silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Nama : Verinta Adelia Putri
Nim : 858979529
Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM
Pada video diatas saya memperoleh informasi yang sangatlah penting yaitu mengenai cara mengatasi anak yang suka mengobrol di dalam kelas ketika PBM, seperti berikut :
1. Mengubah strategi pembelajaran di dalam kelas dengan melakukan
– Menenangkan suasana kelas terlebih dahulu
– Pisahkan anak yang mengobrol
– Pastikan anak yang mengontrol duduk di dekat guru
– Libatkan anak dengan kegiatan cerita
– Tekankan pada anak supaya tidak mengulangi kembali kesalahannya
– Berikan reward jika anak mau memperbaiki dan dapat bersikap sesuai dengan perintah guru.
Nama: Sintia Wulandari
Nim: 878233649
Setelah saya menonton video anak ngobrol dikelas saat pebelajaran,
Saya merasa video ini sangat relevan dengan situasi yang sering kita hadapi di kelas. Anak-anak usia dini memang cenderung mudah teralihkan perhatiannya, termasuk mengobrol saat pembelajaran berlangsung. Hal ini menjadi pengingat bagi kita sebagai pendidik untuk menciptakan suasana belajar yang menarik dan interaktif, agar mereka tetap fokus. Selain itu, pendekatan yang positif dan penuh kesabaran sangat penting agar anak tidak merasa dimarahi, melainkan dibimbing untuk belajar bertanggung jawab. Terima kasih untuk videonya, sangat membuka wawasan.
Nama : Isnaini Nur Hanifah
NIM : 858016117
Dari video diatas tentang anak ngobrol di kelas saat PBM, pasti disetiap lembaga itu pasti akan ada dan mengalami. Yang saya lakukan ketika menghadapi anak ngobrol saat PBM yaitu yang pertama pendidik harus mencari tahu apa penyebab anak ngobrol saat PBM, apakah karena bosan,tidak memahami apa yang disampaikan atau karena faktor lain. Ketika anak ngobrol saat PBM, hal yang perlu dilakukan adalah pendidik berhenti bercerita atau berhenti ketika menyampaikan pembelajaran, fokuskan anak terlebih dahulu dengan tepuk atau dengan nyanyian. Lakukan pendekatan dengan anak-anak yang sering ngobrol, berikan apresiasi terhadap anak yang tertib agar bjsa memotivasi anak-anak yang lain, dan jangan lupa setiap hari sampaikan komitmen atau peraturan kelas yang salah satunya adalah adab ketika mendengar orang berbicara maka harus mendengarkan terlebih dahulu, dan berikan tawaran atau kesempatan anak yang suka ngobrol di kelas untuk bercerita di depan teman-teman yang lain selain untuk menambah rasa percaya diri mungkin bisa saja ngobrol dikelas karena ia memang punya hobi bercerita. Dan pendidik harus belajar untuk menggunakan metode yang lebih variatif agar anak lebih antusias, lebih aktif sehingga anak akan menjadi lebih fokus dan mengurangi anak ngobrol saat PBM.
Nama : Nur Faliha
NIM : 877860109
Video ini memberikan gambaran nyata situasi di kelas PAUD ketika anak-anak mulai ramai mengobrol saat proses belajar berlangsung. Guru dalam video menunjukkan cara yang bijak dan positif dalam menangani situasi tersebut tanpa marah, tetapi tetap tegas dan komunikatif. Ini sangat sesuai dengan pendekatan pendidikan anak usia dini yang menekankan pada kasih sayang dan penguatan karakter anak.
Nama: sri swarni
Nim : 856522033
Masukan dan saran :
– Peningkatan Penggunaan Visual dan Media Pembelajaran
• Agar video pembelajaran lebih menarik bagi anak-anak, penggunaan media visual seperti gambar, animasi, atau video yang lebih berwarna bisa lebih efektif dalam menarik perhatian anak-anak.
• Media yang lebih bervariasi dapat membantu anak-anak memahami konsep-konsep abstrak dengan lebih mudah.
– Penyempurnaan Komunikasi
• Untuk anak-anak PAUD, penting bagi guru untuk menggunakan bahasa yang lebih sederhana dan mudah Dipahami. Hal ini bisa membantu mereka lebih cepat memahami apa yang diajarkan.
– Penerapan Pendekatan yang Lebih Interaktif
• Dalam pembelajaran video-video, akan lebih baik jika ada lebih banyak interaksi antara guru dan anak. Misalnya, guru bisa memberikan lebih banyak kesempatan bagi anak untuk berpendapat atau bertanya, sehingga mereka merasa lebih dihargai dan terlibat aktif dalam pembelajaran.
nama : Amalia
NIM :857411923
Sebagai guru PAUD saya sering menghadapi anak yang mengobrol di kelas saat pembelajaran. Dengan menonton video ini saya mendapat strategi baru dalam menghadapi situasi tersebut. sedikit menambahkan strategi yang biasanya saya pakai di kelas Bisa juga dengan mengubah pengaturan tempat duduk dengan memisahkan tempat duduk anak yang sering mengobrol menjadi berjauhan atau dekati dengan duduk guru, bisa dengan memberikan kode dan sinyal tubuh misal dengan kontak mata, sentuhan ringan atau Gerakan tangan agar anak fokus kembali, bisa juga dengan melibatkan siswa dalam diskusi dan komunikasi saat pembelajaran hal ini membuat anak menjadi fokus lagi kepada guru, dan yang terpenting memberikan aturan kelas yang konsisten bahwa setiap anak diperlakukan sama jika melanggar aturan kelas.
terima kasih
Nama : Sri Nur Aliza
Nim 860006981
Anak ngobrol di kelas saat PBM
Di dalam kelas sering kita alami melihat anak yang sering ngobrol dengan temennya ataupun ngobrol sendiri, sementara guru sedang mengajar. Hal ini adalah hal yang wajar untuk anak usia dini mereka sedang memproses informasi atau ide atau berinteraksi dengan temannya untuk mengembangkan bahasanya walau pada situasi yang tidak tepat yaitu waktu pembelajaran.
Untuk mengatasi hal ini yaitu guru dapat mendekati anak yang ada dan ajak bicara perlahan dan mengingatkan bahwa sekarang waktunya untuk mendengarkan, guru juga dapat melibatkan anak yang mengobrol atas dengan tugas sederhana misalnya waktu mendongeng libatkan nama anak dalam cerita.
Assalmualikum….
Nama: Eni Sumarni
Nim : 877797202
UPBJJ : Jakarta
Vidio pembelajaran diatas menyajikan bagaimana cara mengatasi anak yang mengobrol dikelas saat pembelajaran berlangsung. metode penanganan yang dilakukan ibu guru untuk mengatasi anak yang mengobrol sangat baik.guru mengubah strategi pembelajaran didalam kelas dengan melakukan hal-hal seperti :
1. Menghentikan kegiatan bercerita tersebut untuk
menenangkan suasana kelas.
2. Memisahkan anak yang mengobrol dari temannya yang
sedang belajar.
3. Memposisikan anak yang mengobrol tadi didekat Guru
4. Melibatkan anak di dalam cerita yang sedang dibacakan
Guru.
5. Tekankan anak untuk tidak mengualnginya.
6. . Memberi Riwed kepada anak jika anak dapat
memperbaikinya.
Terimakasih.
Nama : Umi Robiatul Faiqoh
NIM : 858992431
Dari vidio di atas saya bisa mendapatkan solusi untuk anak yang sering sekali ngobrol sendiri saat pembelajaran di mulai dan itu membuat saya pusing bagaimana cara supaya mereka tidak ngobrol sendiri saat pembelajaran di mulai dan setelah saya melihat vidio tersebut saya dangat berterimakasih pada vidio tersebut karena dslam vidio menerangkan bagaimana cara mengatasi anak saat ngobrol dalam pembelajaran ,vidio tersebut memberikan solusi bagi saya seperti, mengubah strategi pembelajaran, mengajak anak ngobrol,menjadikan mereka sebagai peran dalam cerita,memindahkan tempat mereka untuk lebih dekat dengan guru,dan memisahkan mereka yang selalu ngobrol.
Itu termasuk tips yang bisa membuat anak semakin antusias untuk mendengarkan cerita /pembelajaran yang guru sampaikan dan tips tersebut akan saya lakukan dan terapkan untuk mengajar saya di sekolahan.
Sekian dan terimakasih ☺️☺️
nama : lisa indriani
NIM : 856344489
video ini menggambarkan mengenai permasalahan moral-displin pada anak usia dini pada proses belajar mengajar, adapun cara mengatasinya yaitu sebagai berikut :
1. mengubah srategi pemebalajaran
2. pisahkan anak yang mengobrol dan belajar.
3. posisikan anak yang mengobrol dekat dengan guru.
4. libatkan anak dalam pembelajaran.
5. tekankan anak untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.
6. memberikan reward kepada anak.
terimakasih