama : Rusydah
NIM : 877634618
UPBJJ : Jakarta
Berikut hasil analisis saya setelah menonton video tersebut, Berdasarkan video tersebut terlihat seorang Guru yang sedang bercerita di depan kelas, namun anak-anak tidak mendengarkan dan sebagian sibuk mengobrol sendiri. Suasana kelas menjadi tidak kondusif. Jika dibiarkan, tujuan pembelajaran tentu tidak akan tercapai. Dan nantinya menghambat perkembangan sosial emosional anak. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengubah suasana kelas diantara lain :
1. Menghentikan pembelajaran sejenak agar anak bisa terkondisikan
2. Pisahkan anak yang suka mengobrol dengan anak yang mendengarkan dan mengikuti pelajaran dengan baik
3. kondisikan anak yang mengobrol duduk dekat dengan guru
4. Libatkan anak dalam kegiatan bercerita sehingga anak merasa antusias dalam mengikuti cerita kemudian tekankan kepada anak agar kejadian serupa tidak terjadi lagi
5. Berikan reward jika anak tidak mengulangi hal tersebut.
Terima kasih
Nama : Fadhillah Millah Abdillah (877314089)
Berdasarkan video saya berikut analisis yang dapat saya jabarkan :
1. Bidang atau Aspek yang Dikembangkan yaitu Sosial Emosional terkait moral dan disiplin pada anak usia dini.
2. Metode yang digunakan guru di kelas yaitu melalui variasi permainan di dalam kelas agar mengembalikan fokus mereka ke pembelajaran, memberikan pendekatan individual terhadap anak yang suka mengobrol, pemberian reward di akhir pembelajaran untuk anak berperilaku baik.
3. Media yang digunakan oleh guru yaitu media gambar untuk mendukung proses pembelajaran. Media gambar digunakan untuk menari perhatian anak agar anak lebih fokus terhadap pembelajaran.
4. Kelebihannya adalah pendekatan yang lebih interaktif dengan cara guru menunjukkan kepekaan dengan menghampiri anak yang mengobrol dan mengajak kembali untuk fokus, serta menggunakan permainan dan reward untuk menjaga perhatian dan motivasi anak.
Kekurangannya adalah media yang digunakan kurang optimal, serta penataan kelas yang kurang menjangkau pandangan guru terhadap semua anak-anak di kelas.
5. Masukkan, sebaiknya guru menggunakan metode pembelajaran pemberian tugas atau proyek agar anak tertarik dengan pembelajaran pada saat itu dan menghentikan kegiatan mengobrol mereka. Serta perlu digunakan berbagai macam media yang menarik agar anak lebih fokus dan tertarik dengan kegiatan pada saat itu.
Assalamualaikum izin berkomentar
Nama : Herliani
NIM : 858318307
Mata Kuliah : Pemantapan kemampuan belajar
UPBJJ : Banjarmasin
Menurut Saya Saat melakukan metode bercerita kemudian ada anak mengobrol menurut saya cara mengatasi nya , bisa dengan merubah tata duduk bisa dengan duduk melingkar agar anak dapat melakukan fokus pada guru
kemudian melakukan pertanyaan timbal balik
Nama : Netik Ermawati
NIM : 859685228
Judul video : anak ngobrol dikelas saat PBM
Setelah melihat video mengenai anak yang mengobrol dikelas saat PBM, Ternyata memang sering kita jumbpai saat pembelajaran sedang berlangsung dikelas anak justru asyik mengbobrol dengan temannya. dari video tersebut ada beberapa cara atau strategi ketikba menghadapi anak yang mengobrol dikelas yaitu dengan cara :
1. mengubah strategi pembelajaran
2. menghentikan cerita sebentar untuk meredakan suasana kelas yang ramai
3. mbembisahbkan anak yang mengobrol
4. memposisikan anak yang mengobrol didekat guru
5. libatkan anak dalam cerita atau proses mengbajbar
6.memberi tahu kepada anak agar tidak mengulanginya
7. memberikan reward jika anak mempertahankan perilakunya.
Nama : Siska Haryanti
NIM : 857531114
Dalam tayangan video tersebut dengan judul “Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM” sangat setuju dengan apa yang sudah dipaparkan pada video tersebut karena dalam video tersebut diperlihatkan stategi guru dalam menangani anak-anak yang suka mengobrol di kelas saat PBM dengan cara guru harus bisa mengubah stategi belajar agar anak bisa fokus dengan apa yang sedang diceritakan atau dipelajari, memisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang sedang fokus mendengar cerita, posisikan anak yang senang mengobrol di kelas dekat dengan guru, libatkan anak dalam cerita yang sedang disampaikan guru, memberikan reword kepada anak agar anak dapat memperbaiki perilakunya yang suka mengobrol di kelas saat PMB. Stategi tersebut sangat bermanfaat untuk kita sebagai pendidik anak usia dini dalam menangani anak yang suka mengobrol di kelas saat PMB.
nama: Anni ester Silitonga
nim: 857473306
Menurut saya dalam vidio tersebut adalah sudah benar yaitu memisahkan anak yang suka mengobrol dan menjauhkan mereka. Sering kali kejadian tersebut terjadi saat PBM berlangsung ada anak-anak yang suka mengobrol bahkan sering menjahili teman sehingga PBM nya tidak kondusih. disitulah kita sebagai Guru harus lebih memperhatikan situasi saat PBM. Dan usahakan anak yang suka ngobrol di libatkan dalam setiap kegiatan dan memberikan rewerd kalau mereka bisa duduk manis dan mendengarkan Ibu Gura saat menyampaikan pembelajaran