silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 🙏
Ijin memberikan tanggapan dari vidio diatas
Nama : Novia Eka Heryanti
Nim : 859917672
Pokjar : Merauke
Dari vidio yang di tampilkan di atas, sangat membantu memberikan solusi kepada saya sebagai pendidik guna mengatasi permasalah seperti anak yang sering mengobrol di kelas, berlari-larian saat PBM. Sama seperti solusi yang di berikan pada vidio, saya pun sebagai pendidik menggunakan cara tersebut untuk mengatasi anak yang ribut seperti melakukan tepuk-tepuk atau dengan memisahkan anak tersebut dan di dekatkan ke guru. Sebagai pendidik perlu memiliki ide-ide atau cara yang dapat di gunakan saat mendapatkan masalah dalam proses PBM.
Terimakasih atas solusi dari vidio di atas sangat membantu saya dalam proses pembelajaran 🙏
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 🙏
Ijin menanggapi vidio berjudul ” anak mengobrol di kelas saat PBM”
Nama: Novia Eka Heryanti
Nim : 859917672
Pokjar: Merauke
Dari vidio di atas telah banyak memberikan solusi mengatasi anak mengobrol di saat PBM seperti guru menghentikan sebentar kegiatan agar menenangkan suasana, melakukan tepuk-tepuk kegiatan seperti tepuk diam atau tepuk konsentrasi, mendekatkan anak yang mengobrol ke guru, memberikan reward atau pujian kepada anak ketika perilaku nya membaik. Cara-cara yang di berikan pada video tersebut sebagian telah saya praktekkan kan dalam pembelajaran dan berhasil, perlunya ide-ide kreatif guru menangani permasalahan-permasalahan yang terjadi saat di kelas.
Terimakasih bnyak vidio di atas sangat membantu saya 🙏
Terimakasih, vidio ini sangat membantu saya dalam mendidik anak-anak PAUD, sangat bermanfaat sekali menambah wawasan tentang penanganan anak PAUD yang mengobrol saat PBM.
Nama : Noviani
NIM : 860034221
Setelah saya menonton video “Anak Ngobrol di kelas saat PMB” sangat memberikan banyak informasi tentang masalah yang sering di hadapi oleh para guru PAUD.
Video yang penuh manfaat, apalagi disertai dengan contoh langsung pada saat pembelajaran membuat kami semakin faham teknik dan cara dalam mengatasi hal tersebut. Semoga kedepannya lebih banyak lagi video pembelajaran yang mengedukasi. Saran saya, untuk suara pada awal video dan di pertengahan video jangan terlalu keras. Karena membuat kaget, dan kurang fokus pada saat menyimak isi video . Terimakasih
Dalam video tersebut terlihat anak berbicara dengan temannya saat proses belajar mengajar berlangsung di dalam kelas. Tindakan ini sering terjadi di lingkungan pendidikan anak usia dini, dan menjadi salah satu bentuk perilaku sosial yang mencerminkan perkembangan anak, khususnya pada aspek perkembangan sosial dan emosional. Namun, dari sudut pandang guru, hal ini kadang dianggap sebagai gangguan terhadap konsentrasi dan kedisiplinan kelas.
Perilaku seperti ini tidak boleh langsung diberi label sebagai kenakalan atau sikap tidak sopan. Guru perlu memahami bahwa anak usia dini masih berada dalam tahap belajar mengatur perilaku, memahami norma, dan belajar berkomunikasi dalam konteks sosial. Anak-anak secara alami memiliki kebutuhan untuk berekspresi, bersosialisasi, dan menunjukkan keinginannya untuk diakui oleh teman sebayanya (Universitas Terbuka, 2021).
Nama : Diana Mardhatilla
Nim : 877803449
Sering kali guru mendapati anak yang ngobrol saat dikelas, mungkin untuk guru baru seperti saya, belum terbiasa bagaimana menghadapi tantangan tersebut dan dengan menonton video diatas menurut ku sangat bermanfat, memberikan contoh dan solusi yang dapat saya implementasikan dalam pembelajaran sehari-hari.
Mohon izin memberikan komentar video di atas
Nama : Anastasia Ambarwati
Nim : 858479886
Pokjar : Samarinda
Video di atas sangat kongkret terjadi di banyak lembaga, dan video inspiratif tersebut membantu saya memberikan refleksi bagi saya untuk mengatasi dan memperbaiki cara mengajar saya di kelas. Hal tersebut sudah saya lakukan pula dalam proses pembelajaran di sekolah, selain itu ada cara agar anak fokus dalam pembelajaran yaitu dengan:
– Melibatkan anak untuk aktif berinteraksi misal menjawab pertanyaan/cerita
– Anak yang suka ngobrol duduk di dekat meja guru
– Membuat game sederhana untuk melatih konsentrasi anak
– Gunakan sapaan khusus, agar anak fokus (misalnya menggunakan suara binatang)
Nama : Andina Putri
Nim :855899717
Upbjj : Banda Aceh
Masukan dan saran terkait video pembelajaran yang membahas permasalahan perkembangan moral-disiplin anak usia dini, khususnya tentang anak yang suka “ngobrol” saat proses belajar mengajar, adalah sebagai berikut:
Video ini sudah memberikan gambaran yang tepat mengenai masalah umum dalam pembelajaran PAUD/TK, yaitu anak yang sulit fokus karena sering berbicara saat kegiatan berlangsung. Upaya yang disarankan seperti mengadakan variasi permainan (misalnya permainan tepuk), memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru, dan memberikan reward pada akhir pembelajaran merupakan strategi yang efektif untuk mengelola perilaku tersebut serta meningkatkan kedisiplinan anak.
Sebaiknya video juga menambahkan penjelasan mengenai pentingnya konsistensi dalam penerapan aturan dan disiplin, serta bagaimana guru dapat membangun pengendalian diri anak secara bertahap sesuai usia, karena disiplin pada anak usia dini harus diajarkan melalui rutinitas yang konsisten dan penuh kesabaran.
Video dapat dilengkapi dengan contoh konkret penerapan strategi tersebut dalam situasi kelas nyata, agar guru lebih mudah memahami dan mempraktikkan langkah-langkahnya secara langsung.
Penambahan aspek kolaborasi dengan orang tua dalam mendukung pengembangan moral dan disiplin anak juga penting, mengingat peran orang tua sangat berpengaruh dalam pembentukan karakter anak di rumah dan sekolah.
Dari segi teknis, video sebaiknya dibuat lebih interaktif dan visual agar menarik perhatian guru dan memudahkan pemahaman, serta dilengkapi dengan ringkasan poin-poin penting sebagai bahan referensi cepat.
Nama : Reni Puspitasari
NIM : 877806863
Menurut saya, video ini sangat bermanfaat sekali bagi para pendidik, karena sebagai pendidik kita sering sekali menemui anak-anak yang asik sendiri mengobrol dengan temannya, tidak memperhatikan guru, bahkan suara mereka lebih keras daripada guru yang sedang berbicara. tapi melalui video ini kita diajak untuk mengubah strategi pembelajaran kita ketika anak tidak fokus lagi. kita harus menghentikan kegiatan kita, dan memisahkan anak yang suka mengobrol. kita juga bisa memindahkan atau memisahkan anak dan menempatkan anak berada dekat dengan guru. ajak anak untuk terlibat dalam kegiatan bercerita. agar anak terlatih untuk disiplin para pendidik juga perlu memperingati anak agar tidak mengobrol sendiri, jika anak benar tidak melakukannya lagi, kita bisa memberikan reward bagi mereka.
terimakasih untuk tipsnya dalam mengatasi anak yang tidak fokus, saya akan coba terapkan dalam kelas saya, Terimakasih ..
Assalamualaikum wr. wb
Nama : Durotul Maunah
NIM. : 860009686
Isi dari video tersebut sangat bagus, berisi tentang cara guru mengatasi siswa yang asyik mengobrol saat kegiatan belajar berlangsung. Diantara cara yang dapat dilakukan yaitu : 1. Memisahkan tempat duduk anak yang suka mengobrol 2. Memposisikan anak yang suka mengobrol lebih dekat dengan tempat duduk guru 3. Melakukan kegiatan ice breaking 4. Memberikan reward kepada siswa diakhir pembelajaran.
Sekian, terimakasih…
Wassalamualaikum wr. Wb