silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. – Judul pada video kedua adalah anak ngobrol di kelas saat PBM
    CARA MENANGANI: hentikan proses mengajar sejenak, kontak mata, isyarat tangan, dekati anak, atau berdiskusi bersama

  2. Nama: Ardiyah Fitri Aningsih’
    NIM: 858569827
    PGPAUD SEMESTER 8

    Komentar terhadap Sinopsis Video “Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM”

    Sinopsis video ini memberikan gambaran yang jelas mengenai salah satu tantangan yang sering dihadapi guru dalam proses belajar mengajar di PAUD, yaitu anak-anak yang suka mengobrol saat pembelajaran berlangsung. Permasalahan ini menunjukkan adanya kebutuhan untuk menanamkan disiplin dan etika sejak dini.

    Upaya yang disarankan dalam video ini, seperti membuat variasi permainan (contohnya permainan tepuk), memisahkan anak yang suka mengobrol dari temannya, dan memberikan reward sebagai bentuk motivasi, merupakan strategi yang positif dan edukatif. Pendekatan ini tidak menekankan pada hukuman, tetapi pada pembentukan perilaku secara perlahan dan menyenangkan sesuai dengan karakteristik anak usia dini.

    Selain itu, sinopsis ini menegaskan pentingnya kreativitas guru dalam mengelola kelas agar anak tetap fokus dan termotivasi. Memberikan perhatian khusus terhadap perilaku anak dan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan adalah kunci agar proses belajar berjalan efektif.

    Secara keseluruhan, sinopsis ini mencerminkan pendekatan yang bijak dan realistis dalam menangani permasalahan perilaku anak usia dini di dalam kelas.

  3. Nama : Sinta Fitriani
    NIM : 860136317
    Prodi : S1 PGPAUD
    Semester : 2

    Tanggapan Mengenai Penjelasan Video Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM
    Video tersebut mengangkat fenomena yang sangat umum terjadi di dalam kelas, yaitu anak-anak yang mengobrol saat proses pembelajaran berlangsung. Hal ini tentu bisa mengganggu konsentrasi baik guru maupun siswa lain. Penjelasan dan saran yang diberikan dalam video tersebut sangat tepat dan relevan untuk mengatasi masalah ini
    Pendekatan yang disarankan dalam video ini sangat komprehensif dan mengedepankan keseimbangan antara disiplin dan motivasi positif. Guru tidak hanya menegur tetapi juga melibatkan dan memotivasi siswa, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan. Implementasi strategi ini secara konsisten dapat membantu mengurangi kebiasaan ngobrol saat pembelajaran berlangsung dan meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di kelas.

  4. Video-video yang telah disajikan oleh guru pintar online sangat bermanfaat dan menginspirasi kami dalam memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas, terima kasih🙏

  5. Nama :HERNAWATI
    NIM :857268761
    Ijin menjawab
    Dalam video tersebut saat kegiatan belajar mengajar dikelas ada anak yang tidak memperhatikan dan mengobrol didalam kelas, hal yang perlu dilakukan seorang guru adalah:
    1.guru harus pintar dan terampil dalam mengubah strategi pembelajaran guru didalam kelas.
    2.hentikan pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas.
    3.pisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang sedang belajar.
    4.posisikan anak yang mengobrol tadi didepan guru
    5.libatkan anak dalam kegiatan cerita/proses belajar mengajar yang disampaikan guru.
    6.tekankan agar anak tidak mengulangi hal yang sama
    7.berikan reward kepada anak jika anak dapat memperbaiki perilakunya.
    Terimakasih🙏

  6. Nama: Salsa Aulia Muthmainna
    NIM: 877842773
    UPBJJ: Bandung

    Saya menonton video ini karena di PAUD tempat saya mengajar terdapat kasus yang sama yaitu terdapat dua anak yang selalu mengobrol, padahal kegiatan pembelajaran sedang berlangsung, sehingga saya selalu mencari cara bagaimana cara menangani kedua anak tersebut. Setelah menonton video tersebut saya mendapatkan cara untuk menangani anak yang mengobrol dikelas, berikut beberapa cara tersebut:

    – Guru dapat memberikan intervensi saat pembelajaran berlangsung untuk menenangkan suasana kelas
    – Jika setelah diintervensi anak masih terus mengobrol, maka guru perlu memisahkan posisi anak yang mengobrol dari anak yang tidak mengobrol, misalnya memindahkannya di posisi dekat guru
    – Guru sebisa mungkin merancang pembelajaran yang melibatkan partisipasi aktif anak, misalnya saat membacakan buku usahakan untuk selalu berinteraksi dengan anak supaya anak tidak bosan
    – Setelah pembelajaran selesai, guru dapat mengajak anak yang mengobrol untuk berkomunikasi, seperti kenapa dia mengobrol terus, apakah pembelajarannya membosankan dan lainnya. Setelah itu guru dapat memberikan penekanan kepada anak supaya kedepannya tidak mengobrol lagi dikelas.
    – Setelah memberikan nasihat guru perlu memberikan apresiasi pada anak, karena dia tidak mengobrol saat belajar lagi.

    Saran saya untuk video tersebut dapat menyertakan contoh aktivitas pembelajaran yang dapat menarik minat anak, supaya para guru dapat mempraktikkannya. Untuk kedepannya jika memungkinkan narasi dalam video dapat mencantumkan lebih banyak poin yang berkaitan, supaya dapat memahami dengan lebih jelas, suaranya juga usahakan untuk dapat lebih jelas dan volumenya dapat lebih kencang.

  7. NAMA: WIDYANINGSIH
    NIM : 858018554

    terimakasih videonya sudah menjadi menguat bagi saya dalam mengatasi anak-anak yang mengobrol dikelas, apa yang di sampaikan di video memang benar dan sudah saya terapkan di kelas, namun ada sedikit tambahan dari saya yaitu perlu adanya kesepakatan kelas yaitu guru dan murid sepakat berbicara bergantian, ketika guru membacakan cerita maka tugas anak-anak adalah mendengarkan dan ada hukuman bila dilanggar semisal mengucapkan istigfar 10x di depan kelas, hal ini selaras dengan anak-anak yang bisa menghargai guru yang sedang bicara di depan kelas mendapat stample bintang. tentu kesepakatan ini perlu diulang-ulang dan di ingatkan setiap hari kepada anak supaya anak bisa menjalankannya meskipun tidak sepenuhnya bisa berjalan sesuai harapan namun cukup mampu mengurangi jumlah anak yang mengobrol saat PBM

    masukan : backsound terlalu keras hingga mengganggu suara utama.

  8. Masukan dan Saran:
    1. Masukan:
    Akan lebih baik jika video-video dari portal Guru Pintar juga memberikan contoh refleksi guru atau catatan observasi setelah strategi diterapkan, agar guru lain dapat mengetahui dampaknya secara lebih jelas.
    2. Saran:
    Tambahkan juga contoh konkret bentuk reward atau variasi permainan lainnya agar ide yang diberikan lebih kaya dan aplikatif di berbagai kondisi kelas.

  9. Nama : khofifah dwi lestari
    NIM : 858014983
    Judul video diatas ” Anak mengobrol didalam kelas saat PBM
    Jika anak mengobol terus didalm kelas yang perlu kita lakukan ialah:
    1. hentikan sementara pembelajaraan
    2. pisahkan anak yang mengobrol dan ke dekat guru
    3. libatkan anak dalam kegiatan guru
    4. berikan pengertian kepada anak untuk tidak mengulanginya lagi
    5. beri reawed kepada anak yang sudah mau memeperhatikan guru.

  10. Anak-anak terlihat sangat antusias dan aktif berinteraksi dengan teman-temannya ini menunjukkan bahwa mereka merasa nyaman dan percaya diri dalam lingkungan kelas meskipun anak-anak sedang ngobrol, mungkin perlu diperhatikan bagaimana mengelola kelas agar anak-anaktetap fokus pada materi pembelajaran sambil tetap memungkinkan interaksi sosial yang sehat, ini bisa menjadi inspirasi bagi guru untuk menciptakan metode pembelajaran yang lebih kreatif dan interaktif dengan cara bercerita.

Leave a Reply