silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Asalamualaikum warohmatullahi wabarokatu.
Nama : NITA ANZANI
Nim : 857273842
UPKBJJ : UT SERANG-BANTEN
-Judul video : Anak Ngobrol Di Kelas Saat PBM
-Komentar terhadap video :
Video ini menggambarkan salah satu tantangan umum yang sering dihadapi guru PAUD/TK, yaitu anak yang suka mengobrol di luar konteks saat kegiatan berlangsung. Masalah ini erat kaitannya dengan perkembangan moral dan disiplin anak usia dini, yang memang masih dalam tahap belajar untuk mengendalikan diri dan mengikuti aturan sosial di lingkungan belajar.
Upaya yang ditunjukkan dalam video seperti menggunakan variasi permainan (misalnya tepuk), memindahkan posisi duduk anak, dan pemberian reward merupakan strategi yang umum dan cukup efektif jika diterapkan dengan konsisten dan penuh pengertian terhadap perkembangan anak.
-Masukan dan Saran:
Fokus pada Pengembangan Kesadaran, Bukan Sekadar Pengendalian
Daripada sekadar memindahkan atau memberi reward, guru sebaiknya mengajak anak memahami alasan mengapa tidak boleh mengobrol saat belajar. Misalnya, melalui cerita atau diskusi ringan: “Kalau kamu ngobrol terus, temanmu jadi tidak bisa dengar penjelasan guru, lho.”
Gunakan Strategi Preventif
Guru dapat merancang aktivitas yang melibatkan anak secara aktif sejak awal, agar mereka tidak merasa bosan dan terdorong untuk mengobrol. Anak usia dini memiliki rentang perhatian yang pendek, sehingga transisi kegiatan yang cepat dan bervariasi sangat diperlukan.
Reward yang Edukatif
Pemberian reward baik jika tidak hanya bersifat materi atau pujian, tapi juga mencakup tanggung jawab kecil atau pengakuan sosial, seperti: “Kamu sudah bisa diam saat teman lain berbicara, hebat! Boleh bantu guru bagikan kertas ya.”
Pendekatan Positif Individual
Anak yang suka mengobrol sebaiknya dipahami karakteristik individualnya—apakah ia butuh perhatian lebih, merasa bosan, atau sedang mengalami masalah sosial lainnya. Guru bisa mencoba berdialog ringan dengan anak untuk mengetahui penyebabnya.
-Manfaat video bagi Saya dan Guru PAUD/TK:
video ini cukup bermanfaat, karena:
Memberikan contoh nyata permasalahan kedisiplinan yang sering terjadi di kelas PAUD/TK.
Menyediakan beberapa strategi awal yang bisa langsung diterapkan oleh guru, seperti permainan dan reward.
Mengingatkan pentingnya pendekatan yang tidak keras dan menghukum, tetapi tetap membimbing anak secara lembut dan bertahap.
Menjadi bahan refleksi bagi guru dalam merancang aktivitas pembelajaran yang tidak hanya menyampaikan materi, tapi juga menanamkan nilai moral dan disiplin secara menyenangkan.
Wasalamualaikum warohmatullahi wabarokatu.
Nama : Umi Mufsita
Nim : 877687062
Judul Vidio : Anak Mengobrol di kelas saat PBM
Vidio tersebut menceritakan bahawa ada beberapa cara untuk menghadapi anak yang suka ngobrol didalam kelas saat PBM yaitu :
1. mengubah srategi pemebalajaran
2. pisahkan anak yang pemahaman dan belajar.
3. posisikan anak yang memanjang dekat dengan guru.
4. Libatkan anak dalam pembelajaran.
5. tekankan anak untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.
6. memberikan reward kepada anak.
Biasanya kami mengalihkan anak agar fokus yaitu dengan tepuk dan nyanyian.Meskipun demikain guru juga perlu merancang pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan agar anak mengikuti dan penasaran terhadap apa yang guru sampaikan.
Secara umum, video pembelajaran dapat membantu guru PAUD/TK dalam:
• Meningkatkan pemahaman: Video dapat menjelaskan konsep-konsep pendidikan dengan cara yang mudah dipahami.
• Mendapatkan ide-ide baru: Video dapat memberikan inspirasi untuk kegiatan pembelajaran yang kreatif dan inovatif.
• waktu dan tenaga: Video dapat digunakan sebagai sumber belajar yang praktis dan efisien.
• Melihat contoh praktik baik: Video dapat menunjukkan bagaimana guru lain mengajar dan berinteraksi dengan anak-anak.
• Mengembangkan keterampilan: Video dapat memberikan pelatihan tentang keterampilan mengajar tertentu, seperti manajemen kelas atau penggunaan alat peraga.
Nama : Enggar Susilo Wardani
NIM : 860006222
Tuton : profesionalitas guru PAUD
Diskusi : 4
Semester : 2
Judul
– Anak Ngobrol di Kelas Saat Pembelajaran
– Seri Pengembangan Sosial Emosional PAUD (2 video)
Video pembelajaran yang disajikan oleh Guru Pintar sangat bermanfaat bagi guru-guru PAUD/TK. Sering saya mengalami hal itu setiap hari dan hari ini saya menemukan solusinya, dengan video-video tersebut memberikan gambaran umum tentang permasalahan perkembangan moral yang sering ditemukan pada anak usia dini dan solusinya sangat efektif.
Nama : Suryani
Nim. : 859440722
Prodi. : PGPAUD
Judul Video : Anak Ribut diKelas Saat PBM
Saya sebagai guru paud sering mengalami tantangan setiap hari, tapi sebagai pengajar kita berupaya untuk selalu bersabar menghadapi anak-anak karena di usia 4-5 tahun harus selalu memberikan contoh yang baik agar mereka bisa mencontohi kita.
Cara mengatasi anak yang ribut di kelas:
1. Melibatkan anak dalam kegiatan belajar mengajar
2. Memisahkan anak dengan anak yang suka berbicara
3. Memberikan reward jika tidak ribut
4. Mengubah strategi pembelajaran
Nama : Maria Setia
NIM : 858329474
video ini menggambarkan situasi umum dikelas PAUD. Menarik untuk ,melihat bagaimana guru menangani anak-anak yang ramai dan kurang fokus. guru sangat sabar dalam menghadapi anak-anak yang ngobrol. suasana kelas cukup kondusif, meskipun ada beberapa anak yang mengobrol.
Nama : Mira Tania
NIM : 877842426
Video ini menggambarkan anak mengobrol saat guru sedang bercerita, ini merupakan tantangan yang pernah dialami oleh saya sewaktu dikelas. Video ini sangat bermanfaat.
Pada video ini guru dapat mengatasi anak dengan baik. Untuk mengatasi keadaan seperti ini kita juga dapat melakukan kesepakatan terlebih dahulu pada awal kegiatan, memastikan konsentrasi anak tetap terjaga selama kegiatan, memberikan suasana seakan-akan anak juga menjadi pemeran cerita tersebut dengan melibatkan anak secara langsung dengan cerita yang sedang dibacakan.
Nama : okty anggun tri cahyani
NIM : 857874291
Saran :
Agar lebih menarik, video dapat menambahkan variasi strategi lain seperti penggunaan media visual yang lebih besar atau cerita interaktif untuk menarik perhatian anak. Selain itu, pengurangan volume musik latar akan membantu penonton lebih fokus pada penjelasan guru.
Nama: Pinatul Septiani
Nim: 877639054
Video ini berjudul “Anak ngobrol dikelas saat KBM”
Komentar saya pada video yang menjelaskan masalah anak -anak yang sering “mengobrol” selama pelajaran dan proses pembelajaran adalah bahwa video ini sangat relevan dengan kenyataan yang umum di lapangan, khususnya di kelas anak usia dini. Anak-anak yang berkumpul saat belajar sebenarnya tidak selalu bermaksud mengganggu, sering kali hal itu terjadi karena kebutuhan mereka untuk bersosialisasi, kurangnya stimulasi dari kegiatan yang monoton, atau belum berkembangnya kesadaran diri tentang aturan kelas.
Solusi yang disediakan dalam video memberikan variasi game, seperti konsentrasi dan perhatian. Ini adalah strategi yang tepat karena memungkinkan anak-anak untuk mengarahkan energi mereka ke kegiatan yang lebih terarah dan masih menyenangkan. Posisi duduk anak yang suka ngobrol dipindahkan dekat guru, juga merupakan langkah yang efektif. Ini karena anak-anak sering merasa lebih fokus dan lebih positif tentang lingkungan mereka.
Selain itu ibu guru memberikan reward kepada anak-anak yang disiplin dalam mendengarkan cerita, fokus pada cerita yang disampaikan.
Video ini sangat menarik , dan kejadian yang di video sama seperti kejadian tiap hari di dalam kelas . saat sedang belajar. anak-anak suka mengobrol karena fokus anak cuma sebentar. jadi di sela sela belajar,seharusnya guru sering mengaajak interaksi berupa pertanyaan atau tanya jawab. atau melakukan ice breaking supaya anak-anak tidak cepat bosan.
NAMA : VENI NORMAZALIANTI
NIM 877674407
Menurut pendapat saya solusi yang diberikan dalam video sudah sangat tepat dan mewakili pendekatan yang holistik dalam menangani anak yang luas di kelas saat KBM. Namun, hal yang penting adalah dengan menggabungkan pendekatan yang tegas, namun tetap hangat sehingga anak merasa dihargai dan termotivasi untuk belajar lebih baik lagi.