silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. assalamualaikum wr wb
    izin mennaggapi video di atas
    perkenalkan saya :
    nama : DWI NOVIANI
    NIM : 860068103
    UPBJJ : Bandar Lampung

    dalam video di atas merupakan masalah yang sering di hadapi guru saat menyampaikan pembelajaran di kelas. terkadang sebagai guru bingung dan tidak tahu caranya untuk membuat pembelajaran di kelas menjadi kondusif. dengan melihat tayangan video di atas kita tahu bagaimana cara nya membuat pembelajaran yang di sampaikan itu mengena di siswa . ketika sedang menyampaikan pembelajaran dan ada anak yang tidak memperhatikan dan mengobrol itu sangat mengganggu suasana kelas atau bisa jadi membuat anak yang sedang belajar terganggu konsentrasi nya. maka sebagai guru yang harus dilakukan ketika menghadapi seperti ini adalah 1. menghentikan sejenak apa yang di sampaikan dan menanyakan penyebab anak mengobrol. itu akan membuat anak menjadi mengalihkan perhatiannya kepada yang disampaikan oleh guru. 2. memberikan mainan yang bervariasi misal memberikan tepuk ikan kembung “happ”3. memindahkan posisi anak menjadi lebih dekat dengan anak lebih berkonsentrasi terhadap apa yang guru sampaikan. 4. memberikan reward kepada anak yang bisa menjawab pertanyaan misalnya ” wah tepuk tangan buat naya ” 5. melibatkan anak di setiap penyampaian materi pembelajaran .

  2. Nama : Qonita Nur Isnaini
    NIM: 858755661
    UPBJJ: surabaya

    setelah melihat vidieo di atas, dikelas saya mengajar memang sering terjadi hal yang seperti ini dan cara untuk menghentikan hal tersebut menggunakan dengan berbagai cara misal guru bisa memisahkan anak 1 dengan yang lain, memanggil anak tersebut untuk dekat dengan guru di kelas, mengikut sertakan anak dalam berkegiatan, dan masih banyak lagi. sebagai guru kita harus berfikir bagaimana anak bisa mengikuti pembelajaran yang menurut anak-anak menarik, menantang dan mengasikkan bagi meraka agar anak-anak tidak beralih ke kegiatan yang lain seperti mengobrol sendiri atau bermain sendiri di kelas saat PBM berlangsung
    terima kasih

  3. Setelah menonton Video dengan judul ANAK NGOBROL DI KELAS SAAT PBM. Setelah saya amati, hal yang terdapat dalam video diatas sering saya jumpai bahkan saya mengalaminya. Setelah melihat video tersebut, menurut pendapat saya video tersebut sangat membantu dalam memperbaiki pembelajaran agar anak mengurangi ngobrolnya saat PBM.. Ada beberapa strategi dalam video tersebut diantaranya
    – Hentikan cerita Guru/ proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas.
    – pisahkan anak yang mengobrol dari anak yang sedang belajar
    – posisikan anak yang mengobrol didekat guru
    -melibatkan anak dalam proses pembelajaran.
    – tekankan anak tidak mengulangi kejadian yang sama
    – berikan rewards kepada anak jika anak dapat memperbaiki relasi.

  4. Terima kasih Ibu atas penjelasannya. Video diatas menjadi refleksi saya juga dalam mengajar dan semoga dapat diaplikasikan selalu di dalam kelas. Adapun tanggapan saya tentang anak yang mengobrol di kelas yakni mereka mengobrol biasanya topik yang mereka diskusikan dengan teman lebih menarik dibandingkan apa yang guru sedang jelaskan, maka dari itu menurut saya mengalihkan atau menarik perhatian mereka sangatlah penting. Memberikan pengertian tentang peraturan di kelas agar tidak mengobrol dan bagaimana menghargai dan menghormati guru yang sedang menjelaskan di depan juga sangat penting. Selain itu anak dapat belajar untuk meregulasi diri untuk tidak mengobrol dan mengganggu anak-anak yang lain yang sedang memperhatikan. Salah satu metodenya dengan menghentikan pembelajaran terlebih dahulu dan bertanya kepada anak yang mengobrol apakah siap mendengarkan pelajaran dan bertanya bagaimana efeknya jika ada anak yang mengobrol kepada anak yang lain, anak yang mengobrol sebelumnya dapat menjawab dan berlatih mempraktikkan apa yang mereka katakan dan sepakati.

  5. NAMA : MA’RIFATUL HASANAH
    NIM ; 857819059

    Setelah menonton Tayangan video yang berjudul ” Anak Ngobrol dikelas saat PBM” saya menyadari bahwa menjaga perhatian anak-anak selama proses belajar mengajar sangat penting. Dalam video, terlihat beberapa anak ngobrol sendiri sehingga suasana kelas menjadi kurang kondusif. Hal ini mengganggu jalannya pembelajaran dan membuat fokus anak-anak lain ikut terpecah.

    Melihat situasi tersebut, saya menyadari perlunya:
    1. Menyiapkan kegiatan yang lebih menarik dan sesuai dengan karakteristik anak usia dini.
    2. Membuat aturan kelas yang disepakati bersama anak, tentang kapan saatnya berbicara dan kapan harus mendengarkan.
    3. Memberikan aktivitas selingan (seperti lagu, tepuk tangan, gerak tubuh) untuk menjaga energi dan perhatian anak.
    4. Memberikan kesempatan khusus untuk anak berbicara atau mengungkapkan pendapat, sehingga kebutuhan mereka untuk bersosialisasi tetap terpenuhi.

    Refleksi ini mengingatkan saya bahwa pembelajaran anak usia dini harus aktif, fleksibel, dan memperhatikan kebutuhan emosi serta sosial anak-anak.

  6. Terimakasih GPO melalui video ini saya dapat belajar cara mengkondisikan situasi kelas dan cara membuat anak fokus pada aktivitas yang sedang dilakukan dikelas.. hal itu yang sering saya atau mungkin teman2 guru PAUD alami karna hakikatnya memang anak2 itu cenderung aktif dan unik,, video ini sangat bermanfaat untuk saya yang sedang belajar tentang cara menangani berbagai macam karakter anak didik saya

  7. Nama: Bernicha Hayu Pangesti
    UPBJJ UT MALANG
    SALUT BLITAR RAYA

    Dari video yang sudah saya amati terdapat anak yang mengobrol pada saat pembelajaran berlangsung.Dalam kegiatan ini guru sedang membacakan buku cerita namun ada beberapa anak yang tidak mau mendengarkan mereja justru mengobrol dengan temannya.Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi permasalahan tersebut aitu dengan memisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang fokus mendengarkan cerita,mengajak anak yang mengobrol untuk duduk di dekat guru,melibatkan anak dalam kegiatan cerita dan proses belajar mengajar,guru juga menenangkan anak agar mereka tidak mengulangi hal yang sama ketika pembelajaran berlangsung.Di akhir cerita guru tampak memberikan reward berupa tepuk tangan kepada anak jika dapat memperbaiki perilakunya.Metode ini sering dilakukan agar anak merasa dihargai dan mempunyai semangat untuk belajar,untuk melatih fokus pada anak dapat dilakukan juga dengan mengajak anak untuk ice breaking terlebih dahulu ,dengan mengajak anak bermain tebak gambar atau menanyakan kembali isi cerita di akhir pembelajaran . Dengan metode ini anak akan fokus dan menggunakan daya berpikirnya untuk menjawab pertanyaan seputar buku cerita yang telah didengarnya.

  8. Anak-anak ribut karena kurang fokus belajar dan mulai bosen saat proses belajar mengajar memang sering menjadi tantangan tersendiri bagi guru. Namun setelah Saya melihat bagaimana guru tersebut mengatasi anak yang ribut dikelas ,dengan memposisikan anak yang sedang mengobrol berada didekat guru dan memberi peringatan tegas namun tetap mengedepankan komunikasi dan empati terhadap siswa,serta memberikan reward kepada anak yang berhasil. Ini bisa jadi refleksi bagi guru untuk lebih memahami penyebab perilaku siswa dan mencari solusi yang membangun. Setelah melihat vidio tersebut memberikan pemahaman dan wawasan lebih dalam kepada saya untuk memberikan sikap yang baik dalam mengatasi ketika anak ribut saat proses belajar mengajar dengan tidak langsung marah marah/bersuara keras tetapi bisa dapat dilakukan dengan menghentikan sementara proses belajar mengajar dan selalu melibatkan anak dalam proses bercerita atau belajar mengajar yang disampaikan.

  9. Nama :Selva yuliana
    Nim :877594901
    Upbjj : palembang

    Anak-anak ribut karena kurang fokus belajar dan mulai bosen saat proses belajar mengajar memang sering menjadi tantangan tersendiri bagi guru. Namun setelah Saya melihat bagaimana guru tersebut mengatasi anak yang ribut dikelas ,dengan memposisikan anak yang sedang mengobrol berada didekat guru dan memberi peringatan tegas namun tetap mengedepankan komunikasi dan empati terhadap siswa,serta memberikan reward kepada anak yang berhasil. Ini bisa jadi refleksi bagi guru untuk lebih memahami penyebab perilaku siswa dan mencari solusi yang membangun. Setelah melihat vidio tersebut memberikan pemahaman dan wawasan lebih dalam kepada saya untuk memberikan sikap yang baik dalam mengatasi ketika anak ribut saat proses belajar mengajar dengan tidak langsung marah marah/bersuara keras tetapi bisa dapat dilakukan dengan menghentikan sementara proses belajar mengajar dan selalu melibatkan anak dalam proses bercerita atau belajar mengajar yang disampaikan.

  10. NAMA : SOPIAH
    NIM : 857631102

    Assalamu’alaikum wr.wb
    ijin menanggapi Judul video ” Anak mengobrol di dalam kelas saat PBM ”
    Setelah saya mengamati video tersebut di atas maka saya menemukan beberapa hal tentang strategi dalam mengajar anak usia dini antara lain :
    1. Membuat kesepakatan kelas atau aturan kelas sebelum melakukan kegiatan inti dan membacakan secara konsekuen pada setiap harinya
    2. Menggunakan metode mengajar yang interaktif supaya anak tetap fokus dan terlibat dalam proses pembelajaran
    3. Berikan perhatian individual kepada anak yang sering mengobrol pada saat PBM
    4. Berikan pertanyan pematik untuk menarik perhatian anak

Leave a Reply