silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Nama: Rabiatul Adawiyah
Nim:858196474
Dalam video tersebut menunjukkan beberapa cara agar mengatasi “anak ngobrol di kelas saat PBM” video tersebut sangat membantu guru paud
Biasanya saya juga melakukan cara tersebut agar anak bisa fokus belajar di saat anak mengobrol dengan teman nya kita juga bisa mengalihkan perhatian mereka dengan tepuk fokus atau tepuk yg lainnya,agar mereka bisa fokus belajar lagi
Nama Asifa Aila Najah
Nim: 860063261
Tanggapan saya terhadap video tersebut sangat bermanfaat, karena strategi yang digunakan sangat baik untuk ditiru dalam menyelesaikan masalah dan situasi yang dihadapi oleh setiap tenaga pendidik.Di dalam video tersebut menunjukkan upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah mengadakan variasi permainan, memisahkan Anak yang suka mengobrol, lalu memberikan reward pada setiap akhir pembelajaran.
Fiska Etika 857653978
Alhamdulillah video pembelajaran ini sangat bermanfaat . Strategi yang tepat juga dapat membantu guru dalam menyampaikan informasi yang kepada anak didiknya dan membantu anak didik mendapatkan pengetahuan yang bermakna melalui cerita.
Ketika saya akan bercerita , rencanakan dan pilih cerita yang menarik bagi anak, bercerita dengan teknik mendongeng dan dengan berbagai karakter suara yang berbeda mengikuti cerita, buat kesepakatan terlebih dahulu dengan anak didik..itu sedikit saran dari saya sebelum melakukan cerita..
Bermanfaat sekali Videonya
Memberikan saya gambaran bagaimana mengatasi jika anak ngobrol di kelas saat KBM
Nama : Elisabeth Sarisetyawati
NIM: 877641907
UPBJJ: UT Jakarta
Saya telah mempelajari video pembelajaran dari portal Guru Pintar Online yang berjudul “Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM.” Video ini memberikan pemahaman yang sangat relevan mengenai tantangan nyata yang sering dihadapi oleh guru PAUD, yaitu anak-anak yang suka mengobrol saat proses belajar mengajar berlangsung. Masalah ini cukup sering muncul di kelas dan bila tidak ditangani dengan tepat, dapat mengganggu fokus anak lain serta menghambat kelancaran pembelajaran. Dalam video tersebut, disampaikan enam langkah strategis yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi perilaku anak yang suka mengobrol, yaitu menghentikan sejenak kegiatan untuk menenangkan suasana kelas, memisahkan anak dari teman yang sedang belajar, memindahkan posisi duduk anak agar lebih dekat dengan guru, melibatkan anak dalam aktivitas pembelajaran, memberikan penekanan agar tidak mengulangi perilaku tersebut, serta memberikan reward jika anak menunjukkan perubahan sikap yang lebih baik. Saya menilai bahwa strategi-strategi ini sangat efektif karena bersifat membimbing dan positif, bukan menghukum. Hal ini sangat sejalan dengan pendekatan pendidikan anak usia dini yang mengedepankan pembinaan karakter dan disiplin dengan cara yang lembut dan mendidik. Secara keseluruhan, saya menilai video ini sangat bermanfaat. Kelebihannya terletak pada penyampaian materi yang jelas dan praktis, durasi video yang singkat sehingga mudah diakses oleh guru yang sibuk, serta penggunaan bahasa yang ringan dan mudah dipahami. Namun, saya juga memiliki beberapa saran agar penyajian video ini dapat lebih optimal. Misalnya, video akan lebih menarik dan kontekstual bila disertai contoh visual nyata dari kegiatan di kelas atau simulasi interaksi antara guru dan anak. Selain itu, penambahan ilustrasi animasi serta ringkasan tertulis atau infografis sebagai bahan refleksi akan semakin membantu pemahaman guru. Menurut saya, video pembelajaran seperti ini sangat perlu dan bermanfaat, baik untuk saya pribadi sebagai mahasiswa, maupun bagi guru-guru PAUD/TK. Bagi saya, video ini menambah wawasan praktis yang melengkapi teori-teori yang saya pelajari dalam matakuliah. Bagi para guru PAUD, video ini bisa menjadi panduan cepat dan inspiratif dalam menangani permasalahan yang kerap muncul di kelas. Oleh karena itu, saya sangat mendukung agar portal Guru Pintar terus mengembangkan video pembelajaran serupa dengan beragam tema yang relevan dengan kebutuhan guru di lapangan.
Video tersebut sangat bermanfaat untuk mengatasi anak yang mengobrol pada saat jam pelajaran dan guru harus bisa untuk mengatasi nya agar kegiatan belajar mengajar berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Misalnya cara mengatasi nya dengan melibatkan anak dalam aktivitas pembelajaran, memisahkan anak yang suka mengajak mengobrol dengan temannya serta pembelajaran di kelas harus berpusat pada anak sehingga apapun yang terjadi pada proses belajar mengajar berlangsung tidak mengalami kegaduhan termasuk abak mengobrol dengan temannya.
Nama : Cinta Sari
NIM : 857641941
Berdasarkan video diatas kita dapat memahami dan mengetahui solusi untuk mengatasi anak yang mengobrol dikelas ketika pembelajaran dengan mengubah strategi pembelajaran agar tercapai keberhasilan dalam pembelajaran
Nama : Amalia
NIM : 857268098
UPBJJ : Serang
Menurut saya Video ini sangat bermanfaat untuk kami sebagai pendidik di jenjang paud, karena video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Sering kita temui ketika kita sedang melangsungkan PBM tetapi anak malah asik mengobro sehingga membuat gaduh suasan belajar. Strategi yang dilakukan guru sangat efektif yaitu menghentikan sejenak PBM untuk menenangkan suasana kelas, memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru dan memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi. Ini menjadi pengetahuan yang bagus untuk kami ketika mendapati situasi kelas seperti ini.
Nama : Gusti Agung Ayu Indrayani
NIM : 859045561
Prodi : PGPAUD
Semester : II
UT Denpasar Kabupaten Buleleng Singaraja Bali
Menurut saya komentar dan diskusi tentang video pembelajaran “Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM” :
– Pembelajaran yang interaktif : Video tersebut menunjukkan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan, di mana anak-anak dapat berpartisipasi aktif dalam diskusi.
– Video tersebut menggambarkan situasi pembelajaran yang alami dan realistis di kelas PAUD, di mana anak-anak saling berinteraksi dan berbicara saat proses belajar mengajar berlangsung.
-Interaksi anak yang spontan ini penting karena menunjukkan perkembangan komunikasi dan sosial mereka, namun juga menuntut guru untuk mampu mengelola kelas agar tetap fokus dan kondusif.
-Video tersebut memberikan gambaran nyata tantangan yang dihadapi guru PAUD dalam mengelola dinamika kelas yang penuh energi dan rasa ingin tahu anak usia dini.
Masukan dan saran :
– Penggunaan metode pembelajaran yang variatif : Guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang variatif untuk meningkatkan partisipasi anak-anak dan membuat pembelajaran lebih menarik.
-Pengembangan keterampilan berpikir kritis : Guru dapat memfasilitasi anak-anak untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis melalui diskusi dan aktivitas yang menantang.
– Video tersebut bisa lebih dikembangkan dengan menampilkan strategi konkret guru dalam mengelola anak yang ngobrol agar pembelajaran tetap berjalan efektif, misalnya teknik pengalihan perhatian atau pemberian aturan kelas yang sederhana dan menyenangkan.
Manfaat Video bagi saya dan Guru PAUD/TK
– Video seperti ini sangat bermanfaat sebagai media pembelajaran dan refleksi bagi guru PAUD/TK karena memberikan gambaran nyata kondisi kelas yang sering dihadapi.
– Membantu guru memahami pentingnya pengelolaan kelas yang efektif dan mengembangkan keterampilan komunikasi dengan anak usia dini.
Perlukah dan Bemanfaatkah Video Pembelajaran Tersebut ?
– Video pembelajaran dari portal Guru Pintar sangat perlu dan bermanfaat, terutama bagi guru PAUD/TK yang membutuhkan contoh prakti pembelajaran nyata dan strategi pengelolaan kelas.
– Video pembelajaran tersebut dapat menjadi inspirasi dan referensi bagi guru PAUD/TK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan membuat pembelajaran yang inovatif dan efektif.
– Selain sebagai media pembelajaran, video ini juga dapat menjadi bahan diskusi dan pengembangan profesional guru dalam forum -forum seperti yang disediakan di portal Guru Pintar Online .
– Video tersebut dapat meningkatkan kreativitas guru dalam mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif dan efektif.
– Dengan akses mudah dan gratis, video ini mendukung peningkatan kualitas pembelajaran profesional guru di seluruh pelosok Indonesia.
Secara keseluruhan, video Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM memberikan gambaran penting tentang dinamika kelas PAUD dan menjadi sumber pembelajaran yang berharga bagi guru. Dengan beberapa pengembangan seperti penambahan strategi pengelolaan kelas dan narasi, video ini akan semakin efektif sebagai pembelajaran dan refleksi profesional.
Nama: Rachma Madha
NIM: 858017892
UPBJJ UT: Yogyakarta
**Menurut komentar saya tentang Video ini sangat relevan dengan situasi nyata di kelas PAUD. Dalam video dijelaskan cara guru merespons anak yang ngobrol saat Pembelajaran Berbasis Bermain (PMB) dengan pendekatan yang sabar dan komunikatif. Guru tidak langsung memarahi, tetapi mengarahkan anak agar tetap fokus sambil tetap merasa dihargai.
**Masukan dan Saran:
Akan lebih baik jika video disertai contoh pendek bagaimana guru mengalihkan perhatian anak ke aktivitas utama. Selain itu, ditambahkan tips agar guru bisa membedakan mana perilaku wajar sesuai usia dan mana yang perlu penanganan khusus.
**Manfaat Video:
Video ini sangat bermanfaat karena membantu guru PAUD memahami pentingnya pendekatan yang lembut dan tidak menghakimi saat menghadapi perilaku anak. Ini memperkuat pemahaman tentang pentingnya pengembangan sosial emosional anak.