silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. Nama : Ni Putu Dian Amanda Putri
    NIM : 859038985
    Terkait video tersebut kita bisa simpulkan bahwa kita harus menerapkan beberapa hal agar kegiatan pembelajaran berjalan kondusif dan mengurangi kegiatan mengobrol pada siswa seperti
    1. Membuat kesepakatan kelas bahwa ketika proses pembelajaran anak anak diharapkan untuk fokus terhadap pembelajaran dan tidak mengobrol diluar pembahasan.
    2. Mengajak anak untuk aktif dalam menjawab pertanyaan yang diberikan sesuai dengan topik.
    3. Memberikan anak kesempatan untuk bertanya hal hal yang ingin diketahui tentang apa yang sedang dibahas
    4. Mengatur posisi atau tempat duduk anak agar tidak berdekatan dengan teman yang sering diajak ngobrol
    Terimakasih.

  2. Setelah saya menonton dari vidio tersebut di vidio guru mengadakan permainan agar murid tidak mengobrol menurut saya guru mengadakan permainan saat menjelaskan sangat bagus karena anak semakin konsentrasi tidak lagi mengobrol pada saat guru menjelasan

  3. Setelah menonton video tersebut, saya jadi tahu bagaimana cara yang baik agar anak tidak ngobrol di dalam kelas.
    Yang pertama adalah berhenti bercerita, dan memisahkan anak yang ngobrol, kemudian membuat kesepakatan kelas agar tidak ribut, dan yang terakhir adalah memberikan reward kepada anak karena telah memperhatikan guru.

  4. Nama : Srida Hannum Siregar
    NIM: 857413429
    Dari vidio yang saya tonton tindakan yang dilakukan oleh guru dalam menangani anak yang ngobrol di kelas sudah benar dengan memisahkan tempat duduk anak yang ngobrol ke dekat ibu guru. Ada beberapa hal yang harus guru lakukan dalam memulai kegiatan pembelajaran dikelas agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan tertib seperti:
    1. Sebelum mulai kita mengadakan tepuk dan kesepakatan serta aturan di kelas dengan anak untuk tertib atau menjadi pendengar yang baik kalau guru bicara.
    2. Mengatur posisi tempat duduk anak agar semua anak dapat melihat dan memperhatikan guru saat bercerita atau menjelaskan pembelajaran
    3.Melibatkan anak di dalam kegiatan atau memberikan pertanyaan agar anak aktif memperhatikan cerita guru.
    4. Memberikan apresiasi kepada anak yang tertib
    5. Jika anak sudah mulai bosan maka guru melakukan tepuk atau permainan untuk mengembalikan fokus dan konsentrasi anak dan kondisikan kembali agar anak siap belajar kembali.
    6. Saat bercerita guru dapat menggunakan intonasi suara dan media atau alat peraga agar anak lebih tertarik serta menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.

  5. Nama : Srida Hannum Siregar
    NIM : 857413429

    Dari vidio diatas tindakan guru sudah benar dengan memisahkan anak yang ngobrol dan memindahkan tempat duduknya ke dekat ibu guru. Sebelum memulai pembelajaran ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan oleh guru agar kegiatan pembelajaran dapat berlangsung dengan lancar seperti :
    1. Mempersiapkan kelas dengan nyaman dan menyenangkan serta mengkondisikan anak untuk siap belajar
    2. Membuat aturan kelas dan disepakati semua oleh anak misalnya menjadi pendengar yang baik
    3. Mengatur tempat duduk anak agar saat guru menjelaskan dapat terlihat anak dan terpantau guru
    4. Melibatkan anak dan memberikan pertanyaan agar anak dapat ikut aktif dan terlibat di dalam kegiatan
    5. Jika anak sudah bosan guru dapat memberikan tepuk dan permainan agar dapat mengembalikan konsentrasi dan fokus
    6. Memberikan apresiasi kepada anak yang tertib
    7. Saat bercerita guru dapat menggunakan intonasi suara dan media atau alat peraga agar anak lebih tertarik.

  6. Nama : Deni Kania Sari
    Nim : 857465133

    Dari video yang saya saksikan, kegiatan bercerita kurang berjalan dengan baik karena anak-anak tidak fokus dan asyik bercerita atau mengebrol dengan teman lainnya.
    Hal-hal atau cara mengatasi situasi yang kurang kondusif oleh guru sudah sangat baik, namun dalam video anak-anak masih tidak fokus dengan kegiatan bercerita, maka alangkah baiknya sebelum kegiatan berlangsung maka kita harus mempersiapkan terlebih dahulu beberapa hal seperti:
    1. kesepakatan kelas
    2. posisi duduk anak, atur dengan baik agar anak bisa fokus ke guru
    3. sebelum bercerita, ajak anak berinteraksi cerita apa yang akan disampaikan dan buat anak merasa penasaran dengan isi buku
    4. usahakan buat intonasi bercerita dengan menarik atau buat suara-suara lucu
    5. sesekali buat pertanyaan di tengah cerita agar kita mengetahui apakah anak mendengarkan dan memahami cerita tersebut
    6. ajak anak yel-yel ketika anak sudah kurang fokus
    7. memberikan reward atau pujian pada anak yang berhasil fokus dan mampu menyampaikan kembali isi cerita
    Terima kasih

  7. Nama : Endang Lestari
    Nim : 857629596
    > Dari video diatas Guru sudah cukup sabar dalam meng hadapi anak anak yang banyak tapi saya sarankan
    > guru hendaknya mengkondisikan dulu anak anaknya sebelum bercerita contohnya membuat lingkaran biar anak enak mendengarkan bu guru ceria
    >Dalam bercerita bu guru kurang menarik dalam membacakan cerita
    > Melibatkan anak dan memberikan pertayaan tentang apa yang baru bu guru ceritakan
    > saat bercerita kurang alat praga

  8. Nama: Yunia Mayasari
    NIM: 857865927
    Setelah saya melihat vidio tersebut diatas untuk mengatasi masalah anak yang mengobrol di dalam kelas antara lain:
    1. Dengan menghentikan pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas
    2. Memisahkan anak yang mengobrol dari anak yang sedang belajar
    3. Memposisikan anak yang mengobrol tadi di dekat guru
    4. Melibatkan anak dalam kegiatan cerita ataupun proses belajar mengajar di dalam kelas
    5. Menekankan anak tidak mengulangi kejadian yang sama
    6. Memberikan reword kepada anak jika anak dapat memperbaiki perilakunya

  9. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Nama saya Badriah
    Nim 858316912
    Upbjj UT Banjarmasin
    Salut Kotabaru

    1. Analisis “Anak mengobrol di kelas saat PBM”
    Terkait video tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa kita harus menerapkan beberapa hal agar kegiatan pembelajaran berjalan kondusif
    dilihat dari usaha guru dalam video itu sudah sangat bagus dalam mengatasi ada,nya anak yang asik mengobrol saat PBM.
    sedikit masukan yang mungkin bisa kita coba sebagai seorang pendidik PAUD
    1. sebelum proses belajar mengajar, kita membuat kesepakatan kelas bersama anak
    seperti: Duduk tertib, Pendengar yang baik
    kita akan jelaskan kan pada anak tentang kesepakatan kita agar anak bisa mengenal peraturan saat PBM, Walaupun kadang masih ada anak yang sering lupa, saat disela-sela kita bercerita/menyampaikan materi ada yang ribut lagi, kita guru perlu memberikan tepuk tangan dan permainan agar dapat mengingat fokus dan konsentrasi kembali

    2. perlunya kerjasama dengan rekan guru yang lain atau guru pendamping, untuk membantu, khusus,nya untuk anak yang sibuk mengobrol dengan teman bisa kita alihkan/pindahkan didekat guru pendamping agar bisa diingatkan dengan lembut tanpa membuat anak merasa dilarang untuk berbicara tetapi mengenalkan kepada mereka peraturan ketika ibu guru sedang bercerita kita begantian yaa berbicara,nya agar tidak menggangu teman yang sedang fokus mendengarkan ibu guru.

    3. saat bercerita kita bisa menggunakan metode-metode yang menarik seperti menggunakan boneka tangan, wayang-wayangan agar anak tertarik untuk mendengarkan/ terlibat dalam proses bercerita kita.

    Sekian dari saya semoga bermanfaat
    wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  10. Nama : Maulia Damayanti
    NIM : 857426504
    Dari video diatas tindakan guru sudah tepat untuk mengatasi anak yang mengobrol saat sedang belajar , sealin itu juga guru bisa mencari tahu apa penyebab anak yang mengobrol apa karena tidak faham karena cerita atau karena bosan dengan metode pembelajaran. Mungkin guru bisa lebih variatif dalam bercerita bisa dengan menggunakan boneka tangan atau contoh gerakan jadi bisa menarik simpatik anak terhadap pembelajaran

Leave a Reply