silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. NAMA : NURJANAH
    NIM : 858474214

    Video ini membahas hal yang sangat sering kita alami saat di kelas PAUD, yaitu anak-anak suka mengobrol saat proses belajar berlangsung.
    Penjelasan pada video ini cukup menarik dan mudah dipahami. Guru berbagi beberapa tips dan strategi sederhana, seperti menenangkan suasana kelas, mendekati anak secara pribadi, atau mengalihkan perhatian anak pada kegiatan lain yang lebih bermakna. Video ini sangat bermanfaat untuk membantu guru memahami dan menangani perilaku anak di kelas dengan lebih sabar dan positif. Ngobrol di kelas bukan berarti anak nakal bisa jadi mereka sedang bersemangat, bosan, atau belum tahu kapan waktunya berbicara dan belajar untuk mengenali aturan dan memahami situasi sosial. Dengan pendekatan yang lembut, penuh pengertian, dan tetap konsisten, guru bisa menjadi pendamping yang membantu anak-anak tumbuh, tidak hanya dalam pengetahuan, tapi juga dalam kemampuan sosial dan emosional mereka. Tugas kita sebagai guru adalah membimbing mereka dengan sabar, kasih sayang, dan konsistensi. Video seperti ini sangat dibutuhkan sebagai bahan refleksi dan pembelajaran bagi kita semua yang bekerja di dunia pendidikan anak usia dini.

  2. Assalamualaikum izin menanggapi video tersebut
    Nama : Mujiati Erlina
    Nim : 858332512
    UPBJJ : Universitas Terbuka Banjarmasin
    Judul Video anak ngobrol di kelas saat PBM
    menurut saya di video tersebut sangat bagus dan sangat jelas cara menangani anak yang mengobrol ketika di dalam kelas sat guru menjelaskan ,solusi yang paling tepat adalah melibatkan anak yang mengobrol tersebut dalam kegiatan belajar adalah tepat dengan demikian fokus ank untuk mengobrol dengan temannya akan teralihkan, pindahkan duduk anak dekat dengan guru sehingga anak lebih fokus pada guru.
    memberikan pujian atau memberikan reward kepada anak yang memperbaiki perilakunya juga solusi paling tepat karena dengan melakukan hal tersebut anak akan merasa di hargai ketika anak mau mendengarkan guru saat menjelaskan di depan.
    Jangan sampai kita sebagai guru memarahi anak tersebut ketika mengobrol dengan temannya di depan teman-teman lainnya karena akan di takutkan membuat anak tertekan , takut merasa tidak nyaman dan malu sehingga tidak mau mengikuti pelajaran tersebut.

  3. Nama : Risma Wulandari
    Nim : 877833158
    Prodi : PGPAUD
    Upbjj : Bandung
    Mata kuliah : Evaluasi Pembelajaran anak TK
    Seri Pembelajaran : Sosial Emosional ” Anak ngobrol saat dikelas saat PBM

    Salam,mohon izin menanggapi video di atas.
    Menurut saya video dengan judul “Anak Ngobrol saat di kelas saat PBM” ini sering kita temui bahkan menjadi pemandangan yang sudah tidak asing lagi bagi seorang guru. Dalam video guru sudan melakukan upaya penanganan anak yang ngobrol ketika guru sedang menerangkan di depan. Ini setuju dengan apa yang dilakukan ibu guru tersebut untuk menangani anak yang ngbrol di kelas ketika PBM,namun sedikit masukan saja sebelum memulai pembelajaran guru hendaknya membuat kesepakatan kelas dulu dengan anak,yang mana berisi tentang aturan dan tata tertib di kelas selama pembelajaran serta apa saja hukuman jika melanggarnya. Ini bertujuan agar anak lebih displin dan bertanggung jawab dengan apa yang sudah di sepakati bersama di awal pembelajaran.
    Terima kasih.
    Wassalam.

  4. Nama : Tanzilia Azharul Ummah
    Nim : 878186983

    Sebagai guru paud saya juga merasakan Ketika anak sering mengonrol Ketika guru menjelasakn akibatnya anank menjadi kurang fokus melihat video diatas Upaya seorang guru sudah sesuai dan pernah saya alami yitu
    Mengubah strategi pembelajaran didalam kelas, menenangkan suasana kelas Ketika ada yang mengobrol, pisahakan anak yang mengobrol dan posisikan dekat guru, libatkan anak dalam. Tekankan pada anak untuk tidak mengulanginya, dan berikan reward Ketika anak sudah berhasil fokus dalam pembelajaran. Bsia juga melakukan tepuk menyanyi ketik anak mulai banyak yang mengobrol dan membuat kesepakatan sebelum dengan anak sebelum pembelajaran dimulai.

  5. Nama : Asmawati
    Nim : 855901655
    judul : anak ngobrol dikelas saat PBM

    Ketika anak sering mengobol didalam kelas akibatnya anank menjadi kurang fokus melihat video ini Upaya seorang guru sudah sesuai dengan saya alami disekolah
    Mengubah strategi pembelajaran didalam kelas, menenangkan suasana kelas Ketika ada yang mengobrol, pisahakan anak yang mengobrol dan posisikan dekat guru, l Tekankan pada anak untuk tidak mengulanginya, dan berikan reward Ketika anak sudah berhasil fokus dalam pembelajaran dan membuat kesepakatan sebelum pembelajaran dimulai.

  6. Nama : Sonya Ribka
    NIM : 877682056
    Beberapa saran yang bermanfaat bagi guru PAUD/TK dalam menghadapi anak yang mengobrol di kelas saat pembelajaran:
    • Mengubah strategi pembelajaran [01:37]
    • Menenangkan suasana kelas [02:08]
    • Memisahkan anak yang mengobrol [02:20]
    • Memposisikan anak yang mengobrol di dekat guru [02:32]
    • Melibatkan anak dalam kegiatan belajar mengajar [02:56]
    • Memberikan reward [03:08]
    Secara umum, video pembelajaran dapat membantu guru PAUD/TK dalam:
    • Mendapatkan ide-ide baru: Video dapat memberikan inspirasi untuk kegiatan pembelajaran yang kreatif dan inovatif.
    • Meningkatkan pemahaman: Video dapat menjelaskan konsep-konsep pendidikan dengan cara yang mudah dipahami.
    • Melihat contoh praktik baik: Video dapat menunjukkan bagaimana guru lain mengajar dan berinteraksi dengan anak-anak.
    • Mengembangkan keterampilan: Video dapat memberikan pelatihan tentang keterampilan mengajar tertentu, seperti manajemen kelas atau penggunaan alat peraga.
    • Menghemat waktu dan tenaga: Video dapat digunakan sebagai sumber belajar yang praktis dan efisien.

  7. Nama : Ulfa Mar’atus Sholikhah
    NIM : 877305413
    Izin menanggapi terkait video tersebut.
    Dalam video tersebut sangat sesuai dengan kondisi dikelas tempat saya mengajar, anak – anak akan mulai aktif ketika bertemu dengan teman- temannya dan tentunya jika didekatkan dengan teman sefrekuensinya sehingga semakin asyik dengan dunianya dan obrolan mereka sampai anak tidak fokus terhadap kegiatan pembelajaran.
    dalam video tersebut sudah benar strategi yang digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut seperti menghentikan sejenak kegiatan pembelajaran, yang kedua anak yang sering mengobrol, diberikan tempat duduk yang dekat dengan guru sehingga guru dapat mengontrol anak tersebut, yang ketiga perlihatkan gambar – gambar yang menarik sehingga anak dapat fokus pada kegiatan belajar.

    Terimakasih

  8. Nama ; Tistiyani
    Nim : 858013602

    Sebagai pendidik RA saya juga sering mengalami kondisi seperti di atas di mana ada anak yang ribut sendirian dan yang lainnya fokus…maka hal yang saya lakukan adalah saya akan mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu..misal penyebab keributan 1 anak maka saya akan mengajak anak tersebut fokus, melakukan kegiatan dengan saya dampingi jika semuanya ribut maka saya akan mencoba menenangkan dengan berbagai tepuk sepwrti tepuk diam, tepuk fokis, tepuk konsentrasi atau ajakan suara timbal balik seperti mana suaramu…..ini suaraku
    Mana suara ayam …petok petok
    Mana suara ular …sstt seketika anak diam.. lalu saya ajak fokus ke kegiatan. Terima kasih video ini sangat bermanfaat dan akan membantu saya membuka wawasan tentang teknik2 pembelajaran anak usia dini. Terima kasih
    Wassalamualaikum wr.wb

  9. Nama : tistiyani
    Nim 858013602
    Judul video : anak ngobrol di kelas saat pdm
    Upaya yang saya lakukan yaitu saya akan mengajak anak untuk tenang lalu melibatkan anak dalam kegiatan berlangsung mencoba membuat strategi baru agar anak tidak bosan..mempergunakanape yang menarik , merancang kegiatan belajar yang menyenangkan

    Video diatas sangat bermanfaat untuk saya dan saya bisa mengambil pelajaran dan mempraktekannya.
    Terima kasih

  10. Menurut Pendapat saya,keadaan yang terjadi di dalam video banyak sekali di alami oleh guru-guru PAUD,hal ini disebabkan karena kurangnya kemampuan untuk fokus dan mendengarkan oleh anak,saya juga pernah mengalami hal tersebut.video tersebut juga sangat mebantu sekali karena berisi tentang saran yang bermanfaat bagi guru PAUD/TK dalam menghadapi anak yang mengobrol di kelas saat pembelajaran diantaranya:
    1.Mengubah strategi pembelajaran
    2.Menenangkan suasana kelas
    3. Memisahkan anak yang mengobrol
    4.Memposisikan anak yang mengobrol di dekat guru
    5.Melibatkan anak dalam kegiatan belajar mengajar
    6 .Memberikan reward pada anak
    Selain hal di atas biasanya saya melakukan Ice Breaking,seperti gerak dan lagu,tepuk atau menyannyi,agar anak-anak kembali berkonsentrasi.

Leave a Reply